Kalau kamu mau ngiklan di Facebook Ads, berarti kamu juga harus paham dengan cara kerja Pengelolaan Iklan Facebook atau Facebook Ads Manager agar set up iklan jadi lebih mudah.
Artikel ini akan memberikan panduan lengkap tentang Facebook Ads Manager. Setelah memahami penjelasan di bawah ini, kamu jadi lebih siap untuk meluncurkan kampanye iklan berbayar di FB!
Apa itu Facebook Ads Manager
Facebook Ads Manager atau pengelolaan iklan Facebook adalah alat manajemen iklan yang membantu bisnis mengelola iklan berbayar di Facebook dan Instagram, mulai dari membuat, mengedit, menganalisis, hingga mengoptimalkan kampanye iklan.
Jadi kalau kamu ngiklan di dua platform Meta sekaligus, yaitu Facebook dan Instagram, kamu nggak perlu repot kelola semua iklan yang lagi running dan cukup pakai satu tools aja.
Karena bawaan dari Meta, Facebook Ads Manager pastinya punya keamanan yang sangat kuat. Selain itu, kalau kamu mau pakai alat manajemen ini kamu nggak perlu bayar biaya apapun alias gratis. Jadi cukup menyiapkan budget untuk ngiklan aja deh!
Fungsi Utama Facebook Ads Manager
Facebook Ads Manager punya kemampuan untuk mengelola iklan berbayar dari sebelum sampai setelah running. Jadi, manfaat FB Ads Manager ini bisa dipakai untuk apa aja, sih?
Melansir dari Meta, setidaknya ada 3 fungsi utama dari FB Ads Manager, yaitu:
1. Membuat Kampanye Iklan dari Nol
Bikin kampanye itu nggak segampang nge-desain dan kasih kata-kata promosi di iklannya aja, tapi ada tahapan yang jauh lebih penting dari itu agar iklan bisa works dijalankan.
Nah, ketika pakai Facebook Ads Manager, kamu bisa membuat kampanye iklan Facebook dari nol, mulai dari menentukan tujuan pemasaran, siapa target audiens yang ingin dituju, dimana penempatan iklannya, dan apa format iklan yang dipakai.
2. Kelola Beberapa Iklan Sekaligus
Biasanya, sebagai owner bisnis atau affiliator, menjalankan satu kampanye iklan aja nggak cukup untuk mencapai tujuan penjualan. Karena itu, beberapa iklan dijalankan sekaligus dengan objektif dan strategi promosi yang beda-beda.
Ketika menjalankan iklan bersamaan, kamu nggak perlu repot pantau semua iklan satu-satu.
Karena dengan FB Ads Manager ini, pengiklan bisa mengedit seluruh pengaturan iklan, mulai dari retargeting ads atau ubah target audiens, anggaran iklan, sampai ke penempatan seluruh iklan.
3. Memantau dan Menganalisis Kinerja Iklan
Agar kamu tahu apakah iklan berbayar yang kamu jalankan works dan kasih performa yang bagus untuk penjualan, maka penting banget untuk lihat laporan hasil kinerja kampanye.
Karena itu, dapat melihat kinerja iklan juga jadi salah satu fungsi utama Facebook Ads Manager. Bahkan, kamu juga bisa ukur keberhasilan dengan cek metrik kampanye FB Ads secara rinci, seperti jumlah tayangan, klik, konversi, dan biaya per klik.
Cara Set Up Iklan di Facebook Ads
Untuk memanfaatkan FB Ads Manager, berarti kamu harus membuat kampanye iklan dulu di Facebook Ads. Bikin iklan di Facebook Ads itu mudah kok, kamu tinggal ikuti langkah-langkah ini:
Langkah 1: Masuk ke Akun Facebook Ads Manager dan Buat Iklan
Pertama-tama, pastikan kamu udah daftar dan masuk ke akun Facebook Ads Manager yang juga terhubung ke akun-akun bisnis lainnya.
Nah, untuk mulai bikin campaign, klik button +Create berwarna hijau yang ada di menu Kampanye.
Langkah 2: Pilih Tujuan Kampanye Iklanmu
Di halaman pembuatan kampanye iklan, kamu akan diminta memilih tujuan kampanye. Ada 11 campaign objective yang tersedia, mulai Awareness, Consideration, hingga Conversion.
Tips supaya tujuan kampanye FB Ads yang kamu pilih bisa tepat yaitu dengan memahami apa yang mau kamu capai dari iklan ini nantinya?
Agar keputusan yang kamu ambil lebih tepat, kamu bisa baca dan pahami penjelasan tentang seluruh jenis kampanye objektif Facebook Ads.
Langkah 3: Beri Nama untuk Kampanye Iklanmu
Setelah pilih objektif kampanye, selanjutnya beri nama untuk setiap kampanye iklan yang mau kamu jalankan. Tujuannya untuk mempermudah kamu mengidentifikasi iklan, analisis performa, kolaborasi tim, hingga nge-manage iklan agar lebih terorganisir.
Kamu bisa jadikan beberapa contoh berikut dalam membuat nama kampanye:
Yakin Jalanin Ramadan dari Everpro
Waktu Indonesia Belanja (WIB) dari Tokopedia
Jagoan Ramadan dari Evermos
#PastiAdaJalan dari Gojek
Langkah 4: Atur Level Kampanye yang Akan Dijalankan
Nah langkah selanjutnya ini, kamu perlu atur beberapa hal berikut agar performa iklan lebih gacor, yaitu:
- Special Ads Categories: Aktifkan kalau iklan kamu termasuk kategori khusus menurut kebijakan Facebook.
- A/B Testing: Gunakan untuk menguji dua versi iklan yang berbeda sehingga tahu mana yang lebih menarik dan efektif.
- Campaign Budget Optimization (CBO): Aktifkan jika ingin hasil iklan yang lebih optimal dengan alokasi budget secara otomatis ke ads set yang paling performa.
Langkah 5: Tentukan Budget dan Strategi Bidding
Masuk ke langkah yang penting banget yaitu set up budget dan bidding kampanye yang mau dijalankan.
Di tahap ini, pada menu Budget & Schedule kamu harus pilih jenis anggaran iklan Facebook Ads harian atau seumur hidup, berapa nominal yang akan kamu belanjakan dari jenis anggaran yang dipilih, serta tanggal mulai dari berakhirnya kampanye.
Langkah 6: Set Up Target Audiens yang Tepat
Facebook punya cara yang efektif agar iklan bisa sampai ke target audiens.
Jadi, saat masuk langkah set up target audiens, pilih opsi Create New Audiens untuk target audiens yang baru, atau Use Saved Audiens untuk pakai data audiens yang udah ada sebelumnya.
Langkah 7: Pilih Penempatan Iklan
Selanjutnya, kamu akan masuk ke langkah Placements, yaitu di mana kamu ingin menampilkan iklan, bisa di feeds, stories, in-stream videos, dan banyak lagi.
Facebook Ads Manager akan kasih kamu dua pilihan yaitu Automatic Placements dan Manual Placements. Tipsnya, pilihlah berdasarkan tujuan kampanye yang kamu tentukan di awal.
Langkah 8: Saatnya Set Up Iklan Facebook Ads Kamu
Setelah semua langkah di atas selesai, sekarang saatnya iklan Facebook diluncurkan!
Pertama, pilih antara Create Ad jika ingin membuat iklan baru, Use Existing Post jika ingin pakai postingan yang lama, atau Use Creative Hub Mockup jika ingin pakai template desain kreatif.
Kalau kamu pilih Create Ads, ada beberapa informasi yang perlu kamu masukkan, yaitu:
- Add Media: Konten iklan dalam bentuk slideshow atau video.
- Primary Text: Kasih tau audiens tentang apa iklan kamu.
- Headline: Judul singkat yang opsional.
- Description: Informasi yang lebih detail tentang kampanye iklan.
- Destinantion: Pilih apakah untuk Website atau Facebook Event.
Jika sudah terisi semua, tinggal klik “Publish”. Tunggu beberapa saat hingga iklan FB Ads disetujui oleh Facebook. Jika disetujui, kampanye iklan kamu berhasil diluncurkan!
Set up iklan kamu sat-set dengan fitur Everpro Facebook Ads Whitelist, selain optimalin iklan kamu juga bisa optimalin bisnis dengan akun whitelisted dari Everpro yang aman dari ban. Yuk, coba!
Cara Mengatur Anggaran Iklan yang Tepat untuk FB Ads
Dari semua langkah di atas, tahapan mengatur anggaran iklan jadi salah satu pertimbangan yang penting banget. Pastinya, kamu nggak mau boncos saat menjalankan kampenya di FB Ads, kan?
Begini cara dan tips dari Meta untuk mengatur anggaran iklan FB Ads yang tepat:
1. Pahami Beda Daily Budget dan Lifetime Budget
Daily budget atau anggaran harian adalah jumlah uang yang kamu belanjakan per hari untuk iklan. Kalau pilih opsi ini, kamu bisa sesuaikan budgetnya berdasarkan kinerja iklan setiap hari.
Cocok dipakai untuk anggaran yang berfluktuasi dari hari ke hari. Jadi, saat set up iklan FB Ads, kamu nggak perlu menetapkan tanggal akhir iklan.
Lifetime budget atau anggaran seumur hidup adalah total uang yang akan kamu belanjakan selama durasi kampanye berjalan dari awal sampai akhir.
Opsi ini cocok untuk kamu yang mau jalankan kampanye dengan periode waktu yang lama. Nah, karena total anggarannya udah ditentukan di awal, biasanya opsi ini bikin kamu jadi lebih hemat.
2. Pilih Tujuan Iklan dan Pakai Rekomendasi dari Meta
Tujuan iklan ngaruh ke nominal budget yang kamu perlukan untuk menjalankan kampanye FB Ads nanti.
Setiap tujuan iklan juga akan kasih opsi lokasi penempatan iklan dan tujuan optimasi yang beda-beda. Karena itu, pastikan kamu sudah tahu apa campaign objective nya ya!
Nah, supaya lebih mudah mengatur anggaran yang tepat, saat set up iklan di FB Ads Manager, kamu bisa pilih opsi Campaign Budget Optimization.
Fitur ini bantu kamu optimalkan pengeluaran dan mengalokasikan anggaran ke iklan yang perform.
5 Strategi Bidding di Facebook Ads
Strategi bidding adalah cara kamu menentukan berapa biaya yang mau dikeluarkan untuk setiap hasil iklan, mulai dari klik, tayangan, ataupun konversi.
Simpelnya, ini merupakan strategi penawaran supaya kamu bisa kontrol pengeluaran iklan agar tetap efisien dan sesuai dengan target bisnis.
]Ada 5 strategi penawaran atau bidding dari Facebook, yaitu:
- Biaya per Hasil (Cost per Result Bidding): untuk menargetkan biaya rata-rata per tindakan, seperti klik atau konversi, agar anggaran lebih terkendali.
- Volume Tertinggi: untuk maksimalkan jumlah hasil yang bisa didapat dengan anggaran yang tersedia tanpa batasan biaya per hasil.
- Batas Penawaran: untuk menentukan batas maksimal bid agar tidak membayar terlalu mahal untuk setiap hasil.
- Nilai Tertinggi: untuk menargetkan pengguna yang berpotensi menghasilkan konversi bernilai tinggi, bukan sekadar jumlah banyak.
- Sasaran ROAS (Return on Ad Spend): untuk mengatur target pengembalian investasi iklan agar tetap menguntungkan.
Cara Menargetkan Audiens di Iklan Facebook Ads
Fitur target audiens di Facebook Ads memang ampuh untuk menghantarkan iklan kamu ke orang yang paling berpotensi untuk tertarik dengan produk atau layanan kamu.
Meta juga memberikan tiga cara agar kamu bisa menargetkan iklan ke audiens yang tepat, yaitu:
1. Tentukan Target Audiens yang Spesifik
Ketika kamu paham siapa target dari produk atau layanan yang kamu jual, kamu jadi lebih mudah menentukan segmentasinya, mulai dari demografi mereka, lokasi, minat, perilaku online, hingga koneksi.
Nah, saat pasang iklan di Facebook Ads Manager, kamu bisa masuk ke Pengelola Iklan dan simpan segmentasi audiens ini supaya bisa dipakai untuk kampanye iklan selanjutnya.
Udah saatnya kelola bisnis kamu dengan layanan Facebook Ads
2. Berinteraksi dengan Orang yang Tahu Bisnis Kamu
Kamu akan semakin paham dengan target audiens jika kamu bisa menjalin interaksi dengan orang-orang yang udah tahu bisnis kamu.
Misalnya, orang yang udah pernah membeli produk kamu atau pakai layananmu.
Selain itu, juga bisa dengan orang-orang yang belum beli, tapi udah menunjukkan minat mereka dengan bertanya perihal produk/layanan kamu.
Nah, dari daftar kontak yang kamu punya, kamu bisa membuat Pemirsa Khusus di Facebook Ads, yaitu opsi menargetkan audiens di seluruh platform Meta.
3. Temukan Audiens Baru yang Mirip dengan Audiens Sekarang
Facebook Ads juga punya fitur Pemirsa Serupa, yaitu fitur yang akan bantu kamu menjangkau orang-orang yang berpotensi jadi pelanggan baru kamu lewat minat dan karakteristik mereka yang mirip dengan target audiens sekarang.
Solusi Praktis untuk Iklan FB Ads yang Lebih Efektif
Kalau disimak penjelasan di atas, mungkin kamu sudah paham bahwa menjalankan iklan di Facebook Ads memang menjanjikan. Tapi, tantangannya juga nggak sedikit kan?
Kadang ada aja hambatansaat set up iklan di pengelola iklan Meta Ads, mulai dari akun iklan yang sering kena limit, set budget ternyata kurang optimal, sampai kesulitan optimasi campaign yang efektif.
Apalagi bagi owner bisnis dan affiliator, menjalankan iklan Facebook Ads bukan satu-satunya prioritas, karena masih banyak yang harus dilakukan seperti jualan sampai mengatur stok produk.
Nah, kalau kamu juga rasakan kendalanya, Everpro bisa jadi layanan andalan kamu!
Sebagai platform aggregator, Everpro akan bantu kamu ngiklan jadi lebih lancar dengan sewa akun Whitelist Facebook Ads. Dengan akun ini, kamu bisa menikmati performa iklan yang lebih stabil, jangkauan lebih luas, serta minim risiko akun kena banned.
Selain itu, Facebook Ads Whitelisted Account di Everpro juga menyediakan dashboard analitik, optimasi campaign, dan support khusus biar iklanmu makin gacor.
Udah 1000+ orang pebisnis online hingga internet marketers yang pakai FB Ads Whitelisted Everpro untuk running iklan produk dan layananya.
Bulan ini juga lagi banyak promo dari Everpro. Kamu bisa dapat diskon sampai dengan 30% untuk berlangganan FB Ads Whitelisted di bulan Ramadan.
Kalau mau gratis management fee 0%, kamu bisa pakai promo khusus pengguna baru. Selain itu, juga ada cashback saldo iklan 1% + gratis Everpro Chat, lho!
Semua promo ini bisa kamu pakai sampai 31 Maret 2025 ini aja. Jadi tunggu apa lagi? Jangan sampai ketinggalan, yuk daftar dan berlangganan FB Ads Whitelist di Everpro sekarang juga!