everpro

Terungkap! Ketahui 4+ Alasan Kenapa TikTok Shop Tidak Bisa COD Beserta Solusinya

Bingung kenapa TikTok Shop tidak bisa COD? Yuk, simak artikel ini dan temukan jawabannya serta solusi terbaik untukmu di sini!

TikTok menjadi salah satu media sosial yang menyediakan marketplace di dalamnya yaitu TikTok Shop yang memudahkan penggunanya dalam melakukan aktivitas belanja online.

Metode pembayaran yang terdapat di TikTok Shop memiliki banyak variasi sesuai kebutuhan, namun kebanyakan toko tidak menyediakan COD yang membuat kecewa beberapa pengguna.

COD sendiri dikenal sebagai metode pembayaran yang tidak asing karena menjadi jenis pembayaran yang hadir di awal munculnya belanja online

Metode ini memudahkan bagi yang tidak memiliki rekening bank. Penasaran apa saja yang menjadi penyebab kenapa TikTok Shop tidak bisa COD? Yuk, simak selengkapnya artikel berikut ini.

Baca Juga: TERBARU! Ini 6+ Cara Melihat Total Belanja di TikTok Shop dengan Mudah dan Cepat

Sistem COD di TikTok Shop

Sama halnya dengan marketplace pada umumnya, sistem COD di TikTok Shop menerima pesanan online dengan pembayaran yang dilakukan ketika barang tersebut sudah sampai ke lokasi dan dibayar oleh pembeli.

Pada saat memesan, tidak ada proses pembayaran dan pembeli akan diberikan instruksi pembayaran ketika paket tiba.

Status pesanan akan tetap “Menunggu Pembayaran” sampai barang tiba dan pembeli melakukan pembayaran. Status pesanan akan berubah menjadi “Dibayar” yang menandakan bahwa proses transaksi online sudah selesai.

Baca Juga: [TERBARU] Ini Dia Rincian Biaya Admin TikTok Shop dan Cara Hitungnya

Alasan Kenapa TikTok Shop Tidak Bisa COD

kenapa tiktok shop tidak bisa cod
Sumber: google.com
  • Toko Tidak Menyediakan COD

Penyebab pertama adalah karena toko itu sendiri tidak menyediakan sistem pembayaran secara cash on delivery (COD).

Kekurangan yang dimiliki oleh sistem COD inilah yang menjadikan penjual ragu atau bahkan tidak ingin menyediakan karena berisiko menyebabkan kerugian.

Maka dari itu, toko atau penjual hanya menyediakan pembayaran online yang nantinya barang tersebut akan dikirimkan melalui jasa ekspedisi.

  • Alamat di Luar Jangkauan atau Belum Tercover

Jika kamu berada atau tinggal di wilayah yang sulit dijangkau, itu bisa menjadi alasan mengapa tidak bisa menggunakan fitur COD di TikTok Shop, karena fitur tersebut hanya tersedia untuk beberapa lokasi saja.

Pengiriman barang mengalami kendala karena alamat yang kamu gunakan ternyata tidak tercover atau di luar jangkauan dari TikTok Shop.

Pastikan wilayah tempat tinggalmu dapat dilakukan COD sebelum melakukan pemesanan untuk menghindari pembatalan pesanan.

  • Alamat Pengiriman Tidak Lengkap

Pihak toko online akan merasa kesulitan jika alamat pengiriman yang kamu cantumkan tidak jelas atau tidak lengkap.

Dikarenakan dapat membuat kebingungan antara penjual, kurir ekspedisi, maupun pembeli, maka akan besar kemungkinan toko akan melakukan cara membatalkan pesanan di TikTok Shop.

  • Jenis Produk yang Tidak Sesuai

Kamu perlu mengetahui bahwa ada beberapa jenis barang atau produk yang tidak bisa dilakukan pembayarannya dengan sistem COD.

Jenis barang atau produk seperti barang elektronik, perabot rumah tangga ukuran besar, perhiasan, gadget, handphone, atau produk senilai di atas Rp 1.500.000 tidak bisa dilakukan COD.

Faktor Penyebab Tidak Bisa COD di TikTok Shop

kenapa tiktok shop tidak bisa cod
Sumber: google.com

Terdapat faktor-faktor penyebab dari tidak bisanya COD di TikTok Shop, maka dari itu berikut penjelasannya yang bisa kamu simak.

  • Sering Menolak Paket COD

Ternyata sering menolak paket COD bisa menjadi risiko riwayat pesanan di TikTok Shop buruk yang berpotensi untuk dinonaktifkan fitur COD dari akun TikTok Shop kamu.

Maka dari itu, sebelum kamu melakukan membuat pesanan ada baiknya memikirkan terlebih dahulu dan jangan labil atau kebanyakan bingung.

  • Kurir Tidak Dapat Menghubungi Pembeli Saat COD

Jika kurir mengalami kesulitan menghubungi kamu saat mengantar paket COD, maka akan menonaktifkan fitur COD di akun TikTok Shop kamu.

Oleh karena itu, kamu perlu memberikan nomor telepon yang aktif kamu gunakan supaya kurir dapat dengan mudah menghubungimu dan tidak merugikan kedua belah pihak.

  • Gagal Menerima Paket COD Lebih Dari 3 Kali

Ketidakhadiran saat kurir COD bisa memicu penonaktifan fitur COD selama 60 hari setelah 3 kali kejadian. Pastikan ada yang bisa mewakilkan atau berada di rumah untuk pembayaran.

Cara Agar Bisa COD di TikTok Shop

kenapa tiktok shop tidak bisa cod
Sumber: google.com

TikTok Shop secara resmi belum menyediakan fitur Cash on Delivery, namun ada beberapa solusi yang bisa kamu gunakan untuk mengaktifkannya.

  • Mencari Toko yang Menyediakan COD

Ada banyak penjual atau toko yang berjualan di TikTok Shop dengan produk serupa yang kamu cari atau butuhkan, maka kamu tidak perlu khawatir akan kesulitan.

Sebaiknya kamu mencari toko yang menyediakan COD karena tidak semua toko menyediakan pembayaran melalui sistem COD tersebut.

  • Pastikan Alamat Lengkap dan Akurat

Alamat yang tidak jelas atau tidak lengkap bisa menghambat proses COD. Pastikan untuk memberikan informasi yang lengkap, termasuk nama, alamat, kode pos, dan nomor telepon aktif agar proses COD berjalan lancar.

Baca Juga: Inilah 2 Cara Mudah Cek Resi TikTok Shop, Kamu Harus Tahu!

  • Menunggu Wilayah Tercover

Fitur ini belum memiliki wilayah yang banyak bisa di cover olehnya, sehingga kamu perlu menunggu wilayah kamu masuk ke dalam daftar sistem.

Dengan banyaknya pengguna di seluruh Indonesia, maka besar harapan untuk TikTok Shop dapat memperluas wilayah jangkauan pengirimannya.

  • Mengetahui Limit Barang

Sitem COD memiliki limit atau jumlah transaksi yang bisa dikirim dengan pembayaran tersebut, sehingga kamu perlu mengetahui berapa limit dari barang yang kamu pesan.

Seperti yang sudah dibahas di poin alasan kenapa TikTok Shop tidak bisa COD sebaiknya tidak membeli produk atau barang lebih dari Rp 1.500.000, ya!

Terbongkar sudah alasan mengapa TikTok Shop tidak bisa COD dan semoga informasi artikel ini memberikan kamu manfaat sekaligus reminder untuk mencari opsi lain untuk melakukan pembayaran di TikTok Shop.

Jangan lupa untuk share artikel ini ke media sosialmu dan nantikan selalu artikel seputar bisnis lainnya yang pastinya informatif dan menarik hanya di Everpro!

Picture of Safira Rasendriya

Safira Rasendriya

SEO Content Writer yang memiliki minat di digital marketing dan bisnis. Dengan latar belakang pendidikan dalam bidang Digital Marketing, saya telah mengembangkan keterampilan menulis yang kuat. Saya percaya bahwa kombinasi antara kreativitas dan optimasi dapat menyampaikan pesan dengan cara yang menarik dan informatif.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya

Tips and Trik Kirim Paket

Pelajari lebih lanjut seputar tips and trik serta panduan untuk kirim paket hanya di Everpro.id. Ketahui beberapa informasi bermanfaat dan hal-hal penting yang harus diperhatikan