everpro

Intip! 15+ Contoh Iklan Produk Kecantikan yang Sukses Memikat Hati Pelanggan

Sedang mencari referensi contoh iklan produk kecantikan? Pas banget karena Everpro akan membahas hal tersebut untuk kamu, maka dari itu simak sampai habis, ya!

Iklan produk kecantikan adalah salah satu bentuk seni yang mampu menginspirasi dan menggugah perasaan, baik itu perasaan percaya diri, kecantikan, kebahagiaan, maupun kepedulian terhadap diri sendiri atau orang lain.

Iklan tersebut dapat menjadi sarana untuk mempromosikan produk kecantikan, tetapi juga dapat menjadi sarana untuk menyampaikan pesan-pesan positif.

Dalam membuat iklan produk kecantikan yang menarik, kita harus memperhatikan dua aspek penting, yaitu aspek visual dan aspek kalimat.

Aspek visual harus mampu menarik perhatian, sedangkan aspek kalimat harus mampu membujuk konsumen. Kita dapat mengukur standar bagus tidaknya iklan produk kecantikan dengan melihat contoh-contoh yang sudah ada.

Langsung saja, kita bahas contoh iklan produk kecantikan yang bisa kita pelajari dari masing-masing contoh!

Baca Juga: 150+ Nama Toko Kosmetik Yang Bisa Bikin Kamu Makin Cantik!

Elemen Penting Dalam Iklan Produk Kecantikan

Untuk menarik perhatian konsumen dan menyampaikan pesan secara efektif, contoh iklan produk kecantikan yang baik haruslah memiliki beberapa elemen penting sebagai berikut.

1. Memicu Emosi 

Iklan kecantikan yang efektif seringkali memicu emosi tertentu pada penonton, seperti rasa percaya diri, keindahan, atau kebahagiaan.

Iklan produk kecantikan yang baik dapat menarik perhatian konsumen dan menyampaikan pesan secara efektif dengan menampilkan kisah inspiratif, menggunakan citra yang memukau, atau menyoroti manfaat emosional dari produk kecantikan.

2. Menampilkan Transformasi

Iklan kecantikan seringkali menampilkan transformasi nyata atau yang terlihat nyata untuk menunjukkan keefektifan produk.

Iklan produk kecantikan yang baik dapat menarik perhatian konsumen dan menyampaikan pesan secara efektif dengan menampilkan perbandingan sebelum dan sesudah penggunaan produk, atau dengan menggunakan teknik pengeditan untuk menciptakan kesan perubahan yang dramatis.

3. Menggunakan Bahasa yang Menarik 

Iklan kecantikan harus menggunakan bahasa yang menarik dan persuasif untuk menyampaikan pesan secara efektif.

Iklan produk kecantikan yang baik dapat menarik perhatian konsumen dan menyampaikan pesan secara efektif dengan menggunakan kata-kata yang emosional, deskriptif, dan aspiratif.

4. Membangun Koneksi dengan Audiens

Iklan kecantikan harus membangun koneksi dengan audiens dengan menggambarkan orang-orang yang nyata dan relatable.

Iklan produk kecantikan yang baik dapat menarik perhatian konsumen dan menyampaikan pesan secara efektif dengan menampilkan orang-orang dari berbagai latar belakang dan usia, atau dengan menggunakan cerita yang dapat membuat audiens merasa terhubung.

5. Menonjolkan Manfaat Produk

Iklan kecantikan harus secara jelas dan meyakinkan menyampaikan manfaat produk kecantikan.

Iklan produk kecantikan yang baik dapat menarik perhatian konsumen dan menyampaikan pesan secara efektif dengan menjelaskan bagaimana produk mengatasi masalah kulit atau kecantikan tertentu, atau dengan menunjukkan bagaimana produk dapat meningkatkan penampilan seseorang secara keseluruhan.

6. Menggunakan Call to Action 

Iklan kecantikan harus memiliki call to action yang jelas dan kuat untuk mendorong konsumen untuk mengambil tindakan.

Iklan produk kecantikan yang baik dapat menarik perhatian konsumen dan menyampaikan pesan secara efektif dengan mendorong konsumen untuk mengunjungi situs web merek, membeli produk, atau mengikuti merek di media sosial.

Baca Juga: 6 Contoh Iklan Digital Produk Sabun Yang Anti-skip Customer

Jenis Iklan Produk Kecantikan

Setiap iklan mempunyai tujuannya masing-masing yang dapat disesuaikan dengan goals yang ingin dicapai. 

Oleh karena itu, mengenal jenis konten dalam iklan produk kecantikan wajib kamu ketahui supaya maksimal dalam meningkatkan brand awareness maupun penjualan.

  • Berisi Edukasi Kecantikan

contoh iklan produk kecantikan
Sumber: instagram.com/npureofficial

Konten edukasi bisa menjadi wadah untuk kamu soft selling terhadap suatu produk kecantikan yang kamu miliki yang akan menghasilkan penjualan.

Sebagai contoh konten dari merek NPure yang baru saja menghadirkan produk terbarunya yaitu bedak yang cocok untuk pelanggan yang memiliki permasalahan terhadap kulit sensitif terhadap jerawat.

Di dalam konten ini menjelaskan salah satu penyebab utama dari timbulnya jerawat adalah pemilihan bedak dan terdapat cara memilih bedak yang tepat untuk kulit berjerawat.

Tidak secara langsung menawarkan produk, namun NPure berhasil mengedukasi calon pembeli dengan konten tersebut yang memicu untuk mereka membelinya.

  • Membandingkan Dua Produk Serupa

contoh iklan produk kecantikan
Sumber: instagram.com/somethincofficial

Untuk tahap consideration di saat calon pembeli mengalami kebimbangan terhadap keputusan pembelian dalam suatu produk, maka kamu bisa membuat konten iklan perbandingan dua produk.

Sebagai contoh iklan dari merek Somethinc yang memiliki dua moisturizer yang memiliki fungsi yang berbeda yang kerap kali membuat calon pembeli bimbang.

Iklan seperti ini bisa membuka peluang untuk seseorang bahkan membeli dua produk sekaligus karena di setiap produk memiliki manfaatnya tersendiri.

  • Solusi dari Setiap Permasalahan

contoh iklan produk kecantikan
Sumber: instagram.com/azarinecosmeticofficial

Serum dari brand Azarine memiliki banyak sekali jenis sesuai dengan permasalahan kulit yang dialami oleh calon pembelinya.

Kandungan retinol menjadi favorit dari kebanyakan orang untuk permasalahan kulit anti-aging dan Azarine membuat konten iklan yang berisi jenis serum retinol sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Kamu bisa menerapkannya dan setelah itu membuat konten yang menjadi solusi untuk setiap kebutuhan calon pembeli bisa dalam bentuk Reels atau story Instagram yang dimasukkan ke dalam highlight.

  • Seputar Produk

contoh iklan produk kecantikan
Sumber: instagram.com/laboreskinexpert

Dalam tahap brand awareness tentunya kamu ingin memperluas jangkauan audiens dan menonjolkan keunggulan dari produk kamu.

Caranya adalah dengan membuat konten seputar produkmu yang bisa dibuat dalam format video untuk Reels dan ditambahkan dengan fitur ads.

Sebagai contoh brand Labore yang membuat video tentang bagaimana cara mengatasi kulit kering yang dikemas menarik dan informatif.

  • Konten Guidelines

contoh iklan produk kecantikan
Sumber: instagram.com/luxcrime_id

Terkadang, ada calon pembeli yang suka keliru dalam suatu produk akibat banyaknya jenis produk yang dijual.

Sebagai contoh dari brand Luxcrime yang membuat konten terkait produk make up yang mereka jual sesuai dengan hasil yang diinginkan oleh calon pembeli.

Adanya konten pedoman ini calon pembeli merasa terbantu untuk membuat keputusan pembelian produk dan konten seperti ini sangat efektif dan efisien.

Baca Juga: Intip! 16+ Contoh Iklan Penawaran Produk yang Menarik dan Kreatif Beserta Tips Membuatnya

Contoh Iklan Produk Skincare Lokal

  • Somethinc: #SkinSolver No.1 Serum Indonesia

contoh iklan produk kecantikan
Sumber: Youtube Somethinc Official

Somethinc menggunakan pendekatan yang berbeda dari iklan produk kecantikan pada umumnya. Iklan ini menampilkan sosok wanita dan pria yang memiliki masalah kulit, seperti jerawat, bekas jerawat, dan kulit kusam.

Iklan ini memiliki visual yang menarik dengan video yang membuat orang tertawa namun relate dengan permasalahan mereka. Dari video tersebut dapat menarik audiens.

Call to Action dalam video ini yaitu mengajak audiens untuk memakai produk somethinc karena formulasi yang sudah teruji dan menjadi solusi terbaik untuk setiap permasalahan kulit. 

  • Azarine: #YourDailySunCare

contoh iklan produk kecantikan
Sumber: Youtube Azarine Cosmetic

Produk Azarine yang viral di pertengahan tahun 2021 adalah sunscreen yang memiliki tekstur yang ringan, tidak lengket, dan tidak menimbulkan white cast, sehingga sangat cocok dengan kondisi iklim di Indonesia yang tropis.

Banyak sekali yang menyukai produk sunscreen dari Azarine tersebut dan iklannya pun sukses dalam pemasaran.

Mengapa sukses? Karena selain singkat, Azarine juga memberikan edukasi kepada audiens untuk siap menggunakan sunscreen dalam kondisi panas maupun mendung.

Tagline Azarine “Sunscreen for Sunscreen Haters” tepat sasaran untuk audiens yang tidak menyukai sunscreen yang berat karena Azarine menawarkan sunscreen yang ringan dan nyaman digunakan.

  • Avoskin: #BarengAvoskinBarengRefal

contoh iklan produk kecantikan
Sumber: Youtube Avoskin

Avoskin berhasil membuat iklan yang membuat media sosialnya ramai karena mereka mengangkat brand ambassador yaitu Refal Hady, artis yang digandrungi oleh banyak sekali wanita.

Hal ini membuat Avoskin tepat menargetkan sasarannya kepada wanita. Iklan ini sangat dibanjiri like, comment, dan share setelah iklan tersebut tayang di seluruh media sosial Avoskin dan juga platform YouTube mereka.

Selain itu, video singkat yang dibuat oleh tim Avoskin sangatlah sederhana, yaitu menampilkan cuplikan behind the scene saat Refal Hady syuting produk Avoskin. Siapa dari kamu yang menonton iklan ini tidak di-skip bahkan diputar berulang kali?

  • Oasea: Powerful Hydration

contoh iklan produk kecantikan
Sumber: Instagram Oasea

Oasea adalah anak brand dari Avoskin yang mengangkat Pradikta Wicaksono atau yang akrab disapa Dikta sebagai brand ambassador-nya karena memiliki satu visi dan misi yang sama dalam kecintaannya terhadap laut di Indonesia.

Melalui iklan tersebut, Dikta mengajak para audiens, baik perempuan maupun laki-laki, untuk menghidrasi kulit wajah dengan toner dari Oasea.

  • Lacoco: Your Botox in A Bottle is Back!

contoh iklan produk kecantikan
Sumber: Instagram Lacoco

Lacoco adalah brand skincare lokal yang memiliki produk viral, yaitu Eye Serum yang dipercaya kandungannya sangat ampuh di banyak orang yang menggunakannya.

Dalam iklan ini, Lacoco berhasil membuat audiens penasaran dengan restock dari produk eye serum tersebut.

Video yang ditampilkan sangat sederhana dengan sentuhan musik orkestra yang mendukung rasa penasaran, serta copywriting yang menarik, yaitu “Your Botox in A Bottle is Back!” yang membuat audiens semakin tidak sabar dan ikut berkomentar untuk memberitahu tim Lacoco agar segera restock.

  • Emina: Glow Game Strong!

contoh iklan produk kecantikan
Sumber: Instagram Emina

Emina adalah brand lokal Indonesia yang memiliki target audiens yaitu remaja. Brand tersebut sudah berhasil memasarkan produknya dengan iklan yang menarik serta memiliki kesan ceria seperti anak remaja. 

Melalui media sosialnya, Emina membuat iklan untuk mengajak para remaja untuk rutin menggunakan produk night cream terbarunya melalui challenge selama 14 hari.

  • Skin Dewi: GANAR (Gajian Kulit Bersinar)

contoh iklan produk kecantikan
Sumber: Instagram Skin Dewi

Skin Dewi adalah brand yang berkomitmen pada bahan-bahan organik dan alami

Dalam iklan tersebut Skin Dewi memberikan informasi promo diskon 70% yang memiliki desain minimalis dan terdapat CTA “Shop Now” sebagai trigger untuk audiens untuk cepat dalam membeli produknya.

  • Elsheskin: #YourBeautyGuardian

contoh iklan produk kecantikan
Sumber: Youtube Elsheskin

Elsheskin adalah produk perawatan kulit yang memiliki harga yang terjangkau dan kualitas yang baik.

Iklan Elsheskin tersebut menjelaskan secara singkat produk serum Elsheskin beserta permasalahan kulit yang dapat diatasinya.

Yang menarik dari iklan tersebut adalah jika kamu melihat videonya, kamu akan merasa seolah-olah sedang menonton iklan brand luar negeri, lho!

  • NPure: #GenerasiKulitSehat

contoh iklan produk kecantikan
Sumber: Facebook NPure

Iklan dari NPure ini memiliki konsep yang sangat unik karena seperti layaknya menonton short movie bukan seperti menonton iklan.

Dalam contoh iklan produk kecantikan tersebut mengangkat konsep keluarga dari banyak generasi yang sedang asyik mengobrol seperti budaya di Indonesia.

Konsep seperti ini sangat menyentuh dalam penyampaian pesan dibalik tujuan produk dari brand tersebut.

  • Wardah: Kita dan Jerawat, End!

contoh iklan produk kecantikan
Sumber: Instagram Wardah

Brand dengan konsep halal ini mengedepankan kehalalan dan kualitas produk yang baik. Konsep iklan Wardah sangat memicu emosi karena memberikan pesan bahwa jerawat bisa di atasi dengan serum dari Wardah dan jangan tidak percaya pada diri sendiri.

Selesai sudah pembahasan mengenai contoh iklan produk kecantikan. Setelah melihat contohnya jadi bangga dengan produk lokal dan mendapat inspirasi kan?

Semoga informasi di atas bermanfaat untuk kamu yang sedang mencari contoh iklan dan semangat dalam membuat iklannya, ya.

Jangan lupa untuk share artikel ini ke media sosial kamu dan nantikan berbagai macam topik artikel menarik lainnya hanya di Everpro!

Kamu ingin membuat iklan seperti contoh di artikel di atas? Everpro Google Ads Whitelisted Account bisa bantu kamu, lho! 

Benefit Everpro Google Ads Whitelisted Account 

  • Edukasi beriklan Google Ads lengkap dari tim ahli Everpro
  • Akses prioritas dari Google jika akun kamu bermasalah
  • Transaksi dan credential akun aman dengan metode pembayaran khusus dari Everpro
  • Terhubung dengan ekosistem Everpro untuk dukung semua kebutuhan bisnismu
  • Mengurangi resiko akun iklan restrict/banned dengan akun iklan whitelisted
  • Scale up iklan lebih mudah dan cepat
  • Top up minimal Rp. 5.000.000
  • Gratis biaya selama 2 bulan pertama

Jangan ragu, daftar sekarang untuk meraih iklan dengan konversi yang lebih cepat dengan Everpro Google Ads Whitelisted Account!

Daftar Sekarang

Picture of Safira Rasendriya

Safira Rasendriya

SEO Content Writer yang memiliki minat di digital marketing dan bisnis. Dengan latar belakang pendidikan dalam bidang Digital Marketing, saya telah mengembangkan keterampilan menulis yang kuat. Saya percaya bahwa kombinasi antara kreativitas dan optimasi dapat menyampaikan pesan dengan cara yang menarik dan informatif.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya