everpro

Ini Cara Meningkatkan Omset Penjualan di Instagram, Mudah!

Anda punya bisnis online tapi penjualannya masih gitu-gitu aja? Simak artikel ini untuk mengetahui cara meningkatkan omset penjualan di Instagram yang efektif!

Bisnis online merupakan salah satu cara mendapatkan uang yang sangat potensial di era digital saat ini. Salah satu platform yang bisa Anda gunakan untuk memulai bisnis online adalah melalui media sosial.

Salah satu media sosial yang bisa Anda manfaatkan yaitu Instagram. Alasannya karena Instagram merupakan salah satu media sosial yang paling banyak penggunanya.

Nah, jika Anda sudah memiliki bisnis online di Instagram tapi penjualan Anda masih stuck atau gitu-gitu aja, Anda harus simak artikel ini sampai habis!

Karena pada artikel kali ini, kami akan membahas cara meningkatkan penjualan di Instagram. So, tanpa berlama-lama lagi yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

Baca juga: 10 Cara Untuk Meningkatkan Omset Penjualan, Harus Dicoba Nih!

1. Membuat Profile Bisnis

cara meningkatkan omset penjualan di instagram
Sumber: unsplash.com

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan penjualan bisnis online di Instagram adalah dengan membuat profile bisnis. Instagram saat ini memiliki fitur akun profesional atau bisnis yang bisa Anda manfaatkan.

Dengan membuat profil bisnis akun Anda dapat mengetahui beberapa informasi dan data terkait dengan metric pada akun Anda. Informasi dan data yang bisa Anda lihat antara lain impression, reach & profile views.

2. Membuat Konten yang Berkualitas

Salah satu cara yang sangat penting untuk meningkatkan omset penjualan di Instagram adalah dengan membuat konten yang berkualitas pada akun Instagram bisnis yang Anda buat.

Memang cara ini tidak langsung memberikan dampak kepada omset namun, dengan membuat konten yang berkualitas Anda dapat menarik calon pembeli untuk mengunjungi akun Anda.

Berikut kami berikan beberapa tips yang bisa Anda lakukan dalam membuat konten yang berkualitas:

  • Membuat storytelling pada caption postingan
  • Membuat konten yang menarik dan unik seperti infografis, slideshow, foto atau video
  • Mengikut tren yang sedang populer
  • Membuat konten spesial pada hari-hari penting atau hari raya
  • Membuat konten kampanye yang bermacam-macam. Contoh video testimoni pelanggan

3. Menggunakan Hashtag yang Relevan

Salah satu cara yang bisa meningkatkan omset penjualan di Instagram adalah dengan menggunakan hashtag yang relevan pada postingan yang Anda buat.

Dengan begitu, Anda bisa menjangkau audiens yang lebih luas di Instagram. Anda bisa menggunakan hashtag untuk produk dan jasa yang Anda tawarkan, serta hasgtag yang populer di kalangan target audiens Anda.

4. Memanfaatkan Fitur di Instagram

cara meningkatkan omset penjualan di instagram
Sumber: unsplash.com

Ada banyak fitur di Instagram yang bisa Anda gunakan yang mendukung aktivitas bisnis, antara lain seperti Instagram Shop, Instagram Ads dan Instagram Analytics.

Gunakan fitur-fitur ini secara efektif untuk menjangkau audiens yang lebih luas, meningkatkan engagement, dan mendorong penjualan.

5. Menawarkan Promo Menarik (Diskon atau Giveaway)

Salah satu cara yang sangat ampuh untuk menaikan omset penjualan di Instagram adalah dengan cara menawarkan diskon atau giveaway kepada calon pembeli.

Strategi ini adalah salah satu strategi yang bisa membuat penjualan pada bisnis Anda meroket. Tujuan dari strategi ini adalah untuk meningkatkan Engagement Rate.

Baca juga: Ini Cara Meningkatkan Penjualan di Tokopedia, Yuk, Ikuti Caranya!

6. Bekerjasama dengan Influencer

Kemudian, Anda juga bisa melakukan kerjasama dengan para influencer di Instagram. Hal ini bertujuan untuk memasarkan produk Anda melalui influencer.

Cara ini merupakan salah satu cara yang efektif meningkatkan penjualan produk. Tak hanya berdampak kepada penjualan produk, dengan cara ini Anda juga dapat membangun brand awareness.

Anda dapat memberikan promo menarik seperti diskon bagi followers influencer tersebut. Dengan cara ini, Anda bisa meningkatkan omset penjualan di Instagram.

7. Beriklan Melalui Instagram Ads

Instagram memiliki keunggulan pada fitur iklan di dalamnya yang sudah terhubung dengan Facebook. Dengan ini Anda beriklan pada kedua platform tersebut hanya dalam satu iklan.

Cara ini bisa Anda manfaatkan dengan baik untuk menarik target pasar dari kedua media sosial tersebut sekaligus. Pastikan juga iklan yang Anda buat relevan dan unik agar target pasar tertarik.

8. Review Jujur dari Influencer

Selain melakukan kerjasama, Anda juga bisa meminta ulasan jujur dari influencer. Dengan review positif dari influencer Anda dapat menarik konsumen yang lebih banyak lagi.

Dengan review jujur dari influencer, calon pembeli dapat mengetahui produk anda lebih dalam lagi. Review jujur tersebut juga bisa Anda jadikan bahan evaluasi untuk peningkatan kedepannya.

9. Memanfaatkan fitur Instagram Story

Selanjutnya, Anda bisa memanfaatkan fitur Instagram Story untuk meningkatkan omset penjualan di Instagram. Anda bisa membuat video atau gambar yang dibagikan kepada para calon pembeli.

Cara ini bisa Anda gunakan untuk menarik pelanggan dan memberikan informasi terkait produk atau jasa yang Anda tawarkan.

10. Promosikan akun Anda secara Konsisten

Terakhir, Anda dapat melakukan promosi agar akun anda berkembang. Cara ini harus Anda lakukan secara konsisten agar menarik pelanggan.

Anda juga dapat menggunakan Instagram Ads untuk mempromosikan akun Anda secara lebih efektif. Itulah tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan penjualan di Instagram.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin meningkatkan penjualan bisnis Anda pada platform marketplace Tokopedia. Anda bisa share artikel ini dengan gratis di media sosial Anda dan nantikan informasi bermanfaat lainnya hanya di Everpro.id!

Eitss, bagi Anda yang ingin meningkatkan penjualan dengan cepat, Everpro punya solusinya untuk Anda.

Dengan layanan Everpro Marketplace Enabler, bisnis Anda akan dikelola oleh profesional dari Everpro yang pastinya bisa bikin keuntungannya Anda makin besar! Emang Everpro bisa kasih apa sih?

Benefit Everpro Marketplace Enabler

  • Optimasi Toko
  • Jasa CS yang Gercep & Tuntas
  • Toko Gampang Dicari Pembeli
  • Performa Iklan Terbaik
  • Maksimalin Penjualan dengan Campaign Terbaru
  • Bantu Anda Pilih Langkah Bisnis yang Tepat

Mari daftar sekarang juga ke layanan Marketplace Enabler, nikmati keuntungannya dan siap-siap omset jualan Anda meningkat!

Daftar Sekarang

Picture of Adhitia Rivaldy

Adhitia Rivaldy

Seorang SEO Content Writer yang memiliki minat pada dunia digital dan teknologi. Menulis berbagai artikel informatif seputar bisnis, ekspedisi, digital marketing dan lain lain yang berkaitan dengan blog Everpro. Memiliki semangat untuk tetap mengasah dan mempelajari bidang SEO. Semoga hasil tulisan saya bermanfaat bagi Anda.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya

Cara Kirim Barang Lewat Kereta Api

Pelajari lebih lanjut terkait tips and trik terakit topik mengirim paket hanya di blog Everpro. Dapatkan informasi penting seputar kirim paket supaya kamu dapat lebih