Hubungkan Iklan FB ke WA Biar Bisnis Makin Melejit!

Ingin menghubungkan akun FB kamu ke WA supaya makin mudah dalam pengoperasiannya? Yuk, simak cara lengkapnya di sini!

Facebook merupakan salah satu media sosial banyak sekali kegunaannnya. Salah satu kegunaan yang sangat penting dari Facebook adalah bisa membangun bisnis online dengan fitur-fitur yang ada di Facebook.

Nah, jika kamu ingin mengembangkan bisnis kamu yang ada di Facebook dan ingin memulai lebih banyak percakapan dengan calon pelanggan, kamu bisa membuat iklan yang mengarahkan ke percakapan WhatsApp.

Dengan mengarahkan ke percakapan di WhatsApp, kamu bisa menjalin hubungan yang lebih erat dan intim dengan pelanggan dan calon pelanggan kamu.

Namun, kamu harus memperhatikan satu hal yaknii opsi iklan ini hanya tersedia untuk postingan dengan tautan eksternal, video dan foto tunggal.

Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Baca juga: Panduan Penggunaan WhatsApp Business Fitur Multiple Users

Sebelum Memulai Menghubungkan FB ke WA

cara menghubungkan fb ke wa
Sumber: google.com
  • Unduh aplikasi WhatsApp Business
  • Kamu harus membuat halaman Facebook untuk bisnis yang kamu punya. Kamu tidak dapat menemukan WhatsApp di profil Facebook pribadi dan melakukan-langkah dalam artikel ini.

Jika kamu menggunakan platform WhatsApp Business, kamu tidak harus mengikuti langkah-langkah dalam artikel ini. Kamu bisa membaca artikel ini.

Menghubungkan Halaman FB ke WA 

Berikut langkah-langkah untuk menghubungkan halaman Facebook ke WhatsApp kamu:

  1.  Pertama, buka halaman Facebook kamu.
  2. Klik Pengaturan.
  3. Pada kolom sebelah kiri, klik WhatsApp. Kamu hanya bisa menemukan WhatsApp di halaman Facebook untuk bisnis kamu. Kamu tidak bisa menemukan WhatsApp di profil Facebook Pribadi.
  4. Kemudian, pilih kode negara.
  5. Lalu masukkan nomor telepon WhatsApp Business.
  6. Klik Lanjutkan.
  7. Selanjutnya masukkan kode konfirmasi yang diterima.
  8. Klik Konfirmasi

Nah, kamu sudah berhasil menghubungkan halaman Facebook ke WhatsApp kamu. Jika kamu menerima pesan kesalahan “Nomor WhatsApp tertaut ke Facebook Business lain”, bisa jadi karena nomor telepon WhatsApp kamu sudah tertaut ke Facebook business lain.

Pada kasus tersebut, kamu harus menghapus nomor telepon WhatsApp kamu sebagai aset bisnis.

Cara Membuat Iklan yang Mengarahkan ke WhatsApp

Sebelum Memulai

Sebelum memulai kamu harus melakukan hal berikut ini:

  • Membuat akun bisnis dengan mengunduh aplikasi WhatsApp Business atau mengintegrasikan dengan WA Business API.
  • Menghubungkan akun WhatsApp Business ke Halaman Facebook kamu.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengarahkan ke WhatsApp dari halaman kamu:

  1. Pertama buka halaman kamu dan klik Promosikan.
  2. Klik Tambahkan ke rencana iklan kamu atau buat iklan baru.
  3. Pada bagian Tujuan, pilih dapatkan lebih banyak pesan.
  4. Pada bagian label tombol, pilih kirim pesan WhatsApp.
  5. Persiapkan pesan sambutan kamu.
  6. Pilih target audiens yang ingin kamu jangkau atau klik Buat Baru. Dengan begitu, kamu akan memiliki opsi untuk membuat pemirsa berdasarkan karakteristik seperti usia, lokasi dan minat.
  7. Pilih dan tetapkan jadwal durasi dan anggaran yang kamu inginkan.
  8. Klik promosikan sekarang untuk menjalankan ikan.

Cara Membuat Iklan yang Mengarahkan ke WhatsApp di Pengelola Iklan

Kamu bisa menambahkan tombol Kirim Pesan ke iklan Facebook atau Instagram yang akan membuka utas percakapan di Aplikasi WhatsApp Business.

Dengan melakukan itu, pelanggan bisa berkomunikasi dengan bisnis kamu di WhatsApp setelah mengklik tombol di iklan kamu.

Sebelum Memulai 

  • Membuat akun bisnis dengan mengunduh aplikasi WhatsApp Business atau berintegrasi dengan WA Business API.
  • Hubungkan akun WhatsApp kamu ke halaman Facebook dan jadikan diri kamu sebagai admin halaman kamu atau hubungkan denga nomor WhatsApp ke Pengelola Bisnis.
  • Facebook memiliki 6 tujuan kampanye di Pengelola Iklan secara bertahap, yaitu awareness, traffic, interaksi, prospek, promosi aplikasi, dan penjualan.

Notes: Jika kamu melihat 6 tujuan kampanye tersebut saat membuat iklan baru, kamu bisa mengarahkan ke WA dengan tujuan interaksi, traffic, atau penjualan. Jika kamu melihat lebih dari 6 tujuan, kamu bisa membuat iklan yang mengarahkan ke WhatsApp dengan tujuan sebelumnya untuk waktu yang terbatas.

Baca juga: Inilah Tips dan Cara Jualan Online Laris di WhatsApp, Mudah Banget!

Membuat Iklan yang Mengarahkan ke WhatsApp

Jika melihat 6 tujuan kampanye

Untuk membuat iklan yang mengarahkan ke percakapan WhatsApp dari Pengelola Iklan:

  1. Membukan Pembuatan Iklan di Pengelola Iklan
  2. Pilih tujuan kamu

Iklan dengan Tujuan Interaksi

Notes: pengoptimalan konversi tidak tersedia di negara-negara UE tertentu, Jepang, dan Korea Selatan.

  • Pilih anggaran kampanye dan klik Berikutnya
  • Di bagian lokasi konversi pilih aplikasi pengiriman pesan
  • Pada bagian apikasi pengiriman pesan, pilih WhatsApp
  • Pada bagian jenis iklan, pilih Klik untuk mengirim pesan
  • Untuk iklan yang menggunakan tujuan interaksi, di bagian akun, buka WhatsApp dan pilih nomor WhatsApp terkait dari menu pilihan
  • Pilih Pemirsa, Penempatan, Anggaran, dan Jadwal kamu, lalu klik Berikutnya
  • Pilih format iklan dan selesaikan penyiapan iklan kamu
  • Klik +Buat untuk membuat alur kamu. Jika sudah selesai, klik Simpan dan Selesai
  • Klik Terbitkan untuk meluncurkan iklan

Kamu bisa membuat iklan yang mengarahkan ke WhatsApp dengan nomor WhatsApp yang terhubung ke Halaman Facebook atau Pengelola Bisnis.

Tujuan Traffic dan Penjualan

  • Pilih anggaran kampanye dan klik Berikutnya
  • Di bagian lokasi konversi, pilih WhatsApp
  • Kemudian pilih halaman Facebook yang relevan. Nomor WhatsApp yang terhubung ke halaman Facebook kamu akan menjadi nomor terhubung dengan kampanye.
  • Selanjutnya, pilih pemirsa, penempatan, anggaran, dan jadwal kamu, lalu klik berikutnya.
  • Pilih format iklan dan selesaikan penyiapan iklan kamu.
  • Kemudian, klik + Buat untuk membuat alur kamu. Jika sudah selesai, klik simpan dan selesai.
  • Klik terbitkan untuk menerbitkan iklan

Lebih dari 6 Tujuan Kampanye

Jika melihat lebih dari 6 tujuan kampanye pengelola iklan, kamu bisa mengikuti langkah-langkah ini:

1. Buka Pembuatan Iklan di Pengelola Iklan

2. Pilih Tujuan Kamu

Iklan dengan tujuan traffic, konversi situs web, atau pesan:

  • Pilih anggaran kampanye dan klik Berikutnya
  • Pada bawah Jenis Iklan, pilih WhatsApp
  • Pilih halaman yang terhubung dengan WhatsApp atau pilih Hubungkan ke WhatsApp untuk menghubungkan halaman
  • Untuk iklan yang menggunakan tujuan pesan, di bagian Akun, buka WhatsApp dan pilih nomor WhatsApp terkait dari menu pilihan. Untuk semua tujuan lainnya, nomor ini akan menjadi nomor WhatsApp yang terhubung ke halaman Facebook kamu.
  • Pilih pemirsa, penempatan, anggaran, dan jadwal kamu, kemudian klik Berikutnya.
  • Pilih format iklan dan selesaikan penyiapan iklan kamu.
  • Klik Terbitkan untuk menerbitkan iklan kamu.

Iklan dengan Tujuan Jangkauan, Brand Awareness, Interaksi atau tayangan video:

  • Pilih anggaran kampanye kemudian klik Berikutnya
  • Pilih pemirsa, penempatan, anggaran dan jadwal kamu, kemudian klik Berikutnya
  • Pada bagian Tautan, klik Tambahkan URL situs web
  • Tambahkan URL dari situs web bisnis kamu
  • Pada bagian ajakan bertindak, pilih kirim pesan WhatsApp
  • Pilih halaman kamu dengan nomor WhatsApp yang terhubung di menu pilihan
  • Klik terbitkan untuk menerbitkan iklan kamu

Bingung gimana cara meningkatkan kepuasa pelanggan pada bisnis online kamu? Belum menemukan strategi untuk meningkatkan penjualan dari data pelanggan?

Solusi untuk masalah tersebut yaitu layanan Everpro CRM yang ga hanya bikin WA bisnis tidak terblokir karena meningkatkan kepuasan pelanggan, Everpro CRM juga bisa memaksimalkan penjualan bisnis online kamu.

Dengan layanan CRM, Everpro bisa bantuin kamu mengoptimalkan konversi dari leads masuk dan juga mengelola hubungan dengan tiap pelanggan dengan sistem berbasis data, fitur labeling hingga automasi pesan.

Selain membantu bisnis online kamu tadi, Everpro CRM juga memiliki keunggulan yang bisa kamu dapatkan jika bergabung. Berikut beberapa keunggulan yang bisa kamu dapatkan:

  • Fitur Data Pelanggan
  • Label dan Segmentasi
  • Broadcast Pesan dan Automasi Alur Kerja
  • Update Status Paket

Layanan CRM yang terintegrasi terbukti membantu menurunkan resiko RTS hingga 50% dan juga meningkatkan potensi repeat order hingga 30%.

Yuk, gabung Everpro CRM sekarang agar Bisnis kamu makin meningkat!

Daftar Sekarang

Picture of Adhitia Rivaldy
Adhitia Rivaldy
Seorang SEO Content Writer yang memiliki minat pada dunia digital dan teknologi. Menulis berbagai artikel informatif seputar bisnis, ekspedisi, digital marketing dan lain lain yang berkaitan dengan blog Everpro. Memiliki semangat untuk tetap mengasah dan mempelajari bidang SEO. Semoga hasil tulisan saya bermanfaat bagi Anda.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya