everpro

Mudahnya Cara Membuat Iklan di Facebook Lewat HP, Langsung Bisa!

Mau mulai beriklan di Facebook tapi bingung caranya? Yuk, simak artikel ini tentang cara membuat iklan di Facebook lewat HP yang mudah.

Siapa yang tak kenal Facebook? Sebuah platform media sosial dengan pengguna tertinggi ketiga di dunia berasal dari Indonesia.

Melansir dari Data Indonesia, tercatat jumlah pengguna Facebook di Indonesia pada December 2022 sebesar 178,7 juta.

Banyaknya pengguna aktif di platform ini memang menjadi peluang untuk mengembangkan usaha dengan promosi atau iklan di Facebook Ads.

Bahkan bisa juga membuat iklan hanya melalui HP. Bagi yang baru akan mencobanya mungkin akan sedikit bingung.

Namun, tidak perlu khawatir! Mari baca ulasan tentang cara membuat iklan di Facebook lewat HP dengan mudah dan bisa langsung anda coba.

Sekilas Tentang Facebook Ads

fb ads
Sumber: google.com

Facebook Ads adalah platform periklanan digital dari Facebook yang kini resmi bernama Meta Inc sejak Oktober 2021. 

Platform ini membantu pengiklan dalam mempromosikan produk atau layanan bisnis melalui iklan di Facebook serta jaringan afiliasi seperti Instagram dan Messenger.

Dengan beriklan melalui Facebook Ads, pengiklan dapat menampilkan iklan ke target audiens yang lebih spesifik berdasarkan kriteria seperti demografi, minat, lokasi, dan lainnya.

Terdapat juga berbagai jenis iklan yang dapat dipilih, mulai dari gambar, video, atau carousel yang dapat menampilkan beberapa gambar dan video dalam satu posting iklan.

Tak berhenti sampai situ, tersedia juga fitur analisis sehingga dapat mengukur performa iklan, seperti jumlah klik, tayangan, serta konversi.

Dengan demikian, pengiklan dapat memaksimalkan hasil kampanye dalam beriklan serta meningkatkan brand awareness dengan cara yang lebih terukur dan terarah.

Maka tak heran jika Facebook Ads menjadi salah satu platform periklanan yang populer dan efektif bagi banyak bisnis.

Baca juga: Kenali Facebook Ads Manager Untuk Kelola Iklan Anda!

Keuntungan Beriklan di Facebook

keuntungan fb ads
Sumber: pexels.com

Banyaknya pengguna aktif di Facebook serta fitur yang tersedia menjadikan beriklan di Facebook memberi peluang yang besar.

Berikut adalah berbagai keuntungan membuat iklan di Facebook:

  • Penargetan Audiens yang Presisi

Cara membuat iklan di Facebook, memungkinkan pengiklan dapat menargetkan audiens dengan lebih spesifik berdasarkan kriteria tertentu.

Misalnya menetapkan target berdasarkan minat, perilaku, lokasi, hingga demografi. 

Dengan demikian, pengiklan dapat memasarkan produk atau layanan kepada orang-orang yang berpotensi untuk tertarik dan membutuhkan produk atau layanan tersebut.

  • Budget yang Fleksibel

Keuntungan lain dari beriklan di Facebook Ads adalah dapat menentukan anggaran dengan lebih fleksibel.

Pengiklan bebas untuk memilih jenis biaya, yaitu anggaran harian atau total dari kampanye iklan. Selain itu, bisa juga memilih model biaya per klik (CPC) atau biaya per tayangan (CPM).

  • Meningkatkan Brand Awareness

Berkat tersedianya fitur targeting juga dapat berpengaruh pada meningkatnya kesadaran merek (brand awareness).

Tentunya dengan sajian iklan yang menarik dapat menghentikan jempol pengguna untuk melakukan scroll. Jadi pengiklan dapat memperkenalkan brand yang mungkin belum diketahui tentang produk atau layanannya.

Terlebih, pengiklan juga dapat menggunakan berbagai format seperti satu gambar, video, hingga carousel untuk menampilkan produk atau layanan kepada audiens yang lebih luas.

  • Pengalaman Pengguna (User Experience) yang Optimal

Facebook Ads menawarkan berbagai jenis iklan yang dapat disesuaikan dengan tujuan dan jenis bisnis. 

Pengiklan dapat memilih jenis tampilan iklan baik itu melalui gambar, video, maupun carousel sesuai dengan apa yang ingin disampaikan.

Dengan menyesuaikan format iklan yang tepat dengan pesan yang menarik tentu membuat audiens betah melihat informasi pengiklan sajikan.

  • Akurasi Pengukuran Performa Iklan

Selanjutnya terdapat juga keuntungan yang penting dari beriklan di Facebook, yaitu dapat mengukur performa iklan dengan lebih akurat. 

Karena pengiklan dapat melacak jumlah klik, tayangan, interaksi, hingga konversi. Terlebih, dapat juga menganalisis data sehingga bisa mengoptimalkan campaign agar mendapat hasil yang lebih maksimal.

Cara Membuat Iklan di Facebook Lewat HP

cara membuat iklan di facebook lewat hp
Sumber: pexels.com

Nah, banyak bukan keuntungan yang bisa anda dapatkan dengan beriklan di platform ini? Jangan ragu lagi untuk segera membuat iklan di Facebook.

Tapi bagaimana caranya? Mudah kok! Karena bisa memulai beriklan hanya lewat HP. jadi tetap bisa mempromosikan produk atau layanan dimanapun anda berada.

Berikut adalah cara membuat iklan di Facebook lewat HP:

    1. Unduh dan instal aplikasi Facebook Ads Manager yang tersedia di App Store maupun Google Play Store
    2. Setelah berhasil terpasang di smartphone, Login ke akun Facebook anda 
    3. Kemudian klik ikon tiga garis pada pojok kanan bawah layar, lalu pilih menu Create Ad
    4. Berikutnya pilih tujuan kampanye iklan. Di Facebook tersedia berbagai tujuan kampanye iklan, misalnya untuk meningkatkan penjualan, brand awareness, atau mendapatkan lebih banyak follower
    5. Setelah itu tentukan nama campaign iklan, sesuaikan target audiens dengan memilih kriteria tertentu mulai dari lokasi, usia, jenis kelamin, minat, hingga perilaku
    6. Lalu pilih format iklan, tersedia berbagai pilihan format iklan termasuk single picture, video, carousel, dan iklan instan
    7. Setelah memilih format iklan, cara membuat iklan di Facebook lewat HP berikutnya adalah mengunggah gambar atau video dan buat teks iklan
    8. Kemudian tentukan juga lokasi, anggara, serta jangka waktu kampanye iklan
    9. Terakhir, review hasil setting iklan dan pilih setuju jika sudah sesuai, kemudian klik Place Order untuk mempublikasikan iklan

Setelah Facebook menyetujui iklan anda, makan iklan akan tampil kepada target audiens yang anda tetapkan. Kemudian anda juga bisa melacak performa iklan melalui fitur analisis yang tersedia di Facebook Ads Manager.

Biaya Membuat Iklan di Facebook

cara membuat iklan di facebook lewat hp
Sumber: google.com

Cara membuat iklan di Facebook lewat HP mudah bukan? Kini anda bisa langsung mempraktekannya. Begitupun anda bisa menyesuaikan biaya iklan dengan anggaran.

Lantas berapa sih biaya beriklan di Facebook. Cara membuat iklan di Facebook bisa anda lakukan dengan biaya mulai dari Rp 10 ribu saja.

Selebihnya anda bisa menentukan metode pembayaran iklan, misalnya menentukan budget iklan di awal atau membayar total iklan dari keseluruhan kampanye.

Adapun cara untuk mengetahui hasil iklan yang anda pasang adalah dengan menganalisis melalui fitur yang tersedia di Facebook Ads Manager. Beberapa data yang bisa anda analisis meliputi reach dan engagement, CTA (action), people, views, posts. 

Dari analisis tersebut anda bisa merencanakan kembali target audiens, memperbaiki apa yang kurang, serta mengoptimalkan strategi yang telah berhasil.

Baca juga: Cara Kerja Facebook Ads yang Perlu Anda Ketahui, Cek Disini!

Cara Membuat Hasil Iklan di Facebook yang Optimal

cara membuat iklan di facebook lewat hp
Sumber: freepik.com

Terdapat banyak keuntungan yang bisa anda dapatkan dengan membuat iklan di Facebook, terlebih hanya mulai Rp 10 ribu anda sudah bisa memasang iklan.

Tapi bagaimana cara membuat iklan di Facebook agar hasilnya efektif? Berikut beberapa tips agar hasil iklan di Facebook optimal:

  • Tentukan Tujuan Kampanye yang Jelas

Untuk mendapat hasil yang maksimal, langkah pertama yang penting adalah menentukan tujuan kampanye secara jelas. 

Tentukan apakah tujuan iklan untuk meningkatkan penjualan, kesadaran merek, atau memperoleh lebih banyak follower, sehingga dapat membuat iklan yang terfokus dan efektif.

  • Targetkan Audiens yang Relevan

Cara membuat iklan di Facebook lewat HP juga menyediakan pilihan target audiens. Pastikan anda memilih target audiens yang relevan dengan bisnis dan produk atau layanan anda.

  • Memaksimalkan Kualitas Visual yang Menarik

Hal pertama yang audiens lihat di media sosial adalah gambar atau tampilan, maka maksimalkan kualitas visual dan buatlah semenarik mungkin.

Dengan begitu target audiens dapat menahan jempolnya dari scrolling untuk melihat iklan anda.

  • Buatlah Headline yang Menarik

Selain visual, headline juga memiliki peranan penting untuk memikat target audiens. Jadi, pastikan anda membuat headline yang menarik.

Caranya adalah dengan mencantumkan unsur manfaat, yang membuat penasaran, scarcity, pertanyaan, claim, dan lainnya secara menarik. 

Sebagai contoh “Pegal Linu Teratasi dalam 5 Menit tanpa Efek Samping, Mau?”

  • Gunakan CTA yang Jelas

Hal penting lainnya dalam beriklan adalah menggunakan kalimat CTA atau call to action yang jelas dan memikat agar target audiens melakukan aksi sesuai yang anda inginkan.

Contoh CTA antara lain “Amankan Sekarang!”, “Pelajari Selengkapnya”, “Jangan sampai kehabisan, Checkout Sekarang!”

  • Gunakan Jasa Facebook Ads Support

Cara membuat iklan di Facebook juga mudah anda lakukan dengan hasil yang optimal melalui jasa Facebook Ads Support. 

Memang membuat iklan dengan hasil yang optimal terbilang tricky. Bisa saja strategi yang anda terapkan sekarang tidak berhasil di kemudian hari. Bahkan tak jarang juga yang mengalami kendala akun.

Namun anda tidak perlu khawatir lagi, karena hal tersebut bisa teratasi dengan menggunakan jasa Facebook Ads.

Agar hasil iklan menjadi lebih optimal dan sustainable, anda bisa menggunakan layanan Facebook Ads Support Everpro. Berikut beberapa manfaat lain yang bisa anda dapatkan:

  • Edukasi Facebook Ads
  • Kemudahan Scale Up Iklan
  • Transaksi Terjamin Aman
  • Top Up Saldo Akun FB Lebih Praktis
  • Bisa Mendapat Akses FB Ads dengan minimal top up cuma Rp500.000. GRATIS semua biaya* sampai akumulasi top up mencapai Rp15.000.000

Itulah cara membuat iklan di Facebook lewat HP. Mudah bukan? Agar semakin mudah dan mendapatkan hasil yang optimal, yuk gabung dengan layanan FB Ads Support Everpro!

Picture of Melati Yudizwara

Melati Yudizwara

Seorang SEO Content Writer dengan latar belakang pendidikan di bidang akuntansi dan memiliki pengalaman sebagai Sekretaris Marketing. Mengasah kemampuan menulis, mengedit, dan mengelola konten sesuai standar SEO. Kemampuan tersebut dapat dibuktikan dengan hasil konten berkualitas yang mudah ditemukan di mesin pencari.
Share:
Everpro

Yuk, download EBook Kiat Sukses Membangun Bisnis Online di Marketplace, Gratis!

Artikel Lainnya