everpro

Penjelasan Istilah Door to Door dalam Pengiriman Barang

Menurut hasil terjemahan dari Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia door to door artinya adalah pintu ke pintu. Dalam konteks ekspedisi, arti door to door adalah sebuah layanan pengiriman dengan menjemput barang dari gudang atau tempat yang pengirim/penjual tentukan, kemudian pihak jasa ekspedisi akan mengantarkannya sampai ke tempat penerima atau pembeli. Simak selengkapnya disini.
door to door

Merasa familiar dengan istilah door to door tapi belum pasti artinya apa? Simak penjelasan arti door to door selengkapnya disini.

Dalam aktivitas pengiriman terdapat banyak istilah atau kode yang menggunakan bahasa asing. Istilah tersebut menggambarkan suatu proses atau kondisi dalam pengiriman.

Apabila anda sering menggunakan jasa pengiriman atau terlibat dalam prosesnya, pasti sering mendengar istilah door to door. Karena istilah tersebut merupakan jenis layanan dari jasa pengiriman.

Lantas apa sebenarnya arti dari istilah tersebut? Baca ulasan ini hingga tuntas untuk mendapatkan penjelasannya.

Arti Door to Door

door to door
Sumber: pexels.com

Menurut hasil terjemahan dari Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia door to door artinya adalah pintu ke pintu. Kata ini erat kaitannya dengan transportasi dan bahasa pengiriman.

Misalnya dalam layanan travel, kata ini memiliki arti mengantarkan penumpang dari pintu ke pintu. Maksudnya dari rumah atau lokasi penjemputan ke alamat tujuan spesifik. 

Jadi penumpang tidak perlu repot pergi ke pool atau lokasi travel untuk berangkat ke suatu tempat. Pihak transportasi travel yang akan menjemput dan mengantar penumpang sampai ke tujuan.

Baca juga: Arti Kata Destination dan Penerapannya dalam Istilah Pengiriman

Door to Door artinya Dalam Pengiriman Barang

door to door
Sumber: pexels.com

Dalam konteks ekspedisi, arti door to door adalah sebuah layanan pengiriman dengan menjemput barang dari gudang atau tempat yang pengirim/penjual tentukan, kemudian pihak jasa ekspedisi akan mengantarkannya sampai ke tempat penerima atau pembeli.

Everpro

Secara sederhana, istilah ini memiliki arti bahwa jasa ekspedisi akan mengirim barang langsung dari penjual ke tempat pembeli. Jadi pelanggan tidak perlu repot dengan prosedur pengiriman apapun.

Pada umumnya, layanan ini lebih dominan untuk jenis pengiriman dari luar negeri atau impor. Karena pengiriman ini menjadi jalur cepat bagi para importer untuk dapat menerima barang kiriman.

Namun layanan ini juga tersedia untuk proses pengiriman lainnya. Contohnya pada proses mengirim barang cargo yang memiliki jumlah banyak dan berukuran besar dari satu tempat ke tempat lainnya.

Manfaat Layanan Door to Door Bagi Perusahaan

door to door
Sumber: pexels.com

Hadirnya layanan ini dapat memberi manfaat bagi penggunanya. Begitupun dengan perusahaan yang dalam proses bisnisnya banyak membutuhkan kirim barang.

Berikut beberapa manfaat dari layanan ini:

  • Menghemat Pengeluaran

Manfaat pertama dari layanan ini adalah dapat menghemat biaya dalam proses pengiriman barang. Karena layanan pintu ke pintu ini membantu perusahaan anda dalam mengurangi waktu transit, dengan begitu dapat menghemat biaya.

  • Efisiensi Waktu

Dengan menggunakan layanan ini barang akan langsung dijemput dari lokasi pengirim ke tempat tujuan. Oleh karena itu anda bisa menghemat waktu karena tidak perlu melakukan proses pengiriman sendiri.

Anda tidak perlu meluangkan waktu khusus untuk mengantarkan barang kiriman ke agen. Dengan begitu, anda dapat memanfaatkan waktu tambahan tersebut untuk hal lain yang lebih penting seperti fokus mengembangkan strategi bisnis.

  • Proses Pengiriman Menjadi Lebih Cepat

Salah satu manfaat yang bisa anda dapatkan adalah proses pengiriman yang akan terasa lebih cepat. Hal ini karena pihak ekspedisi akan menjemput paket dari lokasi yang anda tentukan dan langsung mengirimkan ke tempat penerima, tanpa melewati beberapa tempat lain.

  • Pengiriman Menjadi Lebih Sederhana

Manfaat lain dari jenis layanan ini adalah proses pengiriman yang jadi lebih sederhana. Alasannya adalah karena anda tidak perlu repot mengantar barang ke agen untuk bisa dikirimkan.

Semua proses pengiriman dapat anda serahkan ke pihak jasa kirim ini yang akan menjemput dan mengantarkan barang anda sampai ke alamat tujuan.

Baca juga: Pengertian DO (Delivery Order) dan Contoh Surat Jalan Barang

Perbedaan Door to Door dan Port to Port

door to door
Sumber: pexels.com

Dalam bahasa ekspedisi anda juga akan sering mendengar istilah Port to Port. Lantas apa perbedaannya dengan layanan pintu ke pintu?

Layanan Port to Port merupakan proses pengiriman dari tempat agen/ekspedisi kemudian diantarkan sampai ke agen kota tujuan. Jadi penerima yang mengambil sendiri barang kiriman ke lokasi agen.

Port to port ini adalah kebalikan dari layanan pintu ke pintu. Karena proses pengiriman hanya dari kantor agen pengirim ke kantor agen tujuan. 

Jadi pengirim yang harus mengantarkan paket, kemudian penerima juga yang harus mengambil paket yang telah sampai di agen tujuan.

Demikian penjelasan door to door dalam istilah pengiriman barang.

Semoga informasi artikel ini bermanfaat untuk anda. Simak artikel bermanfaat lainnya hanya di Everpro

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?