Mulai Bisnis Online Untung Tanpa Modal, Begini Caranya!

bisnis online

Ingin memulai bisnis online tanpa modal? Artikel ini akan membahas pengertian bisnis online dan masih banyak lagi. Cari tahu disini!

Perubahan zaman kian terasa dengan berkembangnya teknologi yang merambah ke aktivitas usaha. Salah satunya adalah bisnis online yang menjadi kemudahan dalam mendapatkan penghasilan.

Semakin hari banyak yang sudah menggeluti bisnis online, mulai dari toko online hingga content creator. Banyaknya peminat tentu karena keuntungan yang didapatkan juga tidak sedikit.

Jika anda ragu untuk memulai usaha karena tidak memiliki modal, anda tidak perlu khawatir. Bisnis online bisa menjadi jawaban yang tepat untuk anda.

Hadirnya internet menjadi salah satu dampak positif dalam hal ini. Anda dapat memanfaatkannya sebagai peluang usaha dengan kreativitas dan device yang sudah terhubung ke internet.

Berbagai jenis bisnis dari menjual produk atau menawarkan layanan bisa anda lakukan. Bahkan segala kegiatan negosiasi hingga transaksi bisa terjadi tanpa harus bertatap muka dengan konsumen/client. Menarik bukan?

Apabila anda masih bingung harus memulai dari mana, simak artikel ini sampai tuntas untuk menemukan jawabannya.

Pengertian Bisnis Online

bisnis online
Sumber: pexels.com

Bisnis online adalah usaha yang memanfaatkan internet dalam cara menjalankannya. Artinya, keseluruhan aktivitas pekerjaan dari jual beli, pelayanan kepada konsumen, hingga promosi dapat dilakukan secara online.

Tidak terdapat batasan dari mana asal calon konsumen yang akan membeli produk atau menggunakan jasa anda karena dapat anda pasarkan secara online. Maka anda dapat menjangkau pasar yang lebih luas.

Everpro

Selain itu anda sebagai pelaku bisnis juga tidak perlu bersusah payah mengeluarkan modal untuk membuka toko atau menyewa ruko seperti pada bisnis tradisional. Anda hanya memerlukan laman khusus untuk membuka toko online dengan internet, dapat juga memanfaatkan media sosial atau melalui marketplace.

Apabila baru akan memulainya, anda tidak perlu khawatir mengenai modalnya. Dengan bisnis online anda tidak perlu banyak mengeluarkan modal, bahkan bisa mulai dari nol.

Karena terdapat beberapa bisnis online yang tidak memerlukan modal, namun tetap mendapatkan untung. Simak lebih lanjut mengenai keuntungan yang bisa anda dapatkan dengan melakukan bisnis online.

Baca juga: Mau Banjir Rupiah Dari Jualan Online? Yuk, Simak!

Keuntungan Bisnis Online

bisnis online
Sumber: pexels.com

Tahukah anda, bahwa Indonesia memiliki persentasi tertinggi di dunia sebagai pengguna internet untuk memakai layanan online? Berdasarkan hasil survei We Are Social pada April 2021, sebanyak 88,1% pengguna internet di Indonesia menggunakan layanan online atau ecommerce dalam membeli produk beberapa tahun terakhir ini.

Faktanya pada tahun 2005, sistem transaksi online mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Bahkan di tengah serangan pandemik selama 2020-2021, laju pertumbuhan masih tetap tinggi.

Berdasarkan data tersebut, melakukan bisnis online menjadi peluang besar untuk anda meraup keuntungan. Syaratnya adalah anda siap belajar dan mau berusaha. 

Berikut penjelasan mengenai keuntungan yang bisa anda dapatkan melalui usaha bisnis online:

1. Modal Terjangkau dan Relatif Kecil

Tidak seperti membuka usaha secara offline dengan banyaknya biaya yang harus dikeluarkan seperti membangun/sewa toko, penyimpanan barang, perawatan, dan sebagainya. Dengan bisnis online anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk semua itu.

Anda bisa memulai bisnis rumahan atau yang berskala kecil seperti dropshipper atau reseller. Dengan begitu anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk modal.

2. Mudah Dilakukan

Sebagai pemula mungkin anda merasa khawatir akan merasa kesulitan saat awal mula memulai usaha. Namun untuk melakukan bisnis online anda tidak perlu memiliki keahlian handal di bidang bisnis atau perekonomian. 

Apapun latar belakang pendidikannya, anda tetap bisa melakukan bisnis online. Seperti yang sudah disampaikan, hal terpenting adalah niat dan usaha.

Anda dapat memulai usaha online ini darimana dan kapan saja. Pastikan anda sudah memiliki device dan koneksi yang stabil untuk menunjang kelancaran berbisnis.

3. Dapat Menjangkau Pelanggan Lebih Luas

Karena produk atau jasa yang dipasarkan secara online, akan lebih mudah menjangkau calon konsumen dari manapun. Perkembangan internet ini memungkinkan informasi sampai ke berbagai lokasi, dari dalam negeri hingga luar negeri.

Bukan tidak mungkin anda dapat menjangkau pasar internasional. Karena tidak ada batasan geografis dalam memasarkannya.

4. Lebih Efisien dengan Sistem Otomatis

Hadirnya internet dan perkembangan teknologi dapat menyederhanakan aktivitas dalam berbisnis. Misalnya dalam hal melayani pelanggan, memesan bahan baku, dan lainnya anda bisa melakukannya secara online.

Selain itu dapat mengotomatiskan cara pelanggan membeli barang atau jasa usaha anda dengan fitur seperti ‘shopping cart’ atau memilih barang untuk masuk ke kategori ‘favorite’.

Dengan begitu dapat menyederhanakan proses kegiatan berulang yang pastinya akan menghemat waktu. Selain itu, anda dapat berbagi informasi dan data dengan lebih cepat dan efisien melalui berbagai aplikasi yang tersedia.

5. Pemasaran Lebih Bervariasi dan Murah

Salah satu keuntungan lain yang bisa anda dapatkan adalah kemudahan dalam mempromosikan produk atau layanan anda. Tidak seperti cara konvensional yang akan mengeluarkan biaya dan waktu yang banyak seperti harus mencetak brosur, memasang pamflet, dan sebagainya.

Melalui bisnis online anda dapat memasarkan produk tanpa mengeluarkan biaya, dengan bantuan media sosial, dan aplikasi atau situs untuk mendesain iklan anda.

6. Tidak Terpaut Waktu

Jika dalam usaha tradisional memiliki jam buka dan tutup pada waktu tertentu, lain halnya dengan bisnis online. Tidak ada batasan waktu untuk anda menjual produk atau layanan usaha anda.

Begitupun dengan konsumen yang bisa mengakses informasi mengenai dagangan anda walaupun tengah malam. Anda juga tentu tetap memiliki waktu istirahat, karena transaksi bisa dilakukan keesokan harinya.

Ide Bisnis Online Tanpa Modal

Setelah mengetahui pengertian dan keuntungan yang bisa anda dapatkan dari bisnis online, sekarang anda bisa mencoba melakukan bisnis online tanpa modal. Berikut ide-ide usaha yang bisa anda lakukan:

1. Reseller Online

bisnis online
Sumber: google.com

Reseller dapat diartikan sebagai orang yang menjual kembali produk. Maksudnya anda mendapat barang dari supplier kemudian menjualnya kembali pada pelanggan. 

Sebagai reseller anda perlu menyetok barang, mempersiapkan alur pemasaran, pengemasan, hingga pengiriman barang. Anda dapat menjual barang dengan harga yang lebih tinggi dari harga yang diberikan supplier.

2. Dropshipper

bisnis online
Sumber: google.com

Dropship adalah sebuah jenis usaha dalam menjual barang atas nama sendiri tapi  barang tersebut dikirim oleh pihak lain (supplier). Sama seperti reseller, keuntungan yang anda dapat yaitu dari harga yang anda tetapkan lebih tinggi dari harga supplier.

Dengan kemudahan bisnis online anda dapat menjualnya di marketplace, sehingga akan lebih mudah mendapat pelanggan.

Namun berbeda dengan reseller, sebagai dropshipper anda tidak perlu menyetok barang dan menyediakan tempat untuk stok, karena semua telah diatur oleh pemasok/supplier

3. Virtual Assistant

bisnis online
Sumber: pexels.com

Banyaknya bisnis yang beroperasi secara online, menjadi hal yang wajar dengan meningkatnya kebutuhan asisten virtual. Tujuannya adalah untuk membantu bisnis tetap berjalan secara teratur terkait tugas administratif, dan pastinya tidak perlu mengeluarkan modal besar.

Tugasnya asisten virtual meliputi penulisan, membalas email, membuat dan mendistribusikan dokumen terkait bisnis, menanggapi pertanyaan media dan bisnis, dan masih banyak lagi.

4. Penerjemah 

bisnis online
Sumber: pexels.com

Untuk menjadi seorang penerjemah anda tidak perlu mengeluarkan modal. Karena semua bisa dilakukan dari rumah, modalnya hanya perangkat yang telah terhubung dengan internet. 

Tugas anda seperti namanya yaitu menerjemahkan teks ke bahasa tertentu. Biasanya satu kali pekerjaan ini sebatas per buku atau materi.

5. Paid Survey

bisnis online
Sumber: pexels.com

Sebagai bahan research and development, suatu perusahaan biasanya melakukan survei secara online. Anda bisa menjadi responden tersebut dan mendapatkan upah atas survei yang anda isi.

Anda hanya perlu meluangkan waktu untuk mengisi survei tersebut secara online, lalu bisa menghasilkan keuntungan tanpa mengeluarkan modal.

Demikian penjelasan mengenai bisnis online yang bisa anda jadikan usaha untuk mendapatkan penghasilan. Bagaimana, apakah anda sudah mulai tertarik?

Semuanya bisa anda lakukan dengan kemauan belajar dan usaha yang tinggi. Jadi, mantapkan keinginan anda dalam berbisnis online.

Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan anda.

Sampai jumpa di artikel informatif lainnya hanya di Everpro!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?