everpro

Terbukti! 9 Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol Paling Mudah

Mau punya usaha dan sedang mencari ide bisnis online yang paling mudah? Tenang, Everpro punya berbagai rekomendasi ide usaha online yang mudah dimulai untuk pemula!

Bisnis online sangat diminati oleh masyarakat dewasa ini, karena bisnis tersebut menawarkan potensi kesuksesan yang sangat menarik. Pemilihan ide yang tepat dan mencari celah peluang kesuksesan dalam ide usaha online juga sangat penting.

Sayangnya, tidak semua orang mengetahui jenis-jenis usaha online yang cocok bagi pemula dan memiliki potensi keuntungan besar. Untuk itu, kamu berada di artikel yang tepat, di mana Everpro akan memberikan beberapa ide yang bisa kamu pertimbangkan. Mari simak lebih lanjut artikel di bawah ini!

Pengertian Bisnis Online

Bisnis online merupakan kegiatan bisnis, seperti jual-beli, pemasaran, pelayanan pelanggan, dan sebagainya, yang dijalankan melalui internet. Yang menarik, kamu dapat menjual berbagai jenis produk melalui platform jualan online, mulai dari barang fisik, jasa, hingga produk digital.

Tidak ada batasan bagi calon pembeli kamu; mereka dapat berasal dari seluruh Indonesia, bahkan dari luar negeri. Bisnis online tidak memerlukan pembukaan toko atau ruko seperti yang umumnya dilakukan bisnis offline.

Kamu dapat menjalankan bisnis ini dengan membuat situs web, menggunakan media sosial, atau marketplace. Pengelolaan bisnis online bersifat fleksibel, dapat dilakukan dari rumah atau di mana pun yang kamu inginkan.

Dengan demikian, kamu tidak perlu mengeluarkan modal yang besar untuk memulai bisnis online. Bagi pelajar, terdapat berbagai cara untuk memulai bisnis online tanpa modal untuk pelajar.

Salah satu contohnya adalah dengan menjadi dropshipper menggunakan aplikasi dropship terbaik, dan masih banyak opsi lainnya. Jadi, apakah kamu sudah memiliki tekad bulat untuk memulai bisnis online?

Manfaat Bisnis Online

1. Fleksibel

Bisnis online dianggap fleksibel karena dapat dijalankan dari mana saja, dengan syarat yang paling penting adalah adanya laptop dan koneksi internet. Tidak hanya itu, kamu dapat mengatur jam buka dan tutup toko sesuai keinginan, bahkan selama 24 jam penuh.

Jadi, fleksibilitas bisnis online tidak hanya terbatas pada lokasi, melainkan juga mencakup fleksibilitas dalam waktu operasional.

2. Biaya Operasional yang Rendah

Mengapa bisnis online dapat dimulai secara gratis atau dengan biaya yang relatif rendah? Alasannya pertama, bisnis online tidak mewajibkan kamu untuk membuka atau menyewa tempat seperti ruko.

Kamu dapat menggunakan kamar di rumah yang tidak terpakai sebagai gudang penyimpanan stok barang. Bahkan bagi dropshipper, tidak diperlukan tempat penyimpanan barang sama sekali.

Selain itu, biaya promosi jualan online juga lebih terjangkau. Kamu dapat mempromosikan bisnis kamu secara gratis dengan menulis artikel tentang produk kamu, melakukan promosi di Instagram, dan menggunakan berbagai metode pemasaran lainnya.

3. Jangkauan Pasar yang Luas

Dengan bisnis online, siapa pun dapat mengunjungi toko kamu tanpa batasan wilayah asal mereka. Hal ini dapat meningkatkan jumlah pelanggan bisnis kamu dari berbagai wilayah di Indonesia, bahkan memungkinkan kamu untuk memperluas target pasar bisnis online hingga ke luar negeri.

9 Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol

Membangun bisnis online tidak dapat dilakukan secara sembarangan, karena hal ini dapat berpengaruh pada kesuksesan bisnis di masa depan. Kamu perlu mengetahui langkah-langkah yang harus diambil untuk memulai bisnis online dari awal. Nah, berikut adalah beberapa cara memulai bisnis online untuk pemula:

1. Menentukan Jenis Usaha

Langkah pertama yang harus kamu ambil adalah menentukan jenis usaha yang akan kamu kembangkan. Kamu dapat menyesuaikan jenis usaha ini dengan keahlian atau minatmu terhadap suatu bidang.

Sebagai contoh, jika kamu memiliki ketertarikan dalam eksplorasi kuliner, kamu dapat membuka usaha di bidang kuliner. Ingatlah untuk selalu mencari permasalahan yang dihadapi pasar, sehingga kamu dapat menciptakan produk yang sesuai dengan kebutuhan.

Dengan cara ini, produk kamu akan memiliki value dan mampu bersaing di pasar. Jangan lupa bahwa kegagalan bisa terjadi jika kamu tidak memahami kebutuhan pasar dengan baik.

Selain itu, kamu juga harus cerdas dalam menemukan peluang usaha dengan melakukan observasi terhadap berbagai jenis bisnis.

2. Riset Pasar

Riset pasar sangat penting untuk dilakukan karena dapat membantu kamu dalam menemukan ide bisnis yang spesifik. Kamu bisa melihat tren pasar di media sosial, menggunakan alat Google Trends, atau melakukan survei.

Dengan melakukan cara ini, kamu dapat lebih mudah menemukan peluang bisnis dan mengetahui kebutuhan pasar.

3. Riset Kompetitor

Kamu juga perlu mengetahui siapa saja kompetitormu, baik kompetitor langsung maupun kompetitor tidak langsung. Kompetitor langsung adalah mereka yang memiliki bisnis dan target pelanggan yang sama dengan bisnismu.

Sementara kompetitor tidak langsung adalah mereka yang menawarkan produk berbeda namun dapat menyasar ke target pasar yang sama. Ada juga kompetitor bayangan, yaitu mereka yang memiliki produk dan tujuan yang berbeda, namun tetap menyasar ke target pasar yang sama.

Setelah kamu melakukan riset tersebut, penting untuk mempelajari kelebihan, strategi promosi, hingga kekurangan dari kompetitor. Kamu dapat melakukan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, and Threats) untuk riset kompetitor.

4. Menentukan Target Pasar

Target pasar adalah sekelompok orang yang berpotensi membeli produk dari bisnismu. Kamu dapat melakukan targeting dengan mengelompokkan calon konsumen berdasarkan pekerjaan, gender, pendapatan, usia, gaya hidup, dan lain-lain.

Dengan begitu, kamu dapat membuat produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka dan membantu kamu untuk lebih fokus dalam menentukan strategi pemasaran yang digunakan.

5. Menentukan Model Bisnis

Memilih model bisnis merupakan langkah selanjutnya dalam memulai bisnis online. Sebagai contoh, kamu dapat menyetok produk yang kemudian dijual kepada para konsumen.

Lalu, bagaimana jika memulai bisnis online tanpa modal? Jika kamu terbatas dengan modal, kamu bisa menggunakan model bisnis dropshipper.

Model ini tidak mengharuskan kamu untuk menyetok produk karena kamu bisa meminta supplier untuk mengirimkan barang kepada pelanggan atas nama kamu. Untuk bisnis online yang tidak melibatkan produk fisik, kamu bisa memilih model bisnis affiliate.

6. Membuat Website

Kebanyakan orang lebih percaya pada bisnis yang memiliki website. Website juga dapat menjadi platform bagi kamu untuk menjual produk.

Pelanggan dapat memperoleh informasi terkait produk yang kamu jual dan melakukan proses check-out untuk barang yang diinginkan. Dengan demikian, proses yang dilakukan menjadi lebih mudah dan terstruktur.

7. Pemasaran Produk

Kamu bisa memanfaatkan media sosial, seperti Instagram, TikTok, Twitter, Facebook, dan lain-lain, untuk melakukan pemasaran. Kamu juga dapat menggunakan strategi SEO agar produk kamu mudah ditemukan di halaman pertama hasil pencarian Google.

8. Menjaga Loyalitas Pelanggan

Jangan lupa menjaga loyalitas pelanggan setia bisnismu. Kamu dapat melakukan promo besar khusus untuk pelanggan setia dengan menerapkan promo khusus member di bisnismu.

Dengan begitu, pelanggan akan merasa puas dan selalu berkeinginan untuk membeli produk yang kamu tawarkan.

9. Lakukan Evaluasi Rutin

Melakukan evaluasi rutin sangat penting karena dengan cara ini kamu bisa mengetahui apa saja yang perlu kamu tingkatkan dan perbaiki. Dengan begitu, bisnismu akan terus berkembang.

Ide Bisnis Online Tanpa Modal

1. Jualan di Marketplace

bisnis online
Sumber: Freepik

Marketplace menyediakan ruang yang luas bagi para pemula yang ingin menjual berbagai produk mereka dengan mudah. Peluang untuk mendapatkan angka penjualan sangat tinggi, karena ada banyak pengunjung setiap harinya.

Cara berbisnis online tanpa modal ini sangat mudah dan membantu, terutama jika produk yang kamu jual memiliki kualitas yang baik.

2. Menjadi Youtuber

bisnis online
Sumber: Freepik

Bisnis online yang satu ini sangat cocok untuk orang kreatif. Skill yang dibutuhkan adalah mampu melihat tren dengan baik dan juga menghasilkan konten yang unik.

Selain mendapatkan penghasilan dari iklan, Youtuber juga bisa mendapatkan peluang untuk mempromosikan bisnis klien dan mendapatkan penghasilan yang besar. 

3. Menjadi Influencer

bisnis online
Sumber: Freepik

Kamu memiliki ketertarikan dan kemampuan dalam mengelola media sosial dengan baik? Ini akan menjadi pilihan tepat untuk bisnis online tanpa modal.

Dengan menjadi seorang influencer, kamu dapat mempromosikan bisnis, sehingga peluang di bidang ini sangatlah besar. Untuk mendapatkan banyak followers, kamu harus memiliki kemampuan dalam menciptakan konten yang berkualitas.

4. Membuka Jasa Desain Grafis

bisnis online
Sumber: Freepik

Desain Grafis bisa menjadi alternatif untuk mencari uang tanpa modal bagi pelajar yang mempunyai kemampuan di bidang visual karena sangat banyak dicari dan dibutuhkan.

Kamu bisa menggunakan portal freelancer jika kamu mengalami kesulitan dalam mencari klien dan akan jauh lebih mudah untuk mendapatkannya.

5. Penerjemah

bisnis online
Sumber: Freepik

Penerjemah banyak dibutuhkan oleh perusahaan, bahkan bisnis, dan ini bisa menjadi pilihan untuk kamu memulai mendapatkan uang tanpa modal apabila kamu memiliki kemampuan bahasa asing yang cukup baik.

Kamu bisa mendapatkan klien melalui portal freelance, dan jangan lupa untuk menaruh portofolio yang bagus agar peluang untuk dilirik klien menjadi lebih besar.

6. Admin Media Sosial

bisnis online
Sumber: Freepik

Banyak individu dan perusahaan saat ini memilih untuk menjalankan bisnis mereka melalui platform media sosial, sehingga peran admin media sosial menjadi semakin penting. Sebagai seorang admin media sosial, tugasnya melibatkan penanganan berbagai urusan yang terkait dengan aktivitas bisnis di media sosial.

Dengan maraknya belanja online dan interaksi pelanggan di media sosial, admin media sosial memiliki peluang yang sangat besar untuk memberikan kontribusi dalam memajukan dan mempertahankan keberhasilan bisnis melalui platform tersebut.

7. Mengisi Survei Online Berbayar

bisnis online
Sumber: Freepik

Saat ini, banyak perusahaan dan lembaga yang menyelenggarakan survei online berbayar yang dapat dijadikan sebagai sumber pendapatan. Bisnis ini sangat sederhana dan dapat dijalankan hanya dengan menggunakan smartphone dan koneksi internet.

Cukup dengan mendaftar dan mengikuti survei, kamu akan mendapatkan sejumlah poin yang dapat ditukarkan dengan uang tunai atau hadiah lainnya.

8. Jasa Kursus Online

bisnis online
Sumber: Freepik

Dengan memanfaatkan internet, kamu dapat membuka peluang berupa jasa kursus online karena banyak yang membutuhkannya.

Gunakan media sosial yang kamu miliki untuk mempromosikan kursus online tersebut agar semakin banyak murid yang tertarik dan mendaftar.

9. Mengembangkan Blog atau Website Pribadi

bisnis online
Sumber: Freepik

Tulisan di blog maupun website bisa menjadi bentuk promosi bagi klien dan bisa menghasilkan uang tanpa modal. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan penghasilan melalui Google Adsense dalam bisnis ini. Ini merupakan salah satu bisnis online tanpa modal yang mudah dan bisa dijalankan oleh siapa saja.

10. Dropshipper

bisnis online
Sumber: Freepik

Peluang ini dapat kamu jalankan tanpa modal sama sekali, hanya dengan mengandalkan smartphone dan kuota internet. Kamu cukup mempromosikan dan menjual barang dari supplier melalui media sosial atau marketplace.

Tidak perlu stok produk dalam bisnis ini, karena semua urusan pengiriman akan ditangani oleh supplier.

Itulah cara dan ide memulai bisnis online untuk pemula yang bisa kamu jadikan inspirasi untuk pertama kalinya terjun ke usaha online.

Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat dan bisa membantu kamu dalam mewujudkan bisnis online impianmu dan jangan lupa share artikel ini di media sosialmu, ya! Sampai jumpa lagi di artikel Everpro berikutnya!

Mengembangkan bisnis menjadi lebih mudah dengan aplikasi Everpro dan nikmati kemudahan lainnya yang menyediakan 15+ ekspedisi, pick up paket, bonus Cashback 30%, GRATIS biaya return, pencairan dana COD 1 hari, akses laporan aktivitas penjualan, sekali transaksi bisa kirim ke banyak lokasi.

Ayo, saatnya daftarkan bisnis online kamu bersama Everpro sekarang juga!

Daftar Sekarang

Picture of Safira Rasendriya

Safira Rasendriya

SEO Content Writer yang memiliki minat di digital marketing dan bisnis. Dengan latar belakang pendidikan dalam bidang Digital Marketing, saya telah mengembangkan keterampilan menulis yang kuat. Saya percaya bahwa kombinasi antara kreativitas dan optimasi dapat menyampaikan pesan dengan cara yang menarik dan informatif.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya