Apa Itu Inbound Marketing? Definisi dan Metode Pemasarannya

inbound marketing adalah

katanya metode  Inbound Marketing cenderung lebih efisien di bandingkan kita membuat langsung promosi ke khalayak ramai. lalu apa itu inbound marketing? apa saja metode yang bisa kita gunakan untuk kelancaran bisnis ini? simak artikel ini sampai habis. 

Pada awalnya melakukan pendekatan pada konsumen di lakukan secara langsung dari orang ke orang atau pintu ke pintu. 

Namun lama kelamaan cara ini terbilang cukup memakan banyak modal dan waktu karena kurang efisien. Maka berbagai cara di kembangkan agar kegiatan marketing bisa bisa lebih efisien dan tepat sasaran. 

Maka sekarang ini orang-orang sudah mulai memperhatikan Inbound marketing. Di mana dinilai lebih efisien di banding outbound marketing atau promosi secara langsung. 

 Apakah sebenarnya teknik pemasaran tersebut? Apakah sebegitu lebih efisien di banding dengan outbond marketing?

Sebenarnya alasannya sederhana yaitu dapat membantu anda dan lebih banyak meraih konsumen hingga para konsumen loyal dengan produk kita. 

Agar lebih jelas pemahamannya mengenai inbound marketing dan cara menerapkannya ke dalam bisnis anda maka berikut informasinya. 

Pengertian Inbound Marketing

Inbound Marketing
Sumber : Pexels.com

Inbound Marketing adalah sebuah teknik pemasaran dengan menggunakan konten yang relevan dan solutif. Di mana di harapkan dapat lebih mendekatkan diri kepada konsumen. 

Secara garis besar Inbound Marketing sangat tergantung dengan konten. Itu berarti medianya bisa melalui media sosial, surat elektronik, website ataupun blog. 

Everpro

Di bandingkan dengan cara langsung orang ke orang, teknik pemasaran ini lebih efisien karena menggunakan konten, dimana konten tersebut sangat tergantung dengan internet. 

Selain itu konten yang di buat biasanya juga relevan dengan permasalahan umum yang terjadi pada masyarakat. Sehingga secara tidak langsung pemasaran ini terlihat seperti “solusi” bagi masalah-masalah pada konsumen. 

Dari sinilah daya tariknya. Karena menawarkan “solusi” dari masalah mereka, akhirnya mereka sendirilah yang akan mencari bisnis anda, bahkan promosi anda tidak akan dianggap ‘mengganggu”. 

Maka sebelum anda memulai teknik pemasaran inbound marketing  akan lebih baik jika anda sudah tahu terlebih dahulu masalah apa saja yang di hadapi masyarakat. 

Kemudian anda bisa analisa dan tawarkan solusi baik sekaligus memulai bisnis. 

Seperti yang telah di bahas sebelumnya. sistem ini berupa konten dan pastinya sangat bergantung dengan internet. 

Maka aktivitas teknik ini paling banyak di terapkan dalam bentuk social media marketing, blogging, SEO, email marketing dan lain-lainnya. 

Konten yang di buat juga beragam, bisa berupa poster, video, gambar atau lainnya. 

Metode Inbound Marketing 

inbound marketing adalah
Sumber : Pexels.com

Seperti halnya teknik-teknik marketing lainnya, teknik pemasaran ini juga punya beberapa metode penerapan seperti berikut di bawah ini : 

1. Attract

Dalam bahasa Inggris kata “attract” artinya “menarik” . berarti langkah awal memulai teknik inbound marketing adalah anda harus bisa menarik orang yang belum kenal bisnis anda menjadi tertarik. 

Berbeda dengan outbound marketing di mana anda membuat promosi langsung yang menarik. Pada tahap ini anda harus membuat konten yang bermanfaat namun masih relevan dengan promosi yang kita buat, 

Dengan itu para calon konsumen akan merasa terbantu sekaligus tak menganggap promosi kita layaknya gangguan. 

Anda bisa lebih optimasi teknik ini di berbagai media layaknya website atau media sosial. Gunakan teknik SEO jika ingin membuatnya di website. 

2. Convert 

Setelah anda membuat konten, anda pastinya ingin ada impact dari konten yang anda buat bukan? Dari sini anda harus mulai berpikir bagaimana konten ini bisa menjadi kegiatan jual-beli? 

Ini juga salah satu trik dari teknik pemasraan ini, Caranya adalah dengan mendapat kontak mereka, khususnya email. Alamat email sangatlah penting untuk membangun hubungan dan saling percaya, anda bisa memanfaatkan landing page, call to action dan formulur opt lainnya. 

3. Close 

Simpan informasi-informasi terkait dengan calon konsumen. Hubungi calon pelanggan baik dengan menggunakan email untuk meyakinkan mereka. 

Kirimkan juga email secara berkala dan mengingatkan calon pelanggan terhadap produk dan layanan terbaru anda. 

4. Delight 

Jika inbound marketing anda berhasil maka anda harus tetap menjalin hubungan baik dengan para pelanggan. 

Puaskan mereka dengan kualitas produk, berbagai event, diskon, promod an lainnya. 

Demikianlah artikel mengenai Inbound Marketing. Semoga bermanfaat, sebarkan artikel ini juga agar semakin bermanfaat. 

Nantikan dan jangan lewatkan informasi terkait istilah digital marketing lainnya hanya di Everpro!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?