everpro

3 Formulir Pengiriman Barang Dalam Negeri, Contoh dan Cara Isi!

Sedang mencari informasi cara mengisi formulir pengiriman barang dalam negeri? Simak penjelasan formulir pengiriman barang berikut ini.

Ketika hendak mengirimkan barang melalui jasa pengiriman, perlu mengisi formulir dan kelengkapan informasi terkait pengiriman tersebut.

Hal tersebut bertujuan untuk menjadi informasi dan acuan bagi jasa pengiriman yang akan mengirimkan barang ke alamat penerima.

Kebanyakan jasa ekspedisi saat ini telah menyediakan formulir kirim barang di situs dan aplikasinya. Namun, masih terdapat beberapa ekspedisi yang harus mengisi formulirnya secara manual.

Jika anda baru pertama kali akan mengirimkan barang dan bingung apa saja yang harus diisi dalam formulir pengiriman barang dalam negeri, baca ulasan artikel ini hingga selesai ya!

Tentang Formulir Pengiriman Barang

formulir pengiriman barang dalam negeri
Sumber: pexels.com

Formulir pengiriman barang adalah suatu dokumen yang berisi tentang informasi pengiriman barang. Dalam formulir ini terdapat segala informasi terkait pengiriman seperti nama dan alamat pengirim serta penerima, tanggal pengiriman, jumlah ongkos kirim, dan sebagainya. 

Umumnya, pengirim perlu mengisi formulir ini ketika hendak mengirimkan barang menggunakan jasa pengiriman. Jasa ekspedisi akan menyediakan formulir yang harus pelanggan atau pengirim isi.

Namun, bisa juga pengirim mencatat informasi tersebut dan menempelkannya di kemasan. Kemudian admin jasa pengiriman yang akan mengisi formulir tersebut sesuai informasi yang tertera pada kemasan.

Baca juga: 11+ Pekerjaan yang Menghasilkan Jasa, Sangat Dibutuhkan!

Fungsi Formulir Pengiriman Barang

form kirim paket
Sumber: pexels.com

Fungsi utama dari formulir pengiriman barang dalam negeri adalah sebagai informasi dan acuan dasar pihak jasa pengiriman dalam mengirimkan paket ke alamat penerima.

Karena dalam formulir tercantum informasi nama, alamat, dan nomor telepon penerima. Tak hanya itu, terdapat juga fungsi lain yaitu sebagai bukti kebenaran paket.

Ketika terjadi kendala, seperti salah alamat maka kurir bisa mencocokkan dengan alamat yang tertera di formulir tersebut.

Lebih lanjut, berikut adalah beberapa kegunaan dari formulir pengiriman barang:

  1. Sebagai identitas pengirim serta penerima: dalam formulir terdapat informasi terkait pengirim serta penerima untuk memudahkan proses pengiriman barang.
  2. Memberi informasi rinci terkait barang: formulir mengandung informasi terkait jenis barang kiriman yang harus pengirim isi dengan benar. 
  3. Sebagai alat untuk memudahkan jasa pengiriman dalam melakukan input data terkait barang kiriman.
  4. Mempermudah proses sortir barang selama proses pengiriman.
  5. Terdapat informasi alamat penerima sebagai petunjuk untuk kurir mengirimkan barang ke alamat penerima dengan tepat.
  6. Dapat membantu kurir untuk mengkonfirmasi dengan penerima jika kesulitan menemukan alamat, karena terdapat nomor ponsel penerima atau pengirim dalam formulir.

Pengisian Data Dalam Formulir Pengiriman Barang Dalam Negeri

data form kirim paket
Sumber: pexels.com

Terdapat beberapa informasi yang harus pengirim isi dalam formulir kirim barang. Seperti pada pembahasan sebelumnya, informasi dalam formulir tersebut memiliki berbagai fungsi yang dapat membantu jalannya proses pengiriman.

Berikut adalah beberapa informasi yang harus pengirim isi dalam formulir pengiriman barang:

  1. Data pengirim, meliputi: nama, alamat, serta nomor telepon yang aktif.
  2. Data penerima, berisi informasi seputar: nama, alamat, serta nomor ponsel aktif.
  3. Informasi terkait barang kiriman, berisi info seperti jenis serta berat barang.
  4. Tanggal kirim barang, yaitu tanggal pengirim menyerahkan barang ke pihak jasa pengiriman.
  5. Jenis layanan pengiriman, pilihan layanan pengiriman yang telah pengirim tentukan akan tercantum juga dalam formulir.
  6. Nomor resi pengiriman, sebagai bukti pengiriman yang jasa ekspedisi sediakan setelah pembayaran selesai.
  7. Tanda tangan pengirim barang. 

Cara Mengisi Formulir Pengiriman Barang Dalam Negeri

formulir pengiriman barang dalam negeri
Sumber: mikirbae.com

Sebenarnya, untuk penjual online di marketplace tidak perlu lagi mengisi formulir kirim barang. Hal ini karena marketplace transaksi telah terangkum oleh sistem di marketplace yang akan secara otomatis mengisi formulir tersebut.

Jadi penjual tidak perlu repot-repot membuat formulir satu per satu. Namun beda halnya sebagai penjual online mandiri atau untuk keperluan individual yang harus langsung datang ke kantor jasa ekspedisi.

Biasanya masih terdapat sejumlah jasa ekspedisi yang meminta pengirim untuk mengisi formulir. Agar memudahkan anda saat kirim barang, perhatikan cara mengisi formulir pengiriman barang dalam negeri berikut ini:

  • Isi Data Penerima

Langkah pertama, pengirim perlu mengisi informasi terkait penerima dengan jelas dan benar. Pastikan telah membaca instruksi pengisian dan gunakanlah huruf kapital agar terbaca dengan lebih jelas.

Dalam informasi penerima, isi data mengenai nama lengkap peneriman. Kemudian, tuliskan alamat lengkap penerima beserta patokan jika ada. Alamat tersebut meliputi nama jalan, RT, RW, nomor rumah, kelurahan, kecamatan, kota, dan kode POS.

Pastikan telah mengisi alamat dengan benar dan lengkap. Setelah itu, isi juga nomor ponsel aktif penerima.

  • Isi Data Pengirim

Langkah kedua adalah dengan mengisi data terkait pengirim. Sama seperti data penerima, dalam kolom pengirim juga harus mengisi informasi seputar nama pengirim, alamat, dan nomor ponsel aktif.

Gunakan huruf kapital agar terbaca dengan jelas. Selebihnya perhatikan bahwa informasi yang anda isi telah benar dan sesuai.

  • Isi Data Pendukung Lainnya

Langkah terakhir adalah mengisi informasi pendukung. Umumnya terdapat beberapa informasi pendukung dalam formulir.

Adapun data pendukung ini mencakup berat barang, jenis barang, pilihan layanan pengiriman, serta instruksi khusus jika ada.

Setelah mengisi semua informasi tersebut, tandatangani formulir. Berikutnya petugas akan mengulas dan mengkonfirmasi dengan pelanggan. Lalu petugas akan menginformasikan jumlah pembayaran.

Selanjutnya petugas akan menandatangani formulir dan mencetak nomor resi sebagai bukti pengiriman.

Contoh Formulir Pengiriman Barang Dalam Negeri

contoh form kirim paket
Sumber: pexels.com

Agar lebih memahami cara pengisian formulir pengiriman barang dalam negeri, perhatikan beberapa contoh berikut ini:

  • JNE

formulir pengiriman barang dalam negeri
Sumber: google.com

JNE memiliki format pengiriman tersendiri. Namun pada dasarnya informasi yang tercantum dalam formulir tersebut adalah sama. Biasanya pengirim tidak perlu mengisi secara manual, asalkan telah menuliskan informasi pada kemasan paket.

  • POS Indonesia

formulir pengiriman barang dalam negeri
Sumber: google.com

Contoh lainnya adalah dari PT POS Indonesia, informasi dalam formulir ini juga secara garis besar sama. Namun terdapat informasi tambahan terkait instruksi jika paket tidak sampai ke penerima.

  • Contoh Form Pengiriman yang Umum

formulir pengiriman barang dalam negeri
Sumber: google.com

Pada contoh umum format pengisiannya juga sama. Terdapat tiga jenis data yang harus pengirim isi, yaitu data pengirim, penerima, serta barang. 

Baca juga: Pengiriman Pesan Antara Dua Orang atau Lebih, Ini Jawabannya!

Demikian penjelasan mengenai formulir pengiriman barang dalam negeri beserta contohnya yang bisa menjadi acuan ketika perlu mengisi formulir tersebut.

Semoga informasi dari artikel ini bermanfaat untuk anda. Simak juga berbagai artikel Everpro lainnya yang informatif!

Picture of Melati Yudizwara

Melati Yudizwara

Seorang SEO Content Writer dengan latar belakang pendidikan di bidang akuntansi dan memiliki pengalaman sebagai Sekretaris Marketing. Mengasah kemampuan menulis, mengedit, dan mengelola konten sesuai standar SEO. Kemampuan tersebut dapat dibuktikan dengan hasil konten berkualitas yang mudah ditemukan di mesin pencari.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya