everpro

Ini Cara Membuat Website Toko Online Dengan Mudah dan Cepat!

Kamu ingin jualan online tapi belum punya website toko online sendiri? Simak artikel ini untuk mengetahui bagaimana cara membuat toko online dengan mudah, cepat dan gratis!

Di era digital seperti sekarang, berjualan mulai beralih dari penjualan di toko fisik atau mall menjadi toko online. Perubahan ini menjadi lebih mudah bagi para pelanggan karena pelanggan tidak perlu keluar rumah. Namun, penjual harus membuat website toko online sendiri untuk memulainya.

Memang sebenarnya bisa menggunakan marketplace yang sudah ada saat ini seperti Shopee atau Tokopedia. Namun, memiliki website toko online sendiri akan membuat bisnis atau usaha online kamu makin kelihatan terpercaya dan kredibel. Dengan begitu pelanggan akau lebih mudah yakin untuk melakukan transaksi.

Membuat website sendiri sebenarnya bisa melalui beberapa cara, kamu bisa menyewa web developer atau designer atau kamu bisa menggunakan aplikasi seperti WordPress atau Wix untuk membuatnya secara mandiri. Nah, pada artikel ini kami akan membantu kamu untuk membuatnya secara mandiri.

Simak informasi selengkapnya di bawah ini untuk cara membuat website toko online lengkap dengan langkah-langkahnya. Selamat mencoba!

Baca juga: Jasa Pembuatan Website: Penjelasan Detail Beserta Rekomendasinya!

Apa itu Website Toko Online

Everpro
Sumber: unsplash.com

Sebelum kita membahas cara membuat website, mari kita bahas terlebih dahulu apa itu website toko online. Website toko online merupakan situs web yang memungkinkan pembeli untuk membeli barang atau jasa dari penjual.

Toko online biasanya memiliki fitur-fitur seperti daftar produk, informasi harga, dan proses checkout. Toko online dapat penjual gunakan untuk menjual berbagai macam produk, mulai dari pakaian, elektronik, hingga makanan.

Situs toko online biasanya memiliki fitur-fitur seperti berikut:

  • Daftar Produk
  • Informasi Harga
  • Proses Checkout

Manfaat Situs Toko Online

Toko online sudah digunakan oleh berbagai jenis bisnis, mulai dari bisnis kecil hingga besar. Toko online menawarkan berbagai manfaat bagi bisnis, seperti berikut:

  • Menjangkau Pasar yang Lebih Luas
  • Meningkatkan Efisiensi
  • Mengurangi Biaya Pemasaran

Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Membuat Website Toko Online

Everpro
Sumber: unsplash.com

Sebelum membuat website kamu harus mempersiapkan beberapa hal penting terlebih dahulu. Hal ini agar situs yang kamu buat jelas arah dan juga tujuannya. Berikut adalah hal yang harus kamu persiapkan sebelum membuat situs toko online:

  • Jenis Produk yang akan Kamu Jual
  • Target Pasar Kamu
  • Melakukan Riset Toko Online Sejenis
  • Memilih Nama Domain, Layanan Web Hosting dan Aplikasi Pembuat Website
  • Metode Pembayaran yang akan Kamu Gunakan
  • Jasa Pengiriman yang akan Kamu Gunakan
  • Strategi Pemasaran Kamu

Setelah kamu mempersiapkan semua hal di atas kamu sudah bisa memulai untuk membuat website toko online kamu.

Cara Membuat Website Toko Online

Everpro
Sumber: unsplash.com

Sekarang kita sudah masuk ke pembahasan inti pada artikel ini yaitu membuat situs toko online. Cara membuat website saat ini sebenarnya sudah cukup mudah dengan hadirnya platform pembuat website gratis. Kamu bisa melakukannya sendiri tanpa perlu menyewa ahli untuk membuatnya.

Nah, ada beberapa langkah yang harus kamu ikuti untuk membuat situs toko olshop yang kamu inginkan. Berikut adalah beberapa langkah dalam membuat situs toko online:

1. Membeli Domain dan Hosting Website

Hal yang pertama yang harus kamu lakukan untuk membuat website yaitu kamu harus membeli domain dan berlangganan web hosting. Domain berguna sebagai alamat dari website yang kamu buat sedangkan web hosting menjaga dan memanage website kamu agar dapat berfungsi dengan baik.

Saat ini sudah banyak pilihan hosting website yang tersedia di Indonesia. Kamu bisa memilih provider hosting website sesuai dengan budget dan kebutuhan untuk website yang kamu buat. Pastikan kamu memilih provider yang memiliki ulasan yang baik ya!

2. Menginstall WordPress

Setelah kamu memiliki domain dan hosting website untuk website yang akan kamu buat, kemudian kamu bisa menginstall aplikasi atau platform untuk membuat website. Pada tutorial ini mari kita pilih WordPress karena platform sudah banyak digunakan dan cara membuatnya sangat mudah.

Biasanya provider hosting saat ini akan memberikan akses yang mudah untuk pembuatan website menggunakan WordPress. Provider hosting biasanya memiliki CPanel yang mana sudah tersedia menu untuk install WordPress.

Untuk langkah satu ini kamu bisa berkonsultasi langsung dengan teknisi dari provider yang kamu pilih agar lebih mudah. Jika kamu sudah menginstall WordPress kamu akan menerima email yang isinya informasi akun untuk login ke WordPress.

Kamu dapat mengakses WordPress mengunakan informasi akun yang kamu dapatkan melalui alamat http://situsAnda.com/wp-admin. Kemudian pada halaman login, kamu dapat memasukkan username dan password dan klik Log In. WordPress adalah salah satu platform pembuatan web gratis untuk jualan yang cukup populer.

login wordpress
Sumber: hostinger.co.id

Jika kamu sudah berhasil masuk, kamu perlu membuat halaman baru untuk website toko online yang kamu buat. Caranya sangat mudah, kamu dapat pergi menuju Pages lalu klik Add New. Pada halaman yang kamu buat tersebut kamu bisa memasukkan konten seperti About atau Tentang Kami.

ecommerce
Sumber: hostinger.co.id

Ada beberapa halaman penting yang sebaiknya kamu buat pada website toko online kamu seperti berikut:

  • Home
  • Informasi Pengiriman
  • FAQ
  • Bantuan Pelanggan
  • Blog
  • Tentang Kami

Untuk halaman seperti Belanja, Checkout dan lain-lain, platform e-commerce dapat membuatkannya dengan cepat dan mudah untuk kamu. Pada tutorial ini kami akan menggunakan plugin WooCommerce yang dapat membuat halaman toko online kamu dengan baik dan menarik.

Baca juga: 5 Website Builder Terbaik yang Harus Kamu Coba di 2023

3. Menginstall Plugin pada WordPress

Sempat kami jelaskan secara singkat jika kamu memerlukan plugin e-commerce untuk membuat halaman-halaman layaknya situs toko online pada umumnya. Nah, untuk membuatnya kamu perlu untuk menginstall plugin yang bernama WooCommerce.

WooCommerce sudah dilengkapi dengan fitur untuk membuat toko online kamu semakin menarik. Jika kamu merasa kamu membutuhkan fitur yang lebih banyak lagi, WooCommerce menyediakan fitur berbayar yang bisa kamu pilih.

Cara install plugin WooCommerce cukup mudah kamu dapat mengikut langkah-langkah di bawah ini:

  • Login ke dashboard WordPress menggunakan WP Admin
  • Cari menu Plugins di sebelah kiri, lalu Add New dan ketik WooCommerce di kolom pencarian sebelah kanan.
  • Klik WooCommerce yang memiliki logo seperti ini.
woocommerce
Sumber: hostinger.co.id
  • Jika sudah menginstall kamu akan diminta untuk memasukan informasi yang dibutuhkan.
woocommerce
Sumber: hostinger.co.id
  • Jika sudah kamu sudah berhasil menginstall plugin WooCommerce dan dapat menggunakannya.

4. Mengoptimasi Tampilan Website

Selanjutnya kamu dapat menggunakan tema pada website kamu agar tampilan website kamu lebih menarik untuk pelanggan. Karena WooCommerce merupakan plugin yang populer maka saat ini sudah banyak tema yang kompatibel dengan plugin ini, jadi kamu tidak perlu khawatir.

Dengan tujuan untuk menjual produk, kamu harus memilih tema website yang sesuai dengan toko online dan juga cocok dengan WooCommerce. Pastikan kembali jika tema yang kamu pilih dapat memaksimalkan potensi dari WooCommerce.

5. Posting Produk

Jika kamu sudah mengkustomisasi tampilan dari website kamu menggunakan tema yang tersedia pada WooCommerce, selanjutnya mari kita bahas cara posting produk. Caranya cukup mudah kok, berikut adalah cara posting produk pada website yang kamu buat:

  • Cari menu Products lalu klik Add New pada dashboard WordPress
tambah produk
Sumber: hostinger.co.id
  • Selanjutnya kamu akan diarahkan kehalaman seperti ini
data produk
Sumber: hostinger.co.id
  • Scroll ke bawah, dan kamu akan menemukan menu untuk memasukkan harga produk serta memberikan deskripsi produk.
  • Pada sebelah kanan halaman produk, kamu bisa menambahkan foto produk atau kamu bisa membuat galeri foto produk.
upload foto
Source: hostinger.co.id
  • Jika kamu sudah memiliki foto dari produk yang akan kamu jual, kamu bisa menggunakan opsi Upload Files lalu pilih gambar yang ingin kamu masukkan atau bisa juga menggunakan fitur drag and drop.

6. Promosikan Situs Toko Online Kamu

Jika kamu sudah melakukan semuanya, langkah terakhir yang harus kamu lakukan yaitu mempromosikan situs toko online kamu. Hal ini bertujuan agar calon pelanggan kamu mengetahui website yang kamu buat dan juga brand kamu. Dengan banyak orang yang tahu maka berpotensi untuk membeli produk kamu.

Namun, sebelum melakukan promosi kamu harus memastikan terlebih dahulu jika website yang kamu buat tadi sudah berfungsi dengan baik dan tanpa kesalahan. Jika ada kamu menemukan kesalahan kamu bisa langsung menemukan solusinya dengan cepat.

Baca juga: Cari Tahu Cara Membuat Website Bisnis, Pasti Untung Besar!

Demikianlah artikel tentang cara membuat website toko online yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi pada artikel ini bermanfaat bagi kamu yang ingin membuat website toko online. Nantikan informasi bermanfaat lainnya seputar bisnis hanya di Everpro.id!

Picture of Adhitia Rivaldy

Adhitia Rivaldy

Seorang SEO Content Writer yang memiliki minat pada dunia digital dan teknologi. Menulis berbagai artikel informatif seputar bisnis, ekspedisi, digital marketing dan lain lain yang berkaitan dengan blog Everpro. Memiliki semangat untuk tetap mengasah dan mempelajari bidang SEO. Semoga hasil tulisan saya bermanfaat bagi Anda.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya