everpro

Berkarya sambil Berbisnis Ini 15 Ide Bisnis Kreatif yang Booming

Berkarya sambil berbisnis, Emang bisa ? Berikut ini adalah 15 ide bisnis kreatif yang booming dan menghasilkan untung besar cocok untuk kaum milenial ataupun Genz z.

Bekerja sesuai dengan passion, pernah dengan soal ini. Yap kalimat tersebut cocok untuk menggambarkan kondisi anak muda di Indonesia saat ini. 

Sebagian besar bekerja bukan hanya sekedar upaya untuk mencari nafkah tapi untuk mengejar passion dan juga apakah bisa menciptakan sesuatu yang bermanfaat untuk orang lain.  

Adanya fenomena tersebut ternyata dapat berjalan secara berkesinambungan dampak dari Indonesia memberlakukan sistem perdagangan bebas (MEA) orang-orang mulai berinovasi untuk melakukan bisnis secara kreatif.

Apa itu Bisnis Kreatif

Bisnis kreatif menciptakan ide atau inovasi serta pengetahuan dari sumber daya manusia. Pengembangan ide tersebut biasanya dalam lingkup seni, design, musik dan lainnya. 

Bukan hanya untuk mendapatkan profit adanya bisnis ini juga menyediakan lapangan kerja berkualitas dan memiliki dampak sosial. 

Peluang Bisnis Kreatif di Indonesia

Indonesia memiliki peluang bagi bisnis kreatif yang tinggi. Dengan meningkatnya apresiasi terhadap ide dan bentuk kreativitas berbagai sektor seperti seni, desain, dan kecantikan, fashion, musik  dan  masih banyak lagi. 

Apalagi saat ini ada institusi pendidikan seperti Universitas Indonesia dan Binus yang juga membuka prodi D4 lulusan bisnis kreatif (Biskref) maka mendukung untuk terus tumbuhnya ekosistem untuk bisnis ini di Indonesia. 

Selain bisnis kreatif baca juga artikel berikut yang membahasa tentang jenis-jenis usaha kelompok yang ada di Indonesia

Baca : 5 Contoh dan Jenis Usaha Kelompok yang ada di Indonesia, Anda Harus Tahu!

15 Contoh Bisnis Kreatif

Berikut adalah 15 ide contoh bisnis kreatif yang cocok untuk milenial dan juga gen z yang memiliki passion atau hobi tertentu yang bisa untung tinggi.

1. Atelier Kreasi Handmade 

Bisnis kreatif yang pertama adalah atelier bisa juga lokakarya atau bengkel tempat membuat berbagai kreasi kerajinan tangan.

Saat beberapa daerah di perkotaan khususnya ada banyak yang membuka jasa ini.

Nantinya pengunjung akan mendapatkan satu paket peralatan untuk membuat berbagai jenis kerajinan tangan contoh membuat tembikar dan juga melukis, membuat gelang dan baju. 

Membuat kerajinan sembari mengobrol dengan orang merupakan salah satu aktivitas yang banyak dilakukan oleh untuk rehat sejenak dari pekerjaan.

Ada banyak orang yang memposting konten day in my life membuat kerajinan sembari wisata yang kemudian booming di sosial media dan ternyata mendapat respon positif dan banyak orang tertarik.

Adanya demand tersebut menjadi peluang yang tinggi untuk membuka usaha kreatif seperti ini.

Lokakarya membuat tembikar
Sumber: Canva.com

2. Content Writing 

Untuk Anda yang memiliki passion dalam penulisan dan juga blogger bisnis kreatif content writing cocok untukmu. 

Jasa penulisan artikel atau konten blog untuk individu atau perusahaan banyak dicari saat ini. 

Adanya perubahan dalam segi marketing yang saat ini mulai mempertimbangkan chanel organik seperti website. 

Apalagi setelah masa pandemi ada banyak orang yang bekerja dari rumah jadi Anda tidak perlu harus ke kantor. 

Ada banyak sekali lowongan content writing freelance atau pun beberapa media yang akan memberikan Kita fee jika membuat tulisan untuk nanti diposting di website tersebut seperti IDN Media dan Mojok.com.

Jasa ini dibutuhkan oleh  perusahaan, karena mereka membutuhkan konten berkualitas tinggi untuk meningkatkan visibilitas dan aktivitas online mereka.

3. Fotografer dan Video Director

Jasa fotografer dan video director adalah jasa yang sangat banyak dibutuhkan. 

Ada banyak tawaran layanan fotografi untuk acara pernikahan, wisuda ataupun event tertentu yang membutuhkan jasa dokumentasi yang biasanya juga sepaket dengan video director yang mengedit video kegiatan tersebut. 

Selain mengedit video, seorang video director juga banyak mendapatkan tawaran untuk syuting pembuatan video untuk produk iklan. 

Jadi yang mempunyai keterampilan dalam membuat visualisasi kreatif dapat membantu memasarkan produk atau layanan dengan lebih efektif.

4. MUA (Make Up Artis)

Beautypreneur adalah orang yang bekerja dalam bidang kecantikan. Ide bisnis kreatif selanjutnya adalah masuk kedalam industri tersebut yaitu menjadi seorang  MUA (make up artis). 

Keterampilan dalam make up setiap orang memiliki ciri dan seni yang berbeda-beda, ini yang kemudian membentuk sebuah citra atau image make up tertentu.

Menyediakan jasa makeup profesional untuk acara khusus pernikahan, lamaran, wisuda atau kegiatan sehari-hari yang mewajibkan untuk berpenampilan menarik.

Selain membuka jasa make up, Anda juga bisa membuka kelas belajar make up sesuai dengan teknik yang biasa dilakukan dan hasil dari bisnis tersebut juga cukup menjanjikan, banyak perempuan yang berani membayar dengan tarif tertentu agar bisa terlihat cantik dan percaya diri.

Bisnis Kreatif MUA
Sumber: Canva.com

5. Pembuat Souvenir Pernikahan 

Bisnis kreatif yang satu ini masih berkaitan dengan skill membuat karya hasil buatan tangan kreatif yaitu membuat souvenir pernikahan. 

Jasa pembuatan souvenir kreatif untuk pernikahan atau acara khusus lainnya sangat banyak dicari, apalagi saat ini ada banyak calon pengantin yang ingin membuat souvenir yang unik.

Manfaatnya dapat memberikan kenangan yang unik dan personal bagi pasangan yang menikah.

6. Jasa Desain Grafis

Bukan hanya perusahan besar beberapa usaha kecil miliki pribadi pun membutuhkan jasa desain grafis. Kebutuhan tersebut untuk keperluan branding, promosi, atau desain lainnya.

Anda bisa memanfaatkan sosial media atau website untuk menawarkan jasa lewat portofolio desain yang sudah anda buat sebelumnya. 

Desain yang kuat dapat membantu merek atau bisnis mendapatkan perhatian dan mengkomunikasikan pesan dengan baik.

7. Nail Arts

Bisnis kreatif selanjutnya adalah menjadi seorang nail arts. Menyediakan jasa seni menghias kuku dan juga membuat kuku palsu custom yang kreatif dan unik sesuai permintaan customer mempunyai nilai jual yang tinggi. 

Saat ini keindahan kuku menjadi sebuah kebutuhan juga jadi bukan hanya kuku yang sehat tapi juga cantik. Selain sebagai untuk mempercantik diri bisa juga sebagai bentuk self love untuk menghargai diri sendiri. 

Penggunaan hiasan kuku ini bisa meningkatkan kepercayaan diri dan memberikan pelanggan pengalaman unik dalam perawatan kecantikan.

Bisnis Kreatif Nail Arts
Sumber: Canva.com

8. Membuat Merchandise Custom

Untuk para pecinta kpopers merchandise custom non official dengan bentuk yang unik dan lucu sangat banyak peminatnya.

Jika Anda memiliki kemampuan dalam mendesain bentuk merchandise untuk beberapa idol kpop seperti kaos, topi, cahol foto card dan lainnya cukup menjanjikan.

Anda bisa memanfaatkan sosial media yang  Anda punya untuk memasarkan produk tersebut. Untuk memulai usaha bisa dengan sistem PO terlebih dahulu. 

9. Peracik Parfum

Indonesia menjadi negara penghasil paculi paling banyak yang kualitasnya bagus dan banyak di ekspor ke luar negeri.

Paculi adalah bahan paling penting dalam pembuatan parfum dengan merek terkenal seperti Dior, Jo Malone, Diptyque dan lain-lain. 

Beruntungnya saat ini industri parfum di Indonesia semakin berkembang. Ada banyak merek parfum lokal yang juga kualitasnya tidak kalah dengan produk import seperti HMS, Minyak Atsiri, Mine dan banyak lagi.

Selain itu sebagai peracik parfum anda bisa membuat komposisi inspired by parfum apa untuk usaha kelas menengah yang juga banyak peminatnya.

Membuat parfum dengan aroma yang kreatif dan unik dapat memberikan pelanggan pengalaman berbeda dalam pemilihan wewangian yang sesuai dengan kepribadian mereka.

10. Florist

Ide bisnis kreatif di bidang florist yang bisa kamu coba juga, lho. Terlebih, banyak orang biasanya membutuhkan bouquet bunga saat hari valentine, wisuda, hari ibu, atau hari perayaan lainnya. Bahkan di marketplace pun ada banyak yang menjual produk buket bunga ini. 

Ada banyak peminatnya namun beberapa customer memiliki kendala untuk pengantaran yang hanya menyediakan pengiriman same day.

Oleh karena masih minimnya keberadaan bisnis ini di beberapa daerah sehingga memiliki peluang yang tinggi  untuk memulai bisnis ini. 

Ide Bisnis Kreatif Pembuat Bucket Bunga
Sumber: Canva.com

11. Tato Artis

Pekerjaan di bidang seni ini bisa jadi bisnis yang menjanjikan. Saat ini orang-orang mulai memiliki pemikiran yang lebih terbuka soal tato, ataupun orang yang bertato. 

Menjadi tato artis untuk membuat tato sementara yang hanya bisa bertahan dalam beberapa bulan bisa 

Jadi bisnis kreatif yang menghasilkan.

12. Personal Coloring Test

Bisnis kreatif selanjutnya baru booming setahun terakhir ini, yaitu sebagai ahli untuk personal coloring test. Awalnya ini terkenal karena konten creator asal korea yang banyak melakukan test ini, bahkan para selebriti pun mencoba test ini.

Personal color test sendiri adalah tes untuk mengetahui warna yang cocok dari segi riasan (make up), rambu hingga pakaian untuk setiap orang.

Dampaknya banyak yang penasaran dan tertarik untuk mencoba, bahkan beberapa influencer Indonesia ada yang jauh-jauh pergi ke Korea Selatan untuk mencoba test ini.

Saat ini pun ada beberapa orang yang memulai bisnis ini, minimnya sumber daya manusia bisa menjadi peluang Anda yang memang memiliki keterampilan di bidang ini. 

Bisnis Kreatif Ahli Personal Color Test
Sumber: Google.com/bersosial

13. Pembuat Mural

Pekerja seni sebagai pembuat mural juga punya peluang untuk dalam industri kreatif. Saat ini ada banyak usaha yang memang berjalan secara offline membutuhkan jasa pembuat mural menghias dinding sesuai konsep yang diinginkan.

Selain itu juga ada beberapa brand yang menggunakan jasa ini untuk membuat mural di tembok publik umum untuk kebutuhan branding dan promosi. 

14. Event Organization

Event organization adalah bisnis kreatif  di industri kreatif yang menyediakan layanan perencanaan dan pelaksanaan acara kreatif. Jasa ini membantu klien untuk mengorganisir acara yang berkesan dan unik sesuai dengan tema atau konsep tertentu.

Bisnis event organizer adalah jenis bisnis kreatif yang membutuhkan banyak orang untuk mengeksekusi acaranya.  Sehingga ini bisa membuka lapangan pekerjaan untuk beberapa orang. 

15. Cemilan Unik

Ide bisnis kreatif yang satu ini merupakan sesuatu yang umum, namun jangan berkecil hati dengan Anda membuat suatu kreasi makanan ringan yang menarik perhatian bisa mendatangkan omset yang tinggi. 

Saat ini ada banyak sekali tren membuat dan menjual cemilan yang unik, mungkin dengan rasa atau bentuk yang kreatif. Anda bisa memanfaatkan sosial media ataupun marketplace untuk memasarkan produk nantinya. 

itulah 15 ide bisnis kreatif yang cocok untuk anak muda mulai dari milenial dan Gen Z. Dengan kreativitas dan semangat yang dimiliki, anak muda ini bisa sukses berbisnis dan mewujudkan impian mereka.

Untuk membuat bisnismu berkembang dan mendapatkan hasil pendapatan yang tinggi, Artikel berikut ini bisa membantumu untuk membuat bentuk promo yang menarik.

Baca Juga : 15 Ide Promo yang Menarik untuk Meningkatkan Penjualan

 

 

Fenti Perniawati

Fenti Perniawati

Seorang Junior SEO Content Writer, aktif menulis dan mengedit artikel yang berkaitan dengan Bisnis dan Digital Marketing untuk Blog Everpro. Pernah mengerjakan project SEO mulai dari research keyword, produksi content blog dan reporting untuk website otourism.id. Saya terus belajar untuk membuat artikel yang dapat bermanfaat bagi orang lain. Semoga lewat tulisan artikel yang saya buat, kita bisa saling belajar dan menemukan sudut pandang baru.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya