everpro

Wow, 20+ Jenis Ide Produk Jualan Online, Bikin Laris!

Ide produk jualan online – memang tidaklah mudah, namun harus seringkali di coba dengan berbagai cara. Berani mencoba adalah salah satu kunci kesuksesan, karena setiap orang punya keunikan tersendiri dalam menjalankan bisnisnya. Yuk simak info selengkapnya di bawah ini.

Langkah Belajar Membangun Ide Produk

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat di lakukan untuk membangun ide produk yang sukses di pasar online:

Identifikasi Kebutuhan Pasar

Lakukan riset pasar untuk mengetahui kebutuhan dan keinginan target pasar teman-teman. Identifikasi masalah yang dapat di selesaikan dengan produk.

Kembangkan Ide Produk

Gunakan informasi yang telah di peroleh dari riset pasar untuk mengembangkan ide produk yang dapat memenuhi kebutuhan pasar. Pertimbangkan keunikan produk dan cara membuatnya menonjol di pasar yang ramai.

Buat Prototipe Produk

Buatlah prototipe atau sampel produk yang dapat di uji oleh calon konsumen. Pertimbangkan kembali keunikan produk dan pastikan prototipe tersebut dapat memberikan pengalaman pengguna yang baik.

Lakukan Pengujian Produk

Lakukan pengujian produk pada sekelompok pengguna awal untuk mengetahui seberapa efektif produk dan memperbaikinya sesuai dengan umpan balik mereka.

Buat Situs Web dan Media Sosial

Buat situs web dan akun media sosial untuk memperkenalkan produk kepada publik. Pastikan konten yang di sajikan informatif dan menarik.

Lakukan Pemasaran Online

Gunakan berbagai strategi pemasaran online untuk meningkatkan visibilitas produk di antara target pasar Anda. Pertimbangkan untuk menggunakan iklan PPC, iklan display, email marketing, dan media sosial.

Terus Mengembangkan Produk

Teruslah mengembangkan produk untuk mengatasi masalah yang muncul dan memenuhi kebutuhan pasar yang terus berubah.

Pantau Kinerja Produk

Pantau kinerja produk secara teratur untuk mengetahui bagaimana produk teman-teman di terima di pasar dan menyesuaikan strategi sesuai kebutuhan.

Baca juga: Tips! Agar Usaha Online Shop Terlaris di Media Sosial

Fokus Riset Pasar Ide Produk Jualan Online

ide produk jualan online
Sumber: pexels.com

Melakukan riset pasar sangat penting untuk mengetahui kebutuhan dan keinginan pelanggan sehingga produk yang di buat dapat sesuai dengan kebutuhan pasar yang ada.

Manfaat Lakukan Riset Pasar

Beberapa manfaat dari melakukan riset pasar adalah sebagai berikut:

  1. Mengetahui preferensi pelanggan: Riset pasar dapat membantu mengetahui preferensi pelanggan terkait dengan produk yang ingin mereka beli, seperti fitur produk, harga, kualitas, dan merek.
  2. Mengetahui kebutuhan pasar: Riset pasar dapat membantu mengetahui kebutuhan pasar yang belum terpenuhi, sehingga dapat menjadi peluang untuk menciptakan produk yang baru.
  3. Mengetahui pesaing: Riset pasar dapat membantu mengetahui pesaing yang ada di pasar, seperti produk yang mereka tawarkan, harga, kualitas, dan strategi pemasaran.

Contoh Metode Riset Pasar

Beberapa contoh metode riset pasar yang dapat di gunakan adalah:

  1. Survei online atau telepon: Survei dapat di lakukan dengan cara mengirimkan kuesioner online atau melalui telepon untuk mendapatkan data dari pelanggan terkait preferensi dan kebutuhan mereka.
  2. Wawancara langsung: Wawancara dapat di lakukan dengan cara langsung bertemu dengan pelanggan untuk mendapatkan informasi terkait preferensi dan kebutuhan mereka.
  3. Fokus grup: Fokus grup melibatkan sekelompok pelanggan untuk berdiskusi tentang produk dan memberikan masukan terkait preferensi dan kebutuhan mereka.
  4. Analisis deskriptif: Analisis deskriptif dapat di lakukan dengan cara mengumpulkan data yang ada tentang pasar, seperti data penjualan dan informasi produk dari pesaing untuk menganalisis pasar.
  5. Penelitian online: Penelitian online dapat di lakukan dengan cara mengumpulkan data dari platform online, seperti forum diskusi atau media sosial untuk memahami preferensi dan kebutuhan pelanggan.

Target Pasar Ide Produk Jualan Online

Menentukan target pasar yang tepat sangat penting untuk memastikan produk yang di jual dapat di terima dengan baik oleh pasar yang ada.

Manfaat Memiliki Target Pasar

Beberapa manfaat dari menentukan target pasar yang tepat adalah:

  1. Fokus pada pelanggan potensial: Dengan menentukan target pasar yang tepat, bisnis dapat memfokuskan upaya pemasaran pada pelanggan potensial yang benar-benar membutuhkan produk tersebut.
  2. Meningkatkan efisiensi pemasaran: Dengan menentukan target pasar yang tepat, bisnis dapat memfokuskan sumber daya dan waktu pada strategi pemasaran yang efektif untuk mencapai pelanggan potensial.
  3. Meningkatkan efektivitas penjualan: Dengan menentukan target pasar yang tepat, bisnis dapat memperoleh pelanggan yang lebih mudah di jangkau dan menarik lebih banyak penjualan.

Tips! Menentukan Target Pasar Ide Produk Jualan Online

Berikut ini beberapa tips dalam menentukan target pasar yang tepat untuk bisnis online:

  1. Identifikasi karakteristik pelanggan: Cari tahu tentang karakteristik pelanggan yang potensial seperti usia, pendapatan, pendidikan, minat, dan preferensi lainnya. Dengan demikian, bisnis dapat memilih target pasar yang paling tepat dan efektif.
  2. Lakukan riset pasar: Lakukan riset pasar untuk mengetahui kebutuhan dan preferensi pelanggan serta mengetahui pesaing yang ada di pasar. Informasi ini dapat membantu bisnis untuk menentukan target pasar yang tepat.
  3. Analisis data pelanggan: Analisis data pelanggan untuk menemukan pola dan tren yang dapat membantu bisnis menentukan target pasar yang tepat. Data dapat diperoleh melalui alat analitik, seperti Google Analytics.
  4. Gunakan media sosial: Media sosial dapat menjadi sumber informasi yang sangat berguna untuk menentukan target pasar yang tepat. Analisis data dari platform media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter dapat membantu menentukan target pasar yang tepat.
  5. Ikuti tren pasar: Ikuti tren pasar dan lakukan penyesuaian sesuai dengan kebutuhan pasar yang sedang berkembang. Hal ini akan membantu bisnis untuk menentukan target pasar yang tepat dan dapat membuka peluang untuk menciptakan produk yang baru.

Dalam menentukan target pasar, penting untuk mengingat bahwa target pasar dapat berubah seiring waktu. Oleh karena itu, teruslah memantau pasar dan menyesuaikan strategi bisnis secara berkala untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

Kategori Produk Target Pasar Ide Produk Jualan Online

Berikut ini beberapa contoh kategori produk yang cocok untuk berbagai target pasar dan bisa di jual secara online, diantaranya:

Produk Kecantikan

ide produk jualan online
Sumber: pexels.com

Kategori produk kecantikan seperti kosmetik dan perawatan kulit cocok untuk target pasar wanita yang peduli dengan penampilan dan kesehatan kulit. Contohnya:

  • Skincare: Produk skincare seperti serum, toner, pelembap, dan sunscreen sangat populer di kalangan konsumen yang peduli dengan kesehatan kulit dan ingin menjaga kulit mereka tetap sehat dan glowing.
  • Kosmetik: Produk kosmetik seperti foundation, concealer, lipstik, dan maskara juga sangat populer di kalangan konsumen yang ingin meningkatkan penampilan mereka dan menutupi kekurangan di wajah.
  • Produk perawatan rambut: Produk perawatan rambut seperti shampo, kondisioner, dan serum rambut juga sangat populer di kalangan konsumen yang ingin menjaga kesehatan rambut dan membuatnya terlihat lebih sehat dan indah.
  • Produk perawatan tubuh: Produk perawatan tubuh seperti body lotion, body wash, dan scrub tubuh juga sangat populer di kalangan konsumen yang ingin menjaga kulit tubuh mereka tetap sehat dan lembut.
  • Produk kecantikan alami: Produk kecantikan alami seperti minyak esensial, tanaman herbal, dan produk organik juga semakin di minati oleh konsumen yang ingin menghindari bahan kimia berbahaya dan ingin memilih produk yang lebih ramah lingkungan dan sehat.

Sedang mencari kosmetik yang telah terdaftar di BPOM Indonesia? Coba gunakan produk dari Beauty of Angel.

Beauty of Angel merupakan salah satu brand kosmetik asal Indonesia yang telah berkomitmen menjadi perusahaan kosmetik kelas dunia yang menyediakan produk berkualitas tinggi.

Memiliki komitmen menjadi salah satu perusahaan kosmetik berkelas internasional yang menyediakan produk berkualitas tinggi, Beauty of Angel hadir dengan produk–produk kosmetik yang telah tersertifikasi halal MUI dan ramah lingkungan.

Baca juga: 5 Bisnis Online Untuk Pelajar Praktis, Yuk coba!

Produk Makanan

Kategori produk makanan seperti makanan organik, makanan sehat, dan makanan khas daerah cocok untuk target pasar yang peduli dengan kesehatan dan ingin mencoba makanan baru.

Berikut ini beberapa contoh produk makanan yang dapat di jual secara online:

  • Makanan organik:  sayuran, buah-buahan, daging, dan produk susu di produksi tanpa penggunaan pestisida dan bahan kimia berbahaya.
  • Makanan sehat: smoothie bowl, salad, dan makanan bebas gluten dan bebas gula semakin populer di kalangan konsumen yang ingin menjaga kesehatan dan mengonsumsi makanan yang lebih seimbang.
  • Makanan khas daerah: sate padang, rendang, nasi goreng, dan mie ayam juga sangat populer di kalangan konsumen yang ingin mencoba makanan khas daerah yang autentik dan memiliki rasa yang unik.
  • Makanan ringan sehat: Makanan ringan sehat seperti granola, keripik sayuran, dan kacang-kacangan juga populer di kalangan konsumen yang ingin memiliki camilan yang sehat dan rendah kalori.
  • Produk olahan organik: Produk olahan organik seperti madu, selai, dan saus di produksi dengan menggunakan bahan-bahan organik dan alami.

Semua produk makanan di atas memiliki pasar yang potensial dan dapat menarik perhatian konsumen yang berbeda. Namun, penting untuk melakukan riset pasar dan memahami preferensi target pasar yang telah di tentukan sebelum memilih produk makanan yang tepat untuk bisnis online Anda.

Produk Teknologi

Kategori produk teknologi seperti smartphone, laptop, dan aksesori gadget cocok untuk target pasar yang aktif secara teknologi dan terbiasa dengan perangkat teknologi terbaru.

Produk Fashion

Kategori produk fashion seperti :

  • pakaian
  • aksesoris
  • sepatu formal dan non formal

Produk Kesehatan

Kategori produk kesehatan seperti :

  • vitamin,
  • suplemen,
  • obat-obatan herbal cocok untuk target pasar yang peduli dengan kesehatan dan ingin menjaga tubuh mereka tetap sehat.

Dalam menentukan kategori produk, penting untuk mempertimbangkan preferensi dan kebutuhan target pasar yang telah di tentukan serta melakukan riset pasar untuk mengetahui kecenderungan pasar. Hal ini akan membantu bisnis dalam menentukan kategori produk yang tepat dan meningkatkan keberhasilan produk di pasaran.

Bagi teman-teman yang ingin mencari produk untuk di jual kembali bisa mengikuti layanan product Sourcing, dimana:

  • Winning Products terkurasi dan teruji yang telah melalui proses penelitian dan analisis pasar
  • Produk yang memenuhi kriteria dan standar kualitas tinggi dengan harga terjangkau

Jadi tunggu apa lagi, yuk masuk ke halaman product sourcing!

Afifah Permata Hasanah

Afifah Permata Hasanah

Afifah Permata Hasanah adalah SEO Content Writer di Blog Everpro yang aktif menulis dan membagikan artikel informatif dan inspiratif seputar bisnis, logistik, tips usaha, digital marketing, dan dasar-dasar komputer.
Share:
Everpro

Yuk, download EBook Kiat Sukses Membangun Bisnis Online di Marketplace, Gratis!

Artikel Lainnya

Kirim Kendaraan

Pelajari lebih lanjut seputar topik kirim kendaraan di Everpro.id. Temukan rekomendasi beberapa jasa ekspedisi yang menyediakan layanan pengiriman yang bisa Anda pilih untuk keperluan kirim

Mobil

Pelajari lebih lanjut seputar topik kirim kendaraan di Everpro.id. Temukan rekomendasi beberapa jasa ekspedisi yang menyediakan layanan pengiriman yang bisa Anda pilih untuk keperluan kirim

Motor

Pelajari lebih lanjut seputar topik kirim kendaraan di Everpro.id. Temukan rekomendasi beberapa jasa ekspedisi yang menyediakan layanan pengiriman yang bisa Anda pilih untuk keperluan kirim

Kirim Minuman

Pelajari lebih lanjut seputar topik kirim minuman di Everpro.id. Temukan beberapa jasa ekspedisi yang menyediakan layanan pengiriman yang bisa Anda pilih untuk keperluan kirim minuman