everpro

Ketahuilah! Ini Cara Membuat Iklan yang Menarik di Facebook

Cara Membuat Iklan yang Menarik di Facebook – Facebook merupakan salah satu media sosial yang sangat populer sampai saat ini. Hampir semua orang mengetahui dan pernah menggunakan Facebook.

Media sosial dengan jutaan pengguna buatan Mark Zuckerberg ini juga memiliki iklan di dalamnya. Brand dan juga pengguna dapat menggunakan dan memanfaatkan layanan ini untuk beriklan di Facebook.

Nama layanan ini adalah Facebook Ads, sebuah layanan dari Facebook yang memungkinkan kamu memasang iklan di media sosial Facebook untuk mendapatkan impresi dan juga konversi dari pengguna Facebook.

Namun, tak sedikit iklan di Facebook yang pengguna lewati karena tidak menarik. Oleh karena itu membuat iklan yang menarik di Facebook harus kamu lakukan agar kamu dapat meningkatkan konversi melalui iklan tersebut.

Nah, pada artikel ini kami akan memberikan cara bagaimana membuat iklan yang menarik di Facebook. Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Apa itu Facebook Ads

cara membuat iklan yang menarik di facebook
Sumber: google.com

Sebelum kami memberitahu bagaimana cara membuat iklan yang menarik di Facebook, kami akan menjelaskan terlebih dahulu terkait Facebook Ads.

Facebook Ads layanan beriklan yang menjadikan pengguna Facebook sebagai audiens iklan. Dengan beriklan di Facebook Ads iklan kamu akan muncul pada halaman di Facebook seperti di beranda, sidebar, atau media sosial lain yang berada di bawah Meta.

Di Facebook Ads kamu dapat membuat iklan sesuai dengan tujuan, target audiens dan juga budget iklan kamu. Selain itu kamu juga harus memperhatikan iklan yang akan kamu tampilkan.

Jadi pastikan iklan kamu memiliki desain yang menarik agar audiens tertarik dan melakukan konversi.

Baca juga: Inilah Perbedaan Facebook Ads vs Google Ads, Manakah yang Bisa di Andalkan?

Keuntungan Beriklan di Facebook Ads

cara membuat iklan yang menarik di facebook
Sumber: google.com

Beriklan di Facebook Ads ternyata memiliki keuntungan yang bisa kamu dapatkan. Beberapa keuntungan ini nantinya dapat berpengaruh kepada brand atau produk yang kamu iklankan pada Facebook Ads.

Berikut ada beberapa keuntungan jika kamu beriklan di Facebook Ads:

1. Meningkatkan Brand Awareness

Keuntungan pertama jika beriklan di Facebook Ads yaitu kamu dapat meningkatkan brand awareness. Karena dengan beriklan di Facebook Ads kamu bisa menampilkan iklan kamu kepada jutaan pengguna Facebook di seluruh dunia.

Dengan ini kamu dapat membangun reputasi dan citra brand kamu di mata audiens.

2. Iklan Lebih Tepat Sasaran

Dengan beriklan menggunakan Facebook Ads, memungkinkan kamu untuk mengatur target audiens kamu.

Kamu dapat mengatur sesuai dengan demografi, minat, perilaku dan lokasi audiens yang ingin kamu jangkau. Dengan ini kamu dapat menyasar target audiens dengan lebih relevan dan efektif.

3. Biaya Iklan yang Dapat Disesuaikan

Dengan Facebook Ads kamu dapat menyesuaikan biaya iklan dengan budget dan juga kebutuhan kamu. Kamu juga bisa mengukur hasil iklan dan mengoptimalkannya agar mendapatkan  biaya per hasil yang lebih rendah.

4. Banyak Pilihan Format Iklan

Facebook Ads menawarkan banyak pilihan format iklan yang bisa kamu pilih. Dengan banyaknya pilihan ini dapat menguntungkan kamu untuk bisa menyesuaikan dengan bahasa desain yang kamu inginkan.

5. Dapat Mengukur Performa dan Hasil Iklan

Berikutnya kamu dapat melacak dan menganalisis data dari iklan yang telah kamu jalankan melalui fitur Facebook Ads Manager.

Kamu dapat melihat metrik seperti reach, impression, click, conversion, cost per result, dan lainnya. Kamu dapat mengevaluasi iklan kamu berdasarkan metrik-metrik tersebut.

6. Mendapatkan Leads dan Meningkatkan Penjualan

Dengan beriklan di Facebook Ads, kamu bisa memperkenalkan produk dan jasa kamu dengan menarik minat audiens. Kamu juga bisa melakukan remarketing dengan audiesn yang tertarik dengan iklan kamu untuk meningkatkan konversi.

7. Keuntungan Tak Terbatas

Beriklan di Facebook Ads memungkinkan kamu untuk mendapatkan keuntungan yang tak terhingga. Semakin banyak audiens yang melihat dan mengklik iklan kamu, maka semakin besar pula potensi pendapatan yang bisa kamu dapatkan.

Baca juga: Mudah! Tingkatkan Efektivitas Pemasaran dengan Retargeting Facebook Ads

Tips dan Cara Membuat Iklan yang Menarik di Facebook

cara membuat iklan yang menarik di facebook
Sumber: google.com

1. Tentukan Tujuan Iklan

Pertama-tama kamu harus menentukan tujuan iklan kamu. Pastikan jika tujuan kamu sudah sesuai dengan apa yang ingin kamu raih dengan iklan pada Facebook Ads.

2. Maksimalkan Target Audiens

Berikutnya adalah memaksimalkan target audiens iklan kamu pada Facebook Ads. Ini merupakan salah satu faktor yang paling penting dalam beriklan secara digital. Pastikan kamu memiliki target audiens secara spesifik sehingga dapat tepat sasaran dan menghemat biaya iklan.

3. Gunakan Kalimat yang Tepat

Pada Facebook Ads kamu memiliki 25 karakter yang dapat kamu maksimalkan dalam penulisan judul sementara 135 karakter untuk deskripsi iklan. Dengan karakter yang terbatas tersebut, kamu harus memaksimalkannya dengan bijak.

Pastikan kamu menggunakan kalimat yang mudah dimengerti audiens. Sematkan CTA agar iklan kamu menarik minat audiens.

4. Buat Gambar Semenarik Mungkin

Sebagaimana iklan pada umumnya, gambar merupakan elemen yang penting dalam iklan digital. Oleh karena itu pergunakanlah gambar yang dapat menarik minat dari audiens.

Pastikan ukuran gambar yang kamu pilih sudah sesuai dengan ketentuan dari Facebook Ads. Hal ini untuk mengurangi kesalahan ketika iklan berhasil ditampilkan. Perhatikan juga ukuran file agar tidak terlalu besar agar tidak mempengaruhi performa iklan.

5. Tentukan Landing Page untuk Iklan

Dengan beriklan di Facebook Ads memungkinkan kamu untuk mengarahkan orang yang mengklik iklan kamu menuju situs lain atau tautan diluar Facebook. Kamu bisa memanfaatkan fitur ini untuk dapat mengarahkan orang tersebut menuju landing page brand ataupun produk kamu.

Dengan begitu, kamu dapat meningkatkan konversi pada brand ataupun produk kamu. Pastikan landing page kamu sesuai dengan tujuan yang kamu inginkan.

6. Atur Jadwal Munculnya Iklan dan Biaya Iklan

Kamu dapat mengatur kapan iklan yang akan rilis pada Facebook Ads. Kamu juga bisa menjadwalkan kapan iklan kamu tayang hanya pada waktu-waktu tertentu dan juga sebaliknya.

Sementara untuk biaya iklan, kamu bisa memilih antara dua piliha yakni budget harian dan budge selama kampanye kamu sedang berlangsung. Kemudian, kamu dapat memilih 2 cara membayar iklan kamu di Facebook Ads, dua pilihan tersebut yakni CPM (Cost Per Thousand Impressions) dan CPC (Cost Per Click).

7. Lakukan A/B Testing

Terakhir kamu dapat melakukan A/B testing untuk menetahui apakah iklan kamu sudah relevan atau belum. Dengan melakukan testing kamu juga dapat mengetahui apakah ada kesalahan yang terjadi selama iklan berlangsung.

Dengan testing kamu juga dapat mengukur apakah iklan kamu sudah efektif atau belum secara performa iklan.

Nah, itulah tadi cara membuat iklan yang menarik di Facebook Ads. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu.

Jangan ketinggalan dengan informasi bermanfaat lainnya hanya di Everpro.id!

Baca juga: Inilah Design Facebook Ads yang Menarik dan Efektif, Cobain Yuk!

Picture of Adhitia Rivaldy

Adhitia Rivaldy

Seorang SEO Content Writer yang memiliki minat pada dunia digital dan teknologi. Menulis berbagai artikel informatif seputar bisnis, ekspedisi, digital marketing dan lain lain yang berkaitan dengan blog Everpro. Memiliki semangat untuk tetap mengasah dan mempelajari bidang SEO. Semoga hasil tulisan saya bermanfaat bagi Anda.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya