Perluas jangkauan dan efektivitas komunikasi bisnis kamu menggunakan contoh template pesan WhatsApp API yang ada di bawah ini!
Dalam era digital yang semakin maju, komunikasi yang efektif menjadi kunci sukses bagi bisnis. Salah satu alat komunikasi yang populer saat ini adalah WhatsApp.
Optimalkan bisnis kamu dengan menggunakan template pesan WhatsApp Blast dapat menjadi solusi yang praktis dan efisien.
Dengan memanfaatkan fitur-fitur WhatsApp API, kamu dapat memperluas jangkauan dan meningkatkan efektivitas komunikasi bisnis kamu.
Artikel ini akan menjelaskan kebijakan beserta contoh template pesan WhatsApp yang dapat menginspirasi strategi pemasaran kamu.
Temukan cara terbaik untuk memanfaatkan WhatsApp API dan meningkatkan potensi bisnis kamu.
Daftar Isi:
ToggleApa itu Template WhatsApp API?
WhatsApp API adalah pemrograman aplikasi (API) yang dibuat oleh WhatsApp untuk mengintegrasikan layanan WhatsApp dengan aplikasi atau sistem lain.
Fitur template WhatsApp API memungkinkan pengguna mengirim pesan tanpa batas yang berisi teks, gambar, video, dan tautan kepada pelanggan atau pengguna lain tanpa perlu mengetik ulang setiap kali.
Pengguna WhatsApp API perlu mematuhi kebijakan WhatsApp terkait penggunaan template yang sesuai dengan kebijakan Meta.
Kamu dapat menggunakan Jasa WhatsApp Blast API untuk membantu mengelola pesan WhatsApp otomatis dan meningkatkan efisiensi serta konsistensi dalam komunikasi bisnis melalui WhatsApp.
Syarat, Ketentuan dan Kebijakan Template Pesan
Terdapat beberapa syarat, ketentuan dan kebijakan yang harus kamu ketahui tentang template pesan. Berikut beberapa syarat, ketentuan dan kebijakan template pesan:
Syarat dan Ketentuan
Kamu harus memenuhi beberapa syarat dan ketentuan agar dapat menggunakan template pesan WhatsApp berikut ini:
- Persetujuan Template: Harus disetujui oleh WhatsApp untuk memastikan konten pesan sesuai dengan kebijakan WA dan tidak melanggar hak pengguna.
- Izin Pelanggan: Hanya bisa memberikan template pesan kepada pelanggan yang telah memberikan izin.
- Kategori Pesan: Pesan sudah dikategorikan berdasarkan jenisnya dan tujuannya.
- Konten Pesan: Konten pesan harus jelas, relevan dan tidak menyesatkan. Terbebas dari kata kasar, ancaman dan diskriminasi.
- Frekuensi Pengiriman: WA memiliki batasan pengiriman template pesan untuk mencegah spam.
Kebijakan Template Pesan
Terdapat tiga kebijakan yang harus dipenuhi untuk mengirim template pesan di WhatsApp:
- Kebijakan Privasi: Untuk melindungi data pribadi pelanggan
- Kebijakan Komersial: Tidak boleh bertujuan yang melanggar hukum atau etika bisnis.
- Kebijakan Spam: Tidak boleh mengirimkan pesan yang tidak diinginkan atau mengganggu pelanggan
Kategori Pesan WA Terbaru
Sejak 1 Juni 2023, Meta memperbaharui kebijakan penggunaan template pesan otomatis WhatsApp Business API.
Pihak Meta mengelompokkan template pesan otomatis yang sebelumnya kini menjadi 4 template pesan ke kategori baru untuk menentukan biaya berdasarkan jenis pesan.
Berikut kategori-kategori template terbaru oleh bisnis di WhatsApp API yang harus kamu ketahui :
1. Kategori Pesan Utility
Template pesan WhatsApp dalam kategori ini digunakan untuk memberikan informasi penting atau berguna kepada pengguna terkait transaksi atau pembaruan akun.
2. Kategori Pesan Marketing
Template pesan WhatsApp dalam kategori ini digunakan untuk kegiatan pemasaran atau promosi produk atau layanan tertentu, seperti penawaran diskon.
3. Kategori Pesan Authentication
Template pesan WhatsApp otomatis dalam kategori ini untuk proses otentikasi atau verifikasi pengguna, misalnya permintaan konfirmasi e-mail.
4. Kategori Pesan Service Conversation
Template pesan WhatsApp kategori ini untuk menjalankan percakapan layanan dengan oleh pelanggan, seperti tanya jawab tentang produk.
Contoh Template WhatsApp API
Berikut adalah beberapa contoh template pesan otomatis menggunakan WhatsApp API, yang akan membantu kamu memahami jenis kategori template pesan yang tersedia:
1. Contoh Template Kategori Utility
Bisnis mengirimkan kode OTP melalui WhatsApp sebagai permintaan untuk pendaftaran akun baru di Tiket.com bagi pelanggan yang ingin menjadi pengguna baru.
2. Contoh Template Kategori Marketing
Bisnis mengirimkan informasi berupa promosi bahwa pemilik nomor yang sudah terdaftar sebagai pengguna Shopee mendapatkan hadiah berupa 2 Voucher Special dengan menambahkan call to action “Belanja Sekarang!”
3. Contoh Template Kategori Authentication
Bisnis ingin mengirimkan pesan informasi Authentication kepada pelanggan yang belum menyelesaikan proses pembayaran setelah melakukan pemesanan.
Pesan ini akan mencakup call to action “Lanjutkan Pembayaran” yang akan menghubungkan pelanggan langsung ke Aplikasi Tiket.com.
4. Contoh Template Kategori Service Conversation
Pelanggan mengirimkan pesan kepada kontak Customer Service Bank Jago mengenai kendala yang dialami, yaitu ketidakmampuan untuk memperbarui proses pembayaran aplikasi Canva.
Sebagai tanggapan, bisnis mengirimkan pesan otomatis kepada pelanggan untuk menunggu giliran pengaduan masalah, agar nantinya dapat dijawab langsung oleh Admin atau tim Customer Service.
Nah, agar bisa memaksimalkan template pesan yang kamu buat kepada pelanggan dan tidak melanggar kebijakan dari WhatsApp kamu bisa banget menggunakan layanan Everpro Chat.
Everpro Chat merupakan layanan yang bisa memaksimalkan penggunaan WhatsApp untuk keperluan bisnis. Layanan ini punya banyak keunggulan yang bisa bikin bisnis kamu makin optimal.
Pelajari lebih lanjut Everpro Chat sekarang untuk mengetahui semua hal tentang layanan yang bisa bikin bisnis kamu makin cuan!