everpro

Dummy Adalah: Definisi dan Fungsi dalam Pengiriman

Memang apa arti dummy dalam pengiriman barang? Simak penjelasan berikut ini untuk memahami artinya.

Dalam dunia ekspedisi terdapat banyak istilah. Istilah-istilah tersebut menggambarkan konsep, proses, keadaan, atau sifat yang khas dalam ekspedisi.

Begitupun dengan dummy yang merupakan salah satu istilah dalam pengiriman barang. Banyak yang masih belum mengenal dengan istilah ini, karena kata ini tidak muncul dalam status pengiriman.

Lantas apa yang dimaksud dengan dummy? Baca ulasan berikut untuk memahaminya.

Baca juga: Penjelasan Istilah Pengiriman: Delivery

Dummy Adalah?

dummy
Sumber: google.com

Berdasarkan kamus terjemahan Inggris – Indonesia, dummy adalah contoh, boneka, palsu, dan tiruan. Adapun mengutip dari KBBI, contoh berarti barang atau sebagian dari barang yang rupa, macam, dan keadaannya sama dengan semua barang yang ada.

Sedangkan melansir dari dictionary.com kata ini memiliki definisi “a representation or copy of something, as for displaying to indicate appearance”.

Jika menerjemahkannya dalam Bahasa Indonesia maka arti dummy adalah representasi atau salinan dari sesuatu, maksudnya bertujuan untuk menunjukkan penampilan.

Apabila melihat dari kata sifat, maka pengertian dummy adalah mencatat yang berkaitan dengan imitasi, salinan, atau representasi. 

Data Dummy Artinya?

data sampel
Sumber: google.com

Data dummy adalah suatu data yang pembuatannya untuk kebutuhan uji coba atau contoh yang dapat seperti data asli, namun berhubungan atau hanya perkiraan konsultan.

Pembuatan data ini serupa dengan aslinya, namun isinya sendiri fiktif. fungsi data tiruan ini untuk mengetahui apakah skrip untuk mengekstrak data tampil seperti yang diharapkan.

Apabila output data masih tidak sesuai harapan, maka kemungkinan masih terjadi error atau bug.

Data dummy artinya adalah data palsu sebagai data sampel atau contoh, yang sangat berguna dalam mengembangkan aplikasi ketika anda membutuhkan data sampel.

Penggunaan data ini adalah sebagai data percobaan saat programmer sedang menciptakan sistem informasi atau aplikasi yang sering membutuhkan data sampel untuk pengolahan sistem tersebut.

Tentu sulit jika programmer harus memasukkan data satu per satu hanya untuk uji coba. Oleh karena itu, menggunakan informasi data dummy jauh lebih mudah karena tidak perlu memikirkan nama, alamat, atau hal lainnya.

Apa Itu Dummy dalam Beberapa Industri

dummy
Sumber: google.com

Banyak yang menerapkan kata ini sebagai istilah dalam suatu kondisi di beberapa jenis industri. Berikut beberapa diantaranya:

  • Kesehatan

Dalam istilah kesehatan, kata ini menunjukkan bahwa suatu bentuk pengobatan dengan maksud untuk tidak memberikan pengaruh apapun pada pengguna. Namun meniru obat yang diuji dalam segala hal, kata lain dari kata ini dalam istilah kesehatan adalah plasebo.

  • Percetakan

Dalam dunia percetakan istilah ini memiliki arti sebuat versi kosong dari dokumen cetakan, mengusulkan dan memproduksi tiruan ini untuk menunjukkan contoh rancangan yang ingin dibuat.

Fungsinya adalah untuk membantu klien maupun perusahaan dalam mengetahui jumlah halaman, rancangan desain, serta menentukan rubrik apa saja yang akan terdapat di dalamnya.

  • Teknologi Informasi

Sedangkan dalam Teknologi Informasi, menggunakan istilah dummy package. Bersumber dari Wiki Debian, adapun dummy artinya adalah paket kosong yang pembuatannya bertujuan untuk menghindari sistem dependensi atau mengekspresikan dependensinya sendiri.

Baca juga: Penjelasan Istilah Door to Door dalam Pengiriman Barang

  • Desain

Kemudian istilah dummy juga ada dalam bidang desain, lho. Dummy disebut sebagai dummy packages dalam desain. Istilah ini merupakan istilah yang digunakan pada prototipe desain yang diberikan oleh desainer kepada client.

Hal ini bertujuan agar client agar memberikan evaluasi atau revisi terhadap desain tersebut. Dapat dikatakan ini mirip dengan mock up.

Arti Dummy dalam Pengiriman

dummy
Sumber: pexels.com

Kata ini juga terdapat dalam istilah pengiriman barang. Biasanya penggunaannya adalah dalam resi, yaitu dengan memberikan resi dummy sebagai nomor pengiriman.

Penggunaan nomor resi tiruan ini bermaksud untuk proses dan status pengiriman tetap berjalan. Contoh kejadiannya apabila penjual menggunakan resi Corporate Partner, sehingga proses update membutuhkan beberapa waktu.

Kemudian setelah mendapat update maka akan diganti dengan nomor resi sebenarnya.

Sinonim dan Antonim Dummy

Agar semakin memahami arti dummy, maka bisa memperhatikan juga sinonim atau persamaan, serta antonim atau lawan katanya.

Sinonim

  • Copy, artinya adalah menyalin atau salinan.
  • Maneken, yang artinya boneka seluruh tubuh atau setengah badan untuk peraga.
  • Duplicate, artinya adalah duplikasi.
  • Figure, hasil terjemahannya adalah sosok atau tokoh.
  • Imitation, yang dalam terjemahan Bahasa Indonesia artinya imitasi atau tiruan.
  • Counterfeit, artinya adalah palsu atau tiruan.
  • Model, memiliki arti contoh atau teladan.

Antonim

  • Original, artinya adalah asli atau orisinil.
  • Entity, memiliki arti kesatuan atau wujud.
  • True, dari terjemahan Bahasa Indonesia artinya adalah benar atau sejati.
  • Real, arti dari kata ini adalah nyata
  • Legitimate, memiliki arti sah atau absah.

Demikian penjelasan dari pengertian dummy dalam istilah pengiriman.

Semoga informasi dari artikel ini bermanfaat untuk anda. Simak artikel informatif lainnya hanya di Everpro!

Picture of Melati Yudizwara

Melati Yudizwara

Seorang SEO Content Writer dengan latar belakang pendidikan di bidang akuntansi dan memiliki pengalaman sebagai Sekretaris Marketing. Mengasah kemampuan menulis, mengedit, dan mengelola konten sesuai standar SEO. Kemampuan tersebut dapat dibuktikan dengan hasil konten berkualitas yang mudah ditemukan di mesin pencari.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya