6 Cara Membuat Channel WhatsApp untuk Bisnis

Bagi pebisnis online yang memberikan pelayanan pelanggan melalui WhatsApp Business, tidak lengkap rasanya jika kamu tidak tahu cara membuat channel WhatsApp.

Channel atau saluran WhatsApp adalah fitur siaran satu arah yang memungkinkan satu atau lebih admin untuk membagikan informasi apapun ke banyak orang.

Informasi ini bisa berupa teks, foto, video, stikter, hingga polling. Meskipun tidak bisa membalas pesan di saluran secara langsung, namun audiens bisa memberikan reaksi atas pesan yang telah diterima.

Agar lebih paham dengan cara membuat saluran WhatsApp beserta fungsinya bagi keberlangsungan bisnis online, mari simak ulasan lengkap di artikel ini!

Cara Membuat Channel WhatsApp

Cara Membuat Channel WhatsApp
Sumber: google.com/bersosial

1. Masuk ke Akun WhatsApp Bisnis

Pertama-tama yang harus kamu lakukan adalah membuat akun WhatsApp bisnis dan mendaftarkan nama bisnis beserta logo bisnis di profil akun.

Kemudian, lengkapi deskripsi di profil WhatsApp agar lebih terjamin kredibilitasnya dan memudahkan audiens mengidentifikasi channel WhatsApp bisnismu.

2. Buat Channel WhatsApp

Untuk membuat channel WhatsApp, kamu bisa menggunakan WhatsApp Web di browser laptop, melalui perangkat android, ataupun iOS. Setelah WhatsApp terbuka, klik menu Saluran.

Jika di WA Web menu ini berada di kiri layar, sedangkan di perangkat smartphone menu Saluran berada di bagian bawah pada menu Pembaruan.

Berikutnya, klik ikon tambah (+) untuk membuat saluran baru. Lalu, klik Lanjut dan ikuti petunjuk yang ada di layar.

3. Sesuaikan Channel dengan Kebutuhan Bisnis

Setelah channel atau saluran WhatsApp berhasil dibuat, saatnya tambahkan Nama Saluran dengan menyesuaikan kebutuhan, misalnya dari nama brand.

Kemudian tambahkan juga deskripsi saluran dengan menulis beberapa kalimat untuk membantu calon pengikut memahami tentang channel WA kamu.

Kamu juga dapat tambahkan ikon saluran berupa gambar agar tampilan channel lebih menarik.

4. Luncurkan Channel WhatsApp

Kini, saatnya menyelesaikan cara membuat channel WhatsApp dengan klik Buat Saluran. Kembali pastikan semua informasi pada saluran sudah benar dan sesuai dengan tujuan channel kamu.

5. Tambahkan Admin untuk Mengelola Channel

Untuk meningkatkan layanan di channel WhatsApp terutama bagi pebisnis online, kamu dapat menambahkan hingga 16 admin pengelola channel.

Nantinya, admin channel WhatsApp ini bisa membuat, mengedit, hingga menghapus informasi yang dikirim di saluran.

6. Bagikan Channel ke Audiens

Jika saluran atau channel WhatsApp sudah siap untuk digunakan, saatnya kamu menemukan dan membagikan tautan untuk mengundang pengikut channel.

Untuk membagikan channel WA, kamu bisa klik Salin Tautan di menu Saluran.

Fungsi Channel WhatsApp Bagi Bisnis

Cara Membuat Channel WhatsApp
Sumber: google.com/bersosial

Meskipun tidak hanya untuk kebutuhan bisnis, namun channel WhatsApp sangat cocok untuk bisnis karena beberapa manfaatnya berikut ini:

1. Menjangkau Audiens Lebih Luas

Keuntungan yang paling utama bagi bisnis yang menggunakan channel WhatsApp yaitu dapat menjangkau audiens yang lebih luas.

Dengan satu saluran ini, pebisnis bisa terhubung dengan pelanggan, klien, atau calon pembeli yang tertarik dengan produk atau layanan yang kamu tawarkan.

Bahkan jika dikelola hingga memiliki banyak pengikut, kamu juga bisa membangun komunitas bersama.

2. Berbagi Informasi Penting

Fitur channel WhatsApp sangat bisa dimanfaatkan untuk berbagi informasi penting mengenai bisnis tanpa harus mengirim satu persatu ke kontak target pembeli.

Informasi ini bisa berkaitan dengan promosi atau diskon, pembaruan acara, program spesial, produk/layanan terbaru, hingga penawaran khusus lainnya.

3. Meningkatkan Visibilitas Bisnis

Lebih lanjut, channel WhatsApp juga bisa membantu meningkatkan visibilitas bisnis.

Sehingga tidak hanya dikenal oleh pelanggan atau calon pelanggan, namun juga oleh pemangku kepentingan lainnya seperti investor atau mitra yang mengajak kerjasama.

4. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Apabila channel WhatsApp dikelola dengan baik dan memberikan informasi yang sangat berguna bagi pengikutnya, maka akan terbangun reputasi bisnis yang positif di mata pelanggan.

Ketika relasi dengan pengikut di channel WhatApp terjalin dengan baik, ini juga akan meningkatkan loyalitas pelanggan.

Sobat Everpro, itulah penjelasan tentang cara membuat channel WhatsApp untuk kebutuhan bisnis beserta fungsi-fungsinya. Memanfaatkan fitur bawaan WA ini justru akan menguntungkan bisnismu.

Namun jika ingin menikmati fitur yang lebih lengkap, seperti centang hijau dan layanan WhatsApp Bot Indonesia maka perlu memanfaatkan WhatsApp API.

Layanan WhatsApp API bisa kamu temukan di Everpro Chat yang memiliki fitur terlengkap untuk layanan pengiriman pesan ke pelanggan.

Mulai dari fitur kirim brodcast anti-banned ke banyak pelanggan, maksimalkan closing WA dengan template broadcastflow kerja tim yang ringkas, dan banyak fitur unggalan lainnya.

Bahkan, centang hijau juga langsung didapatkan maksimal 7 hari setelah bergabung di Everpro Chat.

Yuk, saatnya wujudkan aktivitas bisnis yang efektif dan efisien bersama Everpro. Daftar gratis di Everpro dan nikmati layanan Everpro Chat sekarang juga!

Picture of Sania Majida
Sania Majida
Sania is a SEO Content Writer with experience in the technology, retail, and finance industries. Sania support businesses in increasing sales through the top funnel (brand awareness) by creating content for the right audience.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya