Facebook Ads adalah salah satu fitur promosi dari facebook yang dikenal bisa menjangkau target pasar yang tepat. mau tahu selengkapnya seperti apa? dan apa saja jenisnya? pembahasannya ada disini!
Saat kini berkomunikasi lebih mudah dengan kehadiran media sosial. Bahkan kini hampir semua orang tidak bisa lepas dari media sosial.
Coba kalian ingat-ingat lagi beberapa tahun kebelakang, media sosial apa yang anda punya pertama kali? Mungkin bagi generasi milenial atau gen Z akan menyebutkan “Facebook”.
Facebook adalah salah satu media sosial yang didirikan oleh Mark Zuckerberg pada tahun 2004. Dilansir dari wikipedia, media sosial ini terdapat 2.8 miliar pengguna pada tahun 2020.
Maka dari itu dengan jumlah pengguna yang sangat fantastis, banyak orang yang mulai melakukan bisnis secara online di media sosial ini.
Sehingga media sosial ini meluncurkan fitur baru untuk pengembangan bisnis yang sering di sebut “Facebook Ads”.
Fitur ini juga sering di pakai oleh perusahaan atau brand perorangan untuk menciptakan brand awareness para pengguna aktif media sosial ini.
Sehingga kehadiran fitur baru ini sangat membantu pelaku bisnis. Baik pelaku bisnis besar atau pelaku bisnis pemula.
Seberapa besarkah pengaruh Facebook Ads bagi para pelaku bisnis? Selengkapnya akan di bahas lebih lanjut di sini!
Daftar Isi:
ToggleApa Itu Facebook Ads?
Di kutip dari glints. Facebook Ads adalah singkatan dari “Facebook Advertising”. Artinya fitur berbayar Facebook untuk mempromosikan suatu produk berupa postingan pada satu akun.
Sebenarnya bagi pelaku bisnis pemula, kita bisa saja mengiklankan produk kita di akun kita sendiri. Hanya saja postingan produk kita hanya terbatas hanya sampai pada teman-teman kita saja.
Belum lagi teman kita beragam sehingga tidak bisa di jadikan target pasar yang jelas. Maka kehadiran Facebook ads terbilang akan berpengaruh pada bisnis anda.
Mengapa bisa begitu? Karena Facebook ads bisa di atur sesuai dengan target pasar yang anda inginkan, mulai dari umur, jenis kelamin, ketertarikan, bahkan hingga domisili mereka.
Maka postingan produk anda bisa sampai pada orang-orang yang tepat yang jelas membutuhkan produk anda. Sehingga kegiatan promosi anda bisa jauh lebih efisien di banding melakukan sendiri.
Kelebihan dan Kekurangan Facebook Ads
Walaupun terdengar cukup menjanjikan, nyatanya setiap fitur memanglah punya kelebihan dan kekurangannya seperti berikut :
1. Kelebihan
- Budget lebih mudah dikontrol
- Kenaikan Traffic sangat cepat
- Targetnya sangat rinci, mulai dari umur hingga pendapatan seseorang
- Campaign lebih mudah di lacak
- Pengiklanan dapat menggunakan gambar, dan video untuk menangkap ketertarikan dari target pasar.
- Cost per click relatif murah di banding lainnya.
2. Kekurangan
- Hanya cocok untuk bisnis yang bekerja dalam business to customer.
- Tidak ada pilihan untuk mengatur iklan di jam-jam tertentu.
- Iklan tidak akan berjalan baik jika anda tidak mengatur iklan dengan benar meski sudah membayar mahal.
Jenis-Jenis Facebook Ads
1. App Install
Fungsi jenis ini adalah untuk mengiklankan aplikasi mobile milik anda. App Install akan mendorong audiens mendownload aplikasi mobile milik anda setelah mereka melihatnya.
2. Video Ads
Sudah jelas, jenis iklan di sini haru berupa video. Sehingga jenis Facebook Ads ini bertujuan untuk mendapatkan banyak penonton. Jika mereka tertarik maka audiens akan bisa langsung klik website anda.
3. Website Conversions
Website conversions ini bertujuan untuk menghasilkan konversi sebanyak-banyaknya pada website milik anda.
Konversi yang di maksud adalah mengajak para pengguna untuk bertindak lebih lanjut misalkan untuk check out, leads, subscription hingga purchase.
4. Page Likes
Tujuan dari jenis Facebook Ads ini adalah untuk mendapatkan like sebanyak-banyaknya di postingan anda.
Semakin banyak jumlah likes yang anda dapat maka akan semakin membuktikan bahwa anda di percaya dan menyukai produk anda.
Dengan jenis ini juga bisa membuktikan kredibilitas bisnis anda.
5. Click to Website
Click to Website adalah salah satu jenis model iklan yang bertujuan untuk mengirim pengunjung datang pada website anda.
Fitur ini akan mengarahkan audiens membuka website yang di iklankan, semakin cantik gambar dan konten anda. Maka akan banyak juga orang mengklik iklan yang anda pasang.
6. Page Post Engagement
Page Post Engagement adalah salah satu jenis Facebooks Ads untuk meningkatkan engagement di halaman post anda.
Engagement disini berupa shares, likes, dan comments pada post. Sehingga anda bisa tahu sudah berapa banyak orang yang menyukai, membagi dan berkomentar pada postingan anda.
Berapa Biaya Facebook Ads?
Untuk saat ini biaya Facebook Ads berkisar Rp. 10 Ribu per hari hingga Rp. 30 Ribu per hari, sedangkan untuk perminggu berkisar $50 dan paling mahal $50 ribu.
Namun biaya ini tergantung dari jenis Facebook Ads yang di pilih.
Tips Agar Tarif Facebook Ads Lebih Murah
1.Membuat Ad Creative dan Penawaran Menarik
Untuk memenangkan iklan dari kompetitor, akan lebih baik jika anda membuat iklan semenarik mungkin. Cara-caranya seperti berikut :
- Menganalisa Konten ari Kompetitor yang banyak Interaksinya
- Kembangkan konten anda yang tidak ada dari kompetitor.
- Buat konten menggunakan format visual, gambar atau video.
2. Menciptakan Sales Funnel
Sales Funnel adalah konten yang menggambarkan perjalanan pelanggan anda. Anda harus buat konten anda seolah-olah memang sangat di butuhkan para konsumen sehingga berakhir pada opembelian.
Selain itu, sales funnel di Facebook Ads bisa menjadikan konsumen anda menjadi lebih loyal dengan bisnis anda .
Berikut adalah 5 langkah untuk menciptakan Sales funnel :
- Fase Pre-Tiger
- Trigger dan Consideration
- Purchasing
- Experience
- Royalty.
Demikianlah artikel mengenai Facebook Ads, semoga bermanfaat. Sebarkan artikel ini juga agar semakin bermanfaat.
Nantikan dan jangan lewatkan artikel informatif seputar istilah digital marketing lainnya hanya di Everpro.