Membatalkan pesanan produk terkadang menjadi sebuah permasalahan yang harus diatasi, maka dari itu banyak yang ingin tahu bagaimana cara membatalkan pesanan di lazada.
Setiap marketplace online memiliki berbagai kebijakan dimana tak semudah pula membatalkan pesanan di Lazada.
Namun adakalanya pemesanan harus di batalkan agar konsumen mendapatkan pesanan yang sesuai dengan kebutuhannya.
Oleh karena itu, artikel kali ini akan membahas informasi mengenai cara membatalkan pesanan di Lazada yang mudah, cepat, dan tentunya praktis.
Baca juga: Cek Resi Lex ID Lazada Express 2023, Praktis dan Akurat! – Everpro.id
Penyebab Membatalkan Pesanan di Lazada

Ada berbagai alasan yang dapat menyebabkan seseorang ingin membatalkan pesanan di Lazada. Beberapa dari mereka adalah:
- Pilihan produk yang salah: Anda mungkin telah membeli produk yang salah atau memilih varian produk yang salah dan ingin membatalkan pesanan Anda untuk membeli produk yang benar.
- Ketidakcocokan Harga: Anda mungkin menemukan harga yang lebih murah di tempat lain setelah melakukan pembelian dari Lazada, membuat Anda ingin membatalkan pesanan dan membeli di tempat lain.
- Berubah pikiran: Anda mungkin berubah pikiran tentang produk yang Anda beli setelah membelinya.
- Kesalahan dalam pesanan: Anda dapat menemukan kesalahan dalam pesanan Anda, seperti B. alamat yang salah atau jumlah produk yang salah.
- Produk tidak memenuhi harapan Anda: Mungkin setelah menerima produk, Anda menyadari bahwa produk tersebut tidak memenuhi harapan Anda dan ingin membatalkan pesanan.
Ini hanyalah beberapa alasan paling umum yang dapat menyebabkan seseorang ingin membatalkan pesanan di Lazada.
Namun, perlu di ketahui bahwa kebijakan pembatalan dapat berbeda untuk setiap produk atau kategori produk.
Oleh karena itu, pastikan untuk membaca Syarat dan Ketentuan sebelum membatalkan pesanan.
Syarat Pengajuan Pembatalan Pesanan di Lazada
Sebelum memutuskan untuk membatalkan pesanan dengan Lazada, ternyata ada beberapa syarat pengajuan pembatalan pesanan.
Jadi tidak bisa begitu saja membatalkan pesanan ke seller. Berikut kebijakan pembatalan Lazada:
- Pembatalan produk tidak dapat di lakukan jika produk yang Anda beli berasal dari koleksi Lazada Global atau produk digital.
- Barang di proses oleh gudang pemasok (penjual).
- Produk sudah masuk proses pengiriman, kecuali barang yang dibeli secara cash on delivery (cash on delivery), hanya bisa dilakukan jika barang rusak.
- Jika membeli barang menggunakan metode pembayaran kartu kredit atau KlikPay, uang akan di kirim dalam waktu 7 hari. Di sisi lain, jika Anda membayar melalui transfer bank, pengembalian akan di lakukan dalam 2 hingga 5 hari kerja. Pesanan berbayar tidak dapat di aktifkan kembali.
Baca juga: Kenalilah! Social Commerce di Indonesia
6 Kondisi Cara Membatalkan Pesanan di Lazada
-
Pesanan yang Belum di Bayar
Sumber: Pexels.com
Untuk membatalkan pesanan yang belum di bayar, opsi pembatalan tidak akan tersedia. Karena kami belum melakukan pembayaran.
Sehingga jika ingin membatalkannya, tinggalkan saja pesanan. Jika tidak melakukan pembayaran dalam waktu 24 jam setelah melakukan pemesanan, sistem akan membatalkan pesanan secara otomatis.
-
Pesanan Telah di Bayar Namun Belum di Kemas Penjual
- Buka aplikasi Lazada.
- Pilih menu Akun.
- Dari halaman Pesanan Saya, pilih nomor pesanan yang ingin Anda batalkan.
- Kemudian klik tombol Cancel pada halaman Detail Pesanan.
- Kemudian, pada halaman Permintaan Pembatalan, pilih alasan pembatalan yang tersedia.
- Tulis komentar tambahan lainnya tentang alasan pembatalan dan klik Kirim.
- Jika berhasil, akan muncul popup “Successful Sended” dan Anda akan di bawa ke halaman Detail Pembatalan.
- Di halaman detail pembatalan, terdapat informasi : Perkiraan Waktu Pengembalian Dana, Kemana dana akan di kembalikan dan juga proses pelacakan dana.
-
Pesanan yang Sudah di Bayar dan di Kemas Penjual
Untuk membatalkan pesanan pada kondisi ke tiga ini cukup sulit karena pesanan sudah terlanjur di kemas dan siap untuk di kirimkan.
Biasanya akan muncul pop-up pesanan tidak bisa di batalkan dengan alasan seller sudah memproses pesanan dan kemungkinan sedang dikirim ke alamat kamu.
Karena itu, yang bisa di lakukan adalah dengan menghubungi CS Lazada, namun hal ini tidak menjamis proses pemesanan bisa di batalkan, butuh izin yang jelas dan bantuan dari CS Lazada.
-
Batalkan Pesanan Saat COD
Ketika benar-benar ingin membatalkan, namun dengan cara prosedur pembatalan tetap tidak bisa di batalkan, maka solusi terakhir yaitu dengan membatalkan secara langsung melalui pihak pengantar barang.
Sebenarnya cara ini cukup berani, terlebih lagi pihak kurir sudah berjuang untuk menemukan alamat, namun jika memang tidak sesuai dengan pesanan, batalkan saja.
Ungkapkan pada kurir kalau ingin membatalkan pesanan, nanti kurir akan mengarahkan penerima barang untuk menulis alasan pembatalan dan tanda tangan pada resi pengiriman.
Maka secara otomatis pesanan COD sudah berhasil di batalkan oleh pembeli. Namun perlu di catat, jika terlalu sering membatalkan pesanan COD, maka sistem Lazada akan mendeteksi akun dan otomatis opsi COD akan di hilangkan dari akun belanja.
Sekian informasi kali ini, semoga bermanfaat! Nantikan artikel inspiratif dan informatif lainnya di Everpro.id!