everpro

Pengertian DO (Delivery Order) dan Contoh Surat Jalan Barang

Apa pengertian dari DO pada pengiriman barang? Simak ulasan artikel Everpro untuk mendapatkan jawaban lengkap mengeri Delivery Order.

Dalam aktivitas jual beli pada perusahaan ataupun penjual dan pembeli, terdapat sebuah surat jalan dari supplier tempat perusahaan memesan barang.

Supaya Anda dapat lebih memahaminya, kali ini Everpro telah membagi 3 pembahasan mulai dari pengertian, kepanjangan kata tersebut, dan contoh surat jalannya.

Baca juga: Penjelasan Istilah Pengiriman: Delivery

DO Artinya Apa?

do
Sumber: google.com

Suatu surat berharga yang menyatakan kepemilikan atas barang kiriman. Surat tersebut merupakan surat jalan sebagai kelengkapan proses pengiriman.

Surat jalan memiliki format dan rincian informasi yang harus selalu tercantumkan, proses pengiriman barang dapat terjadi antar perusahaan atau pelaku usaha pada konsumen.

Komponen di dalam surat jalan memiliki beberapa informasi yang dijadikan bukti legalitas kendaraan bermuatan untuk dapat melintas di jalan raya.

  • Nama barang yang mengirimkan barang atau paket
  • Jenis dan jumlah barang yang dibawa oleh supir
  • Keterangan pengiriman dan alamat tujuan barang

Apa Kepanjangan DO?

do
Sumber: google.com

Apa kepanjangannya yaitu Delivery Order yang merupakan sebuah dokumen sebagai surat perintah penyerahan barang pesanan dengan kesepakatan antara penjual dan pembeli.

Pada intinya, Delivery Order yaitu surat jalan yang berasal dari supplier dan terdiri dari 3 lembar kertas berwarna putih, kuning, dan merah.

  • Kertas Putih sebagai bukti transaksi pembelian
  • Kertas Kuning sebagai arsip bagi yang menerbitkan delivery order
  • Kertas Merah sebagai arsip bagi pemesanan barang

Contoh Surat DO Artinya

Nah, barusan Anda sudah mengetahui penjelasan tentang Delivery Order secara lengkap dan ringkas. Berikut ini merupakan beberapa contoh dari surat jalan sederhana yang bisa Anda jadikan sebagai referensi.

do
Sumber: google.com
do
Sumber: google.com

Baca juga: Arti Kata Delivered Pada Status Pengiriman Paket

Demikian ulasan ringkas dari artikel Everpro mengenai salah satu istilah yaitu Delivery Order pada surat perjalanan dalam proses pengiriman barang. Terima kasih sudah membaca! Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari referensi.

Picture of Nazma Fitria

Nazma Fitria

Nazma Fitria adalah seorang SEO Content Writer di blog Everpro dengan menulis artikel berbagai category seperti jasa ekspedisi, tips bisnis/usaha, glosarium pengiriman dan digital marketing.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya

Tips and Trik Kirim Paket

Pelajari lebih lanjut seputar tips and trik serta panduan untuk kirim paket hanya di Everpro.id. Ketahui beberapa informasi bermanfaat dan hal-hal penting yang harus diperhatikan