everpro

Apa Itu Ekspedisi? Berikut Penjelasan Ekspedisi dalam Bisnis

Berdasarkan penjelasan dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ekspedisi adalah pengiriman surat, barang, dan sebagainya. Dalam dunia bisnis, ekspedisi adalah pemindahan barang atau paket secara fisik dari satu titik ke titik lainnya. Misalnya pemindahan barang jualan dari gudang penjual ke lokasi pembeli. Simak penjelasan lengkapnya disini.
ekspedisi

Apa yang dimaksud ekspedisi dalam pengiriman barang? Simak artikel yang akan membahas tentang arti dan penjelasan ekspedisi lainnya.

Dalam dunia bisnis terdapat banyak istilah atau sebutan untuk menggambarkan suatu kondisi dan proses. Termasuk salah satunya adalah ekspedisi.

Kata ekspedisi sendiri memiliki banyak arti yang luas dan terdapat dalam penggunaan beberapa istilah. Begitupun dalam dunia logistik, kata ini sangat erat kaitannya karena merupakan kata dasar dalam istilah logistik.

Lantas apa arti ekspedisi pengiriman? Baca ulasan berikut sampai tuntas untuk memahami artinya.

Apa Itu Ekspedisi?

ekspedisi
Sumber: pexels.com

Berdasarkan penjelasan dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ekspedisi adalah pengiriman surat, barang, dan sebagainya. 

Arti lainnya adalah perusahaan pengangkutan barang, salinan yang sama bunyinya, perjalanan ilmiah di suatu daerah kurang dikenal, dan pengiriman tentara untuk memerangi musuh.

Menurut Wikipedia kata ini dapat merujuk ke berbagai istilah meliputi: 

  • Melakukan perjalanan untuk tujuan tertentu, biasanya penjelajahan dan/atau penelitian.
  • Militer.
  • Buku fiksi ilmiah.
  • Pengiriman atau pengangkutan barang.

Secara umum, ekspedisi artinya melakukan perjalanan terorganisasi untuk tujuan tertentu. Contohnya, ekspedisi sekelompok ilmuwan AS di Antartika yang meneliti lapisan es terapung terbesar di dunia untuk mencari tahu penyebab es mencair dan apa dampaknya.

Baca juga: Pengertian Drop Off Paket di Jasa Pengiriman

Everpro

Pengertian Ekspedisi dalam Dunia Bisnis

ekspedisi
Sumber: pexels.com

Kata ini juga erat kaitannya dalam dunia bisnis, pengertian ekspedisi lebih condong pada kegiatan pengiriman barang. Perusahaan atau jasa yang menyediakan layanan pengiriman barang juga disebut ekspedisi.

Singkatnya dalam dunia bisnis, ekspedisi adalah pemindahan barang atau paket secara fisik dari satu titik ke titik lainnya. Misalnya pemindahan barang jualan dari gudang penjual ke lokasi pembeli.

Dalam perekonomian ekspedisi merupakan hal yang penting, karena memiliki andil dalam perputaran barang yang tentunya menghidupkan perputaran uang di pasar. Maka dari itu penting adanya perusahaan pengiriman untuk melancarkan perputaran tersebut.

Karena tidak semua produsen atau perusahaan manufaktur mampu mengirimkan sendiri produknya. Oleh karena itu, hadirnya jasa pengiriman menjadi sarana untuk memudahkan kebutuhan kirim barang.

Arti Ekspedisi Sebagai Jasa Pengiriman

ekspedisi
Sumber: pexels.com

Karena sistem pengiriman barang terkadang rumit, banyak distributor atau produsen yang menggunakan jasa ekspedisi untuk memudahkannya. 

Pengiriman barang ini meliputi berbagai proses seperti pengepakan, dan menjaga keamanan barang. Semua kegiatannya terkontrol oleh perusahaan penyedia jasa pengiriman.

Dari sekian banyak jenis bisnis, ecommerce dan marketplace yang paling banyak menggunakan jasa pengiriman. Karena jasa pengiriman ini menjadi sarana pendistribusian barang pesanan ke alamat konsumen.

Pengiriman ekspedisi adalah proses mengirim barang, dimana jasa ekspedisi akan menggunakan berbagai armada transportasi, serta beberapa jalur pengiriman.

Transportasi merupakan hal yang vital dalam jasa pengiriman, karena inilah cara utama untuk mengirimkan barang. Penggunaannya pun berdasarkan kebutuhan pengiriman.

Untuk mengirim barang berskala kecil sampai besar dan masih dalam satu pulau biasanya menggunakan transportasi darat. Sedangkan pengiriman menuju lokasi yang jauh seperti di luar pulau akan menggunakan jalur laut.

Anda bisa juga mengirimkan barang ke luar negeri dengan jasa pengiriman yang menyediakan layanan tersebut, maka akan menggunakan transportasi jalur udara.

Adapun alasan penggunaan jasa pengiriman baik untuk perorangan atau perusahaan adalah sebagai berikut:

  • Dapat Mengirimkan Lebih Cepat

Saat memiliki toko online akan ada banyak hal yang perlu anda perhatikan, mulai dari mengoptimalkan pemasaran, strategi bisnis, dan melayani pelanggan. Selain itu anda juga harus menyiapkan barang pesanan dan mengemasnya.

Hal tersebut tentu menyita banyak waktu dan akan kesulitan jika anda yang harus mengirimkannya juga. Maka dengan menggunakan jasa pengiriman anda bisa mengirim barang pesanan dengan lebih efisien dan efektif.

Karena pihak pengiriman akan mengirimkan barang sampai ke alamat tujuan. Hal ini tentu lebih cepat dari pada anda yang harus kirim sendiri.

  • Memiliki Area Cakupan yang Luas

Dengan menggunakan jasa pengiriman anda juga dapat mengirim barang atau paket ke berbagai wilayah. Karena jasa pengiriman sudah memiliki infrastruktur khusus untuk menunjang pengiriman barang ke sejumlah wilayah.

Hal ini juga bisa menguntungkan pemilik toko online karena dapat menjangkau pasar lebih luas. Sebagai kebutuhan pengiriman individu juga akan terbantu karena bisa mengirim ke banyak daerah.

  • Dapat Memantau Proses Pengiriman

Manfaat lain yang bisa anda dapatkan dengan menggunakan jasa ekspedisi dalam pengiriman barang adalah dapat melacak status pengiriman. Tujuan dari mengirimkan barang adalah agar barang tersebut sampai ke tujuan dengan cepat dan aman.

Anda dapat melacak nomor resi untuk memantau kondisi pengiriman, sehingga lebih menenangkan penerima karena tahu posisi pengirimannya.

Baca juga: Penjelasan Istilah Door to Door dalam Pengiriman Barang

Apa yang Dimaksud dengan Ekspedisi dan Bagaiman Cara Kerjanya?

ekspedisi
Sumber: pexels.com

Seperti pembahasan sebelumnya, ekspedisi merupakan perusahaan logistik yang menyediakan layanan pengiriman barang menggunakan berbagai moda transportasi dari lokasi tujuan ke lokasi penerima.

Dalam jasa pengiriman cara kerjanya terbagi dalam beberapa tahapan, antara lain berikut ini:

  • Mengatur Jenis Barang yang Dapat Dikirim

Dalam mengirimkan barang tentu terdapat beberapa jenis yang tidak boleh dikirim baik berdasarkan hukum maupun undang-undang. Maka pihak pengiriman akan membuat syarat dan ketentuan proses pengiriman dan barang apa saja yang tidak bisa dikirim.

  • Proses Pengemasan Barang

Mengirimkan barang ke suatu wilayah perlu melakukan pengemasan terlebih dahulu. Fungsinya adalah agar barang kiriman sampai ke lokasi tujuan dengan kondisi yang aman.

Maka pengemasan ini sangat berpengaruh dalam cara kerja pengiriman barang. Biasanya pelanggan yang bertanggung jawab mengemas barang kirimannya sendiri.

Namun saat ini, beberapa jasa pengiriman sudah menyediakan layanan packing atau pengemasan barang.

  • Mengurus Surat-Surat Terkait

Dalam proses pengiriman barang biasanya terdapat beberapa pihak yang terkait. Maksud dari mengurus surat-surat adalah menyelesaikan izin dan administrasi.

Tujuannya yaitu agar pengiriman berjalan lancar dan sesuai prosedur birokrasi. Seperti misalnya pengiriman dari/ke luar negeri biasanya ada perizinan bea cukai dan pihak lain yang harus diuruskan.

Pihak jasa pengiriman yang akan mengurus keperluan administrasi dan izin tersebut, anda sebagai pelanggan cukup menyediakan informasi yang mereka butuhkan.

  • Memilih Moda Transportasi

Setelah itu jasa pengiriman akan menentukan jenis moda transportasi untuk mengirimkan barang. Biasanya untuk barang berskala kecil akan dikumpulkan dan melakukan pengiriman sekaligus berdasarkan tujuan yang sama.

Terdapat berbagai jenis transportasi yang tersedia meliputi truk, mobil, tronton, pesawat, kapal, dan masih banyak lagi. Penggunaan armada biasanya berdasarkan jenis barang kiriman.

Contoh Ekspedisi

contoh jasa pengiriman
Sumber: pexels.com

Banyak yang menggunakan kata ekspedisi dalam berbagai bidang. Baik itu dalam keilmuan, dunia bisnis, dan militer.

Misalnya dalam ilmiah, contoh ekspedisi adalah kegiatan penelitian dari sekelompok ilmuwan di Antartika dalam meneliti lapisan es untuk mengetahui penyebab es mencair dan dampaknya pada kenaikan permukaan laut.

Sedangkan dalam dunia logistik, contoh ekspedisi adalah perusahaan jasa pengiriman seperti: JNE, JNT, Sicepat, TIKI, Indah Logistik, POS Indonesia, dan masih banyak lagi.

Demikian penjelasan mengenai ekspedisi dari mulai arti, fungsi, hingga contohnya.

Semoga pembahasan dari artikel ini memberikan manfaat untuk anda.

Simak artikel informatif lainnya hanya di Everpro!

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?