everpro

Bingung Cara Membuat Website Gratis? Begini Caranya!

Kamu ingin membuat website tapi masih bingung cara buatnya? Tenang, simak artikel ini untuk mengetahui ulasan lengkap cara membuat website gratis dengan praktis dan mudah untuk pemula!

Penggunaan website di era digital saat ini dapat menjadi media yang memiliki banyak fungsi dalam kehidupan manusia.

Banyak website yang memiliki peruntukkan yang berbeda-berbeda yang menyesuaikan dengan kebutuhan para pengunjung website.

Nah, karena website memiliki kegunaan yang sangat penting dalam kehidupa di era digital saat ini, pasti banyak dari kita yang menyadari pentingnya website dan ingin membuat website sendiri.

Pada artikel ini kami akan mencoba memberikan ulasan lengkap untuk kamu yang ingin membuat website sendiri dengan praktis dan mudah untuk pemula.

Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini sampai habis!

Apa itu Website

Cara Membuat Website Gratis
Sumber: unsplash.com

Pengertian dari website adalah sebuah kumpulan halaman web yang saling terhubung yang di dalamnya terdapat beberapa item seperti dokumen dan gambar yang tersimpan di dalam web server.

Web server merupakan komputer yang menjalankan perangkat lunak server web yang memungkinkan pengguna untuk mengakses halaman web melalui internet.

Secara umum, website dapat diartikan sebagai kumpulan informasi yang dapat kita akses melalui internet. Informasi yang terdapat pada website dapat berupa teks, video, gambar, audio atau kombinasi dari semuanya.

Baca juga: Mudah! Inilah Cara Membuat Website di HP yang Perlu Dicoba

Tujuan Pembuatan Website

Pembuatan website memiliki beberapa tujuan tertentu, berikut adalah beberapa tujuan dari pembuatan website:

  • Memberikan informasi
  • Menjualn produk atau jasa
  • Mendidik
  • Mengekspresikan diri
  • Bersosialisasi

Jenis-Jenis Website

Terdapat beberapa jenis-jenis website yang harus kamu ketahui sebelum membuat website. Kamu harus menentukan jenis website apa yang akan kamu buat nantinya.

Berikut adalah jenis-jenis website:

  • Website Pribadi

Jenis website yang isinya berisi opini pribadi atau cerita pribadi tentang suatu hal atau pengalaman sehari-hari.

  • Blog

Kemudian, ada jenis website blog, website jenis ini merupakan website yang menampilkan informasi terkini dan up-to-date. Blog dapat dimiliki oleh individu maupun perusahaan.

  • Website Instansi

Jenis website satu ini merupakan jenis website yang berguna untuk memberikan informasi terkait instansi tertentu. Jenis website ini dapat berupa website sekolah, pemerintahan dan lain-lain.

  • Website Bisnis atau Toko Online

Website yang paling banyak digunakan saat ini adalah jenis website bisnis atau toko online. Jenis website ini dapat berguna bagi mereka yang ingin memasarkan produk atau jasa kepada calon pembeli.

  • Website Berita

Selanjutnya yaitu jenis website berita, jenis website yang memuat berita terbaru pada halaman websitenya. Contoh website berita yaitu Detik.com dan Kompas.com.

  • Website Komunitas

Terakhir, ada jenis website komunitas. Jenis website yang memiliki kegunaan untuk mengakomodir sebuah komunitas. Contohnya seperti Goodreads untuk komunitas pembaca online.

Cara Membuat Website Gratis

Jika kamu ingin membuat website dengan cara yang gratis dan mudah untuk pemula, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Menentukan Jenis Website

Hal pertama yang harus kamu lakukan dalam membuat website yaitu menentukan jenis website yang akan kamu buat. Hal ini sangat penting dalam pembuatan website kamu nantinya.

Kamu harus memiliki gambaran website yang akan kamu buat nanti sehingga dapat menghemat banyak waktu dalam proses pengerjannya.

2. Memilih CMS atau Platform Pembuatan Website

Setelah menentukan jenis website yang akan kamu buat, selanjutnya kamu bisa memilih CMS (Content Management System) atau website builder untuk membuat website.

Ada beberapa pilihan yang bisa kamu gunakan untuk membuat website seperti WordPress, Bluefish, Adobe Dreamweaber, Weebly, Wix, Google Sites dan lain sebagainya.

Untuk langkah kedua ini, kami akan merekomendasikan CMS WordPress untuk kamu pilih dalam pembuatan website.

Hal ini karena WordPress merupakan CMS yang gratis dan merupakan CMS yang populer dan paling banyak digunakan di seluruh dunia. Selain itu, WordPress juga mudah untuk kamu buat dan install.

3. Memilih Hosting dan Domain 

Langkah selanjutnya yaitu memilih hosting dan domain untuk website yang akan kamu buat. Hosting dan domain merupakan dua hal penting untuk membuat website.

Hosting berguna sebagai tempat penyimpanan file-file website sedangkan domain adalah alamat website di internet.

Pastikan kamu memilih domain yang mudah diingat dan dieja, sesuai dengan jenis website dan yang belum orang lain gunakan.

Kamu juga dapat mempertimbangkan faktor-faktor berikut dalam memilih hosting untuk website yang kamu buat yaitu jenis hosting, sumber daya yang disediakan, lalu lintas website, harga yang ditawarkan.

4. Cara Membuat Website Gratis Melalui WordPress

Nah, dengan memilih WordPress sebagai CMS untuk website yang kamu buat, pertama-tama kamu bisa install WordPress terlebih dahulu.

Setelah melewati langkah memilih domain dan hosting untuk website yang kamu buat, selanjutnya kamu bisa menginstall WordPress menggunakan cara di bawah ini:

  • Buka cPanel pada website yang kamu gunakan dengan cara menambahkan kata /cpanel alamat website. Contoh: namadomain.com/cpanel
  • Masukkan username dan password
  • Pada kolom pencarian yang tersedia ketik Softaculous Apps Installer lalu klik dua kali
  • Kemudian, ketik WordPress pada laman Softaculous
  • Klik Install untuk menginstall Softaculous
  • Isi informasi yang dibutuhkan sesuai dengan kolom yang diminta
  • Lanjutkan dengan klik tombol install di bagian paling bawah halaman

Jika sudah mengikuti langkah-langkah di atas, maka kamu sudah berhasil membuat website melalui WordPress secara gratis. Gimana, mudah kan?

Baca juga: Ini Cara Membuat Website Toko Online Dengan Mudah dan Cepat!

5. Install Tema untuk Tampilan Website yang Lebih Menarik

Nah, setelah kamu berhasil membuat website melalui WordPress, ada hal lain yang perlu kamu lakukan untuk website yang kamu buat.

Salah satunya adalah dengan meng-install tema gratis untuk memberikan tampilan website yang lebih menarik.

Caranya juga cukup mudah, kamu bisa langsung menuju Dashboard WordPress kemudian klik Appearance lalu pilih Themes.

Selanjutnya klik tombol Add New pada pojok atas halaman dan cari tema sesuai keinginan. Kemudian, klik tombol Install pada tema yang ingin kamu gunakan.

6. Pasang Plugin

Plugin berguna untuk membantu website kamu dengan fungsi-fungsi yang berbeda tergantung dengan plugin yang kamu install.

Kamu bisa memasang plugin dengan mudah dengan mengikut cara berikut:

  • Pilih menu Plugin dan pilih Add New
  • Pilih plugin yang ingin kamu install
  • Klik Install Now untuk menginstall plugin
  • Tunggu beberapa saat sampai muncul tombol Activate, lalu klik untuk mengaktifkan plugin

7. Optimasi Website 

Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan selanjutnya yaitu dengan mengoptimasi website yang telah kamu buat tadi. Hal ini berguna agar website kamu bisa banyak pengunjungnya.

Kamu dapat mengoptimasi Page Speed dan juga SEOnya. Page Speed sendiri merupakan faktor yang berguna agar kecepatan loading untuk halaman pada website yang kamu buat menjadi lebih cepat.

Dengan begitu, website yang kamu buat tidak akan membuat pengunjung untuk menunggu yang akan berpengaruh kepada menurunnya pengunjung pada website.

Di lain sisi optimasi SEO merupakan salah satu optimasi yang penting untuk kamu lakukan untuk website yang kamu buat.

SEO merupakan kependekkan dari Search Engine Optimization yang membuat artikel yang kamu tulis berada di peringkat atas pada mesin pencarian Google.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat website dengan baik dan juga menarik untuk menarik pengunjung.

Semoga informasi pada artikel ini bermanfaat bagi kamu yang ingin membuat website sesuai dengan kebutuhan kamu. Selamat mencoba dan nantikan informasi lainnya hanya di Everpro.id!

Alda Setya

Alda Setya

Alda Seya Shabriani adalah seorang SEO Conten writer yang aktif menulis dan membagikan artikel seputar bisnis, logistik, dan dasar-dasar komputer.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya

Kirim Kendaraan

Pelajari lebih lanjut seputar topik kirim kendaraan di Everpro.id. Temukan rekomendasi beberapa jasa ekspedisi yang menyediakan layanan pengiriman yang bisa Anda pilih untuk keperluan kirim

Mobil

Pelajari lebih lanjut seputar topik kirim kendaraan di Everpro.id. Temukan rekomendasi beberapa jasa ekspedisi yang menyediakan layanan pengiriman yang bisa Anda pilih untuk keperluan kirim

Motor

Pelajari lebih lanjut seputar topik kirim kendaraan di Everpro.id. Temukan rekomendasi beberapa jasa ekspedisi yang menyediakan layanan pengiriman yang bisa Anda pilih untuk keperluan kirim

Kirim Minuman

Pelajari lebih lanjut seputar topik kirim minuman di Everpro.id. Temukan beberapa jasa ekspedisi yang menyediakan layanan pengiriman yang bisa Anda pilih untuk keperluan kirim minuman