everpro

Pengiriman Pesan Antara Dua Orang atau Lebih, Ini Jawabannya!

pengiriman pesan antara dua orang atau lebih

Apa jawaban dari pengiriman pesan antara dua orang atau lebih? Simak jawaban dan penjelasannya berikut ini.

Pertanyaan tersebut sering terdapat dalam TTS atau Teka Teki Silang. Kini orang juga semakin mudah mencari jawaban melalui internet, seperti dengan membaca artikel ini.

TTS sendiri merupakan suatu permainan kosa kata yang terdapat di majalah, surat kabar, hingga permainan online.

Jawaban dari pertanyaan ini terkait dengan aktivitas yang melekat bagi manusia. Bahkan tanpa adanya hal ini, sulit untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Bagi anda yang penasaran dengan jawaban dari pengiriman pesan antara dua orang atau lebih ini, mari baca ulasan ini hingga selesai.

Penjelasan Pengiriman Pesan Antara Dua Orang atau Lebih

pengiriman pesan antara dua orang atau lebih
Sumber: pexels.com

Jawaban dari pengiriman pesan antara dua orang atau lebih adalah Komunikasi. Hitung jumlah kolom TTS untuk pertanyaan tersebut, jika sesuai yaitu 10 kotak dapat dipastikan komunikasi adalah jawabannya.

Melansir dari KBBI, komunikasi artinya:

Pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga dapat memahami maksud pesan; hubungan; kontak, atau perhubungan.

Melihat dari pengertiannya, maka sudah jelas jawaban dari pengiriman pesan antara dua orang atau lebih adalah komunikasi. Adapun kata lain yang berkaitan dengan komunikasi adalah:

Everpro
  1. Dialog: menurut KBBI artinya percakapan (dalam sandiwara, cerita, dan sebagainya)
  2. Transmisi: pengiriman (penerusan) pesan dan sebagainya dari seseorang kepada orang (benda) lain, misal berita atau jaringan
  3. Rapat: pertemuan atau berkumpulnya dua orang atau lebih untuk membuat keputusan dari suatu tujuan
  4. Hubungan: keadaan berhubungan, kontak, sangkut-paut, dan ikatan
  5. Kontak: hubungan antara satu dengan yang lain
  6. Korespondensi: terkait surat menyurat, perihal hubungan antara bunyi yang satu dan lainnya dalam sajak, hubungan antara bentuk dan isi
  7. Diskusi: pertemuan ilmiah untuk bertukar pikiran tentang suatu masalah
  8. Interaksi:  suatu hal saling melakukan aksi, berhubungan, mempengaruhi; antar hubungan

Baca juga: 11+ Pekerjaan yang Menghasilkan Jasa, Sangat Dibutuhkan!

Pentingnya Komunikasi Bisnis

pengiriman pesan antara dua orang atau lebih
Sumber: pexels.com

Setelah mengetahui bahwa pengiriman pesan antara dua orang atau lebih adalah komunikasi, pahami juga mengapa komunikasi merupakan hal yang penting.

Komunikasi adalah hal yang mendasar dalam kehidupan makhluk hidup. Baik hewan, tumbuhan, maupun manusia pasti akan berkomunikasi dengan sesamanya untuk menyampaikan pesan, maksud, dan tujuan.

Karena sejatinya, komunikasi merupakan kebutuhan individual maupun kelompok. Begitu pula komunikasi memainkan peranan penting dalam aktivitas bisnis.

Maka dari itu, setiap pemimpin atau pelaku bisnis perlu menggunakan komunikasi yang efektif. Komunikasi yang efektif adalah jelas, tidak ambigu, kontekstual, serta mempertimbangkan kebutuhan komunikasi dari setiap orang yang terlibat.

Mengutip dari Australian Institute of Business, berikut adalah alasan mengapa komunikasi efektif sangat penting dalam bisnis:

  1. Komunikasi yang baik dapat membangun dan mempertahankan hubungan.
  2. Komunikasi menjadi fasilitas inovasi.
  3. Dapat membangun tim yang efektif.
  4. Mengelola karyawan menjadi lebih mudah.
  5. Mendukung pertumbuhan organisasi.
  6. Komunikasi efektif memastikan adanya transparansi

Tips Komunikasi Secara Efektif

komunikasi efektif
Sumber: pexels.com

Setelah mengetahui pentingnya komunikasi bisnis yang juga merupakan bentuk dari pengiriman pesan antara dua orang atau lebih, maka memahami cara berkomunikasi efektif merupakan hal yang baik.

Mengutip dari situs B The Change, berikut adalah 5 tips untuk melakukan komunikasi secara efektif:

  • Menjadi Pendengar yang Terlibat

Pendengar yang baik adalah pendengar yang terlibat dalam suatu percakapan. Mendengarkan secara aktif merupakan bagian penting dalam komunikasi efektif.

Hal ini dapat berpengaruh pada jalannya komunikasi, karena dengan memperhatikan apa yang lawan bicara sampaikan, maka dapat memahami pesannya dengan lebih baik.

HR Manager di U.K. BestEssays, berpesan bahwa ada 5 aspek utama dalam mendengarkan: memusatkan fokus pada pembicara, tidak memotong pembicaraan, tinggalkan sikap menghakimi, berikan komentar seperti ‘saya mengerti’, serta tanyakan pertanyaan untuk meyakinkan bahwa anda benar-benar yakin.

  • Mengekspresikan Diri

Komunikasi adalah segala hal tentang mengekspresikan diri. Ini adalah mengenai bagaimana membagikan opini dan perasaan kepada lawan bicara dengan cara yang jujur dan terbuka.

  • Memperhatikan Tanda-Tanda Nonverbal

Dalam komunikasi, verbal atau kata-kata bukanlah satu-satunya bentuk yang digunakan. Bahasa tubuh merupakan bentuk komunikasi nonverbal yang terjadi dalam percakapan, seperti gestur, ekspresi wajah, intonasi, kontak mata, dan lainnya.

Mengutip dari Masterclass, bahasa tubuh berperan sebanyak 55% dalam menyampaikan pesan melalui komunikasi.

Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan tanda-tanda nonverbal tersebut sebagai bentuk komunikasi efektif.

  • Mampu Mengendalikan Emosi

Terkadang emosi dapat mempengaruhi jalannya pembicaraan. Rasa yang kuat seperti cinta dan stres dapat dengan mudah mengaburkan pikiran selama percakapan dan membuat kita tidak berpikir rasional.

Terutama dalam membahas bisnis, pengendalian emosi merupakan hal yang penting untuk mencapai tujuan komunikasi. Maka dari itu belajar mengendalikan emosi dalam percakapan merupakan bentuk komunikasi efektif.

  • Gunakan Pilihan Kata yang Tepat

Penggunaan kata memiliki dampak yang besar terhadap penyampaian pesan dan dapat menentukan seberapa efektif pesan tersebut sampai ke yang lainnya.

Apabila anda adalah pemimpin atau berada dalam diskusi, pastikan peserta atau tim merasa terlibat dengan menggunakan kata ganti “kita” dan “kami” saat berbicara.

Baca juga: Minimal Berat Pengiriman Indah Cargo 2023, Ini Syaratnya!

Demikian penjelasan mengenai pengiriman pesan antara dua orang atau lebih yang disebut komunikasi, serta tips komunikasi efektif.

Semoga informasi dari artikel ini bermanfaat untuk anda yang membaca. Simak juga berbagai artikel informatif lainnya hanya di Everpro!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait