everpro

Ini Dia, 6 Ciri-Ciri Iklan yang Baik Agar Banyak Dilirik

Setiap pebisnis tentu ingin agar iklan yang ditayangkan dapat memberikan pengaruh bagi penjualan produk atau layanan yang mereka sediakan. Namun, perlu anda ketahui bahwa iklan yang baik dapat menarik minat para pembeli yang tepat. Seperti apakah ciri-ciri iklan yang baik?

Memasang iklan bukanlah perkara yang mudah serta tidak dapat dibuat secara asal-asalan.

Iklan dibuat bertujuan untuk memperluas jaringan bisnis atau layanan anda agar semakin mudah dikenali oleh masyarakat serta dapat meningkatkan omset penjualan.

Tentunya ada beberapa hal yang perlu anda ketahui tentang ciri-ciri iklan yang baik agar dapat mengetahui cara menyusun strategi promosi yang baik.

Ciri Ciri Iklan Pada Umumnya

ciri-ciri iklan yang baik
Sumber: pexels.com

Sebelum anda mengetahui apa saja ciri-ciri iklan yang baik, ada baiknya mengenal terlebih dahulu ciri-ciri iklan pada umumnya.

Mengutip dari Stickearn.com, berikut di bawah ini adalah ciri-ciri iklan pada umumnya.

1. Kalimat Singkat Jelas dan Lugas

Iklan pada umumnya memiliki ciri kalimat yang singkat, jelas dan lugas.

Mengapa iklan harus bersifat singkat? Sebab pesan yang ingin disampaikan haruslah mudah dipahami dengan baik.

Iklan juga bersifat jelas tidak memiliki pemilihan kata atau kalimat yang ambigu atau mengundang banyak tanya.

Dengan sifat-sifat tersebut iklan diharapkan dapat dibaca oleh target pasar agar sesuai dengan tujuan dari iklan.

2. Bersifat Persuasif

Sebuah iklan harus dapat bersifat membujuk serta menyarankan orang untuk melakukan sesuatu.

Kalimat-kalimat ajakan atau bujukan tersebut umumnya dinamakan dengan copywriting.

Agar iklan yang disampaikan bersifat persuasif, harus dilakukan penentuan terlebih dahulu apakah ingin memakai metode hard selling atau soft selling.

3. Informatif

Setiap konteks iklan yang dibuat pada umumnya harus memiliki ciri informatif.

Bukan hanya sekedar mengajak saja, tetapi iklan harus dapat berisikan informasi produk atau jasa dan manfaatnya.

Informasi yang dapat diberikan dalam iklan pada umumnya yaitu informasi produk, informasi perusahaan, sampai tempat dimana mendapatkan produk.

Baca Juga : Inilah Cara Membuat Iklan di Google Ads, Mudah dan Cepat!

4. Dapat Mudah Dipahami

Iklan biasanya berisikan pesan yang ingin ditujukan kepada target pasar dan harus mudah dipahami.

Penggunaan bahasa nasional dan internasional juga akan menjadi faktor yang mempengaruhi iklan tersebut mudah dipahami atau tidak.

Gunakan bahasa yang baik dan benar serta sopan dan santun.

5. Menarik

Produk iklan harus dibuat semenarik mungkin, agar orang yang melihat iklan dapat merasa tertarik untuk membeli atau menggunakan produk.

Bahkan untuk setiap kalimat hingga visual yang ditampilkan dalam iklan harus dibuat menarik.

Sehingga pada akhirnya pebisnis yang beriklan akan mendapatkan keuntungan.

6. Punya Target Pasar

Ciri-ciri iklan umum berikutnya yaitu memiliki target pasar tertentu.

Mengapa disebut dengan target pasar tertentu? Sebab agar iklan dapat berjalan secara optimal, tentunya pebisnis perlu melakukan segmentasi iklan.

Sebagai contohnya, sebuah perusahaan ritel memiliki produk gadget dan aksesoris.

Perusahaan ritel tersebut akan membuat iklan yang berhubungan dengan kebutuhan untuk memiliki perangkat agar dapat bekerja secara cepat dan efektif.

Ciri-Ciri Iklan yang Baik

ciri-ciri iklan yang baik
Sumber: pexels.com

Setelah mengetahui iklan pada umumnya, kini saatnya untuk mengerti bagaimana ciri-ciri iklan yang baik agar dapat dilirik oleh masyarakat.

Di bawah ini adalah beberapa ciri ciri iklan yang baik dan penjelasannya.

1. Cara Penyajiannya Menarik

Proses penyampaian pesan marketing untuk sebuah iklan melalui media yang berbeda-beda.

Umumnya media yang digunakan adalah media cetak dan media elektronik.

Tentu pada media cetak iklan yang disampaikan haruslah menarik dengan pola penyajian menggunakan bahasa tertulis dalam penyampaian pesan.

Ditambah lagi adanya penggunaan desain grafis seperti warna, bentuk huruf, tata letak dan gambar-gambar.

2. Sasaran Jelas

Sebuah ciri ciri iklan yang baik yaitu memiliki target atau sasaran yang jelas dalam pengenalan atau penawaran suatu barang atau jasa.

Sasaran iklan dapat menyesuaikan dengan jenis produk yang ingin ditampilkan kepada audiens.

Misalnya produk susu bayi dengan sasaran ibu rumah tangga atau bapak-bapak.

Kemudian iklan skincare atau makeup ditujukan kepada kalangan perempuan remaja hingga dewasa.

3. Komunikatif 

Iklan yang tepat bagi sebuah perusahaan yaitu iklan yang dapat disusun serta terdapat kata yang mudah dipahami, dicerna dan dimengerti pembaca.

Pernahkah anda melihat sebuah iklan yang memiliki baris kalimat panjang?

Tentu anda lebih mudah mengingat iklan dengan baris kalimat pendek. 

Pemilihan kata dan kalimat juga disesuaikan dengan target pasar sehingga tidak berbelit atau rumit.

Baca Juga : Cara Beriklan di Google Ads? Ketahui Dulu Hal-hal Berikut!

4. Slogan yang Padat dan Berisi

Ciri-ciri iklan yang baik yaitu terdapat slogan yang menarik. 

Slogan yang menarik biasanya padat atau tidak panjang, namun memiliki bobot dalam pesan yang disampaikannya.

Kalimatnya pendek, menarik, mudah diingat dan haruslah menjelaskan visi dan misi.

Sebab tujuan slogan sendiri yaitu agar dapat mudah diingat oleh pembaca.

5. Memikat Tapi Tetap Objektif

Sifat dari iklan sendiri yaitu harus memikat, menarik dan persuasif.

Iklan yang baik memiliki daya tarik bagi para audiens sehingga mereka terbujuk untuk melakukan action seperti pembelian produk.

Isi pesan yang disampaikan haruslah fokus dan objektif kepada produk atau perusahaan.

6. Fokus Pada Produk dan Jasa

Ciri lain dari iklan yang baik yaitu tetap fokus pada produk dan jasa.

Iklan yang menggunakan kata dan kalimat seperti menyindir tidak akan menyampaikan tujuan dan maksud kepada audiens.

Sebab itu pastikan iklan yang dibuat dapat memberikan rangkuman informasi tentang produk, detailnya, hingga tempat kemana harus membelinya.

Mau coba beriklan yang mudah, aman dan terpercaya tapi takut rugi dan boncos?

Tenang saja, kini anda bisa beriklan tanpa perlu khawatir gagal, atau kena banned dari pihak tertentu.

Mengenalkan fitur Google Ads Account Support, yang bisa digunakan terutama oleh para pebisnis online untuk membantu scale-up bisnis hingga 5x kali lipatnya.

Dapatkan penawaran dan keuntungan menarik dengan bergabung bersama Everpro sekarang juga!

Picture of Sarah Nurjannah

Sarah Nurjannah

Sarah Nurjannah adalah SEO Content Writer di Blog Everpro yang berpengalaman membagikan konten Informatif seputar Bisnis Jasa Pengiriman.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya