everpro

Apa Itu Depo? Arti Depo Pada Pengiriman Barang

Apa itu Depo? Secara garis besarnya, bahwa arti Depo yaitu tempat untuk kegiatan yang mendukung kelancaran penanganan kontainer dalam kondisi kosong atau berisi. Selain itu pun, Depo memiliki peran penting dalam sistem logistik hingga kegiatan perekonomian.
depo

Ternyata, arti depo memiliki peran penting dalam sistem logistik hingga kegiatan perekonomian. Yuk, simak artikel ini untuk mendapatkan jawabannya.

Perkembangan teknologi informasi mempermudah proses pengiriman barang, bahkan saat ini sudah bisa menerima dan mengirim barang ke luar negeri sekalipun.

Agar proses pengiriman barang lancar, mari ketahui istilah-istilah pada kegiatan ekspor dan impor yang sering digunakan dalam pengiriman barang.

Baca juga: Ini Dia, Penjelasan Departure dalam Istilah Ekspedisi. Cek Disini!

Apa Itu Depo?

depo
Sumber: google.com

Depo adalah tempat penyimpanan peti kemas kosong (empty container). Sekaligus sebagai tempat penumpukan, perawatan, pemuatan, pelaksanaan survei keluar maupun masuk kontainer.

Secara garis besarnya, bahwa Depo yaitu tempat untuk kegiatan yang mendukung kelancaran penanganan kontainer dalam kondisi kosong atau berisi.

Peran Penting Arti Depo 

depo
Sumber: google.com
  • Kegiatan Perekonomian

Peran penting yang pertama, yaitu dalam kegiatan perekonomian yang dapat membantu aktivitas ekspor dan impor. Mulai dari memperlancar arus lalu lintas angkutan barang dan kontainer, hingga supply chain untuk perdagangan internasional.

  • Sistem Logistik

Sementara itu, terdapat juga peran penting lainnya pada sistem logistik nasional. Berfungsi untuk meningkatkan efisiensi tata niaga maupun tata kelola. Peran penting tersebut membantu memperlancar dan mengefisienkan kegiatan ekonomi dan sistem logistik.

Apa Manfaat Depo?

depo
Sumber: google.com

Tak hanya sebagai tempat penyimpanan, penumpukan, perawatan, pelaksanaan survei, dan sebagainya. Namun memiliki manfaat untuk melancarkan arus barang di Pelabuhan.

Everpro

Seperti efisiensi supply chain dalam proses bongkar muat, menunjang kegiatan ekspor impor, dan mengurangi waktu tunggu pemindahan kontainer dari Pelabuhan.

Apabila terjadi dwelling time atau waktu tunggu yang panjang dapat berakibat pada penumpukan peti kemas di lapangan, sehingga merugikan produktivitas terminal.

Kegiatan Penting di Depo

depo
Sumber: google.com
  • Menjaga Kebersihan Kontainer
  • Perawatan Kualitas Kontainer 
  • Tempat Penyimpanan Kontainer

Baca juga: Berapa Lama Status Departed From Transit? Ini Penjelasannya

Demikian artikel terupdate dari Everpro mengenai pembahasan lengkap dan ringkas mengenai salah satu istilah dalam pengiriman barang. Saat ini Anda sudah tahu arti dari kata tersebut, sehingga dapat menjadi penambah wawasan.

Semoga artikel ini memberikan manfaat bagi Anda yang sedang mencari referensi. Terima kasih sudah membaca! Nantikan juga artikel Everpro berkualitas lainnya, yang pastinya membantu perkembangan bisnis Anda.

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?