everpro

Content Marketing : Pengertian, Manfaat, Jenis dan Skill 

content marketing adalah teknik pemasaran yang dinilai bisa lebih efisien dan efektif. karena teknik ini mengandalkan konten bermanfaat, baik bentuk tulisan maupun gambar dan video yang bermanfaat bagi para konsumen. ada beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum memtuskan menjadi seorang content marketing. mau tahu apa saja?
content marketing

Pernah dengar content marketing? Ini adalah salah satu teknik pemasaran baru yang di percaya lebih efektif dibandingkan teknik pemasaran lainnya. 

Mengapa bisa begitu? Karena di bandingkan dengan teknik pemasaran langsung. Konten cenderung bisa memberikan solusi dari pemasalahan calon konsumen. 

Karena teknik pemasaran ini di kemas secara halus atau berbentuk soft selling. Sehingga teknik ini tidak terlihat sebagai “promosi” tapi cenderung dengan memberikan informasi yang di butuhkan konsumen.

Kemudian informasi-informasi tersebut di selipkan kata-kata promosi. Dengan cara ini para konsumen tidak akan menyadari adanya promosi produk. 

Bahkan cara ini bisa terasa menjawab permasalahan konsumen dan menjadi tertarik membeli produk-produk yang kita jual. 

Lantas bagaimana lebih jelasnya terkait content marketing itu sendiri? Apa saja manfaat dari teknik pemasaran ini, jenisnya dan skill yang di butuhkan? 

Mungkin anda masih bertanya-tanya, tapi tenang saja, artikel ini akan menjelaskan semua seputar content marketing. 

Maka dari itu simak artikel ini sampai habis. 

Pengertian Content Marketing

content marketing
Sumber : Pexels.com

Di kutip dari wikipedia, content marketing adalah salah satu teknik pemasaran yang fokus pada pembuatan, menayangkan serta menghubungkan konten yang di buat kepada target audience. 

Everpro

Konten yang di buat bisa berupa artikel website, foto-foto ataupun video yang bertujuan untuk memberikan informasi bermanfaat kepada target pasar. 

Namun meski hanya sekedar memberikan informasi. Tentu saja di selipkan beberapa promosi suatu produk agar lebih mudah di terima para target pasar. 

Teknik content marketing ini di gunakan untuk mencapai beberapa tujuan yaitu menambah dan menarik perhatian dari leads, meningkatkan penjualan dan brand awareness serta meningkatkan kredibilitas. 

Teknik pemasaran ini membuat aneka konten secara gratis dan mudah di akses siapa saja. Karena hal ini berpengaruh pada brand royalty. Termasuk meningkatkan kesadaran akan produk pada para customer. 

Tentu pembuatan konten tersebut sudah di riset terlebih dahulu dengan kebutuhan informasi yang sedang di cari dalam waktu dekat. 

Namun memang konten yang di buat juga harus sesuai dengan tema yang di tentukan. 

Manfaat Content Marketing 

content marketing
Sumber : Pexels.com

1. Lebih Efektif dan Efisien 

Memanfaatkan content marketing cenderung berjalan dengan cara yang lebih elegan sehingga target pasar tidak merasa bahwa mereka sedang melihat sebuah promosi. 

Berbeda dengan cara pemasaran lainnya yang lebih memilih beriklan. Karena kebanyakan orang merasa terganggu dengan iklan sehingga cenderung mengabaikannya. 

Selain itu karena berbentuk konten maka lebih mudah di sebarkan secara gratis dan target pasar lainnya pun tidak akan merasa terganggu. 

2. Meningkatkan Kesadaran Merek 

Citra sebuah produk adalah hal yang sangat penting. Maka penting sekali kita sebagai pelaku bisnis mengembangkan bisnis tersebut dengan citra yang positif. 

Ini juga salah satu manfaat dari content marketing. Karena teknik ini bisa memfalisitasi anda untuk membentuk citra dengan cara menempatkan diri sebagai calon konsumen. 

Dari cara ini anda juga bisa tahu bagaimana cara mengendalikan reputasi merek dan menaikan citra. 

3. Baik untuk Jangka Panjang

Content marketing juga salah satu investasi jangka panjang untuk bisnis. Karena namanya informasi akan selalu di butuhkan kapanpun.

Walaupun tidak akan langsung bekerja tapi jika anda konsisten dan strategi yang tepat maka manfaatnya akan terasa dalam jangka panjang. 

Jenis-jenis Content Marketing 

content marketing
Sumber : Pexels.com

1. infografik 

Informasi sekarang memang sudah tersedia banyak sekali, tapi hanya sedikit yang bisa membaca data yang di sajikan dalam tulisan panjang. 

Maka infografik sering di gunakan untuk media yang dapat menyajikan data yang rumit namun mudah di pahami. 

Salah satunya adalah dengan memadukan gambar dan tulisan namun di sajikan secara to the point. 

2. Video

Tren yang sering di pakai content marketing adalah video. Banyak sekali video yang interaktif yang di jadikan media promosi seperti video kreatif, podcast ataupun vlog-vlog biasa. 

Beberapa pencipta konten juga memanfaatkan kesempatan untuk brand awareness. 

Topiknya di sajikan di sesuaikan dengan target audiens yang kan menontonnya. 

3. Buku 

Jika anda memang menyasar target audiens yang lebih serius, anda bisa mencurahkan ide dan informasi ke dalam buku. 

Mungkin lewat buku penyampaian informasi jadi terasa lebih serius dan agak membosankan, nyatanya lewat buku juga bisa jadi alat pemasaran. 

Selain itu, menerbitkan buku bisa sebagai pembuktian bahwa produk anda sudah di percayai. 

4. Artikel di Website 

agar mendapatkan pembaca yang lebih banyak dan luas. maka anda bisa menulis melalui website.

agar tulisan anda semakin mudah di temukan banyak orang, maka anda bisa gunakan kaidah SEO. kaidah ini memang tidak bisa di pisahkan dengan content marketing.

jika anda menggunakan strategi SEO yang tepat maka akan mengundang banyak traffic ke situs atau blog anda.

buatlah juga konten yang mobile friendly sehingga enak di lihat juga melalui ponsel.

Skill yang Dibutuhkan Seorang Content Marketing 

content marketing
Sumber : Pexels.com

1. Menulis

Konten bisa banyak ragamnya, salah satunya menulis. Maka skill yang anda butuhkan juga menulis. 

Tulisan yang di buat bisa dalam bentuk artikel, copywriting, status media sosial atau naskah video. 

Anda bisa menulis beragam konten tergantung audiens yang di targetkan. 

2. Bercerita 

Bercerita juga salah satu skill yang di butuhkan seorang content marketing. Pasalnya anda di tuntut menggunakan bahasa yang interaktif agar audiens menjadi tertarik mendengarkan cerita anda ataupun membaca tulisan anda. 

Agar anda terbiasa, biasakan anda mendengarkan banyak radio, menonton video atau membaca banyak tulisan yang interaktif. 

3. Komunikasi 

Komunikasi adalah kunci utama dalam pemasaran, bak tulisan atau secara langsung. Karena pekerjaan ini akan selalu berhadapan banyak orang. 

Konten yang di buat juga harus bisa menyentuh hati orang-orang. Mempelajari komunikasi bisa di mulai dengan menulis email yang baik dan berbicara dengan rekan kerja anda. 

Demikianlah artikel mengenai content marketing. Semoga bermanfaat, sebarkan artikel ini juga agar semakin bermanfaat. 

Nantikan dan jangan lewatkan artikel informatif terkait istilah digital marketing lainnya hanya di /glosarium/digital-marketing/content-marketing/. 

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?