Everpro

Inilah Cara Retargeting Facebook Ads dengan Mudah!

Gimana sih cara melakukan retargeting iklan Facebook Ads pada target audiens bisnis kita? Yuk, simak panduan lengkap cara retargeting Facebook Ads dengan mudah di bawah ini!

Saat ini, platform periklanan digital sering sekali digunakan oleh para pebisnis online. Hal ini karena platform periklanan digital seperti Facebook Ads dapat menjangkau target audiens bisnis itu sendiri dengan lebih luas.

Tak hanya itu saja, beriklan menggunakan platform digital Facebook Ads juga bisa berpotensi memberikan keuntungan yang besar, lho. Eitsss, tapi untuk mencapai itu harus dibarengi dengan strategi dan plan yang baik pula ya!

Nah, pada periklanan digital ada strategi periklanan yang disebut dengan retargeting. Singkatnya retargeting ini dapat membantu kamu meyakinkan calon pembeli untuk melakukan transaksi pada bisnis kamu.

Pada artikek kali ini kami akan mengulas retargeting iklan di Facebook Ads dengan lebih mendalam spesial untuk kamu. Daripada makin penasaran, yuk simak informasi selengkapnya di bawah ini karena sayang banget kalo informasi ini kamu lewatkan!

Baca juga: Mudah Banget! Ini 5 Metode Pembayaran Facebook Ads

Apa itu Retargeting?

cara retargeting facebook ads
Sumber: freepik

Sebelum pembahasan kita semakin jauh, sebaiknya kita harus mengetahui terlebih dahulu apa itu istilah retargeting. Istilah retargeting adalah merupakan istilah yang digunakan dalam aktivitas beriklan digital.

Retargeting memiliki arti suatu cara untuk melakukan pendekatan kembali pada audience yang sebelumnya sudah melakukan ‘interaksi’ di situs kamu namun mereka belum melakukan pembelian.

Nah, proses retargeting ini bertujuan untuk meyakinkan audience tersebut agar melakukan pembelian pada situs kamu. Retargeting ini caranya tidak sulit kok, hanya berbeda sedikit saja dengan membuat ads untuk kali pertama.

Harus diketahui jika retargeting dilakukan hanya pada potential buyer untuk mendorong mereka melakukan pembelian dengan iklan yang kembali muncul.

Pentingkah Melakukan Retargeting untuk Meningkatkan Konversi?

Retargeting sendiri adalah salah satu cara yang cukup efektif dalam periklanan digital karena dianggap sukses untuk meningkatkan minat beli pada audience yang menunjukan ketertarikan pada bisnis kamu.

Hal ini karena iklan yang kamu tayangkan tersebut membuat audiens tersebut tertarik sehingga iklan ini dapat berpotensi memiliki tingkat konversi yang lebih tinggi. Gak cuma itu, ROI-nya juga bisa lebih baik dibandingkan dengan penargetan iklan tradisional, lho.

Tujuan Retargeting 

cara retargeting facebook ads
Sumber: freepik

Karena retargeting cara yang cukup efektif untuk meningkatkan konversi, kamu juga harus mengetahui tujuan dari retargeting. Berikut adalah tujuan melakukan retargeting:

  • Awareness

Tujuan pertama adalah untuk meningkatkan awareness atau kesadaran. Maksudnya adalah dengan melakukan retargeting orang-orang di platform Facebook dapat mengetahui adanya bisnis yang kamu jalankan.

Ini sangat penting untuk mendorong pembelian pada orang-orang tersebut atau minimal orang-orang tersebut mengetahui adanya bisnis kamu yang bisa menjadi solusi dari masalah mereka.

  • Conversion

Tujuan selanjutnya adalah meningkatkan konversi. Seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya, jika retargeting menyasar mereka yang sudah melakukan ‘aktivitas’ pada situs bisnis kita namun belum melakukan pembelian.

Pada tahapan tersebut retargeting dilakukan untuk mendorong dan meyakinkan audience tersebut untuk melakukan pembelian. Nah, dengan melakukan retargeting ini kamu kemungkinan besar dapat meningkatkan conversion atau konversi pada orang-orang tersebut untuk melakukan pembelian.

Baca juga: Inilah Cara Mengatasi Akun Facebook Ads yang Dibatasi

Langkah-Langkah Melakukan Retargeting pada Facebook Ads

cara retargeting facebook ads
Sumber: freepik

Jika kamu bertujuan untuk mendapatkan kedua hal tersebut yakni awareness dan conversion, kamu harus mempertimbangkan untuk melakukan retargeting. Berikut langkah-langkah melakukan retargeting pada Facebook Ads:

1. Memasang Facebook Pixel

Untuk melakukan retargeting, pertama-tama kamu harus memasang Facebook Pixel pada website bisnis kamu. Facebook Pixel adalah tools yang digunakan untuk melakukan retargeting. Dengan memasang tools ini, kamu dapat melacak dan mengukur aktivitas pengunjung di website.

Dengan data tersebut, kamu bisa merancang strategi dan mengoptimalkan iklan untuk kampanye iklan selanjutnya. Caranya adalah seperti berikut:

  • Masuk ke menu Facebook Business Manage
  • Lalu pilih Events Manager.
  • Selanjutnya klik Connect Data Sources.

2. Penyesuain Audience

Langkah selanjutnya setelah memasang Facebook Pixel adalah melakukan penyesuaian dengan audience. Karena kamu telah memasang Facebook Pixel kamu bisa mendapatkan lebih banyak informasi tentang pengunjung website kamu.

Nah, kamu bisa menggunakan informasi tersebut untuk melakukan penyesuaian dengan audience. Caranya adalah seperti berikut:

  • Pilih menu Audiences pada Facebook Ads Manager
  • Kemudian klik Create Audience
  • Pilih Custom Audience

3. Memilih Tujuan Kampanye

Kemudian, kamu dapat memilih tujuan dari kampanye iklan yang ingin kamu jalankan. Tujuannya adalah agar kampanye yang kamu jalankan bisa tepat sasaran. Pada periklanan digital terdapat dua tujuan kampanye yang sangat populer yakni Traffic dan Conversions.

Namun, sebelum memutuskan memilih tujuan kampanye, kamu harus menyesuaikan dengan bidang bisnis yang kamu miliki serta berapa banyak traffic yang ada pada website kamu serta faktor lainnya.

Tujuan Traffic akan mendorong audiens untuk mengunjungi toko sedangkan Conversions mendorong audience untuk menyelesaikan pembelian (atau tindakan lain yang kamu inginkan). Cara memilih tujuan yaitu seperti berikut:

  • Buka Facebook Ads Manager
  • klik Create dan pilih tujuan kampanye iklan

4. Memilih Budget Iklan

Berikutnya kamu bisa memilih budget yang ingin kamu keluarkan untuk iklan tersebut. Pilih nama yang mudah kamu ingat dan pilih jenis pembelian. Pembelian ini tergantung pada tujuan yang telah kamu pilih sebelumnya.

Selain itu, kamu juga akan diminta untuk mengarahkan traffic entah itu ke website, aplikasi, Messengger atau WhatsApp. Atur budget iklan kamu dengan memilih opsi harian atau seumur hidup.

5. Memilih Target Audience

Custom audience yang telah kamu buat sebelumnya bisa kamu tambahkan dengan target audience yang ingin kamu sasar lainnya jika ada. Caranya klik kolom pencarian Search Existing Audience untuk memunculkan daftar audiens kustom. Pilih audience yang ingin kamu lakukan retargeting.

6. Menentukan Ads Placement dan Delivery Iklan

Selanjutnya kamu harus menentukan Ads Placement dan Delivery iklan. Ini sangat penting karena posisi iklan kamu dapat memiliki dampak yang sangat besar pada kesuksesan iklan itu sendiri. Facebook sendiri menyediakan beberapa opsi iklan yang bisa kamu pilih mulai dari video in-stream Facebook hingga umpan Instagram.

Jika kamu masih bingung yang mana yang cocok tidak perlu khawatir karena kamu bisa memilih menggunakan penempatan otomatis (automatic placements). Jika kamu memilih opsi ini Facebook akan menentukan posisi yang tepat untuk iklan kamu. Pilihan ini juga memiliki anggara biaya yang terbaik dan efisien.

7. Desain Konten pada Iklan

Langkah yang terakhir yaitu mendesain konten pada iklan yang ingin kamu tayangkan. Konten pada iklan memiliki peranan yang sangat penting dalam kesuksesan sebuah iklan. Oleh sebab itu, sesuaikanlah desain konten iklan dengan target audiens kamu dengan baik.

Pastikan memuat beberapa elemen penting seperti gambar, media, teks serta tautan ke iklan dan jangan lupa call to action untuk mengajak audiens melakukan aktivitas yang kamu inginkan. Jika telah yakin kamu bisa klik Confirm dan tunggu iklan kamu ditinjau.

Kalau kamu ingin meningkatkan kemampuan dan ilmu seputar Facebook Ads, TikTok Ads dan platform periklanan lainnya, kamu bisa mengikut Everpro Academy. Di Everpro Academy kamu bisa belajar dari para expert yang berpengalaman dalam periklanan digital.

Demikianlah akhir dari informasi seputar retargeting dan cara lengkapnya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu dan share artikel ini di media sosial kamu. Nantikan informasi bermanfaat lainnya hanya di blog Everpro.id!

Ingin iklan kamu di Facebook makin cuan? Cobain layanan Everpro Ads yang bisa kasih kamu banyak keuntungan dan bisa bantuin kamu makin cuan!

Nikmati juga berbagai kemudahan beriklan agar sustainable dan semakin optimal dengan layanan Facebook Ads Support, inilah benefit yang kamu dapatkan:

Benefit Everpro Ads

  • Edukasi Facebook Ads
  • Kemudahan Scale Up Iklan
  • Transaksi Terjamin Aman
  • Top Up Saldo Akun FB Lebih Praktis
  • Bisa Mendapat Akses FB Ads dengan minimal top up cuma Rp500.000. GRATIS semua biaya* sampai akumulasi top up mencapai Rp15.000.000

Ayo daftarkan usahamu melalui Layanan Everpro dengan bantuan Everpro Ads, nikmati kemudahannya sekarang juga!

Daftar Sekarang

Picture of Adhitia Rivaldy

Adhitia Rivaldy

Seorang SEO Content Writer yang memiliki minat pada dunia digital dan teknologi. Menulis berbagai artikel informatif seputar bisnis, ekspedisi, digital marketing dan lain lain yang berkaitan dengan blog Everpro. Memiliki semangat untuk tetap mengasah dan mempelajari bidang SEO. Semoga hasil tulisan saya bermanfaat bagi Anda.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya