everpro

E-Commerce Specialist: Pengertian, Tugas, Kualifikasi, Gaji & Jenjang Karir

Apakah kamu sedang mencari tahu mengenai posisi Ecommerce Specialist? Nah, saat yang tepat untuk kamu simak artikel dari Everpro yang akan memberikan kamu informasi secara lengkap!

Dalam era digital yang terus berkembang, peran Ecommerce Specialist semakin penting dalam dunia bisnis online.

Dengan pemahaman mendalam tentang konsep, tugas, tanggung jawab, kualifikasi, dan keterampilan yang dibutuhkan, seorang Ecommerce Specialist memegang perananan penting dalam memastikan operasional dan pertumbuhan perusahaan di ranah perdagangan digital.

Artikel ini akan secara menyeluruh membahas semua aspek yang perlu diketahui tentang Ecommerce Specialist, memberikan wawasan mendalam bagi pembaca yang ingin memahami lebih lanjut tentang profesi yang dinamis ini.

Oleh karena itu, artikel ini akan memberikan informasi secara lengkap seputar posisi Ecommerce Specialist. Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Pengertian dari E-Commerce Specialist

e-commerce specialist
Sumber: Freepik

E-commerce Specialist adalah sebuah posisi yang memiliki peran penting dalam mengelola operasional bisnis online dengan merancang, mengembangkan, dan mengimplementasikan strategi yang disesuaikan untuk meningkatkan kesuksesan perusahaan.

Fokus utama mereka adalah pada peningkatan penjualan dan profitabilitas, di mana mereka berkomitmen untuk mengoptimalkan kinerja bisnis melalui berbagai saluran e-commerce, termasuk toko online, situs web perusahaan, dan kehadiran yang efisien di media sosial.

Dengan pemahaman mendalam terhadap tren industri dan kebutuhan pelanggan, e-commerce specialist juga memiliki tanggung jawab dalam membentuk pengalaman belanja yang unggul dan berkelanjutan bagi konsumen online, menciptakan nilai tambah bagi perusahaan di era perdagangan digital ini.

Baca Juga: Apa Perbedaan E-Commerce dan Marketplace? Ini Jawabannya!

Tugas dan Tanggung Jawab E-Commerce Specialist

e-commerce specialist
Sumber: Freepik

E-Commerce Specialist adalah profesi yang menantang, bertanggung jawab atas berbagai aspek penjualan dan pemasaran online. Profesi ini memainkan peran penting untuk keberhasilan dalam suatu bisnis online.

Mereka tentunya harus menguasai berbagai aspek e-commerce, mulai dari manajemen produk sampai pemasaran yang mendorong penjualan serta kepuasan pelanggan.

Tugas dan tanggung jawab E-Commerce Specialist bisa berbagai macam tergantung dengan perusahaan dan skala bisnis, namun secara umum adalah sebagai berikut:

  1. Membuat konten promosi untuk produk yang akan diunggah secara online.
  2. Mengelola persediaan barang yang akan dijual di berbagai platform marketplace.
  3. Menyesuaikan tampilan marketplace sesuai dengan program pemasaran yang sedang berlangsung.
  4. Memberikan saran mengenai strategi penjualan di platform marketplace.
  5. Memperlihatkan keahlian dalam menggunakan fitur toko online.
  6. Profesional dalam menerapkan konsep dasar SEO pada aplikasi.
  7. Melaksanakan sistem dan strategi pemasaran secara online.
  8. Mempertahankan traffic kunjungan dan penjualan pada setiap platform marketplace.
  9. Mengusulkan kebutuhan konten yang diperlukan di marketplace.
  10. Mengajukan permintaan barang jadi kepada tim produksi.
  11. Menunjukkan keahlian dalam mengelola iklan.
  12. Ahli dalam bidang E-Commerce, pemasaran, pembuatan konten web, desain dan pengembangan situs web, serta strategi pemasaran.

Baca Juga: Terbukti! 5 Cara Meningkatkan Penjualan di Marketplace yang Ampuh

Kualifikasi dan Keterampilan E-Commerce Specialist

e-commerce specialist
Sumber: Freepik.com

Kualifikasi 

1. Pendidikan

Lulusan sarjana dengan spesialisasi dalam disiplin seperti pemasaran, bisnis, atau manajemen.

2. Pengalaman Kerja

Seseorang yang menjadi E-Commerce Specialist harus memiliki pengalaman dan pengetahuan yang mendalam di bidang e-commerce atau pemasaran online, termasuk pengetahuan mengenai berbagai platform e-commerce yang biasa digunakan.

3. Pemahaman Bisnis

Pemahaman mendalam terhadap berbagai aspek bisnis dan strategi pemasaran, serta kemampuan memahami perilaku konsumen di dunia online.

Baca Juga: 8 Cara Meningkatkan Penjualan di Lazada yang Ampuh dan Efektif!

Keterampilan

1. Manajemen Platform E-Commerce

Keterampilan dalam mengelola serta mengoptimalkan berbagai platform e-commerce seperti Shopify, Magento, WooCommerce, dan platform sejenis.

2. Pemasaran Digital

Pengetahuan mendalam tentang strategi pemasaran digital, mencakup SEO, SEM, media sosial, dan kampanye email. Kemampuan untuk menganalisis data guna mengukur dan meningkatkan efektivitas kampanye.

3. Analisis Data

E-Commerce Specialist harus mampu menganalisis data dengan tujuan mengenali tren, menyusun laporan, dan membuat keputusan berdasarkan informasi yang didapat.

4. Manajemen Produk

Kemampuan untuk mengelola siklus hidup produk, termasuk menetapkan harga, menentukan strategi penjualan, dan mengatur inventaris.

5. Memahami Pengalaman Pengguna

Pengetahuan mendalam tentang desain pengalaman pengguna (UX) dengan tujuan meningkatkan konversi dan kepuasan pelanggan.

6. Kemampuan Komunikasi

Mampu berkomunikasi dengan jelas dan efektif, baik secara tertulis maupun lisan.

Selain itu, memiliki kemampuan untuk berkolaborasi dengan tim internal dan eksternal merupakan hal yang sangat penting untuk mencapai kesuksesan dalam lingkungan kerja yang kolaboratif.

Baca Juga: Ini Cara Meningkatkan Omset Penjualan di Instagram, Mudah!

Gaji E-Commerce Specialist

gaji e-commerce staff
Sumber: Freepik

Gaji yang diterima seorang E-Commerce Specialist umumnya bersifat fleksibel dan dipengaruhi oleh sejumlah faktor, jumlah pengalaman yang dimiliki, tingkat pendidikan dan skala perusahaan yang menjadi tempat mereka berkontribusi.

Di Indonesia, rentang gaji untuk posisi ini menunjukkan variasi yang cukup signifikan, tergambar melalui data dari Indeed yang menyajikan rata-rata gaji E-Commerce Specialist di Indonesia adalah Rp 5.162.850 per bulan.

Kisaran gaji bulanan E-Commerce Specialist berkisar antara Rp 5.000.000 hingga Rp 7.000.000.

Tidak hanya itu, penting untuk diingat bahwa kualifikasi, pengalaman, dan tingkat keterampilan seorang E-Commerce Specialist juga memiliki dampak besar terhadap tingkat kompensasi yang dapat mereka peroleh.

Seorang E-Commerce Specialist yang memiliki kualifikasi dan pengalaman lebih tinggi, serta kemahiran mendalam dalam mengelola dan mengoptimalkan platform e-commerce, kemungkinan akan mendapatkan penawaran gaji yang lebih bersaing dan memuaskan.

Oleh karena itu, upaya untuk terus meningkatkan kualifikasi dan keterampilan menjadi aspek krusial bagi mereka yang ingin meraih tingkat gaji yang lebih tinggi dalam industri ini.

Selain itu, pengembangan diri juga menjadi kunci untuk bersaing di pasar kerja yang kompetitif.

Baca Juga: 10 Cara Meningkatkan Penjualan di Shopee, Dijamin Ampuh!

Jenjang Karir E-Commerce Specialist

jenjang karir e-commerce staff
Sumber: Freepik

Seorang E-Commerce Specialist memiliki peluang untuk meraih berbagai tingkatan dalam karirnya, yang sangat dipengaruhi oleh tingkat pengalaman dan keterampilan yang dimilikinya.

Beberapa posisi yang dapat dicapainya mencakup peran seperti E-Commerce Manager, Digital Marketing Manager, atau jabatan manajemen senior lainnya.

Sebagai contoh, seorang E-Commerce Manager memiliki tanggung jawab terhadap strategi dan operasional e-commerce perusahaan, melibatkan pengembangan situs web, manajemen inventaris, dan perancangan kampanye pemasaran digital.

Untuk mencapai langkah-langkah karir ini, peningkatan keterampilan dan pengalaman di dunia e-commerce menjadi kunci, disertai dengan memperoleh sertifikasi atau gelar yang relevan dalam bidang tersebut.

Baca Juga: 10 Cara Untuk Meningkatkan Omset Penjualan, Harus Dicoba Nih!

Nah itu dia pembahasan mengenai posisi sebagai E-Commerce Specialist. Apakah kamu tertarik untuk berkarir menjadi E-Commerce Specialist setelah membaca artikel ini?

Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu yang sedang mencari tahu informasi seputar posisi E-Commerce Specialist.

Jangan lupa untuk share artikel ini di media sosialmu dan jangan lupa nantikan informasi bermanfaat lainnya hanya di Everpro, ya!

Penjualan bisnis online di marketplace kamu tidak meningkat? Tingkatkan dengan menggunakan Everpro Marketplace Enabler yang bisa bantu bisnis kamu!

Benefit Everpro Marketplace Enabler

  • Optimasi Toko
  • Jasa CS yang Gercep & Tuntas
  • Pembeli Dapat Menemukan Toko dengan Mudah
  • Performa Iklan Terbaik
  • Maksimalin Penjualan dengan Campaign Terbaru
  • Bantu Kamu Pilih Langkah Bisnis yang Tepat

Ayo daftarkan segera bisnis onlinemu sekarang juga!

Daftar Sekarang

Safira Rasendriya

Safira Rasendriya

SEO Content Writer yang memiliki minat di digital marketing dan bisnis. Dengan latar belakang pendidikan dalam bidang Digital Marketing, saya telah mengembangkan keterampilan menulis yang kuat. Saya percaya bahwa kombinasi antara kreativitas dan optimasi dapat menyampaikan pesan dengan cara yang menarik dan informatif.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya