Cara Kerja Facebook Ads yang Perlu Anda Ketahui, Cek Disini!

cara kerja facebook ads

Apakah anda baru mengenal Facebook Ads? Simak penjelasan mengenai cara kerja Facebook Ads yang perlu anda ketahui disini.

Mungkin anda masih mempertanyakan efektivitas penggunaan Facebook dalam melakukan campaign atau iklan bisnis anda. Tapi, tahukah anda bahwa pengguna Facebook di Indonesia merupakan yang terbesar ketiga di dunia?

Melansir dari laman dataindonesia.id yang menyatakan bahwa jumlah pengguna Facebook di Indonesia yaitu mencapai 129,85 juta per Januari 2022. Hal ini menjadikan Indonesia sebagai pengguna Facebook terbesar ketiga di SELURUH DUNIA.

Selain itu tercatat pengguna aktif bulanan platform media sosial ini sebesar 2,9 miliar sepanjang 2021 lalu. Berdasarkan fakta tersebut menggunakan Facebook sebagai media marketing masih sangat efektif. 

Maka dari itu penting untuk anda pahami dan pelajari Facebook Ads untuk dapat mempromosikan bisnis anda menjadi lebih optimal.

Sebelum mempelajari mengenai cara kerja Facebook Ads, simak penjelasan mengenai Facebook Ads yang perlu anda ketahui.

Apa itu Facebook Ads?

cara kerja facebook ads
Sumber: pexels.com

Facebook Ads yang merupakan singkatan dari Facebook Advertising adalah layanan untuk melakukan campaign iklan digital secara berbayar di media sosial Facebook. 

Anda dapat mengatur layanan ini sesuai dengan target audiens yang diinginkan seperti gender, umur, lokasi, dan interest. Begitupun dengan budget yang beragam, mulai dari Rp 10 ribu per hari anda sudah dapat memulai beriklan di Facebook.

Iklan ini mempunyai beberapa format yang bisa anda pilih, seperti: single image, carousel, video, video poll, slideshow, stories, bahkan playable (untuk games).

Everpro

Lantas apa saja keuntungan menggunakan Facebook Ads untuk bisnis anda? Berikut alasannya.

Baca Juga: Panduan Lengkap Cara Iklan di Facebook Termudah

Apa Keuntungan Facebook Ads?

cara kerja facebook ads
Sumber: pexels.com

Selain anda dapat menentukan target konsumen lebih mudah dan tepat sasaran berdasarkan demografinya, ada juga keuntungan lain yang bisa anda dapatkan sebagai berikut:

1. Menjalankan Campaign Sesuai Kebutuhan

Layanan ini memiliki tiga kategori besar dalam menentukan tujuan campaign iklan yang akan anda lakukan, antara lain: Kesadaran (Awareness), Pertimbangan (Consideration), dan Konversi (Conversion).

Anda dapat menyesuaikan tujuan iklan berdasarkan ketiga kategori tersebut. Masing-masing sub-kategori akan menampilkan format yang berbeda.

Misalnya, untuk meningkatkan brand awareness anda dapat menggunakan jenis format gambar tunggal dengan gambar yang relevan dengan produk atau jasa yang anda tawarkan.

Dengan begitu anda dapat membangun interaksi dengan calon klien, dan meningkatkan traffic bisnis.

2. Mampu Menjangkau Audiens Lebih Luas dengan Target Spesifik

Saat anda mempromosikan suatu produk melalui Facebook, maka jangkauan pasarnya akan sangat luas karena media sosial ini merupakan memiliki pengguna aktif yang banyak. 

Selain itu juga dapat menjangkau audiens yang lebih tertarget. Tidak seperti cara promosi konvensional yang cenderung menyasar target pasar yang tidak relevan.

Anda dapat menggunakan fitur Audiens untuk menyortir kategorinya dengan lebih spesifik. Misalnya, menyesuaikan kategori berdasarkan lokasi, umur, jenis kelamin, hingga ketertarikan audiens.

3. Mengatur Budget Secara Fleksibel

Seperti yang sudah dijelaskan, Facebook Ads merupakan layanan iklan berbayar. Namun anda tidak perlu khawatir dengan besarnya biaya yang harus anda keluarkan karena dapat menyesuaikan dengan budget anda.

Biaya yang perlu anda keluarkan berkisar antara Rp 10 ribu sampai Rp 30 ribu per hari. Dengan dana terbatas anda dapat mengoptimalkan konten dan melakukan pengaturan yang tepat, sehingga target yang diincar tetap bisa tercapai.

4. Dapat Melihat Hasilnya Secara Langsung

Tujuan penggunaan Facebook Ads tentu untuk mendapatkan hasil yang nyata dari promosi yang anda lakukan. Layanan ini memberikan data terperinci mengenai hasil promosi anda.

Data tersebut menjadi hal penting untuk menentukan strategi terbaik dalam mengoptimalkan promosi. Anda dapat menganalisa data secara real-time dan memonitornya, sehingga dapat mengetahui apakah campaign iklan berjalan dengan sukses.

Analisa pengukurannya yaitu menggunakan hasil impression, reach, CTR, conversion rate, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Panduan Riset Kompetitor Menggunakan Facebook Ads Library

Bagaimana Cara Kerja Facebook Ads?

cara kerja facebook ads
Sumber: pexels.com

Banyaknya keuntungan yang bisa anda dapatkan dari Facebook Ads membuat layanan ini menjadi salah satu sarana promosi yang efektif. Lantas, bagaimana cara kerjanya? Simak tahapan cara kerja Facebook Ads berikut ini.

1. Masuk ke Facebook Ads dan Buat Profil Promosi Anda

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah membuka layanan Facebook Ads Manager. Kemudian, carilah tombol “create” yang biasanya berada di pojok kiri laman.

2. Pilih Tujuan Promosi Anda

Langkah kedua setelah anda menekan tombol “create” adalah menentukan objective (tujuan) dari campaign yang akan anda jalankan. Setidaknya, ada 11 objective yang bisa anda pilih.

Beberapa pilihan objective yang diberikan antara lain: brand awareness, reach, website traffic, engagement, conversions, store traffic, dan lain sebagainya.

Salah satu contohnya yaitu, jika iklan yang anda buat bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, maka yang anda pilih ialah Awareness dengan poin pilihan Brand Awareness

3. Memilih Audiens

Langkah ketiga yaitu pemilihan audiens yang dapat menentukan kesuksesan cara kerja Facebook Ads ini. Anda dapat menggunakan fitur audience definition gauge, untuk membantu dalam menentukan audiens yang potensial.

Ada beberapa ukuran yang bisa anda tentukan, seperti: tempat tinggal, usia, jenis kelamin, bahasa, status, pendidikan, pekerjaan, kondisi finansial, ketertarikan, dan lain sebagainya.

4. Menentukan Budget

Langkah keempat yaitu menentukan biaya dari iklan yang akan anda tampilkan. Terdapat dua cara yang bisa anda lakukan yaitu daily budget dan lifetime budget.

Daily budget adalah biaya yang harus anda keluarkan per hari. Sedangkan lifetime budget  adalah biaya yang anda keluarkan sesuai dengan waktu penayangan yang sudah anda tetapkan.

5. Membuat Ads

Langkah terakhir setelah anda menentukan objective, memilih audience dan budget adalah membuat Ads. Umumnya terdapat dua jenis Ads yang bisa anda gunakan: Link dan Carousel.

Baik kedua jenis tersebut memiliki syarat dan ketentuannya sendiri. Misalnya, untuk link hanya menampilkan satu image ad. Sedangkan carousel anda dapat menampilkan sampai 10 images dalam satu ad.

Jadi cara kerja Facebook Ads adalah dengan menampilkan iklan melalui format yang sudah anda sesuaikan melalui tahapan diatas. Nantinya, iklan anda akan muncul saat audience sedang scrolling ke bawah maupun dari sidebar halaman Facebooknya sendiri. 

Demikian ulasan mengenai cara kerja Facebook Ads yang perlu anda ketahui. Kini anda dapat memaksimalkan promosi anda dengan Facebook Ads. 

Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda. 

Sampai jumpa di artikel informatif lainnya hanya di Everpro!

 

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?