everpro

Tak Perlu Khawatir! Ini 7+ Cara Memulai Bisnis Travel Tanpa Modal untuk Pemula

Apakah kamu pemula yang ingin memulai bisnis travel? Yuk, simak artikel cara memulai bisnis travel tanpa modal sampai habis dan temukan cara mudahnya!

Sekarang, traveling menjadi gaya hidup untuk kebanyakan orang-orang. Memulai bisnis travel kedengarannya membutuhkan modal besar dan terkesan complicated.

Bisnis travel tanpa modal bisa menjadi kenyataan dengan perkembangan teknologi dan kreativitas yang kamu miliki.

Artikel Everpro ini akan bisa menjadi informasi bagi kamu untuk mewujudkan impianmu sebagai pemula dalam bisnis travel tanpa terhambat oleh modal.

Baca Juga: Inilah 7 Cara Memulai Bisnis Online dari Nol Sampai Sukses!

Mengenal Bisnis Travel

cara memulai bisnis travel tanpa modal
Sumber: Freepik

Bisnis travel adalah usaha yang menyediakan jasa layanan perencanaan wisata kepada para orang atau pelancong yang ingin ke suatu destinasi tertentu.

Jika kamu memiliki hobi traveling bisnis ini sangatlah cocok untuk dijalankan olehmu karena memiliki cakupan luas seperti menjual paket open trip, layanan pemandu wisata, layanan pencarian tiket dan akomodasi murah, dan lain-lain.

Bisnis ini akan dengan cepat mengidentifikasi kebutuhan audiens yang ingin berlibur ke tempat yang ingin dikunjungi dan persiapan yang harus dilakukan.

Alasan Memilih Bisnis Travel

cara memulai bisnis travel tanpa modal
Sumber: google.com

Tidak semua orang bisa melihat peluang adanya bisnis travel karena sebenarnya sangat menjanjikan berpotensi memperoleh keuntungan.

Bisnis ini bisa dijalankan dengan modal kecil bahkan tanpa modal, maka dari itu sebelum kamu memulai bisnis tersebut kamu perlu mengetahui alasan kenapa memilih bisnis ini.

  • Memiliki Pasar yang Luas

Pemicu awal dari gaya hidup traveling berawal dari media sosial seperti Instagram atau Facebook yang membuat permintaan bisnis ini tidak akan pernah sepi.

Bisnis kamu bisa memanfaatkan media sosial untuk mempromosikannya, sehingga semakin banyak foto dan video yang diunggah semakin meningkat promosi untuk orang minta berlibur dengan menggunakan layanan kamu.

Baca Juga: Terbukti! 9 Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol Paling Mudah

  • Berpotensi Menjanjikan dan Mudah

Dengan kehadiran media sosial kamu tidak perlu memiliki kantor untuk melakukan operasional bisnis karena bisa dilakukan secara online.

Jadi, kamu tidak perlu repot untuk menyediakan perangkat atau tempat dalam menjalankan bisnis ini karena bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja.

Kamu bisa mengerjakan bisnis kamu bahkan dirumahmu, sehingga dapat berpotensi sangat menjanjikan untuk menghasilkan keuntungan.

  • Bisnis yang Memiliki Jangka Panjang

Jenis bisnis ini memiliki jangka panjang karena selalu ada waktu liburan dan berulang misalnya libur akhir tahun, study tour, libur kenaikan kelas, cuti bersama, dan lain-lain.

Setiap orang tidak akan bosan untuk traveling atau jalan-jalan. Maka dari itu, bisnis travel memiliki jangka panjang untuk kamu jalani karena setiap orang memiliki momen untuk traveling yang berbeda-beda.

  • Hobi yang Menghasilkan Profit

Siapa sangka hobi bisa menghasilkan profit ternyata bisa kamu lakukan, lho! Sebab, bisnis dimulai dari hal yang kamu senangi supaya kamu menjalaninya dengan senang dan lancar.

Selain itu, ketika kamu menyukai dunia travel pengetahuan seputar destinasi wisata dan keperluan perjalanan yang membuat kamu dapat memberikan layanan terbaik kepada pelangganmu.

Cara Memulai Bisnis Travel Tanpa Modal

cara memulai bisnis travel tanpa modal
Sumber: Freepik

Mustahil kedengarannya bila memiliki bisnis tanpa modal, namun bisa kamu wujudkan apabila mengikuti langkah demi langkah berikut ini.

  • Mulailah dari Platform Online

Tidak dipungkiri bahwasanya setiap orang yang ingin berlibur ke suatu destinasi akan melihat internet melalui media sosial atau website sebagai acuan mereka.

Platform online bertujuan untuk memudahkan calon pelanggan atau pelanggan setia bisnis travel kamu dalam memilih layanan kamu. 

Untuk meningkatkan brand awareness dari bisnis travel, maka kamu perlu membuat website agar mendapatkan kunjungan halaman website secara organik.

Dengan begitu, kamu tidak perlu menggunakan iklan yang akan membuatmu mengeluarkan modal.

  • Membuat Paket Wisata

Ketika kamu sudah melakukan survei untuk bisnis travelmu dalam memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan.

Dikarenakan setiap waktu terdapat beberapa waktu liburan, maka untuk terlihat menarik seperti study tour, family gathering, dan lain-lain sesuai dengan jenis aktivitasnya.

  • Membuat Strategi Pemasaran

Memanfaatkan media sosial dapat kamu coba untuk strategi pemasaran, maka dari itu membuat akun media sosial dapat memudahkan calon pelanggan mengetahui kehadiranmu.

Kamu juga mempunyai peluang untuk menjangkau lebih luas audiensmu, sehingga bisnis kamu tidak hanya terpaku di daerah sekitarmu.

Baca Juga: Lihat Sini Cara Memulai Bisnis Online. Mau Tahu Apa Saja?

  • Tentukan Jenis Bisnis Travel

Dalam bisnis travel memiliki beberapa jenis seperti tiket bus, tiket kereta api, tiket pesawat terbang, atau layanan berupa penginapan, pembuatan visa/paspor, destinasi pariwisata.

Ketika kamu sudah menentukan pilihan jenis bisnis travel, akan lebih mudah untuk fokus membangun dan memenuhi kebutuhan yang diperlukan.

  • Memilih Tujuan Wisata

Pemilihan tujuan wisata juga harus diperhatikan agar bertahan lama dan bukan musiman saja untuk keberlangsungan bisnis tersebut.

Sangat disarankan untuk memilih tujuan wisata ke tempat yang kamu sudah familiar karena bagaimanapun kamu yang bertanggung jawab atas transportasi dan akomodasi yang nyaman untuk pelanggan bisnis travelmu.

  • Daftar Perusahaan Travel 

Mendapatkan kepercayaan dari pelanggan sangatlah sulit, sehingga kamu perlu melakukan usaha lebih seperti mendaftarkan perusahaan travel secara resmi.

Ketika kamu sudah mendaftarkan bisnis travelmu, sehingga pelanggan menjadi merasa aman dan lebih percaya untuk menggunakan layanan bisnis yang kamu miliki.

  • Mengembangkan Relasi yang Luas

Relasi yang luas akan membantumu dalam menjalankan bisnis, mengembangkan, mencari peluang untuk bisnis travel tanpa modal secara luas.

Kamu perlu membangun relasi di berbagai bidang seperti penginapan, pemerintah daerah, pengelola tempat wisata, jasa transportasi, tempat makan, dan lain-lain.

Demikian pembahasan cara memulai bisnis travel tanpa modal. Semoga dengan adanya artikel ini bermanfaat untuk kamu yang sedang mencari informasi memulai bisnis ini.

Jangan lupa untuk share artikel ini ke media sosialmu dan nantikan selalu artikel seputar bisnis lainnya yang pastinya informatif dan menarik hanya di Everpro!

Picture of Safira Rasendriya

Safira Rasendriya

SEO Content Writer yang memiliki minat di digital marketing dan bisnis. Dengan latar belakang pendidikan dalam bidang Digital Marketing, saya telah mengembangkan keterampilan menulis yang kuat. Saya percaya bahwa kombinasi antara kreativitas dan optimasi dapat menyampaikan pesan dengan cara yang menarik dan informatif.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya

Tips and Trik Kirim Paket

Pelajari lebih lanjut seputar tips and trik serta panduan untuk kirim paket hanya di Everpro.id. Ketahui beberapa informasi bermanfaat dan hal-hal penting yang harus diperhatikan