everpro

Ini 10 Cara Memasarkan Produk Secara Online, Omset Melesat!

Masih bingung bagaimana cara memasarkan produk yang efektif? Simak artikel ini untuk mengetahui cara memasarkan produk secara online agar usaha online kamu bisa lebih menguntungkan!

Kamu punya usaha online tapi penghasilan tak kunjung membaik? Sudah coba berbagai cara untuk meningkatkan penjualan tapi tetap tidak berhasil? Coba deh kamu melakukan hal ini.

Kamu bisa mencoba untuk mengatur strategi untuk memasarkan produk dari usaha online yang kamu jalani. Dengan memasarkan produk yang benar, kamu memiliki potensi besar untuk mendapatkan keuntungan yang besar.

Nah, pada artikel ini kami akan memberikan cara memasarkan produk yang efektif spesial untuk kamu. So, tanpa perlu basa-basi lagi yuk simak selengkapnya di bawah ini!

10 Cara Memasarkan Produk Secara Online

cara memasarkan produk secara online
Sumber: freepik.com

Pemasaran merupakan salah satu faktor penting yang dapat meningkatkan penjualan. Oleh sebab itu, sebagai pengusaha kita harus sungguh-sungguh dalam melakukannya.

Pengusaha harus menyiapkan matang-matang mulai dari menyusun strategi sampai kepada eksekusi pemasaran. Hal ini bertujuan agar produk yang kamu pasarkan dapat terjual secara online.

Semua itu harus kamu lakukan karena persaingan bisnis secara online sangatlah kompetitif. Tapi kamu tidak perlu risau, berikut ada 10 cara yang bisa kamu lakukan secara online untuk memasarkan produk:

1. Promosi Menggunakan Fitur Live di TikTok

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk memasarkan produk kamu secara online adalah dengan memanfaatkan fitur live dari TikTok. Fitur ini memiliki beberapa manfaat yang untuk usaha yang kamu punya.

Dengan fitur ini memungkinkan kamu untuk dapat berkomunikasi secara langsung dengan calon pelanggan dengan memberikan informasi terkait produk yang kamu promosikan.

Kemudian, kamu juga bisa melakukan tanya jawab dengan calon pelanggan dengan mudah melalui fitur ini. Tak hanya itu, kamu juga bisa membangun hubungan dengan calon pelanggan kamu.

2. Memasang Iklan di Marketplace

Cara berikutnya yang bisa kamu lakukan untuk melakukan promosi secara online adalah dengan memasang iklan di marketplace. Dengan begitu, kamu dapat memperluas jangkauan usaha dan produk kamu.

Kamu bisa memilih marketplace yang sesuai keinginan kamu. Kemudian, kamu bisa mendaftar terlebih dahulu jika belum memiliki akun pada marketplace tersebut.

Selanjutnya login akun pada platform marketplace tersebut. Jika sudah kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Cari opsi “Pasang Iklan” atau “Buat Iklan” yang tersedia pada menu atau dashboard
  • Setelah itu, kamu akan diminta memilih Kategori produk atau jasa yang ingin kamu iklankan
  • Selanjutnya, Isi informasi terkait produk atau jasa kamu, termasuk gambar, deskripsi, harga dan kontak.
  • Jika sudah, kamu dapat tentukan anggaran iklan dan pilih target audiens yang kamu targetkan.
  • Terakhir, verifikasi dan bayar iklan kamu.

Jika iklan sudah terpasang, kamu harus terus memantau iklan yang sudah kamu buat tadi. Hal ini bertujuan mengetahui kinerja iklan tersebut.

3. Beriklan di Instagram

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk memasarkan produk secara online adalah dengan memasang iklan di Instagram. Cara ini merupakan salah satu cara efektif untuk pemasaran produk secara online.

Kamu bisa membuat konten iklan yang menarik yang telah kamu sesuaikan dengan target pasar kamu. Kemudian, kamu bisa menggunakan fitur iklan berbayar Instagram seperti promosi unggahan atau iklan cerita.

Dengan begitu, kamu bisa meningkatkan exposure untuk produk dan usaha yang kamu jalankan. Tentukan anggaran sesuai kebutuhan dan perhatikan metriks kinerja seperti interaksi dan konversi.

4. Melakukan Email Marketing

Cara berikutnya yang bisa kamu lakukan untuk memasarkan produk secara online adalah dengan melakukan email marketing. Carai ni merupakan salah satu cara efektif untuk memasarkan produk.

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan mengumpulkan semua data email dari pelanggan potensial. Setelah itu, kamu bisa mengirim email yang menarik, informatif, dan relevan.

Email ini bisa kamu kirim secara teratur kepada pelanggan. Kamu bisa membuat konten email yang menarik agar agar pelanggan kamu tertarik dan pastikan tidak melakukan spam ya!

5. Menjual Produk di Marketplace

Selanjutnya, kamu bisa menjual produk di platform marketplace. Banyaknya platform marketplace saat ini harus kamu manfaat untuk memasarkan produk yang kamu jual.

Kamu bisa membuat deskripsi produk yang menarik dan informatif disertai gambar yang memiliki gambar yang berkualitas tinggi serta relevan produknya.

Kemudian, kamu bisa memasang harga yang kompetitif dan kamu juga bisa menawarkan promo menarik agar calon pembeli melakukan transaksi.

6. Membuat Website Bisnis

Jika kamu belum memiliki website kamu bisa membuat website bisnis terlebih dahulu. Website sangat penting bagi sebuah bisnis agar terus berkembang.

Salah satu cara yang sangat ampuh untuk memasarkan produk secara online adalah dengan melalui website. Kamu bisa menyesuaikan website yang kamu buat sesuai dengan usaha yang kamu jalani.

7. Menerapkan SEO pada Website Bisnis

SEO merupakan salah satu strategi yang harus kamu lakukan supaya kamu dapat meningkatkan brand awareness pada produk dan usaha kamu. Dengan menerapkan SEO kamu berpotensi menarik pelanggan yang lebih besar lagi.

Teknik merupakan teknik yang sangat ampuh jika kamu dapat menguasainya. Kamu bisa mempelajari SEO melalui internet.

8. Membuat Copywriting Produk yang Menarik dan Informatif

Membuat copywriting untuk sebuah produk merupakan salah satu cara yang sangat penting untuk kamu perhatikan dalam memasarkan produk secara online. Karena copywriting merupakan salah satu faktor kunci.

Kamu bisa menyematkan manfaat dan informasi produk dengan pendekatan penulisan yang menarik. Jangan lupa juga untuk menyematkan call to action untuk mendorong calon pembeli melakukan tindakan.

9. Pilih Foto Produk yang Berkualitas dan Menarik

Salah satu cara yang tidak kalah penting adalah memilih foto produk yang berkualitas dan menarik. Dengan begitu, pelanggan dapat mengetahui barang yang kamu jual dengan lebih jelas.

Selain itu, kamu juga bisa memperkenalkan produk dengan cara yang lebih menarik lagi dengan pemilihan gambar produk. Jika kamu kesulitan untuk melakukannya, kamu bisa menggunakan jasa photographer agar hasil foto lebih maksimal.

10. Memanfaatkan Social Media

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk memasarkan produk yaitu dengan memanfaatkan media sosial. Hal ini karena media sosial dapat menjangkau pasar yang lebih luas lagi.

Selain itu, media sosial juga memiliki pengguna yang sangat banyak sehingga kamu harus memanfaatkannya untuk memasarkan produk secara online.

Demikianlah contoh deskripsi produk kerajinan yang bisa kamu jadikan referensi dalam membuat deskripsi produk agar dapat meningkatkan penjualan pada bisnis yang kamu jalani.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang sedang mencari referensi untuk membuat deskripsi produk kerajinan yang bisa menarik pelanggan.

Nantikan informasi bermanfaat lainnya seputar bisnis hanya di Everpro.id!

Picture of Adhitia Rivaldy

Adhitia Rivaldy

Seorang SEO Content Writer yang memiliki minat pada dunia digital dan teknologi. Menulis berbagai artikel informatif seputar bisnis, ekspedisi, digital marketing dan lain lain yang berkaitan dengan blog Everpro. Memiliki semangat untuk tetap mengasah dan mempelajari bidang SEO. Semoga hasil tulisan saya bermanfaat bagi Anda.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya