everpro

Penjelasan Istilah Pengiriman: Delivery

Dalam terjemahan Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia, delivery artinya adalah pengiriman. Merujuk pada konteks bisnis, kata ini memiliki arti proses pengangkutan atau pengiriman barang dari lokasi sumber ke lokasi tujuan, sesuai dengan alamat yang telah ditetapkan oleh pengirim. Simak penjelasan selengkapnya disini.
delivery

Apakah anda sedang mencari tahu arti delivery pada status pengiriman barang? Simak artikel tentang penjelasan delivery berikut ini.

Pada saat berbelanja online melalui marketplace atau platform lainnya, tentu anda akan menggunakan jasa pengiriman untuk menerima barang yang anda beli.

Pihak jasa ekspedisi ini akan memberikan update terkait kondisi pengiriman barang ke lokasi tujuan. Apabila anda menggunakan marketplace anda dapat melacaknya langsung melalui aplikasi platform tersebut.

Namun jika pengiriman barang secara individu, anda bisa melacak kondisi pengiriman melalui fitur cek resi di website resmi jasa pengiriman atau website alternatif seperti Everpro.

Dalam status pengiriman terdapat banyak kode atau istilah yang menjelaskan kondisi paket. Salah satunya adalah delivery. Berikut penjelasan lengkap mengenai status pengiriman ini.

Apa Arti Delivery?

delivery
Sumber: google.com

Dalam terjemahan Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia, delivery artinya adalah pengiriman. Merujuk pada konteks bisnis, kata ini memiliki arti proses pengangkutan atau pengiriman barang dari lokasi sumber ke lokasi tujuan, sesuai dengan alamat yang telah ditetapkan oleh pengirim.

Arti delivery dalam jasa pengiriman merupakan komponen dasar. Karena kata ini meliputi dua hal yaitu transportasi dan distribusi. 

Seperti yang kita ketahui jasa pengiriman dalam perdagangan memiliki peranan dalam mendistribusikan barang atau pesanan kepada pelanggan melalui moda transportasi yang tersedia.

Selain dalam perusahaan ekspedisi, kata pengiriman juga terkait dengan bisnis yang memiliki layanan ‘delivery’, seperti restoran untuk mengirimkan makanan, dan laundry untuk mengirimkan hasil cucian kepada pelanggannya.

Everpro

Baca juga: Penjelasan Istilah Pengiriman Barang – Arrived

Delivery Order Artinya

delivery
Sumber: pexels.com

Dalam berbisnis khususnya jual beli online anda akan sering menjumpai banyak istilah, salah satunya adalah delivery order yang berarti dokumen dari pihak penjual ke pihak jasa ekspedisi.

Dokumen tersebut berfungsi agar pihak pengiriman segera melakukan penjemputan atau pickup kemudian lanjut dengan proses mengirimkan barang ke lokasi tujuan. Dalam dokumen tersebut berisi informasi terkait pengirim dan penerima, serta barang kiriman seperti: nama, alamat, nomor telepon penerima, jenis barang dan jumlahnya, sistem pengiriman, dan kapan barang harus dikirim.

Tak jarang terdapat informasi atau catatan khusus mengenai kondisi barang seperti “barang pecah belah”. Umumnya, yang membuat dokumen ini adalah staf gudang atau inventori karena divisi ini yang mempersiapkan barang dan berkomunikasi langsung dengan kurir.

Kata ini erat kaitannya dengan status pengiriman. Berikut beberapa status pengiriman delivery dan pengertiannya:

Baca juga: Mengenal Istilah Pengiriman Barang : DC

  • Arti With Delivery Courier

delivery
Sumber: pexels.com

With delivery courier artinya adalah proses pengiriman barang yang telah berada di kurir dan sedang dalam perjalanan menuju lokasi penerima. Proses ini merupakan tahap akhir pengiriman. 

Karena barang sudah berada di kota tujuan dan kurir akan mengantarkan ke lokasi penerima sesuai alamat yang tercantum pada barang. Selanjutnya setelah penerima mendapatkan barang status akan berubah menjadi “telah dikirim”, “telah diterima oleh”, atau “delivered”.

  • Arti On Delivery

delivery
Sumber: pexels.com

Istilah pengiriman lainnya adalah on delivery yang artinya sedang dikirim. Frasa tersebut menandakan bahwa barang yang anda pesan sedang dalam proses pengiriman. 

Maksudnya terdapat beberapa kemungkinan kondisi dari status tersebut yaitu baru selesai pengemasan dan akan masuk ke gudang, atau pesanan sedang dalam perjalanan oleh kurir.

Biasanya status ini sering anda lihat jika berbelanja melalui marketplace Shopee. Status ini juga terdapat rincian informasi seperti nama kurir hingga keterangan waktu proses pengiriman barang. Anda dapat melihatnya langsung di aplikasi melalui fitur lacak pengiriman atau “Dikirim”.

Demikian penjelasan delivery dan arti dari beberapa status pengiriman barang terkait.

Semoga informasi dari artikel ini bermanfaat untuk anda. Simak artikel informatif lainnya hanya di Everpro!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?