everpro

Iklan Produk: Pengertian, Jenis dan Contohnya, Kamu Wajib Tahu!

Bingung bagaimana iklan yang efektif? Ingin tahu contoh iklan produk yang bagus dan menarik? Simak artikel ini untuk ulasan lengkap seputar iklan produk lengkap dengan contohnya!

Iklan merupakan salah satu bentuk promosi yang sangat penting untuk dilakukan. Namun, masih banyak yang belum mengerti bagaimana cara beriklan yang benar. 

Hal ini sangat disayangkan karena iklan merupakan salah satu cara promosi produk yang sangat ampuh dan berpotensi besar untuk menarik minat calon pembeli. 

Dengan iklan yang efektif bukan tidak mungkin bisnis dapat meraup keuntungan yang lebih besar lagi. Nah, tapi bagaimana cara beriklan yang efektif? dan bagaimana contoh iklan produk yang simple dan menarik? 

Simak artikel ini untuk mengetahui jawaban dan ulasan lengkapnya seputar iklan produk, check it out!

Baca juga: 5 Contoh Iklan Bahasa Inggris Kreatif dan Menarik, Bikin Pelanggan Melirik!

Pengertian Iklan Produk

contoh iklan produk
Sumber: google.com

Sebelum masuk ke contoh dari iklan produk, kamu harus mengetahui terlebih dahulu apa pengertian dari iklan produk.

Pengertian dari iklan produk yaitu suatu bentuk komunikasi yang bertujuan untuk memperkenalkan, membujuk atau mengingatkan masyarakat tentang suatu produk atau jasa.

Iklan produk umumnya menggunakan media massa, seperti televisi, radio, koran, majalah dan internet. Tujuan dari iklan produk antara lain yaitu:

  • Menginformasikan

Iklan dapat memiliki tujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang produk atau jasa yang ditawarkan. Informasi tersebut dapat berupa fitur, manfaat, keunggulan, dan harga produk atau jasa.

  • Membujuk

Selain itu, iklan produk juga bertujuan untuk membujuk masyarakat untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan. Caranya dengan memberikan informasi yang menarik dan meyakinkan tentang produk atau jasa.

  • Mengingatkan

Terakhir, iklan produk bertujuan untuk mengingatkan masyarakat tentang produk atau jasa yang ditawarkan. Hal ini bertujuan untuk menjaga agar produk ata jasa tetap masyarakat ingat.

Pentingnya Iklan Produk

Iklan produk merupakan salah satu cara yang efektif untuk mempromosikan produk atau jasa yang kamu jual. Oleh sebab itu, kamu harus membuat iklan seefektif mungkin agar dapat meningkatkan penjualan produk kamu dan mencapai target pasar kamu.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa iklan produk penting:

  • Meningkatkan Kesadaran Masyarakat

Alasan pertama mengapa iklan produk penting yaitu adalah iklan produk dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Dengan begitu, masyarakat akan lebih mengenal produk atau jasa kamu dan lebih tertarik untuk mempelajari lebih lanjut.

  • Membentuk Citra Merek

Kemudian, iklan produk juga dapat membentuk citra merek produk atau jasa kamu. Citra merek yang positif akan membuat masyarakat lebih percaya dan tertarik untuk membeli produk atau jasa kamu.

  • Meningkatkan Penjualan

Selanjutnya dengan melakukan iklan pada produk yang kamu tawarkan juga dapat meningkatkan penjualan. Hal ini merupakan alasan dan tujuan utama dalam melakukan iklan produk.

Dengan iklan yang efektif, kemungkinan besar kamu bisa menarik calon pembeli untuk melakukan transaksi yang bisa meningkatkan penjualan pada bisnis kamu.

  • Meningkatkan Persaingan

Pada era globalisasi saat ini, persaingan bisnis semakin ketat. Dengan membuat iklan produk yang efektif dan menarik dapat membantu kamu untuk bersaing dengan perusahaan lain yang menawarkan produk jasa yang serupa.

Jenis dan Contoh Iklan Produk

Iklan produk memiliki beberapa jenis, berikut adalah beberapa jenis dari iklan produk:

  • Iklan Cetak

Jenis pertama yaitu iklan cetak, iklan yang dicetak pada media cetak, seperti koran, majalah, tabloid, brosur, pamflet dan  sebagainya. Contoh iklan cetak: 

contoh iklan cetak
Sumber: google.com
  • Iklan Elektronik

Selanjutnya ada jenis iklan elektronik, iklan yang muncul pada media elektronik seperti televisi, radio dan internet. Contoh iklan elektronik:

iklan elektronik
Sumber: google.com
  • Iklan Digital

Terakhir ada jenis iklan digital, jenis iklan yang tampil pada media digital seperti website, media sosial, dan aplikasi mobile. Contoh iklan digital:

contoh iklan digital
Sumber: google.com

Baca juga: Jenis Jenis Iklan: Definisi, Fungsi, Hingga Contohnya

Tips Membuat Iklan Produk yang Efektif

Nah, setelah mengetahui pengertian dan jenis serta contoh dari iklan produk, mari kita bahas tips-tips untuk membuat iklan produk yang efektif yang bisa kamu ikuti.

Dengan membuat iklan yang efektif, kamu dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang produk atau jasa kamu, membentuk citra mereka yang positif, meningkatkan penjualan dan meningkatkan persaingan.

Berikut adalah tips-tips membuat iklan produk yang efektif:

  • Pahami Target Pasar

Hal pertama yang perlu kamu lakukan yaitu memahami target pasar kamu. Siapa yang kamu targetkan dengan iklan kamu? Apa kebutuhan dan keinginan mereka? Dengan memahami target pasar kamu, kamu dapat membuat iklan yang lebih tepat sasaran.

  • Buat Iklan yang Menarik Perhatian

Iklan yang menarik perhatian akan lebih mudah untuk calon pembeli dan target pasar kamu ingat. Gunakan gambar atau video yang menarik, serta gunakan slogan atau tagline yang mudah diingat.

  • Berikan Informasi yang Jelas

Tips selanjutnya, kamu harus membuat informasi pada produk iklan yang kamu buat tersebut memuat informasi yang jelas. Dengan begitu, target pasar kamu dapat memahami produk atau jasa yang kamu tawarkan.

  • Ajak Target Pasar Kamu untuk Bertindak

Tips terakhir yaitu kamu harus menyisipkan kata-kata CTA (call to action) pada iklan yang kamu buat. Contohnya seperti “ayo daftar sekarang”, “hubungi kami”, “pesan sekarang juga”.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, kamu dapat membuat iklan yang lebih efektif dan berpotensi mencapai tujuan kamu.

Demikianlah akhir dari artikel terkait iklan produk dan contohnya, semoga informasi pada artikel ini bermanfaat bagi kamu yang masih bingung membuat iklan produk.

Share artikel ini ke media sosial yang kamu punya dan nantikan informasi bermanfaat lainnya hanya di Everpro.id!

Nah, kalo kamu masih bingung gimana cara bikin iklan yang efektif kamu bisa serahin semuanya sama Everpro yang bisa bantuin kamu. Everpro punya layanan yang bisa bantuin kamu untuk beriklan dengan efektif di Google Ads.

Benefit Everpro Google Ads Whitelisted Account 

  • Edukasi beriklan Google Ads lengkap dari tim ahli Everpro
  • Akses prioritas dari Google jika akun kamu bermasalah
  • Transaksi dan credential akun aman dengan metode pembayaran khusus dari Everpro
  • Terhubung dengan ekosistem Everpro untuk dukung semua kebutuhan bisnismu
  • Mengurangi resiko akun iklan restrict/banned dengan akun iklan whitelisted
  • Scale up iklan lebih mudah dan cepat

Selain lengkap dan aman, layanan Google Ads Whitelisted Account Everpro juga terjangkau!

Dengan top-up saldo minimal Rp5.000.000 kamu bisa mulai beriklan dan dapat GRATIS SEMUA BIAYA selama 2 bulan pertama!

Optimasikan iklan di Google dan raih konversi melesat lebih cepat!

Daftar Sekarang

Picture of Adhitia Rivaldy

Adhitia Rivaldy

Seorang SEO Content Writer yang memiliki minat pada dunia digital dan teknologi. Menulis berbagai artikel informatif seputar bisnis, ekspedisi, digital marketing dan lain lain yang berkaitan dengan blog Everpro. Memiliki semangat untuk tetap mengasah dan mempelajari bidang SEO. Semoga hasil tulisan saya bermanfaat bagi Anda.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya