everpro

Ini Cara Menggunakan Google Ads, Ayo Simak!

Apakah Anda pernah bertanya-tanya bagaimana cara menggunakan Google Ads untuk mempromosikan bisnis Anda? Atau mungkin Anda sudah pernah mencobanya tetapi merasa bingung dengan semua opsi dan fitur yang ada?

Nah, artikel ini akan membantu Anda memahami apa itu Google Ads dan bagaimana cara menggunakannya dengan sederhana dan efektif. 

Apa itu Google Ads?

cara menggunakan google ads
Sumber: google.com

Pada dasarnya, Google Ads adalah platform iklan online buatan Google, salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia.

Dengan Google Ads, Anda dapat membuat iklan yang akan ditampilkan di berbagai platform Google, seperti hasil pencarian Google, YouTube, Google Play, dan situs web lainnya yang berada dalam jaringan Google. 

Mengapa Harus Menggunakan Google Ads?

cara menggunakan ads
Sumber: google.com

Google Ads menawarkan berbagai keuntungan, salah satunya adalah kemampuan untuk menargetkan audiens yang spesifik berdasarkan demografi, lokasi, dan perilaku mereka.

Selain itu, Anda juga bisa mengatur berapa banyak anggaran yang ingin Anda gunakan untuk iklan Anda dan memantau kinerja iklan Anda secara real-time. 

Jenis Iklan di Google Ads

cara menggunakan google ads
Sumber: google.com

Berikut ini adalah beberapa jenis iklan populer di Google Ads:

1. Iklan Teks

Selanjutnya iklan teks, iklan yang paling umum pada Google Ads. Iklan ini terdiri dari judul, deskripsi, dan tautan yang mengarahkan pengguna ke situs web Anda. Iklan jenis teks akan muncul di bagian atas atau samping halaman hasil pencarian Google dan juga dapat muncul di situs web mitra Google.

2. Iklan Gambar

Iklan gambar adalah iklan berbasis gambar yang dapat Anda tampilkan di berbagai situs web mitra Google. Anda dapat membuat iklan gambar menarik dengan menggunakan grafik, foto, dan teks yang relevan. Iklan gambar memungkinkan Anda untuk menarik perhatian pengguna dengan visual yang menarik.

3. Iklan Video 

Iklan video memungkinkan Anda untuk menampilkan iklan berupa video di YouTube dan di situs web mitra Google. Anda dapat menggunakan iklan video untuk mempromosikan produk, layanan, atau merek Anda dengan cara yang menarik dan kreatif. Anda juga dapat mengatur iklan video agar ditampilkan sebelum atau selama pemutaran video di YouTube.

4. Iklan Responsif

Iklan responsif memungkinkan Anda membuat iklan yang fleksibel dan yang menyesuaikan dengan berbagai ukuran dan tata letak yang ada di situs web mitra Google.

Anda hanya perlu menyediakan beberapa elemen, seperti judul, deskripsi, gambar, dan URL, dan Google Ads akan mengoptimalkan iklan Anda untuk tampil dengan baik di berbagai format iklan.

5. Iklan Tampilan

Iklan tampilan adalah jenis iklan menampilkan grafis di situs web mitra Google yang relevan dengan produk atau layanan Anda.

Jenis iklan tampilan dapat mencakup gambar, teks, atau kombinasi keduanya. Anda dapat menargetkan iklan tampilan berdasarkan demografi, minat, dan perilaku pengguna untuk meningkatkan kecocokan iklan dengan audiens target Anda.

6. Iklan Shopping

Selanjutnya ada iklan Shopping yang memungkinkan Anda mempromosikan produk-produk Anda langsung di hasil pencarian Google. Iklan ini biasanya muncul di bagian atas halaman hasil pencarian dan mencantumkan gambar produk, judul, harga, dan nama toko Anda. Jenis iklan ini sangat efektif untuk toko online atau bisnis yang menjual produk fisik.

7. Iklan Aplikasi

Iklan Aplikasi digunakan untuk mempromosikan aplikasi mobile Anda di Google Play Store. Google akan menampilkan iklan ini di hasil pencarian Google, YouTube, dan dalam aplikasi seluler mitra Google.

Anda dapat menggunakan iklan Aplikasi untuk meningkatkan jumlah unduhan aplikasi Anda dan mencapai audiens yang lebih luas.

Ini hanyalah beberapa jenis iklan yang dapat Anda gunakan dalam Google Ads. Pemilihan jenis iklan yang tepat tergantung pada tujuan pemasaran dan karakteristik bisnis Anda.

Anda dapat mencoba kombinasi berbagai jenis iklan untuk mencapai hasil yang optimal.

Baca juga: Cara Membuat Iklan di Google Ads

Cara Menggunakan Google Ads

cara menggunakan google ads
Sumber: google.com

Berikut adalah langkah-langkah sederhana tentang cara menggunakan Google Ads:

Langkah 1: Buat Akun Google Ads

Pertama, Anda perlu membuat akun Google Ads. Kunjungi situs web Google Ads, kemudian klik ‘Mulai Sekarang’. Ikuti petunjuk yang diberikan, dari membuat akun Google (jika Anda belum memilikinya) hingga pendaftaran ke Google Ads.

Langkah 2: Tentukan Tujuan Iklan Anda

Setelah membuat akun, langkah berikutnya adalah menentukan tujuan iklan Anda. Ini penting karena tujuan iklan Anda akan mempengaruhi bagaimana Anda membuat dan mengoptimalkan iklan Anda. Tujuan iklan bisa beragam, mulai dari meningkatkan brand awareness, mendorong lalu lintas ke situs web, hingga meningkatkan penjualan.

Langkah 3: Pilih Jenis Iklan Anda

Google Ads menawarkan berbagai jenis iklan, seperti iklan teks, iklan video, iklan gambar, dan lainnya. Pilih jenis iklan yang paling sesuai dengan tujuan iklan Anda dan audiens target Anda.

Langkah 4: Buat Iklan Anda

Sekarang saatnya untuk membuat iklan Anda. Untuk iklan teks, Anda perlu menulis judul, deskripsi, dan URL tujuan. Untuk iklan video, Anda perlu mengunggah video ke YouTube dan menambahkan deskripsi dan call-to-action. Selain itu, pastikan iklan Anda menarik dan relevan dengan apa yang dicari audiens Anda.

Langkah 5: Tentukan Target Audiens Anda

Setelah iklan Anda siap, langkah selanjutnya adalah menentukan target audiens Anda. Anda bisa menargetkan audiens berdasarkan demografi, lokasi, perilaku, dan lainnya. Anda juga bisa membuat daftar kata kunci menggunakan Google Keyword Planner untuk menargetkan orang-orang yang melakukan pencarian di Google dengan kata kunci tersebut.

Langkah 6: Tetapkan Anggaran dan Jadwal Iklan Anda

Dalam langkah ini, Anda perlu menentukan berapa banyak yang ingin Anda belanjakan untuk iklan Anda dan kapan Anda ingin iklan tersebut ditampilkan. Anda bisa menetapkan anggaran harian atau total untuk kampanye iklan Anda, dan Anda juga bisa menentukan jadwal kapan iklan Anda akan ditayangkan, baik secara manual atau otomatis.

Langkah 7: Pilih Strategi Penawaran

Strategi penawaran Anda akan menentukan bagaimana Anda membayar untuk iklan Anda. Ada beberapa opsi yang bisa Anda pilih, dari penawaran otomatis yang diatur oleh Google sendiri, hingga penawaran manual di mana Anda menentukan berapa banyak yang ingin Anda bayar per klik atau per tayangan. Ada bidding di sini, jadi strategi penawaran Anda akan mempengaruhi seberapa sering Google akan menampilkan iklan anda.

Langkah 8: Pasang Iklan Anda

Setelah semua pengaturan selesai, saatnya untuk memasang iklan Anda. Klik ‘Pasang Iklan’, kemudian ikuti petunjuk yang diminta oleh Google. Masukkan URL tujuan iklan Anda dan pastikan semua informasi yang Anda masukkan sudah benar.

Langkah 9: Pantau dan Optimalkan Iklan Anda

Setelah iklan Anda live, jangan lupa untuk memantau kinerjanya secara berkala. Google Ads menyediakan berbagai alat dan laporan yang bisa Anda gunakan untuk melihat bagaimana iklan Anda berperforma dan apa yang bisa Anda lakukan untuk mengoptimalkannya.

Baca juga: Contoh Iklan Google Ads

Nah, itulah beberapa langkah tentang cara menggunakan Google Ads. Meskipun mungkin tampak rumit pada awalnya, tetapi seiring berjalannya waktu, Anda akan semakin mengenali apa saja yang perlu anda lakukan untuk menjalankan kampanye iklan yang sukses di Google Ads.

Sebagai tips, jangan takut untuk bereksperimen dan mencoba hal-hal baru. Mungkin Anda akan menemukan strategi atau teknik baru yang bisa meningkatkan kinerja iklan Anda. Dan jika Anda memiliki pertanyaan lain tentang cara pasang iklan di Google Ads, jangan ragu untuk mencari jawabannya online atau bertanya kepada komunitas Google Ads.

Ingatlah, Google Ads adalah alat yang kuat yang bisa membantu Anda menjalankan bisnis Anda secara online atau offline. Jadi, manfaatkanlah Google Ads sebaik mungkin dan lihat bagaimana iklan Anda bisa membantu bisnis Anda berkembang dan sukses.

Kesulitan saat menggunakan Google Ads? Iklan Anda tidak optimal? Produk jadi kurang laku?

Jangan khawatir, ada Everpro Google Ads Whitelisted

Benefit Everpro Google Ads Whitelisted

  • Edukasi beriklan Google Ads lengkap dari tim ahli Everpro
  • Akses prioritas dari Google jika akun kamu bermasalah
  • Transaksi dan credential akun aman dengan metode pembayaran khusus dari Everpro
  • Terhubung dengan ekosistem Everpro untuk dukung semua kebutuhan bisnismu

Gabung sekarang menggunakan tombol dibawah ini!

Gabung Sekarang

Adhitia Rivaldy

Adhitia Rivaldy

Seorang SEO Content Writer yang memiliki minat pada dunia digital dan teknologi. Menulis berbagai artikel informatif seputar bisnis, ekspedisi, digital marketing dan lain lain yang berkaitan dengan blog Everpro. Memiliki semangat untuk tetap mengasah dan mempelajari bidang SEO. Semoga hasil tulisan saya bermanfaat bagi Anda.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya