everpro

5 Contoh Iklan Baris Lengkap dengan Penjelasannya, Wajib Tahu!

Bagaimana contoh dari iklan baris? dan apa penjelasan mendalam terkait iklan baris? Cari tahu jawabannya pada artikel di bawah ini!

Iklan baris adalah salah satu jenis iklan yang sering muncul pada media cetak khususnya koran. Iklan dengan bentuk dan visual yang simple ini menjadi salah satu jenis iklan yang banyak digunakan oleh individu ataupun sebuah instansi atau perusahaan.

Ingin tahu lebih dalam terkait iklan baris? Simak artikel ini untuk mengetahui pembahasan lengkap terkait iklan baris mulai dari pengertian, ciri, tujuan sampai contoh iklan baris.

Tanpa berlama-lama lagi mari simak artikel di bawah ini biar ga ketinggalan informasi pentingnya!

Baca juga: Contoh Iklan Kolom Lengkap Dengan Pengertiannya, Yuk, Simak!

Pengertian Iklan Baris

Sebelum membahas lebih jauh terkait iklan baris, pertama-tama kamu harus mengetahui terlebih dahulu pengertian dari iklan baris. Nah, simak pengertiannya di bawah ini ya!

Iklan baris atau classified advertising adalah salah satu bentuk iklan yang paling sederhana dan paling murah. Iklan baris biasanya hanya terdiri dari beberapa baris teks yang berisi informasi dasar tentang produk atau jasa yang dipromosikan.

Jenis iklan ini seringkali muncul pada media cetak seperti koran, majalah, tabloid dan lain sebagainya. Pada koran, iklan jenis ini biasanya disusun berdasarkan golongan yang sama. 

Contohnya iklan baris lowongan kerja biasanya masuk ke dalam kategori atau kolom karir. Pada kategori ini akan ada beberapa iklan lowongan kerja yang disajikan kepada pembaca.

Ciri-Ciri Iklan Baris

Iklan baris memiliki ciri-ciri tersendiri yang membedakan iklan jenis ini dengan iklan jenis lainnya. Berikut adalah ciri-ciri dari iklan baris:

  • Iklan baris berbasis teks artinya iklan baris mengandalkan konten tertulis untuk menyampaikan pesannya. Iklan ini biasanya tidak menyertakan gambar atau ilustrasi.
  • Iklan baris memiliki format yang ringkas dan sederhana, iklan ini memiliki batas beberapa baris teks saja. Oleh sebab itu, memerlukan kecermatan dalam pemilihan katanya.
  • Iklan baris memiliki biaya yang terjangkau daripada jenis iklan yang lainnya. 
  • Iklan baris dapat menjangkau audiens yang luas, terutama saat ditempatkan di surat kabar, majalah atau platform lain yang populer.
  • Iklan jenis ini sangat cocok untuk mempromosikan produk atau layanan sederhana yang dapat kamu jelaskan dengan jelas dalam beberapa baris teks.

Tujuan Iklan Baris

Iklan baris memiliki beberapa tujuan yang dapat memberikan dampak positif. Nah, kami akan menjelaskannya secara lengkap di bawah ini tujuan dari iklan baris.

Berikut adalah fungsi dan tujuan dari iklan baris:

Tujuan Iklan Baris

  • Iklan baris dapat penjual gunakan untuk mempromosikan barang atau jasa yang mereka jual. Dengan iklan baris, penjual dapat menjangkau lebih banyak calon pembeli dan meningkatkan penjualan.
  • Iklan baris juga bertujuan untuk pembeli gunakan guna mencari barang atau jasa yang mereka butuhkan.
  • Iklan baris juga bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat, seperti informasi tentang lowongan pekerjaan, penjualan barang murah atau acara-acara tertentu.

Perbedaan Iklan Baris dan Iklan Kolom

contoh iklan kolom
Sumber: everpro.id

Cara Membuat Iklan Baris

Ada beberapa langkah yang bisa kamu ikuti untuk membuat iklan baris. Berikut adalah cara membuat iklan baris dengan mudah dan cepat:

  1. Menentukan tujuan dari pembuatan iklan baris
  2. Sesuaikan budget dengan informasi yang ingin kamu tulis
  3. Cantumkan beberapa informasi penting seperti nama produk atau jasa, harga, alamat, nomor telepon, hingga kondisi
  4. Pastikan hanya terdiri dari 2-3 baris saja

Baca juga: Yuk, Coba! 5 Contoh Iklan Produk Simple dan Menarik untuk Referensi Kamu

Tips Membuat Iklan Baris yang Efektif

Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk membuat iklan baris yang efektif:

1. Gunakan Bahasa yang Jelas dan Ringkas

Iklan baris hanya terdiri dari beberapa baris saja, oleh karena itu penting untuk menggunakan bahasa yang jelas dan ringkas agar informasi yang kamu sampaikan dapat calon pembeli atau penjual terima dengan baik.

2. Gunakan Kata-Kata yang Menarik Perhatian

Selanjutnya, gunakanlah kata-kata yang menarik perhatian agar iklan baris kamu lebih mudah calon pembeli dan penjual baca dan ingat.

3. Pastikan Iklan Baris Sesuai dengan Target Pasar

Sebelum membuat iklan baris, sebaiknya kamu mengidentifikasi terlebih dahulu target pasa kamu. Hal ini membantu kamu menentukan informasi apa saja yang perlu kamu cantumkan dalam iklan baris.

4. Uji Iklan Baris Kamu

Tips terakhir yaitu adalah menguji iklan baris yang kamu buat. Hal ini bertujuan untuk mengetahui mana yang paling efektif.

Kamu juga dapat melakukan uji iklan baris dengan membagikannya ke beberapa orang dan meminta mereka untuk memberikan umpan balik.

5 Contoh Iklan Baris

Berikut ada beberapa contoh dari iklan baris yang bisa kamu jadikan referensi dalam membuat iklan baris:

1. Contoh Iklan Baris Pemberitahuan

contoh iklan baris
Sumber: google.com

2. Contoh Iklan Baris di Koran

iklan baris di koran
Sumber: google.com

3. Contoh Iklan Baris Lowongan Kerja

iklan baris lowongan kerja
Sumber: google.com

4. Contoh Iklan Baris Otomotif

iklan baris otomotif
Sumber: google.com

5. Contoh Iklan Baris Jual Tanah

iklan baris tanah
Sumber: google.com

Demikianlah akhir dari artikel terkait contoh iklan baris beserta penjelasan lengkapnya. Semoga informasi pada artikel ini bermanfaat bagi kamu yang masih bingung terkait iklan baris.

Share artikel ini ke media sosial yang kamu punya dan nantikan informasi bermanfaat lainnya hanya di Everpro.id!

Nah, kalo kamu masih bingung gimana cara bikin iklan yang efektif kamu bisa serahin semuanya sama Everpro yang bisa bantuin kamu. Everpro punya layanan yang bisa bantuin kamu untuk beriklan dengan efektif di Google Ads.

Benefit Everpro Google Ads Whitelisted Account 

  • Edukasi beriklan Google Ads lengkap dari tim ahli Everpro
  • Akses prioritas dari Google jika akun kamu bermasalah
  • Transaksi dan credential akun aman dengan metode pembayaran khusus dari Everpro
  • Terhubung dengan ekosistem Everpro untuk dukung semua kebutuhan bisnismu
  • Mengurangi resiko akun iklan restrict/banned dengan akun iklan whitelisted
  • Scale up iklan lebih mudah dan cepat
  • Top up minimal Rp. 5.000.000
  • Gratis biaya selama 2 bulan pertama

Optimasikan iklan di Google dan raih konversi melesat lebih cepat!

Daftar Sekarang

Picture of Adhitia Rivaldy

Adhitia Rivaldy

Seorang SEO Content Writer yang memiliki minat pada dunia digital dan teknologi. Menulis berbagai artikel informatif seputar bisnis, ekspedisi, digital marketing dan lain lain yang berkaitan dengan blog Everpro. Memiliki semangat untuk tetap mengasah dan mempelajari bidang SEO. Semoga hasil tulisan saya bermanfaat bagi Anda.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya