everpro

5 Contoh Surat Penawaran Untuk Promosi Bisnis Kamu, Patut Dicoba!

Dalam aktivitas penjualan dan menawarkan barang dan jasa, pemilik usaha harus membuat surat penawaran barang atau jasa. Hal ini sebagai bentuk formal untuk menjual barang kepada calon pembeli. Artikel ini akan memberikan kamu beberapa contoh surat penawaran yang bisa kamu gunakan.

Surat penawaran merupakan salah satu jenis surat yang seringkali digunakan dalam dunia bisnis. Surat ini berisi tentang informasi produk dan jasa yang kamu jual sebagai pemilik usaha beserta rincian harganya. Kemudian surat tersebut kamu berikan kepada calon pembeli.

Kemudian, surat ini harus bersifat resmi atau formal, menggunakan bahasa yang sopan dan jelas, memuat data yang akurat dan lengkap, serta memiliki tata cara penulisan yang sesuai dengan kaidah kebahasaan dan etika bisnis. Pada artikel ini kami akan memberikan beberapa contoh surat penawaran.

Simak informasi selengkapnya di bawah ini sampai habis. Selamat membaca!

Baca juga: 8 Referensi Contoh Surat Pesanan, Praktis Ditiru!

Apa itu Surat Penawaran

contoh surat penawaran
Sumber: unsplash.com

Surat penawaran merupakan surat yang digunakan untuk menawarkan produk atau jasa kepada calon pembeli atau konsumen. Surat penawaran biasanya berisi informasi tentang produk atau jasa yang ditawarkan, seperti spesifikasi, harga, dan syarat pembelian.

Selain itu, surat penawaran juga memuat harapan dan ajakan untuk bekerja sama dengan calon pembeli atau konsumen. Surat penawaran harus bersifat resmi atau formal, sehingga dalam membuatnya harus menggunakan bahasa yang sopan dan jelas, serta mematuhi kaidah kebahasaan dan etika bisnis.

Surat penawaran merupakan salah satu alat komunikasi yang penting dalam dunia bisnis, hal ini karena dapat mempengaruhi keputusan pembelian dan meningkatkan reputasi perusahaan.

Tujuan Surat Penawaran

contoh surat penawaran
Sumber: unsplash.com

Mengapa surat penawaran penting untuk kamu buat sebagai pemilik bisnis? jawabannya karena surat penawaran bertujuan untuk mempromosikan produk atau jasa yang kamu tawarkan kepada calon pembeli atau konsumen.

Dengan surat penawaran yang berisi informasi tentang usaha kamu tersebut dapat membantu calon pembeli atau konsumen dalam mengambil keputusan. Selain informasi tentang usaha, surat ini juga berisi harapan untuk bekerja sama sehingga dapat meningkatkan hubungan bisnis.

Berikut adalah beberapa tujuan dari pembuatan surat penawaran:

  1. Memperkenalkan dan memberikan penjelasan terkait barang atau jasa yang dijual kepada calon pembeli atau konsumen.
  2. Menarik minat calon pembeli terhadap barang atau jasa yang kamu jual.
  3. Sebagai salah satu alat komunikasi bisnis.
  4. Menjaga hubungan bisnis dengan calon pembeli dan konsumen.
  5. Meningkatkan profesionalisme untuk bisnis kamu.

Baca juga: 5+ Contoh Surat Jalan Barang, Begitu Praktis dan Simpel!

Ciri-ciri Surat Penawaran

contoh surat penawaran
Sumber: unsplash.com

Surat penawaran memiliki perbedaan dengan surat yang ada dalam dunia bisnis lainnya. Hal ini karena surat penawaran memiliki tujuan yang spesifik seperti untuk mempromosikan bisnis kamu. Oleh sebab itu, ada beberapa ciri-ciri dari surat penawaran.

Berikut adalah beberapa ciri-ciri dari surat penawaran:

  1. Surat penawaran bersifat formal atau resmi, memuat kop surat dan alamat.
  2. Surat penawaran memuat beberapa informasi seperti informasi produk, spesifikasi, harga dan syarat pembelian.
  3. Surat penawaran memiliki struktur yang baik dan rapi untuk memudahkan pihak pembeli agar mengerti isinya.
  4. Surat penawaran menggunakan bahasa yang sopan, jelas, dan persuasif agar menarik minat calon pembeli atau konsumen.

Format Surat Penawaran

surat
Sumber: unsplash.com

Surat penawaran memiliki format dalam susunan dan tata cara penulisan surat yang digunakan untuk menawarkan produk atau jasa. Format surat penawaran biasanya terdiri dari beberapa bagian, seperti berikut:

1. Kop Surat 

Berisi nama dan logo perusahaan, alamat, nomor telepon, dan alamat email.

2. Tanggal dan Tempat Penulisan Surat

Berisi nama kota dan tanggal surat diterbitkan.

3. Nomor Surat, Lampiran, dan Perihal

Berisi nomor urut surat keluar dari perusahaan, jumlah lampiran yang menyertai surat, dan inti dari isi surat.

4. Alamat Tujuan Surat

Berisi nama dan alamat pihak atau perusahaan yang dituju.

5. Salam Pembuka

Berisi sapaan resmi dan formal kepada penerima surat.

6. Isi Surat

Berisi identitas produk atau jasa yang ditawarkan, harga dan potongan harga jika ada, syarat pembayaran dan pengiriman, serta harapan dan ajakan untuk bekerja sama.

7. Salam Penutup

Berisi kesimpulan dan ucapan terima kasih kepada penerima surat.

8. Nama dan Tanda Tangan Pengirim Surat

Berisi nama lengkap dan jabatan pengirim surat, serta tanda tangan asli atau cap perusahaan jika ada.

Baca juga: 4 Contoh Surat Pemberitahuan Pengiriman Barang untuk Referensi

Contoh Surat Penawaran

Kami akan memberikan beberapa contoh surat penawaran yang bisa kamu gunakan sebagai referensi. Berikut adalah beberapa contoh surat penawaran:

1. Contoh Surat Penawaran

Kepada Yth.
Manager Apartment Edelweiss
Surabaya

Dengan hormat,

Bersama surat ini kami memperkenalkan usaha kami di bidang laundry yang beralamat di Ahmad Yani, Surabaya, yang pada saat ini telah menjalin kerja sama dengan beberapa perusahaan di Malang dan Surabaya.

Sehubungan dengan itu, kami bermaksud untuk mengajukan penawaran untuk jasa Laundry dengan perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin di Apartment Edelweiss Surabaya. Besar harapan kami penawaran ini dapat terjalin dalam bentuk kerjasama sehingga dapat menguntungkan kedua belah pihak sebagai bahan pertimbangan dan perbandingan ikut saya lampirkan.

Demikian surat penawaran ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucakan terima kasih

Surabaya, 15 Agustus 2021

Hormat kami
Ahmad Fatur

2. Contoh Surat Penawaran

Kepada Yth,
Pimpinan Toko Maju Jaya Snack
Bandung

Dengan hormat,

Bersama surat ini kami PT Khong Guan memperkenalkan usaha kami di bidang makanan kue kering yang beralamat di Jalan Dago, Bandung, yang pada saat ini telah menjalin kerja sama dengan beberapa perusahaan di Jakarta.

Sehubungan dengan itu, kami bermaksud untuk mengajukan penawaran untuk jasa makanan kering serta snack dengan perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin di Toko Maju Jaya Snack, Bandung. Besar harapan kami penawaran ini dapat terjalin dalam bentuk kerjasama sehingga dapat menguntungkan kedua belah pihak sebagai bahan pertimbangan dan perbandingan ikut saya lampirkan.

Demikian surat penawaran ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucakan terima kasih

Bandung, 5 Juni 2015

Hormat kami
Reza

3. Contoh Surat Penawaran

PT JAYA KUSUMA BERSERI
Jl. Pangeran Ruby No. 23
BEKASI

====================================================================

15 Februari 2015

Nomor: 15/10/XII/2015
Hal: Penawaran Barang
Lamp: 1 lembar brosur AP/DG

Kepada
Manager PT Tulus Abadi
Jl. Soekarno Hatta No. 44
Depok

Dengan hormat,

Berdasarkan pengamatan kami, perusahaan Saudara sekarang sedang semakin berkembang dan tentunya semakin maju beberapa tahun terakhir ini. Dengan perkembangan tersebut maka harus didukung dengan peralatan kantor yang mencukupi dan sesuai dengan masa kini.

Dalam kesempatan yang baik ini, perusahaan kami bersedia untuk menawarkan beberapa produk alat kantor yang menjadi unggulan di perusahaan kami. Bersamaan ini kami lampirkan 1 lembar brosur sebagai bahan pertimbangan Saudara. Kami meyakini jika Anda memakai produk kantor unggulan yang diproduksi oleh perusahaan kami, maka pegawai Anda dapat bekerja secara efisien dan efektif sehingga akan meningkatkan prospek dari perusahaan.

Kami juga menawarkan promo spesial untuk perusahaan Saudara yaitu berupa pemberian diskon sebesar 10 % jika Saudara membeli produk kami sebelum tanggal 10 Desember 2015. Garansi dari produk kami adalah 3 tahun dari setiap produknya. Pembayaran bisa dilakukan dengan membayar uang muka sebesar 30 % dari harga total dan cicilannya dapat diangsur sebanyak 6 kali setelah barang sampai di tempat Anda.

Besar harapan kami untuk menerima pesanan dari Saudara. Kami yakin jika Saudara memesan produk kami, akan memberikan keuntungan untuk kedua belah pihak. Atas perhatian dan kerja sama Saudara kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,
PT Jaya Kusuma Berseri

Arif Hidayatullah

4. Contoh Surat Penawaran

Kepada Yth,
Manager PT Gigih Bangkit Bersama
Bogor

Dengan hormat,

Bersama surat ini kami PT Tulis Abadi memperkenalkan usaha kami di bidang alat tulis kantor yang beralamat di Jalan Melon, Jakarta, yang pada saat ini telah menjalin kerja sama dengan beberapa perusahaan di Jakarta dan Bogor.

Sehubungan dengan itu, kami bermaksud untuk mengajukan penawaran untuk jasa alat tulis kantor dengan perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin di PT Gigih Bangkit Bersama, Bogor. Besar harapan kami penawaran ini dapat terjalin dalam bentuk kerjasama sehingga dapat menguntungkan kedua belah pihak sebagai bahan pertimbangan dan perbandingan ikut saya lampirkan.

Demikian surat penawaran ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucakan terima kasih

Jakarta, 3 Oktober 2019

Hormat kami
Stella Margareth

5. Surat Penawaran

Kepada Yth,
Manager Toko Abadi Sejahtera
Magelang

Dengan hormat,

Bersama surat ini kami dari PT Cahaya Elektronik ingin mengajukan penawaran barang ke perusahaan Bapak/Ibu kelola. Kami ingin mengirim daftar harga barang yang kami tawarkan meliputi:

TV 24 inch = Rp 2.000.000
DVD Player = Rp 400.000
Radio = Rp 500.000
Kipas angin = Rp 1.100.000
Kulkas = Rp 3.000.000
Demikian surat penawaran ini kami sampaikan. Apabila Bapak/Ibu berkenan dengan penawaran kami, silahkan menghubungi kami dan kami senantiasa melayani. Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih

Jakarta, 28 Januari 2022

Hormat Kami
Ardan (081398762334)

Demikianlah penjelasan tentang surat penawaran harga beserta contohnya. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi kamu yang ingin membuat surat penawaran untuk mempromosikan barang atau jasa yang kamu tawarkan sehingga dapat mempengaruhi keputusan pembelian dan meningkatkan reputasi perusahaan.

Nantikan informasi bermanfaat lainnya hanya di Everpro.id!

Picture of Adhitia Rivaldy

Adhitia Rivaldy

Seorang SEO Content Writer yang memiliki minat pada dunia digital dan teknologi. Menulis berbagai artikel informatif seputar bisnis, ekspedisi, digital marketing dan lain lain yang berkaitan dengan blog Everpro. Memiliki semangat untuk tetap mengasah dan mempelajari bidang SEO. Semoga hasil tulisan saya bermanfaat bagi Anda.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya