everpro

Inilah Perbedaan Facebook Ads vs Google Ads, Manakah yang Bisa di Andalkan?

Dalam era digital saat ini, pemasaran online menjadi kunci penting dalam mencapai kesuksesan bisnis, jadi mau pilih jasa yang mana di antara jasa iklan facebook ads vs google ads? Facebook ads dan Google ads adalah dua platform iklan terbesar yang di gunakan oleh marketer untuk mempromosikan produk atau layanan mereka. Kedua platform ini menawarkan pendekatan yang berbeda dalam menyajikan iklan kepada audiens target.

Artikel kali ini akan membandingkan Facebook ads dan Google ads dalam hal efektivitas mereka sebagai alat pemasaran online. Yuk simak selengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Praktis! Panduan Utama Pengelola Iklan Facebook di Indonesia

Perbedaan Facebook ads dan Google ads

facebook ads vs google ads
Sumber: Google.com

Facebook ads dan Google ads adalah dua platform iklan online yang populer dan sering digunakan oleh marketer. Meskipun tujuan utama keduanya adalah mempromosikan produk atau layanan, ada perbedaan signifikan antara keduanya. Berikut ini adalah beberapa perbedaan utama antara Facebook ads dan Google ads:

Tujuan dan Pendekatan

    • Facebook ads: Fokus utama Facebook ads adalah meningkatkan kesadaran merek, interaksi sosial, dan konversi langsung. Platform ini memberikan kesempatan untuk menargetkan audiens berdasarkan minat, demografi, perilaku, dan preferensi pengguna. Iklan Facebook sering kali mengandalkan konten visual seperti gambar dan video untuk menarik perhatian pengguna.
    • Google ads: Google ads, di sisi lain, lebih berfokus pada meningkatkan visibilitas pencarian dan menghasilkan konversi langsung. Iklan Google di tampilkan di hasil pencarian dan situs web mitra, dengan penargetan berdasarkan kata kunci yang di cari pengguna dan data geografis. Google ads menggunakan iklan teks yang terlihat dalam hasil pencarian dan format iklan lainnya seperti iklan display, video, dan aplikasi.

Gaya Iklan dan Format

    • Facebook ads: Gaya iklan Facebook lebih berfokus pada konten visual seperti gambar dan video. Format iklan Facebook meliputi iklan feed yang muncul di umpan berita pengguna, iklan samping, iklan video, iklan di Instagram, dan iklan di aplikasi mitra Facebook.
    • Google ads: Google ads menggunakan iklan teks sebagai gaya iklan utama yang terlihat di hasil pencarian. Namun, Google ads juga menyediakan format iklan lain seperti iklan display (gambar dan teks), iklan video, dan iklan aplikasi.

Mekanisme Penargetan

    • Facebook ads: Facebook ads menawarkan penargetan yang sangat presisi berdasarkan minat, demografi, perilaku, preferensi, dan data pengguna Facebook. Selain itu, Facebook ads juga memungkinkan retargeting untuk memperluas jangkauan dengan menargetkan pengunjung situs web, pelanggan email, atau pengguna aplikasi.
    • Google ads: Google ads menggunakan penargetan berdasarkan kata kunci yang di cari oleh pengguna dan data geografis. Pengiklan dapat memilih kata kunci yang relevan dengan produk atau layanan mereka untuk menampilkan iklan mereka kepada pengguna yang sedang mencari informasi terkait. Google ads juga menawarkan retargeting melalui Riset atau Display Remarketing untuk menargetkan pengguna yang telah mengunjungi situs web.

Biaya dan Pengukuran Kinerja

    • Facebook ads: Facebook ads menggunakan model pembayaran per klik (CPC), impresi (CPM), atau tindakan (CPA). Biaya dan pengukuran kinerja dapat berdasarkan klik, impresi, konversi, dan biaya per tindakan (misalnya, biaya per like, biaya per pembelian, dll.).
    • Google ads: Google ads juga menggunakan model pembayaran per klik (CPC), impresi (CPM), atau tindakan (CPA). Pengukuran kinerja Google ads meliputi klik, impresi, konversi, tingkat konversi, dan biaya per klik (Cost Per Click).

Baca juga: Facebook ads Manager Billing: Definisi, Cara Pembayaran dan Tipsnya! 

Kelebihan dan Kelemahan Facebook ads vs Google ads

Everpro
Sumber: Google.com

Berikut penjelasan mengenai kelebihan dan kelemahan di setiap platform di bawah ini:

Facebook ads

Kelebihan: Facebook ads menawarkan target audiens yang sangat presisi, dengan kemampuan untuk menargetkan berdasarkan minat, demografi, perilaku, dan preferensi pengguna. Interaksi sosial yang tinggi di platform ini juga memungkinkan pengguna untuk berinteraksi langsung dengan iklan. Selain itu, Facebook ads juga menawarkan beragam pilihan format iklan yang menarik, seperti gambar dan video.

Kelemahan: Persaingan di Facebook ads bisa sangat tinggi, karena banyak pengiklan yang memanfaatkan platform ini. Selain itu, rentang organik atau jangkauan alami iklan di Facebook cenderung lebih terbatas dibandingkan dengan Google ads.

Google ads

Kelebihan: Google ads memiliki jangkauan yang luas, karena iklan di tampilkan di hasil pencarian yang relevan dengan kata kunci yang dicari oleh pengguna. Ini memberikan kesempatan untuk menargetkan pengguna yang sedang mencari informasi spesifik atau produk dan layanan yang relevan. Google ads juga menawarkan format iklan yang beragam, termasuk iklan teks, display, video, dan aplikasi.

Kelemahan: Google ads bisa menjadi lebih kompetitif karena banyaknya pengiklan yang bersaing untuk menampilkan iklan mereka di hasil pencarian. Selain itu, terkadang biaya per klik di Google ads bisa lebih tinggi tergantung pada industri atau kata kunci yang di targetkan.

Facebook ads dan Google ads memiliki pendekatan yang berbeda dalam pemasaran online. Facebook ads menawarkan target audiens yang presisi dan format iklan visual, sementara Google ads fokus pada iklan teks dan penargetan berdasarkan kata kunci pencarian. Pilihan terbaik antara keduanya tergantung pada tujuan bisnis dan karakteristik target audiens Anda. Menggabungkan kedua platform ini dalam strategi pemasaran online dapat memberikan hasil yang lebih efektif dan optimal.

Demikian info sekilas mengenai facebook ads vs google ads. Nikmati juga berbagai kemudahan beriklan agar sustainable dan semakin optimal dengan layanan Facebook ads Support, inilah benefit yang Anda dapatkan:

  • Edukasi Facebook ads
  • Kemudahan Scale Up Iklan
  • Transaksi Terjamin Aman
  • Top Up Saldo Akun FB Lebih Praktis
  • Bisa Mendapat Akses FB Ads dengan minimal top up cuma Rp500.000. GRATIS semua biaya* sampai akumulasi top up mencapai Rp15.000.000

 

Ayo daftarkan usahamu melalui Layanan Everpro dengan bantuan Facebook ads Account Support, nikmati kemudahannya sekarang juga!

Afifah Permata Hasanah

Afifah Permata Hasanah

Afifah Permata Hasanah adalah SEO Content Writer di Blog Everpro yang aktif menulis dan membagikan artikel informatif dan inspiratif seputar bisnis, logistik, tips usaha, digital marketing, dan dasar-dasar komputer.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya