Beranda » Digital Marketing » Google Shopping: Pengertian, Sistem, dan Panduan Menggunakannya

Google Shopping: Pengertian, Sistem, dan Panduan Menggunakannya

Google Shopping – Siapa sih yang tidak tahu Google, semua orang di dunia ini sepertinya sudah tak asing lagi dengan Google.

Google menjadi salah satu hal yang dibutuhkan oleh hampir semua orang saat ini untuk mencari informasi dan lain sebagainya.

Namun, ada istilah baru dari Google yang disebut dengan layanan Google Shopping yang ternyata belum banyak orang tahu, lantas apa yang disebut dengan Google Shopping tersebut?

Apa yang Dimaksud dengan Google Shopping?

Google Shopping
Sumber: google.com/bersosial

Google Shopping adalah sebuah layanan yang berisi suatu iklan dari sebuah produk, lengkap dengan foto dan detail deskripsinya. 

Selain itu, pada layanan ini juga terdapat detail harga, sampai link untuk orang berbelanja secara online produk tersebut.

Kemudian, bagi Anda yang menggunakan layanan ini tentu akan lebih mudah mencari barang yang sesuai dengan kriteria yang Anda inginkan.

Karena pada layanan ini Anda bisa melihat dan membandingkan suatu produk di toko yang satu dengan toko lainnya.

Seperti misalnya Anda ingin mencari produk jersey sepak bola, maka akan muncul produk dari berbagai toko online.

Jadi, Anda bisa mencari barang yang sesuai dengan kriteria Anda dengan mudah menggunakan layanan Google Shopping ini.

Sistem Kerja Google Shopping

Google Shopping
Sumber: google.com/bersosial

Selain itu, sistem kerja layanan ini tidak sama seperti iklan teks yang memiliki deskripsi panjang, namun pada layanan ini iklan akan muncul berupa kotak kecil yang berisi gambar, harga, dan nama toko.

Google Shopping menggunakan informasi data produk yang diunggah oleh pemilik bisnis untuk menampilkan iklan. Data produk tersebut misalnya, gambar, merek, warna, ukuran, dan lain sebagainya. 

Nah, agar produk Anda bisa tampil di hasil pencarian Google Shopping, Anda membutuhkan dua platform lain, yaitu Google merchant Center dan Google Ads. 

Google Merchant Center digunakan sebagai tempat penyimpanan produk Anda. Di sana Anda bisa menambahkan detail produk dengan form yang telah disediakan oleh Google.

Sementara itu, Google Ads digunakan untuk mengatur promosi produk dan budget untuk promosi. Anda juga akan mendapatkan analisis promosi yang telah diluncurkan sehingga Anda dapat mengoptimalkan kinerja iklan. 

Panduan Menggunakan Google Ads dengan Mudah

Google Shopping
Sumber: google.com/bersosial

Nah, bagi Anda yang memiliki bisnis dan ingin menggunakan layanan Google Ads untuk mengiklankan produk yang Anda miliki, ada beberapa cara yang harus Anda perhatikan.

Berikut ini adalah panduan untuk menggunakan Google Ads dengan mudah:

1. Buatlah Google Merchant Center

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat Google Merchant Center. Karena agar mudah sebagai tempat penyimpanan produk. 

Anda perlu melakukan “Sign Up” untuk kemudian mengisi informasi. Seperti nama produk, lokasi, dan zona waktu. 

Jangan lupa untuk mengatur akun Anda menjadi akun bisnis. Selain itu, tuliskan tautan website Anda agar calon konsumen dapat mengakses toko online Anda.

2. Pasang foto produk berkualitas baik

Kemudian adalah memasang atau mengoptimasi foto produk. Agar produk Anda muncul pada layanan Google Shopping, maka foto produk harus sangat diperhatikan.

Hal yang harus diperhatikan adalah gambar harus jernih dan tidak menggunakan background gelap. 

Selain itu jangan menggunakan logo, watermark, dan teks di dalam foto produk tersebut.

3. Isi feed produk

Selanjutnya adalah mengisi feed produk. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Anda bisa menggunakan Google Sheet. Unggah dan perbarui data Anda dari sana.
  • Dengan Schedule Fetch, Anda cukup mencantumkan file URL kemudian menentukan jadwal pengambilan data.
  • Anda bisa Upload secara manual ke Google Merchant Center.
  • Jika bisnis Anda berskala besar, Anda bisa menggunakan Content API. Dari jumlah stok, produk, hingga harga secara otomatis terunggah oleh aplikasi tersebut. 

Itulah cara yang bisa Anda lakukan untuk mengisi feed produk.

4. Hubungkan dengan Google Ads

Nah, yang selanjutnya adalah menghubungkan Google Shopping dengan Google Ads. Meskipun Anda telah menghubungkan produk ke Google Merchant Center, produk Anda tidak lantas bisa mudah dicari oleh calon konsumen. 

Anda perlu memanfaatkan Google Ads. Ini penting bagi bisnis Anda. Sebab, dengan Google Ads, bisnis makin berkembang.

5. Gunakan dan manfaatkan Google Shopping untuk iklan produk

Ada dua cara ketika Anda ingin menggunakan iklan. Cara pertama, Anda langsung memanfaatkan melalui Google Merchant Center. 

Cara kedua, Anda bisa memanfaatkan melalui Google Ads. Dari keduanya, Anda tinggal mengklik “Campaign”.

6. Perhatikan biaya iklan dan gunakan dengan bijak

Panduan terakhir dalam menggunakan Google Shopping ini adalah memperhatikan biaya iklan dan pilih cara mengatur biaya iklan.

Ada dua jenis biaya iklan yang bisa Anda gunakan, adalah sebagai berikut:

  • Smart Shopping Campaign: Cukup memasukkan biaya iklan dan aneka informasi maka dari Google Ads yang mengaturnya. 
  • Standard Shopping Campaign: Ini lebih terperinci karena beragam pilihannya dan cara memilih iklannya lebih spesifik. Misal, iklan bisnis Anda cukup muncul di Youtube atau Gmail.

Nikmati layanan kirim paket serba mudah dengan biaya murah!

  • Tersedia 15+ pilihan ekspedisi yang siap jemput paket anda kapan saja
  • Bonus Cashback 30%
  • Pencairan Dana COD Cepat
  • Akses laporan aktivitas penjualan
  • Sekali transaksi bisa kirim ke banyak lokasi

Daftarkan bisnis Anda bersama Everpro sekarang juga! Klik tombol di bawah ini ya!

Daftar Sekarang

Picture of Rizky Syahaqy
Rizky Syahaqy
Rizky Syahaqy, merupakan SEO Content Writer di Blog Everpro yang fokus pada konten bisnis, jasa ekspedisi, dan kurir. Sebelumnya saya merupakan lulusan dari Universitas Islam Negeri Bandung jurusan Ilmu Komunikasi Jurnalistik. Setelah lulus, saya bekerja di dunia kepenulisan selama 1 tahun, yakni menjadi wartawan di sebuah media berita. Namun sejak masih kuliah saya aktif di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang bergerak di bidang jurnalistik dan kepenulisan selama 3 tahun. Bahkan semasa kuliah saya sudah bekerja sebagai penulis lepas di berbagai media berita dan penyiar radio. Oleh karena itu saya memiliki kemampuan yang baik dalam menulis dan mencari sumber yang kredibel untuk sebuah tulisan yang saya buat. Semoga yang saya sajikan dapat bermanfaat untuk semua yang membacanya.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya