everpro

Contoh Iklan Kolom Lengkap Dengan Pengertiannya, Yuk, Simak!

Bagaimana contoh dari iklan kolom? dan apa penjelasan mendalam terkait iklan kolom? Cari tahu jawabannya pada artikel di bawah ini!

Iklan kolom merupakan iklan yang seringkali muncul pada media cetak seperti koran, majalah, tabloid dan lain sebagainya. Iklan berjenis ini dapat digunakan untuk mempromosikan berbagai produk atau jasa.

Bagi kamu yang ingin mengetahui lebih lanjut terkait iklan kolom kamu berada di tempat yang tepat.

Karena pada artikel ini kami akan mengulas secara lengkap terkait iklan kolom lengkap dengan contohnya spesial untuk kamu. So, tanpa berlama-lama lagi mari kita bahas bersama-sama!

Pengertian Iklan Kolom

contoh iklan kolom
Sumber: unsplash.com

Sebelum membahas lebih jauh terkait iklan kolom, pertama-tama kita harus mengetahui terlebih dahulu pengertian dari iklan kolom. Nah, simak pengertiannya di bawah ini ya!

Melansir dari karya yang ditulis oleh Dede Endang Mascita yang berjudul Mendesain Bahan Ajar Cetak dan Digital (2021), iklan kolom merupakan jenis iklan yang pemasangannya berbentuk kolom.

Iklan kolom dapat berupa gambar atau ilustrasi yang bertujuan untuk membuat pembaca tertarik.

Ukuran iklan jenis ini cukup beragam, mulai dari yang kecil dengan isi teks dan ilustrasi yang memuat pemberitahuan sampai yang berukuran besar dengan visual yang lebih bagus.

Iklan kolom umumnya memuat informasi seperti campaign, promo dari suatu produk, lowongan pekerjaan, himbauan pemerintah, pemberitahuan dan lain-lain.

Ciri-Ciri Iklan Kolom

Berikut adalah ciri-ciri iklan kolom:

  • Iklan kolom biasanya berbentuk teks, baik berupa kalimat maupun paragraf.
  • Iklan kolom memiliki ruang yang lebih luas daripada iklan baris, sehingga dapat menampung lebih banyak informasi.
  • Iklan kolom dapat berguna untuk mempromosikan berbagai produk atau jasa, mulai dari produk barang, jasa, hingga lowongan pekerjaan.
  • Memiliki struktur yang terdiri dari judul, isi, dan call to action.

Fungsi dan Tujuan Iklan Kolom

Iklan kolom memiliki beberapa fungsi dan tujuan untuk bisnis. Berikut adalah beberapa fungsi iklan kolom:

  • Memberikan informasi
  • Menawarkan promosi
  • Membangun citra perusahaan

Tujuan iklan kolom yaitu:

  • Meningkatkan brand awareness
  • Meningkatkan penjcualan
  • Menjangkau target pasar

Untuk mencapai tujuan tersebut, iklan kolom harus dirancang dengan baik. Iklan kolom harus menarik perhatian pembaca, memberikan informasi yang jelas dan ringkas, serta memiliki call to action yang jelas.

Struktur Iklan Kolom

Iklan kolom memiliki struktur yang terdiri dari beberapa bagian. Berikut adalah bagian-bagian yang ada pada iklan kolom:

  • Judul

Judul berfungsi untuk menarik perhatian pembaca dan memberikan informasi singkat tentang isi iklan. Judul iklan kolom sebaiknya singkat, padat dan jelas.

  • Isi

Selanjutnya, isi iklan kolom adalah bagian yang berisi informasi lengkap tentang produk atau jasa yang dipromosikan. Isi iklan kolom harus jelas, ringkas dan menarik.

  • Call to Action

Terakhir ada call to action, bagian yang berisi ajakan kepada pembaca untuk melakukan tindakan tertentu, seperti menghubungi perusahaan, membeli produk atau mendaftar lowongan pekerjaan. Call to action harus jelas dan mudah dipahami.

Perbedaan Iklan Kolom dan Iklan Baris Beserta Contohnya

Iklan kolom dan iklan baris seringkali hadir di media cetak seperti koran atau majalah. Nah, ternyata keduanya memiliki perbedaan yang mendasar, lho.

Ini dia beberapa perbedaan signifikan antara iklan kolom dan iklan baris sebagai berikut:

contoh iklan kolom

5 Contoh Iklan Kolom

Nah, setelah mengetahui beberapa informasi penting seputar iklan kolom seperti pengertian, fungsi dan tujuan, ciri, struktur sampai perbedaan dengan iklan baris, mari kita bahas contoh dari iklan kolom.

Berikut adalah beberapa contoh dari iklan kolom, contoh ini dapat kamu jadikan referensi jika ingin membuat iklan kolom di media cetak:

1. Contoh Iklan Kolom Lowongan Pekerjaan

contoh iklan kolom

Contoh yang pertama yaitu contoh iklan kolom lowongan kerja. Iklan kolom dapat digunakan oleh perusahaan untuk menginformasikan lowongan pekerjaan. Lowongan pekerjaan yang berbentuk iklan kolom dapat dimuat di media cetak.

2. Contoh Iklan Kolom Promo Mobil

contoh iklan promo mobil

Contoh iklan kolom juga bisa digunakan untuk mempromosikan atau menginformasikan promo produk atau jasa dari sebuah bisnis. Pada contoh yang kami berikan ini perusahaan merek mobil sedang mempromosikan promo yang sedang berlangsung.

3. Contoh Iklan Kolom Layanan Masyarakat

contoh iklan layanan masyarakat

Selanjutnya, iklan kolom juga bisa digunakan oleh pemerintah dan instansi untuk memberikan informasi layanan masyarakat sebagai bentuk edukasi.

Contohnya seperti pada iklan di atas dinas pengendalian penduduk atau keluarga berencana yang memberikan edukasi untuk mengikut program keluarga berencana kepada masyarakat.

4. Contoh Iklan Kolom Himbauan

iklan layanan masyarakat

Selain iklan layanan masyarakat, iklan kolom juga dapat pemerintah gunakan untuk memberikan sebuah himbauan kepada masyarakat terkait sebuah masalah sosial atau lingkungan yang melanda negeri.

Contohnya seperti iklan kolom di atas yang menghimbau masyarakat untuk mengurangi penggunaan plastik dengan beralih menggunakan tas jinjing atau totebag.

5. Contoh Iklan Kolom Minuman

contoh iklan kolom minuman
Sumber: google.com

Selanjutnya ada contoh iklan kolom produk minuman, pada iklan ini kamu bisa melihat jika iklan ini memiliki teks copywriting yang sangat besar untuk menarik perhatian dari pembaca.

Selain itu, ada juga visual dari produk yang dipromosikan agar iklan lebih menarik lagi bagi para pembaca.

6. Contoh Iklan Kolom di Koran

contoh iklan kolom di koran

Terakhir ada contoh dari iklan kolom yang ada di koran. Contoh yang satu ini kami ambil dari iklan sebuah perumahan yang akan dijual. Iklan ini memberikan informasi terkait produk dengan memberikan informasi terkait rumah.

Demikianlah akhir dari artikel terkait contoh iklan kolom beserta penjelasan lengkapnya. Semoga informasi pada artikel ini bermanfaat bagi kamu yang masih bingung terkait iklan kolom.

Share artikel ini ke media sosial yang kamu punya dan nantikan informasi bermanfaat lainnya hanya di Everpro.id!

Nah, kalo kamu masih bingung gimana cara bikin iklan yang efektif kamu bisa serahin semuanya sama Everpro yang bisa bantuin kamu. Everpro punya layanan yang bisa bantuin kamu untuk beriklan dengan efektif di Google Ads.

Benefit Everpro Google Ads Whitelisted Account 

  • Edukasi beriklan Google Ads lengkap dari tim ahli Everpro
  • Akses prioritas dari Google jika akun kamu bermasalah
  • Transaksi dan credential akun aman dengan metode pembayaran khusus dari Everpro
  • Terhubung dengan ekosistem Everpro untuk dukung semua kebutuhan bisnismu
  • Mengurangi resiko akun iklan restrict/banned dengan akun iklan whitelisted
  • Scale up iklan lebih mudah dan cepat
  • Top up minimal Rp. 5.000.000
  • Gratis biaya selama 2 bulan pertama

Optimasikan iklan di Google dan raih konversi melesat lebih cepat!

Daftar Sekarang

Adhitia Rivaldy

Adhitia Rivaldy

Seorang SEO Content Writer yang memiliki minat pada dunia digital dan teknologi. Menulis berbagai artikel informatif seputar bisnis, ekspedisi, digital marketing dan lain lain yang berkaitan dengan blog Everpro. Memiliki semangat untuk tetap mengasah dan mempelajari bidang SEO. Semoga hasil tulisan saya bermanfaat bagi Anda.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya