everpro

Ini Dia, Penjelasan Departure dalam Istilah Ekspedisi. Cek Disini!

Menurut terjemahan kamus Inggris – Indonesia, departure artinya adalah keberangkatan. Dalam istilah pengiriman, departure adalah suatu proses pengiriman barang yang memperlihatkan kondisi keberangkatan barang dari tempat asal (pengirim/penjual) menuju lokasi tertentu. Simak penjelasan lengkapanya disini.
departure

Masih bingung apa arti departure? Berikut penjelasan departure dalam istilah pengiriman. Simak sampai tuntas ya.

Segala hal yang berkaitan dengan transportasi memiliki istilah-istilah tersendiri untuk menjelaskan suatu kondisi. Begitupun dengan jasa pengiriman, yang memiliki istilah kode pengiriman.

Kode pengiriman tersebut menunjukkan kondisi keberadaan paket. Salah satunya adalah istilah yang berkaitan dengan departure.

Namun istilah ini sering juga terdengar untuk aktivitas lain, misalnya dalam penerbangan. Lantas apa arti departure dalam pengiriman barang?

Simak penjelasan berikut ini sampai selesai untuk menemukan jawabannya.

Departure Artinya Apa?

departure
Sumber: google.com

Menurut terjemahan kamus Inggris – Indonesia, departure artinya adalah keberangkatan. Arti lainnya adalah kepergian dan permulaan kebiasaan.  

Kata ini sering muncul dan berkaitan erat dengan istilah penerbangan. Dalam penerbangan, kata ini memiliki arti area keberangkatan.

Maksudnya adalah terdapat area khusus untuk penumpang gunakan sebagai area keberangkatan. Area ini merupakan tempat untuk penumpang melakukan check-in dan mendapat informasi seputar keberangkatan.

Tak hanya penerbangan, transportasi lainnya sering menggunakan kata ini untuk menunjukkan wilayah keberangkatan, contohnya adalah kereta api.

Everpro

Baca juga: Penjelasan Istilah Pengiriman: Delivery

Istilah Pengiriman – Departure Adalah?

departure
Sumber: pexels.com

Tak hanya dalam transportasi, kata ini juga terdapat dalam istilah pengiriman. Menurut istilah pengiriman, departure adalah suatu proses pengiriman barang yang memperlihatkan kondisi keberangkatan barang dari tempat asal (pengirim/penjual) menuju lokasi tertentu.

Biasanya istilah ini berada di tahap awal pengiriman. Dalam setiap jenis proses baik itu penerbangan maupun pengiriman, kata ini menandakan awal mula berangkatnya sesuatu atau seseorang menuju tempat tujuan tertentu. 

Baca juga: Arti Kata Delivered Pada Status Pengiriman Paket

Arti Departure Lainnya

departure
Sumber: pexels.com

Dalam pengiriman istilah departure terdapat dalam bentuk kata lain seperti ‘departed’ yang biasanya memiliki imbuhan seperti ‘to’ atau ‘from’ dan dilanjutkan dengan keterangan lokasi.

Berikut contoh penerapannya dalam istilah pengiriman:

  • Departure From Outward OE

Istilah ini terdapat apabila anda mengirimkan barang melalui layanan POS Indonesia, tepatnya EMS. EMS merupakan layanan untuk mengirim barang ke luar negeri, atau sebaliknya.

Arti dari istilah pengiriman ini adalah barang atau paket anda sedang berangkat dalam perjalanan pengiriman ke Indonesia. OE merupakan singkatan dari Official Exchange.

  • Departure From Inward OE Adpis

Masih merupakan istilah pengiriman dari EMS, status ini memiliki arti barang atau paket anda telah berangkat dari kantor pos di Bandara dan sedang dalam perjalanan ke kantor pos cabang.

  • Departed from Transit

Status ini merupakan istilah pengiriman yang akan sering anda lihat dari jasa kirim JNE. istilah ini menandakan bahwa paket yang sedang dalam proses pengiriman akan dipindahkan atau transit ke kota selanjutnya.

  • Departed to

Apabila anda menggunakan TIKI, anda akan melihat status ini pada awal proses pengiriman. Status ini memiliki arti bahwa paket atau barang anda sudah berangkat dari agen kota asal pengiriman.

Demikian penjelasan mengenai istilah departure dan penerapannya dalam status pengiriman.

Semoga informasi dari artikel ini bermanfaat untuk anda. Simak artikel informatif lainnya hanya di Everpro!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?