everpro

12+ Cara Meningkatkan Traffic Marketplace, Worth it!

Seringkali membuat blog atau website sebagai wadah untuk marketplace produk ternyata harus tau  bagaimana cara meningkatkan traffic marketplace. Rugi jika kamu hanya mengandalkan penulisan website namun tidak memperhatikan cara untuk meningkatkan halaman traffic mu sendiri. Biar tidak rugi yuk simak info selengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Kesulitan? Bagaimana Susunan Iklan di Google Ads, Inilah Jawabannya! 

Apa itu Traffic marketing?

cara meningkatkan traffic marketplace
Sumber: Google.com
Traffic dalam digital marketing dengan kata lain disebut juga sebagai jumlah pengunjung yang mendatangi situs web yang telah kamu buat. Traffic merupakan salah satu metrik penting dalam pembuatan content marketing. Semakin tinggi traffic yang situs web kamu dapatkan, semakin baik artinya bagi keberhasilan content marketing yang telah kamu buat.
Sehingga dari segi content pun akan terlihat berkualitas dan diminati oleh para pengunjung untuk di simak dengan baik informasi yang telah kamu susun dengan rapi pada halaman websitenya.

12+ Cara Meningkatkan Traffic Marketplace dengan Settingan SEO Marketplace

Berikut beberapa cara SEO marketplace untuk meningkatkan traffic yang bisa kamu terapkan, yaitu:

Riset Keyword

Melakukan riset keyword bukanlah hal yang sulit, siapapun bisa melakukannya hanya dengan memahami 3 indikator  dalam mencari kata kunci yang tepat saja, antara lain:

  • Volume Pencarian

Yaitu indikator yang berguna untuk menampilkan jumlah potensi traffic dari keyword yang ada.

Cara melihatnya yaitu dengan melihat apabila volumenya semakin besar, maka potensi traffic yang akan diperoleh juga akan semakin banyak, begitupun juga sebaliknya.

  • Kompetisi

Di dalam SEO marketplace, kompetisi akan menunjukkan seberapa sulit suatu web agar bisa memperoleh ranking di search bar lewat tingkatan.

Apabila angkanya semakin besar, maka untuk bisa memindahkan web lain dari halaman pertama pencarian akan semakin sulit.

  • Intensi Kata Kunci

Cara SEO marketplace mempertemukan antara audiens yang sesuai dengan toko online milikmu adalah dengan menggunakan indikator search intent ini. Salah satu cara untuk memberi dukungan ke toko online milikmu adalah dengan belajar SEO marketplace.

Di sini kamu akan mencoba menyisipkan beberapa kata yang berintensi komersial, misalnya harga, promo, jual, diskon, beli, murah, jual, bekas, atau second. Apabila ingin mendapatkan keyword yang sesuai, SEO marketplace menyarankan untuk tidak menggunakan kata kunci dengan volume yang sangat tinggi serta kompetisinya yang sulit.

Cari Latent Semantic Indexing (LSI)

LSI adalah gabungan kata yang saling berkaitan dengan topik terkait. Kata-kata yang dipakai tidak harus berupa persamaan kata atau sinonim.

Sebar Keyword pada Website (On Page SEO)

cara meningkatkan traffic marketplace
Sumber: Google.com

Apabila kamu sudah memiliki kata kunci dan LSI. Sekarang, cara SEO marketplace selanjutnya adalah kamu bisa memasukkan itu semua ke dalam halaman website yang ada di toko online milikmu. Terdapat 6 hal penting yang harus diperhatikan saat memasukkan keyword pada website toko online.

Keenam hal tersebut adalah nama dokumen, deskripsi produk, URL, title tags, alt text, title dan meta description.

Optimasi Halaman Kategori

Sederhananya, kamu harus menerapkannya keseluruh trik SEO marketplace di dalam halaman kategori. Terutama keyword utama, LSI, serta deskripsi dalam halaman.

Cara SEO marketplace agar disebut sebagai SEO dan menjadi user friendly adalah dengan memaksimalkan deskripsi produk dengan tidak asal menaruh produk pada halaman kategori yang akan dijual.

Masukkan Deskripsi Produk

Sebaiknya, buatlah sekiranya deskripsi produk yang berisikan 300 kata. Kemudian lakukan penyebaran sekitar 2 – 3 keyword pada deskripsi tersebut.

Masukkan Review Produk

Review dari customer akan membantu meringankan pekerjaanmu dalam pembuatan konten. Kamu bisa menambahkan konten dengan mudah.

Review di e-commerce akan berpengaruh terhadap SEO marketplace melalui 2 cara.

Cara pertama adalah seperti penjelasan yang sebelumnya, Googlebot memiliki bahan yang berlebih untuk melakukan crawling saat banyak yang melakukan review.

Kesan yang di berikan pelanggan misalnya “wah ternyata murah ya”, “kualitasnya juga bagus”, “adminnya sangat ramah!”, dan “Cepat pengirimannya” dapat di jadikan keyword untuk mengoptimasi SEO marketplace.

Cara kedua adalah dengan memancing pengguna untuk mengunjungi web dalam waktu yang lama dengan pembuatan konten yang panjang.

Semakin lama pengguna mengunjungi halaman web, maka akan semakin bagus penilaian yang di dapatkan website dari Google.

Tambah Schema Markup

Dengan menambahkan schema, maka akan berpengaruh terhadap tampilan pada halaman website yang ada pada halaman hasil pencarian.

Website milikmu akan ditampilkan dengan unik. Ini merupakan salah satu trik SEO marketplace yang akan memengaruhi minat dari para user untuk mengunjungi website toko online-mu.

Dengan adanya snippet ini, akan membantu website toko online agar transaksi dari organic visitors meningkat hingga mencapai enam kali lipat.

Baca juga: 5 Langkah Mudah Cara Setting Google Adwords, Simpel Banget! 

Buat Blog

Cara SEO marketplace untuk meningkatkan performa website selanjutnya adalah dengan membuat blog. Manfaat blog bagi pengembangan bisnis toko online milikmu sangat banyak.

Dimulai dari yang bersifat performance-based seperti leads dan trafik. Hingga hal-hal yang sulit untuk di ukur, seperti reputasi, brand awareness, serta hubungan dengan komunitas pelanggan.

Content Marketing di Media Sosial

Konten pemasaran yang sedang banyak dilakukan oleh brands adalah melalui review produk di TikTok maupun reels Instagram. Melalui konten video singkat tersebut, pelanggan dapat langsung diarahkan untuk berbelanja produk di lapak marketplace. Tren konten lainnya adalah melalui thread rekomendasi produk di Twitter.

Manfaatkan Fitur Ads

Saat ini, beriklan tidak hanya bisa dilakukan di media konvensional seperti koran, televisi, atau radio saja. Brands dapat memanfaatkan fitur ads yang tersedia di marketplace. Umumnya marketplace menyediakan beberapa pilihan jenis ads, di mana produk yang di promosikan dapat dimunculkan di homepage, halaman pencarian, kategori, dan feeds marketplace.

Live Streaming di Marketplace

Kini marketplace juga memiliki fitur live streaming yang bisa membantu brands menggapai lebih banyak pelanggan dengan mempromosikan produk secara live. Melalui live, calon pelanggan dapat melihat produk yang di jual secara real time dan berinteraksi langsung; menciptakan pengalaman berbelanja yang lebih menyenangkan serta interaktif.

Broadcast Chat

Fitur broadcast chat efektif untuk menarik perhatian pelanggan konsumen dan dapat meningkatkan kemungkinan repeat order dari pelanggan yang sebelumnya telah berbelanja di lapakmu.

Demikian pembahasan kali ini mengenai cara meningkatkan traffic marketplace, yuk saatnya optimalkan kembali iklan dengan menggunakan jasa iklan google ads. 

Yuk mulai dari sekarang, tingkatkan penghasilan usahamu dengan cara mudah lainnya dengan mengoptimalkan performa iklan Google secara mudah, cepat, dan aman dengan akses Ads Account bersama Everpro dan dapatkan kenyamanan berikut:

  • Edukasi beriklan dari tim Everpro
  • Scale up iklan tanpa batasan budget harian
  • Transaksi dan Credential akun terjamin aman
  • Minimal top up Rp5.000.000

Jadi yuk manfaatkan segera fasilitas yang akan membantu teman-teman dalam mengaplikasikan Google ads pada bisnis impianmu!

Picture of Afifah Permata Hasanah

Afifah Permata Hasanah

Afifah Permata Hasanah adalah SEO Content Writer di Blog Everpro yang aktif menulis dan membagikan artikel informatif dan inspiratif seputar bisnis, logistik, tips usaha, digital marketing, dan dasar-dasar komputer.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya