everpro

Contoh Iklan Elektronik dan Ulasan Lengkapnya, Harus Tahu!

Apa itu iklan elektronik? dan seperti apa contohnya? Simak ini karena kami akan membahas secara lengkap contoh iklan elektronik dan juga penjelasannya!

Pada era digital yang sangat berkembang pesat saat ini, media iklan sering digunakan sebagai sebuah media yang bertujuan menyampaikan informasi dan membujuk audiens melakukan sesuatu.

Salah satu jenis iklan yang sering kita lihat yaitu jenis iklan elektronik yang sering muncul pada media elektronik seperti radio, televisi dan internet.

Iklan elektronik merupakan salah satu iklan yang harus dibuat dengan semaksimal mungkin. Oleh sebab itu, membuat iklan elektronik tidak boleh sembarangan.

Tapi jangan khawatir jika kamu tidak memiliki kemampuan dan pemahaman dalam beriklan, karena pada artikel ini kami akan memberikan pembahasan lengkap seputar iklan elektronik lengkap dengan contohnya.

Jadi tanpa perlu berlama-lama lagi yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Baca juga: Iklan Produk: Pengertian, Jenis dan Contohnya, Kamu Wajib Tahu!

Apa itu Iklan Elektronik

contoh iklan elektronik
Sumber: freepik.com

Melansir dari Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE), iklan elektronik adalah informasi untuk kepentingan komersial atas barang dan/atau jasa melalui komunikasi elektronik.

Informasi ini dibuat dan disebarluaskan kepada pihak tertentu baik yang dilakukan secara berbayar maupun tidak berbayar.

Iklan elektronik umumnya dimuat melalui berbagai media elektronik seperti televisi, radio, internet, dan perangkat seluler.

Jenis Iklan Elektronik

Seperti yang sudah kami singgung sebelumnya, iklan elektronik memiliki tiga jenis. Yaitu iklan radio, televisi dan internet. Berikut adalah penjelasan lengkap terkait jenis iklan elektronik:

1. Iklan Radio

Jenis iklan elektronik yang pertama yaitu iklan radio. Iklan elektronik radio merupakan iklan yang memiliki karakteristik yaitu iklan yang berbentuk audio atau suara pada radio.

Audi atau suara pada iklan radio mencakup beberapa unsur seperti kata-kata, musik, dan efek lainnya yang menunjang iklan tersebut.

2. Iklan Televisi

Jenis iklan elektronik selanjutnya yaitu iklan televisi. Iklan ini merupakan iklan dengan karakteristik berbentuk audio visual yang muncul pada televisi.

Iklan ini memiliki kombinasi antara suara, gambar, dan gerak membuat iklan televisi dapat menarik perhatian dari audiens yang melihat.

3. Iklan Internet

Jenis iklan yang ketiga yaitu iklan elektronik yang muncul pada internet. Jenis iklan ini merupakan iklan yang memiliki karakteristik cepat dan interaktif.

Iklan jenis ini dapat memiliki beberapa bentuk seperti hanya berbentuk audio visual, hanya visual, atau hanya audio saja. Iklan jenis ini dapat mencakup audiens yang lebih besar karena internet memiliki jangkauan yang luas tidak seperti radio dan televisi.

Karakteristik dan Ciri Iklan Elektronik

Iklan jenis ini memiliki beberapa karakteristik yang membedakannya dengan iklan konvensional. Apa saja karakteristik yang membedakannya? Berikut karakteristiknya:

  • Interaktif

Karakteristik yang pertama yaitu iklan elektronik memiliki pendekatan yang interaktif. Dengan begitu iklan elektronik memungkinkan audiens untuk berinteraksi dengan iklan, misalnya dengan memberikan tanggapan atau mengajukan pertanyaan.

  • Memiliki Target Spesifik

Selanjutnya, iklan elektronik biasanya memiliki karakteristik memiliki target yang spesifik. Target spesifik ini melalui beberapa kategori seperti demografi, minat atau perilaku mereka.

  • Pengukuran Hasil

Karakteristik terakhir yaitu iklan elektronik dapat diukur dengan lebih akurat. Pengukurannya bisa menggunakan data dari klik, tampilan atau konversi.

Kemudian, melansir dari buku karya Nidaul Janah yang berjudul “Mandiri Belajar Tematik SD/MO Kelas 5” iklan elektronik juga memiliki ciri khas sebagai berikut:

  • Iklan elektronik dapat berbentuk suara, gambar, ataupun gerakan, bisa salah satunya atau gabungan dari beberapa bentuk.
  • Iklan elektronik memiliki gaya bahasa yang mudah untuk audiens pahami dan bersifat persuasif yang berarti mendorong dan mengajak audiens untuk melakukan sesuatu terhadap produk yang diiklankan.
  • Iklan elektronik memiliki durasi waktu yang singkat sehingga isinya juga harus singkat, pada dan jelas.

Baca juga: Yuk, Coba! 5 Contoh Iklan Produk Simple dan Menarik untuk Referensi Kamu

Contoh Iklan Elektronik

Di bawah ini kami rangkum beberapa contoh iklan-iklan elektronik yang biasa kita temukan sehari-hari:

1. Email Marketing

Contoh pertama yaitu, email elektronik juga dapat muncul pada email yang kita gunakan. Email ini biasanya bertujuan untuk memberikan informasi dan promosi terkait produk atau jasa yang pengirim tawarkan.

2. Iklan Banner di Website

Salah satu iklan yang sering kita jumpai di internet yaitu iklan banner yang ada pada website. Iklan ini memiliki bentuk seperti banner yang biasanya muncul di atas atau di samping website.

Iklan ini jika kita klik akan mengarahkan kita ke halaman tertentu yang berkaitan dengan iklan tersebut.

3. Iklan Layanan Masyarakat di Radio

Kemudian, ada iklan yang sering muncul pada radio salah satunya yaitu iklan layanan masyarakat. Iklan ini biasanya berisi himbauan dari Pemerintah atau lembaga tertentu kepada masyarakat.

Iklan ini bertujuan untuk menyampaikan himbauan yang tidak bersifat komersial. Contohnya seperti jangan membuang sampah sembarangan atau pakai masker jika sakit.

4. Iklan Produk di Radio

Contoh iklan elektronik berikutnya masih di media radio, iklan produk merupakan iklan komersial berbentuk audio yang diiklankan di radio. Iklan ini memiliki kesulitan tersendiri, karena pengiklan harus bisa beriklan hanya dengan audio.

5. Iklan Jasa di Radio

Selain produk, iklan jasa juga sering muncul di radio. Iklan jasa ini memiliki kesamaan dengan iklan produk yakni dengan menawarkan jasa kepada pendengar radio.

6. Iklan Produk di Media Sosial

Media sosial seperti Instagram merupakan salah satu media yang bisa dimanfaatkan untuk beriklan sebuah produk atau brand tertentu. Iklan yang muncul di Instagram ini biasanya memiliki tanda bersponsor.

7. Iklan Produk di Marketplace 

Iklan produk juga sering kita jumpai pada marketplace, namun iklan produk pada marketplace memiliki perbedaan dengan iklan produk pada media lainnya.

Bedanya terletak pada informasi yang membuat pengunjung tertarik melakukan transaksi seperti informasi promo.

8. Iklan di Youtube

Selanjutnya, iklan elektronik yang juga bisa kita jumpai ketika menonton video di Youtube. Iklan ini sebenarnya memiliki kesamaan dengan iklan yang ada pada TV, hanya saja memiliki perbedaan sedikit pada formatnya.

9. Iklan Marketplace di Televisi

Terakhir ada iklan marketplace di televisi yang sering muncul pada tanggal-tanggal tertentu seperti  11.11. Iklan ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada penonton tentang promosi yang berlangsung.

Demikanlah penjelasan terkait contoh iklan elektronik dan penjelasan lengkapnya. Semoga informasi pada artikel ini bermanfaat bagi kamu yang ingin membuat iklan elektronik.

Jangan lupa untuk share artikel ini ke media sosial kamu dan nantikan informasi bermanfaat lainnya seputar bisnis dan tips and trick hanya di Everpro.id!

Adhitia Rivaldy

Adhitia Rivaldy

Seorang SEO Content Writer yang memiliki minat pada dunia digital dan teknologi. Menulis berbagai artikel informatif seputar bisnis, ekspedisi, digital marketing dan lain lain yang berkaitan dengan blog Everpro. Memiliki semangat untuk tetap mengasah dan mempelajari bidang SEO. Semoga hasil tulisan saya bermanfaat bagi Anda.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya