everpro

Jenis Jenis Iklan: Definisi, Fungsi, Hingga Contohnya

jenis jenis iklan

Iklan adalah pemasaran terkait produk dan bisnis. Terdapat berbagai fungsi dan jenisnya. Mau tahu apa saja? Simak penjelasan jenis jenis iklan berikut ini.

Iklan merupakan suatu bentuk promosi produk maupun bisnis yang biasanya terpasang di media tertentu. Kebanyakan pasti sudah sering melihat contoh iklan di berbagai media seperti radio, televisi, hingga media sosial.

Secara umum iklan memiliki tujuan untuk menarik minat audiens untuk membeli produk atau menggunakan jasa yang perusahaan tawarkan.

Hadirnya iklan menjadi peranan penting untuk mengembangkan perusahaan. Karena sebaik apapun produk dan layanan yang bisnis anda miliki akan percuma jika tak ada yang mengetahuinya.

Oleh karena itu, setiap bisnis akan menjalankan promosi dalam bentuk iklan. Terdapat berbagai varian iklan berdasarkan kategorinya. 

Baca sampai selesai untuk mendapatkan informasi seputar jenis jenis iklan.

Baca juga: Cashback Adalah: Arti, Keuntungan, dan Perbedaan dari Diskon

Apa Itu Iklan?

definisi periklanan
Sumber: google.com

Iklan adalah segala bentuk pesan promosi seperti produk dan jasa melalui suatu media untuk ditunjukkan ke khalayak ramai. 

Segala bentuk iklan yang tampil memiliki tujuan untuk mendorong audiens agar tertarik dan membeli produk atau menggunakan jasa dari bisnis tersebut.

Everpro

Media iklan biasanya seperti televisi, radio, baliho, media online, dan masih banyak lagi. Tujuan pembuatan iklan adalah untuk memberi informasi yang jelas dan menarik minat audiens, serta untuk mendorong audiens menggunakan produk atau jasa tersebut.

Iklan memiliki sifat mengajak, maka dari itu menggunakan kalimat yang persuasif. Terdapat berbagai jenis iklan berdasarkan kategorinya seperti berdasarkan media dan fungsinya.

Setiap produk atau layanan akan selalu membutuhkan iklan sebagai cara untuk mempromosikannya. Semakin bagus suatu promosi, tentu akan semakin besar juga peluang penjualan produk atau jasa yang ditawarkan.

Fungsi Iklan dalam Bisnis

fungsi periklanan
Sumber: google.com

Anda mungkin sudah memahami tujuan utama iklan yaitu untuk menarik minat audiens agar tertarik membeli produk atau jasa yang ditawarkan.

Tak hanya itu, iklan juga memiliki beberapa fungsi seperti berikut ini:

  • Memberikan Informasi

Iklan berfungsi untuk memberitahu pasar mengenai suatu produk baru dan perubahan harga. Serta dapat memberikan informasi mengenai kegunaan atau manfaat produk/jasa tersebut yang juga dapat membangung image perusahaan.

  • Membujuk Audiens

Iklan dapat membentuk preferensi merek, mengubah persepsi konsumen terhadap fitur produk. Selain itu dapat mendorong konsumen untuk mencoba penawaran dari produk atau jasa dan mendorong konsumen agar segera membelinya.

  • Sebagai Pengingat

Fungsi lainnya adalah iklan dapat menjaga brand perusahaan agar tetap segar di benak konsumen serta untuk meningkatkan minat konsumen terhadap produk yang sudah ada sebelumnya.

  • Menambah Nilai

Selanjutnya iklan juga memiliki fungsi untuk memberi nilai tambah yaitu berupa inovasi, peningkatan kualitas produk atau layanan, serta mengubah persepsi konsumen. 

  • Pendamping Fasilitas Lain

Fungsi yang terakhir dari iklan adalah sebagai pendamping yang dapat menjadi fasilitas kegiatan atau upaya lain yang perusahaan lakukan dalam proses pemasaran. Dengan begitu, perusahaan dapat mencapai tujuan yang diinginkan lebih cepat. 

Jenis Jenis Iklan dan Contohnya

jenis jenis iklan
Sumber: google.com

Seperti pembahasan sebelumnya, terdapat beberapa macam iklan berdasarkan kategorinya. Berikut adalah penjelasan dari jenis jenis iklan tersebut beserta contohnya:

Jenis Jenis Iklan Menurut Isinya

Berdasarkan isi dari suatu iklan dapat anda bedakan dengan beberapa macam iklan sebagai berikut:

  • Iklan Penawaran

jenis jenis iklan
Sumber: google.com

Jenis iklan ini memiliki tujuan untuk menawarkan produk atau layanan kepada masyarakat agar tertarik untuk membeli serta menggunakannya.

Sebagai contoh yaitu iklan produk seperti tas, baju, sepatu, dan sebagainya. Sedangkan contoh iklan menawarkan jasa adalah seperti iklan aplikasi, jasa konsultasi, layanan pesan antar makanan, dan sebagainya. 

  • Iklan Layanan Masyarakat

jenis jenis iklan
Sumber: google.com

Umumnya variasi iklan yang satu ini berasal dari suatu lembaga, komunitas, hingga instansi. 

Iklan masyarakat bertujuan untuk memberikan edukasi terkait suatu hal. Contoh jenis iklan masyarakat adalah seperti iklan tentang bahaya narkoba, iklan patuh pajak, dan lainnya.

  • Pengumuman

event advertising
Sumber: google.com

Selanjutnya terdapat juga macam iklan yang isinya adalah untuk mengumumkan atau berisi himbauan yang sifatnya mengajak datang ke suatu acara. Sebagai contoh, iklan lomba, iklan konser, dan masih banyak lagi.

  • Permintaan

jenis jenis iklan
Sumber: google.com

Jenis jenis iklan berdasarkan isinya yang terakhir adalah iklan permintaan. Pembuatan iklan ini biasanya atas permintaan pribadi atau instansi yang ingin informasinya banyak orang ketahui.

Contoh dari iklan permintaan adalah seperti iklan lowongan pekerjaan.

Jenis Jenis Iklan Menurut Medianya

Selanjutnya terdapat juga berbagai varaian iklan berdasarkan media penggunaannya atau tempat untuk menampilkan iklan tersebut, seperti berikut ini:

  • Iklan Elektronik

jenis jenis iklan
Sumber: google.com

Iklan elektronik adalah salah satu jenis iklan yang penayangannya melalui media elektronik seperti radio yang berfokus pada audio, serta televisi yang berfokus pada video dan audio. 

  • Media Cetak

jenis jenis iklan
Sumber: google.com

Iklan menurut media yang terakhir adalah dengan menggunakan media cetak. Membuat iklan media cetak yaitu dengan mencetak iklan dan membagikannya ke masyarakat atau target pasar.

Contoh dari iklan media cetak adalah seperti koran, majalah, brosur, selebaran, dan sebagainya.

Jenis Iklan Menurut Tujuannya

Terdapat juga varian iklan berdasarkan tujuan penayangannya baik itu secara komersial maupun non-komersial. Berikut penjelasannya:

  • Iklan Komersial

jenis jenis iklan
Sumber: google.com

Jenis iklan komersial adalah suatu iklan yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan agar bisa mendapatkan peluang keuntungan dan pendapatan yang besar.

Terdapat tiga sasaran dari iklan komersial, yaitu:

  1. Iklan Konsumen: bertujuan untuk mencari keuntungan usaha, dengan target utama dari pesan iklan adalah untuk konsumen akhir. Pengertian konsumen akhir yaitu orang yang terakhir kali menggunakan produk atau barang yang ada dalam iklan.
  2. Iklan Bisnis: penyampaian iklan ini bertujuan untuk mendapatkan keuntungan ekonomi. Sasaran dari iklan bisnis yaitu lembaga yang akan mendistribusikan atau penyalur produk-produk agar sampai ke tangan konsumen akhir.
  3. Iklan Profesional: tujuan tari iklan ini adalah untuk mencari keuntungan bisnis dengan sasaran utama kepada kelompok atau golongan profesional.
  • Iklan Non Komersial

jenis jenis iklan
Sumber: google.com

Berbeda dengan tujuan dari iklan komersial yakni mencari keuntungan bisnis, pada iklan non komersial tujuannya adalah untuk memberikan informasi terkait suatu hal yang perlu disadari.

Selain itu iklan jenis ini berisi ajakan, bujukan, serta dapat mendidik juga memberi pelajaran bagi masyarakat umum. Tujuan utama dari iklan non komersial ini tidak untuk satu pihak saja, namun juga untuk keuntungan bersama.

Tayangan dari iklan ini ialah agar dapat membenahi suatu hal yang dapat memberi dampak besar untuk masa depan. Beberapa contoh dari iklan non komersial adalah seperti berikut ini:

  • Iklan Keluarga Berencana
  • Iklan Pendidikan
  • Iklan Earth Hour

Jenis Iklan Bersumber dari Internet

jenis jenis iklan
Sumber: google.com

Iklan yang bersumber dari internet merupakan jenis iklan online. Kehadiran internet menjadi cara untuk beriklan dengan hemat untuk menarik minat konsumen baru.

Melalui iklan online perusahaan dapat menjangkau pasar yang lebih luas dengan biaya lebih terjangkau. Faktanya banyak pelanggan yang sebelum memutuskan membeli produk atau menggunakan layanan suatu iklan akan mencari tahu dulu secara online.

Maka dari itu perlu merancang situs web semenarik mungkin. Ada berbagai cara untuk melakukan iklan online baik itu melalui iklan berbayar maupun meningkatkan peringkat situs di mesin pencari.

Cara lainnya adalah dengan menayangkan iklan melalui media sosial, blog, atau lainnya yang sering target konsumen anda kunjungi.

Baca juga: Aktuaria Adalah: Penjelasan Arti, Fungsi, Hingga Tugasnya

Jenis Iklan Menurut Bentuk Penyampaiannya

advertisement
Sumber: google.com

Terdapat juga berbagai varian iklan yang dapat anda bedakan berdasarkan bentuk penyampaiannya, seperti berikut ini:

  • Iklan Spot

Jenis iklan ini biasanya memiliki durasi yang singkat dan media penayangannya yaitu di radio maupun televisi dengan menggabungkan suara, gambar, serta musik.

  • Iklan Kolom dan Baris

Iklan kolom dan baris adalah iklan yang umumnya dimuat di media cetak berdasarkan luas kolom serta panjang kaliman iklan. Pembuatan iklan ini biasanya dengan mengkombinasikan kalimat dan beberapa gambar relevan.

  • Adlib

Iklan adlib adalah iklan yang penyampaiannya dengan cara diucapkan atau dibacakan oleh penyiar radio maupun televisi.

Keunggulan dari Adlib adalah dapat mengatasinya dengan cara mengobrol, sehingga lebih terkesan natural dan penonton bahkan mengira bahwa itu bukanlah iklan.

Advertising-editorial atau Advertorial adalah varian iklan yang penyajiannya lebih lengkap dan rinci seperti berita. Jadi, jenis iklan ini akan menjelaskan produk atau layanan dengan lebih jelas.

  • Sponsor 

Iklan sponsor adalah suatu iklan dengan cara membeli atau menyewa space dan slot waktu dari sebuah media. Durasi pengiklanan mulai dari 30 menit bahkan lebih.

Demikian penjelasan jenis jenis iklan, mulai dari definisi, fungsi, jenis iklan berdasarkan kategori serta contohnya.

Semoga informasi dari artikel ini dapat bermanfaat untuk anda. Simak artikel informatif lainnya hanya di Everpro!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait