everpro

Ini Cara Membuat Iklan Bersponsor di Facebook, Mudah dan Praktis!

Kamu masih bingung cara membuat iklan bersponsor di Facebook? Jangan khawatir, kami akan membahas secara lengkap bagaiman cara membuatnya.

Facebook merupakan salah satu media sosial yang sangat populer. Sejak didirikan pada tahun 2004 Facebook sekarang menjadi salah satu media sosial dengan pengguna terbanyak mencapai 2 miliar pengguna aktif bulanan.

Sebagai salah satu media sosial yang sangat besar, Facebook terus berinovasi memberikan fitur dan layanan yang terbaik untuk para penggunanya. Salah satu fitur yang bisa kita jumpai yakni Facebook Ads, fitur yang memungkinkan pengguna untuk beriklan di Facebook.

Beriklan menggunakan Facebook merupakan cara promosi yang sangat potensial mengingat pengguna Facebook yang sangat banyak.

Facebook Ads juga memungkingkan pengiklan untuk menargetkan audiens dengan spesifik. Dengan begitu kamu dapat menargetkan audiens yang kamu incar.

Nah, oleh karena itu, simak informasi di bawah ini untuk mengetahui cara membuat iklan bersponsor di Facebook.

Cara Membuat Iklan Bersponsor di Facebook

cara membuat iklan bersponsor di facebook
Sumber: unsplash.com

Bagaimana cara membuat iklan bersponsor di Facebook? Jawabannya ada 2 cara yaitu membuat Fanspage dan membuat pesan bersponsor di Facebook Ads. Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Membuat Fanspage Facebook

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk membuat iklan bersponsor di Facebook yaitu kamu harus membuat Fanspage Facebook. Berikut adalah cara membuat Fanspage pada Facebook:

1. Buka laman resmi Facebook dan log in menggunakan akun kamu.

2. Klik Create Fanpage Facebook.

3. Kamu dapat memilih 2 opsi yang diberikan yakni Fanpage Bisnis atau Brand dan Komunitas atau Tokoh Masyarakat.

4. Isilah semua kolom yang tersedia lalu klik Buat Halaman.

5. Kemudian, masukkan informasi tentang halaman penggemar, seperti: Profil halaman penggemar, dan lainnya.

6. Selamat! Fanpage kamu berhasil dibuat.

Membuat Pesan Bersponsor di Facebook

Pesan bersponsor di Facebook berguna untuk mengirimkan tawaran, promosi, dan info terbaru langsung kepada orang yang sudah berinteraksi dengan bisnis kamu melalui Messenger. Dengan catatan, halaman yang kamu buat harus memiliki percakapan yang cukup untuk membuat pesan bersponsor ini melalui audiens khusus.

Berikut merupakan cara membuat pesan bersponsor di Facebook melansir dari laman resmi Facebook:

1. Pertama, kamu buka halaman Pembuatan Iklan di Pengelola Iklan.

2. Di kolom yang tersedia Pilih Tujuan Kampanye kemudian pilih tujuan pesan.

3. Masukan nama dan anggara biaya kampanye kamu, lalu klik Berikutnya.

4. Tepat di bawah Jenis Iklan, gunakan menu pilihan untuk memilih Pesan Bersponsor.

5. Pilih anggaran dan jadwal telah kamu sesuaikan untuk kampanye.

6. Kamu dapat memilih untuk Membuat Audiens Baru atau Menggunakan Pemirsa Tersimpan dengan mengklik Tampilkan Opsi Lanjutan (opsional) di bawah Audiens.

Perlu kamu perhatikan jika pesan bersponsor ini tidak akan dikirimkan ke percakapan yang aktif dalam 24 jam terakhir atau percakapan yang tidak aktif selama lebih dari 1 tahun.

7. Jika sudah kamu dapat klik Berikutnya.

8. Pilih format Teks Saja atau Teks & Gambar pada Template Pesan.

9. Ketikkan pesan dan unggah foto (opsional) yang ingin kamu sertakan pada pesan bersponsor.

10. Berikutnya kamu bisa menambahkan balasan cepat atau tombol ke pesan kamu pada Tindakan Pelanggan.

Balasan cepat adalah gelembung preset yang akan kamu tampilkan kepada pelanggan untuk memulai dan memandu percakapan. Template ini membantu pelanggan untuk lebih cepat berdiskusi sesuai dengan pilihan yang telah kamu buat sebelumnya. 

11. Terakhir selesaikan pengeditan iklan yang telah kamu buat dan klik Terbitkan.

Umumnya pesan sponsor yang kamu buat akan tayang dalam 24 jam setelah kamu memulai kampanye. Namun, sangat disarankan untuk menjalankan kampanye tersebut minimal 5 hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Itulah cara membuat pesan bersponsor pada Facebook yang bisa kamugunakan untuk mempermudah diskusi dan menjangkau pelanggan.

Manfaat Beriklan di Facebook Ads

cara membuat iklan bersponsor di facebook
Sumber: unsplash.com

Beriklan di Facebook dapat memberikan beberapa manfaat untuk kamu. Berikut beberapa manfaat beriklan di Facebook Ads:

  • Menjangkau audiens yang lebih luas

Seperti yang sudah dibahas di atas, jika Facebook saat ini memiliki 2 miliar pengguna aktif bulanan. Artinya kamu dapat menjangkau audiens yang sangat besar melalui iklan di Facebook.

  • Menargetkan audiens dengan lebih tepat

Dengan Facebook Ads kamu dapat menargetkan iklan kamu berdasarkan usia, jenis kelamin, lokasi, minat, dan perilaku. Dengan begitu kamu dapat memastikan bahwa iklan kamu dilihat oleh orang-orang yang paling mungkin tertarik pada produk atau layanan kamu.

  • Mengukur performa iklan

Facebook memberi data dari kinerja iklan yang kamu buat, sehingga kamu dapat mengetahui berapa banyak orang yang melihat iklan kamu, berapa banyak orang yang mengklik iklan kamu, dan berapa banyak orang yang mengambil tindakan setelah mengklik iklan kamu.

  • Membuat iklan yang menarik

Facebook Ads memiliki tools yang bisa kamu gunakan untuk membuat iklan kamu lebih menarik. Kamu dapat menggunakan format teks, gambar, video, dan animasi untuk membuat iklan yang akan menarik perhatian audiens.

  • Membuat iklan yang efektif

Manfaat terakhir yakni dengan beriklan di Facebook Ads merupakan cara yang paling efektif untuk mempromosikan bisnis kamu.

Kemudian menggunakan Facebook Ads, kamu dapat menjangkau audiens yang lebih luas, menargetkan audiens kamu dengan lebih tepat, mengukur kinerja iklan, dan membuat iklna yang menarik dan efektif.

Facebook Ads merupakan solusi bagi kamu yang ingin meningkatkan visibilitas iklan online kamu dan bisa menarik banyak pelanggan.

Tips Membuat Iklan Bersponsor di Facebook yang Efektif

cara membuat iklan bersponsor di facebook
Sumber: unsplash.com

Kami akan memberikan tips membuat iklan bersponsor di Facebook yang efektif untuk kamu. Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi efektivitas iklan bersponsor di Facebook, seperti target audiens, konten iklan, dan jadwal tayang iklan.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu terapkan agar iklan kamu efektif:

  • Gunakan gambar atau video yang menarik perhatian.
  • Buat teks iklan yang singkat, jelas dan mudah dipahami.
  • Gunakan kata kunci yang relevan dengan produk atau layanan kamu.
  • Targetkan iklan ke audiens yang sesuai dengan niche produk atau layanan kamu.
  • Jadwalkan iklan untuk tayang pada waktu yang tepat.

Demikianlah informasi cara membuat iklan bersponsor di Facebook. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu yang ingin membuat iklan bersponsor di Facebook. Nantikan informasi selengkapnya hanya di Everpro.id!

Masih bingung soal iklan di Facebook Ads? Ingin naikin CTR iklan di Facebook Ads tapi minim edukasi? Tenang, ada Everpro Facebook Ads Account Support yang bisa bantuin kamu!

Benefit Everpro Facebook Ads Account Support

  • Edukasi Facebook Ads
  • Kemudahan Scale Up Iklan
  • Transaksi Terjamin Aman
  • Top Up Saldo Akun FB Lebih Praktis

Tunggu apalagi? Ayo segera bergabung dengan Everpro Facebook Ads Account Support!

Gabung Sekarang

Picture of Adhitia Rivaldy

Adhitia Rivaldy

Seorang SEO Content Writer yang memiliki minat pada dunia digital dan teknologi. Menulis berbagai artikel informatif seputar bisnis, ekspedisi, digital marketing dan lain lain yang berkaitan dengan blog Everpro. Memiliki semangat untuk tetap mengasah dan mempelajari bidang SEO. Semoga hasil tulisan saya bermanfaat bagi Anda.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya