Direct marketing adalah? Masih belum tahu pengertian dari direct marketing? Simak artikel ini untuk mengetahui penjelasan lengkapnya!
Pernahkah kamu menerima pesan teks promosi yang relevan dengan kebutuhan dan keinginan kamu? Atau mungkin sebuah email yang menawarkan produk atau layanan yang sedang kamu cari?
Itu merupakan salah satu contoh dari direct marketing yang berhasil. Strategi pemasaran yang satu ini memungkinkan bisnis untuk berkomunikasi secara personal dengan konsumen, membangun hubungan yang kuat dan meningkatkan penjualan.
Pada artikel ini kami akan memberikan penjelasan lengkap tentang direct marketing mulai dari pengertian, fungsi, kelebihan dan kelemahan serta jenis-jenisnya.
Simak artikel ini sampai habis untuk mengetahui informasi selengkapnya!
Daftar Isi:
ToggleDirect Marketing Adalah
Menurut Investopedia, direct marketing adalah sebuah strategi pemasaran yang dilakukan dengan memanfaatkan jalur komunikasi dan distribusi langsung ke konsumen tanpa perantara.
Strategi pemasaran yang satu ini biasanya memuat informasi tentang produk, brand atau layanan untuk target audiens yang paling mungkin untuk merespons.
Karena itu, strategi pemasaran ini cocok untuk menjangkau audiens berdasarkan kesamaan tertentu seperti usia atau preferensi.
Strategi pemasaran ini dilakukan dengan maksud untuk mendorong audiens untuk melakukan pembelian produk atau jasa.
Media yang digunakan dalam direct marketing umumnya berupa pamflet/brosur cetak, email, media sosial, SMS/pesan WA atau surat kertas.
Fungsi dari Direct Marketing
Direct marketing memiliki fungsi utama yaitu untuk mendorong target audiens melakukan tindakan atau respon yang diinginkan secara spesifik.
Oleh sebab itu, biasanya dalam strategi pemasaran ini mengandung unsur yang sangat penting yaitu CTA (Call-to-Action).
Berikut beberapa fungsi dari strategi pemasaran direct marketing yang harus kamu ketahui:
- Menjangkau Pelanggan
- Melakukan kustomisasi
- Meningkatkan Loyalitas Pelanggan
- Meningkatkan Penjualan
- Menjangkau Pelanggan Lama
Jenis-Jenis Direct Marketing
Strategi pemasaran ini memiliki banyak jenis. Berikut beberapa jenis dari pemasaran langsung melansir dari Rock Content:
1. Email Marketing
Email marketing merupakan email yang berisi promosi, penawaran, atau lain sebagainya yang dikirim kepada pelanggan atau calon pelanggan. Ini merupakan salah satu strategi marketing yang efektif di era digital saat ini.
2. SMS Marketing
SMS juga merupakan salah satu jenis dari pemasaran langsung. Strategi SMS marketing juga jadi salah satu strategi marketing paling efektif karena pengguna handphone yang semakin banyak jumlahnya.
3. Direct Selling
Selanjutnya ada direct selling jenis marketing yang dilakukan untuk memasarkan produk atau jasa menggunakan media yang sejak dulu telah digunakan seperti kartu pos, surat amplop, katalog dan sejenisnya. Media-media tersebut akan langsung dikirim atau diberikan kepada pelanggan.
4. Social Media Marketing
Kemudian ada jenis pemasaran langsung menggunakan teknologi media sosial. Saat ini pengaruh media sosial sangat besar tak terkecuali bagi bisnis.
Kamu bisa memanfaatkan media sosial marketing untuk menjalin komunikasi seperti memberikan penawaran, mengenalkan produk dan lain-lain.
5. Online Advertising
Berkembangnya internet membuat kamu bisa beriklan di internet menggunakan penyedia iklan seperti Google Ads dan Facebook Ads. Ini juga salah satu strategi marketing yang efektif yang saat ini disebut sebagai digital marketing.
6. Telemarketing
Telemarketing juga bisa dimanfaatkan untuk menemukan leads atau pelanggan potensial. Jenis pemasaran langsungyang satu ini juga berfungsi sebagai strategi untuk menindaklajuti campaign marketing.
7. Katalog Marketing
Jenis direct marketing yang selanjutnya adalah menggunakan katalog marketing. Caranya adalah menyiapkan secara detail produk dan jasa yang ditawarkan. Pelanggan dapat melihat katalog tersebut dan memakannya. Cocok untuk bisnis pakaian.
8. Leaflet Marketing
Leaflet marketing merupakan jenis merk marketing yang dilakukan dengan cara menyebarkan beberapa selembaran secara door to door.
Contohnya seperti karyawan supermarket yang membagikan selebaran promosi atau penawaran menarik pada bulan-bulan tertentu.
Menggunakan direct marketing jenis leaflet merupakan cara yang sederhana untuk menargetkan pelanggan yang potensial agar dapat melakukan pembelian produk ataupun jasa.
Kelebihan dan Kekurangan Direct Marketing
Direct marketing memiliki kelebihan dan juga kekurangan yang harus kamu ketahui. Berikut kelebihan dan kekurangannya:
Kelebihan
1. Meningkatkan Customer Base
Direct marketing efektif meningkatkan customer base. Caranya adalah dengan mendorong mereka untuk melakukan tindakan yang kamu inginkan secara langsung.
Contohnya seperti mendaftar lalu kemudian memberikan diskon khusus untuk pembelian pertama. Cara ini juga bisa kamu lakukan untuk pelanggan lama.
2. Digunakan untuk Test Offering
Kemudian selanjutnya pemasaran langsung juga bisa digunakan untuk pengetesan penawaran kepada pelanggan Dan juga calon pelanggan.
Pengetesan ini bertujuan untuk mengetahui pandangan dan juga pendapat mereka tentang produk yang kamu tawarkan.
3. Meningkatkan Brand Awareness
Kemudian kelebihan yang ketiga adalah kamu bisa meningkatkan berwarna bisnis dengan menggunakan strategi pemasaran langsung.
Dengan melakukan pemasaran langsung kamu bisa membuat pelanggan dan juga calon pelanggan mengingat dan mengetahui produk yang kamu tawarkan.
Kekurangan
Selain kelebihan direct marketing juga memiliki beberapa kekurangan yang harus kamu ketahui:
1. Mengganggu Kenyamanan
Kekurangan pertama dari pemasaran langsung adalah kamu berpotensi untuk mengganggu kenyamanan dari pelanggan dan juga calon pelanggan.
Contohnya ketika kamu mengirim email jika pelanggan tidak menyukainya maka email kamu bisa dianggap sebagai spam.
2. Tingkat Respon yang Rendah
Kemudian kekurangan yang kedua adalah direct marketing umumnya memiliki tingkat respons yang cukup rendah.
Apabila perusahaan tidak menargetkan konsumen dengan tepat maka strategi pemasaran langsung ini bisa tidak terlalu efektif dan membuang banyak anggaran.
FAQ Pemasaran Langsung
Q: Contoh Pemasaran Langsung adalah?
A: Beberapa contoh dari pemasaran langsung antara lain katalog, telemarketing, penjualan langsung, pameran dan event, email marketing, SMS marketing, aplikasi mobile.
Q: Apa perbedaan direct marketing dengan personal selling?
A: Direct selling merupakan pemasaran yang dilakukan dengan cara mempromosikan produk dengan berkomunikasi secara langsung tanpa pihak ketiga.
Sedangkan personal selling adalah strategi pemasaran yang dilakukan oleh karyawan perusahaan pada bagian sales yang berbicara langsung dengan calon pelanggan untuk mempromosikan produk ataupun jasa.
Selain menggunakan strategi pemasaran langsung kamu juga bisa menggunakan layanan bisnis dari Everpro untuk mengoptimalkan bisnis kamu sehingga bisa meningkatkan penjualan.
Ada banyak layanan bisnis yang bisa membantu mempermudah dan mengoptimalkan bisnis kamu dari Everpro seperti Shipping, Funnelling, Marketplace Enabler, Ads, Sourcing dan masih banyak lagi.
Pelajari lebih lanjut Everpro untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal sekarang juga!