everpro

Minimal Berat Pengiriman Indah Cargo 2023, Ini Syaratnya!

minimal berat pengiriman indah cargo

Sedang mencari tahu minimal berat pengiriman Indah Cargo? Simak informasi syarat pengiriman Indah Logistik Cargo berikut.

Indah Logistik Cargo adalah salah satu jasa pengiriman yang menyediakan layanan untuk mengirimkan barang dalam jumlah besar.

Umumnya jasa pengiriman cargo berbeda dengan ekspedisi. Perbedaan tersebut terdapat pada minimal berat pengiriman.

Dalam layanan atau jasa pengiriman ekspedisi biasanya tidak terdapat jumlah berat barang minimal, jadi pelanggan bisa mengirimkan barang walau kurang dari 1 kg.

Berbeda halnya dengan layanan cargo, minimal berat pengiriman indah cargo ini 5 kg bahkan lebih tergantung lokasi pengiriman.

Baca informasi tentang minimal berat pengiriman indah cargo selengkapnya.

Baca juga: Indah Logistik Cargo, Solusi Kebutuhan Pengiriman Anda

Minimal Berat Pengiriman Indah Cargo

minimal berat pengiriman indah cargo
Sumber: google.com

Jasa pengiriman Indah Logistik Cargo menetapkan aturan mengenai minimal berat barang kiriman berdasarkan lokasi pengirimannya, yaitu untuk pengiriman dalam pulau jawa, luar pulau jawa, dan luar negeri.

Melansir dari Kuriran berikut adalah informasi minimal berat pengiriman Indah Cargo:

Everpro

Minimal Berat Pengiriman di Pulau Jawa

Untuk pengiriman area pulau jawa minimal berat pengiriman Indah Cargo adalah 5 kg. Tarif pengiriman menggunakan layanan cargo ini akan lebih murah daripada menggunakan layanan reguler.

Kriteria ini berlaku untuk pengiriman ke setiap kota, desa, atau wilayah yang masih berada dalam pulau Jawa.

Minimal Berat Pengiriman ke Luar Pulau Jawa

Selanjutnya minimal berat pengiriman Indah Cargo ke wilayah yang berada di luar pulau Jawa adalah 30 kg. Dengan berat barang minimal ini perhitungan tarif ongkir per kilogram menjadi lebih murah.

Lebih murah daripada layanan ekspedisi yang memiliki tarif dalam setiap kilogram. Namun, memang jenis pengiriman ini tidak berlaku jika hanya akan mengirimkan barang dengan berat yang kecil.

Oleh karena itu, umumnya perusahaan atau distributor yang banyak menggunakan layanan cargo.

Minimal Berat Pengiriman ke Luar Negeri

Pengiriman barang ke luar negeri menggunakan Indah Cargo tidak memiliki berat minimum. Meski demikian, tarif ongkir lebih mahal karena jarak tempuh yang jauh.

Terlebih lagi, untuk pengiriman ke luar negeri perhitungan tarifnya per kilogram, sehingga lebih mahal dari tarif yang memiliki minimal berat kiriman.

Syarat dan Ketentuan Pengiriman Indah Cargo

minimal berat pengiriman indah cargo
Sumber: google.com

Setelah mengetahui berapa minimal berat pengiriman Indah Cargo, kini bisa mempersiapkan proses kirim barang. Sebelum mengirim barang menggunakan Indah Logistik Cargo, perhatikan ketentuan serta syarat pengiriman berikut.

Ketentuan Pengiriman

Melansir dari Indah Logistik Cargo, Ketentuan berat pengiriman umumnya terbagi dalam 2 (dua) jenis, yaitu berat aktual serta berat volume. Berat aktual adalah total berat yang muncul dari hasil penimbangan.

Sedangkan berat volume adalah perhitungan berat berdasarkan ukuran panjang, lebat, dan tinggi paket dengan rumus sebagai berikut

Jenis Perhitungan Rumus Perhitungan
Cargo Darat P x L x T/5.000
Cargo Laut P x L x T/5.000
Cargo Udara P x L x T/6.000
Kubikasi P x L x T/1.000.000

Adapun barang terlarang menurut pemerintah yang pihak Indah Logistik juga tidak terima adalah barang yang mengandung:

  • Barang tidak bercukai
  • Ganja dan narkotika
  • Senjata api
  • Binatang langka dan yang dilindungi (termasuk organ tubuh hewan)
  • Barang dan surat berharga

Syarat dan Panduan Pengiriman

Mengutip dari situs Indah Logistik Cargo, berikut adalah syarat sebagai pedoman pengiriman barang:

  • Jika penerima menjemput atau mengambil barang di kantor Indah Logistik lebih dari 1×24 jam setelah pemberitahuan pengambilan, akan terkena biaya tambahan 50% dari ongkos kirim.
  • Kemudian jika barang tersebut belum penerima ambil lebih dari 7×24 jam setelah pemberitahuan pengambilan, maka barang titipan sudah bukan tanggung jawab pihak Indah Logistik lagi.
  • Apabila penerima tidak menerima barang sesuai dengan ketentuan layanan yang pengirim gunakan, maka pengirim bisa mengajukan klaim maksimal 5 hari sejak estimasi ketibaan.
  • Wajib mengasuransikan barang yang memiliki nilai lebih dari Rp1.000.000 serta membayar premi sesuai aturan yang berlaku.
  • Dapat mengajukan klaim dengan menyerahkan resi, identitas pengiriman, kwitansi pembayaran, serta dokumen lainnya.

Estimasi Pengiriman Indah Cargo

indahlog
Sumber: google.com

Tentunya setiap layanan cargo dari Indah Logistik ini memiliki estimasi pengirimannya sendiri. Waktu pengiriman tersebut tergantung dari jarak tempuh serta layanan yang digunakan. 

Dengan adanya estimasi pengiriman ini dapat memberi gambaran dan acuan kapan paket sampai ke penerima. Kemudian pengirim juga bisa mengajukan klaim jika barang sampai ke penerima jauh dari estimasi.

Melansir dari Kuriran, berikut adalah estimasi pengiriman Indah Cargo:

Cargo Darat

Untuk mengirimkan barang menggunakan layanan Indah Cargo Darat, estimasi waktu sampainya bervariasi mulai dari 1 hingga 5 hari kerja. Layanan ini juga memiliki area cakupan yang luas yaitu seluruh wilayah Indonesia.

Cargo Laut

Selanjutnya pengiriman cargo jalur laut dari Indah Logistik memiliki estimasi ketibaan antara 2 hingga 6 hari kerja. Jenis layanan ini banyak pelanggan pilih untuk mengirimkan barang dalam jumlah besar ke antar pulau.

Cargo Udara

Mengirimkan barang menggunakan cargo udara akan lebih cepat, yaitu 1 hingga 3 hari kerja saja. Hal ini karena pihak Indah Logistik telah bekerja sama dengan maskapai besar terbaik di Indonesia.

Cargo Trucking

Pengiriman jalur darat menggunakan truk ini cocok untuk kirim barang dalam jumlah besar dengan estimasi waktu sampai 2 hingga 5 hari kerja. Tarif pengiriman juga cukup bersaing karena terdapat berat minimum pada pengiriman Indah Cargo.

Cargo International

Dengan tujuan pengiriman yang jauh, yakni luar negeri maka estimasi waktu sampai juga menjadi lebih lama. Estimasi pengiriman cargo internasional dari Indah Logistik ini adalah 2 hingga 10 hari kerja.

Baca juga: Mudahnya Kirim Barang Dengan Layanan COD Indah Logistik

Demikian penjelasan mengenai minimal berat pengiriman Indah Cargo beserta ketentuan dan syarat untuk mengirimkan barang.

Semoga informasi dari artikel ini bermanfaat untuk anda. Simak juga berbagai artikel informatif lainnya dari Everpro ya!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait