everpro

Mengenal KGXpress Sebagai Pilihan Jasa Pengiriman Anda

KGXpress adalah jasa pengiriman dari unit bisnis Kompas Gramedia. Ingin tahu informasinya? Yuk, simak artikel tentang KGXpress berikut ini.

Kehadiran jasa pengiriman sangat membantu dalam kegiatan berbisnis. Karena jasa pengiriman ini menjadi sarana dalam mendistribusikan barang dari pengirim ke lokasi tujuan.

Kebutuhan pengiriman ini tak hanya dari penjual ke konsumen, namun bisa juga untuk kebutuhan operasional perusahaan. Misalnya dari produsen ke penjual/toko, bisa juga dari tempat produksi ke warehouse.

KGXpress menjadi salah satu jasa pengiriman yang menyediakan layanan untuk pengiriman first mile hingga last mile. Jasa pengiriman ini juga sudah bekerja sama dengan banyak perusahaan besar seperti Telkom Indonesia, Lazada, Krakatau Steel, dan sebagainya.

Penasaran apa saja jenis layanan dari KGXpress? Baca ulasan ini sampai selesai untuk mendapatkan informasi lengkapnya.

Tentang KGXpress

kgxpress
Sumber: google.com

KGXpress adalah perusahaan logistik yang berdiri pada tahun 2018 sebagai penyedia jasa pengiriman yang merupakan unit bisnis dari Kompas Gramedia. 

Perusahaan ini berfokus untuk memenuhi kebutuhan logistik dengan basis jaringan distribusi dan teknologi terkini yang tersebar di seluruh Indonesia.

Amelia Angelica selaku Direktur KGX menyatakan bahwa jasa pengiriman ini dipersiapkan untuk berkontribusi pada dunia logistik di Indonesia dengan menawarkan berbagai keuntungan dari segi jaringan yang luas, harga kompetitif, dan kualitas sebaik mungkin dalam setiap layanannya.

Perusahaan yang berada di bawah PT. Sirkulasi Kompas Gramedia ini menyediakan berbagai layanan meliputi:

  • KGXpress yang fokus utamanya untuk pengiriman expres dari first mile hingga last mile.
  • KGXpress point, yaitu outlet berbasis waralaba untuk menjangkau pelanggan secara langsung yang telah tersebar di seluruh wilayah Indonesia.
  • KGX Logistics, untuk memenuhi kebutuhan pengiriman dan logistik dengan menggunakan berbagai jenis truk, sewa gudang, serta kebutuhan terkait Project Logistics.

Jasa pengiriman ini telah dipercaya untuk memenuhi kebutuhan logistik oleh banyak klien besar seperti Lazada, Telkom Indonesia, KompasTV, Tribun, Krakatau Steel, Siloam Hospital, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Sederet Perusahaan Ekspedisi Terbaik Saat Ini, Cek Disini!

Logo KGX

kgxpress
Sumber: google.com

Logo merupakan hal yang penting dari suatu perusahaan. Karena logo menjadi identitas atau ciri khas yang menggambarkan suatu perusahaan tersebut.

Pada tanggal 23 November 2020, KGXpress mengadakan soft launching untuk peluncuran KGXpress Point dan rebranding logo. Perbedaan logo lama dan yang baru adalah, penulisan nama brand menjadi KGX dengan tambahan tagline.

Pada logo yang baru terdapat tagline “Fulfilling with Care”. Tagline tersebut merupakan ungkapan dari bentuk komitmen dalam memenuhi kebutuhan pengiriman dengan tanggung jawab dan perhatian penuh kepada konsumennya.

Selain itu, Direktur perusahaan ini mengatakan bahwa Logo KGXpress merupakan harapan serta semangat baru untuk melayani kebutuhan logistik di Indonesia.

Jenis Layanan Pengiriman KGXpress

kgxpress
Sumber: google.com

Jenis layanan berkualitas tentu menjadi hal utama dalam jasa pengiriman. KGXpress berkomitmen untuk menyediakan kebutuhan pengiriman dari first mile hingga last mile melalui berbagai layanan yang tersedia.

Berikut adalah jenis layanan pengiriman dari jasa ekspedisi ini:

  • Same Day Service

Salah satu layanan ekspres untuk mengirim barang dengan cepat melalui jasa pengiriman ini adalah dengan menggunakan SDS. Seperti namanya, paket akan sampai di lokasi tujuan pada hari yang sama.

  • One Day Service

Jenis layanan ekspres lainnya adalah One Day Service atau ODS. Dengan menggunakan layanan ini, anda tidak perlu menunggu waktu lama untuk paket tiba, karena akan sampai keesokan harinya.

  • Reguler

Anda bisa mengirim paket ke seluruh wilayah di Indonesia melalui layanan Reguler atau REG. Reguler merupakan jenis pengiriman standar namun tentu tetap mengedepankan keamanan.

  • Ekonomi

Ingin kirim paket besar dengan tarif ongkir yang murah? Ekonomi adalah jawabannya. Sesuai namanya, jenis pengiriman ini mengedepankan ongkir ekonomis untuk pengiriman volume besar via darat dan laut.

  • Export Delivery Service

Tak hanya pengiriman domestik, jasa pengiriman ini juga melayani pengiriman ke luar negeri, lho. Jadi, anda dapat mengirimkan paket atau dokumen ke berbagai tujuan di luar negeri dengan mudah.

Syarat dan Ketentuan Pengiriman Barang di KGXpress

kgx
Sumber: pexels.com

Setiap jasa ekspedia memiliki syarat dan ketentuan masing-masing untuk proses pengirimannya, begitupun dengan KGXpress. Apabila anda hendak mengirim barang melalui jasa pengiriman ini, perlu memperhatikan syarat dan ketentuan berikut ini:

  • KGX bertanggung jawab atas paket kiriman yang telah dibayar lunas (kecuali terdapat kesepakatan tertentu) dan memiliki bukti pengiriman asli. Pihak KGX menganggap proses pengiriman selesai jika tidak ada keluhan saat sampai ke penerima dan telah ditandatangani.
  • Sebagai pengirim, anda wajib memberi informasi isi kiriman dengan lengkap dan benar kepada pihak jasa pengiriman ini. Karena pihak kurir tidak akan memeriksa isi kiriman, sehingga apabila terjadi ketidaksesuaian pertanggung jawaban sepenuhnya berada di pihak pengirim.
  • Pihak pengirim wajib menyelesaikan pembayaran dalam jangka waktu maksimal 30 hari atau sesuai kesepakatan kedua belah pihak setelah mendapat tagihan.
  • Apabila 10 hari setelah tanggal jatuh tempo belum membayarkan kepada pihak KGX, maka akan menerima surat peringatan tertulis. Setelah 5 hari dari SP belum membayar juga, maka akan mendapat dendan harian 1% dari total tagihan.
  • Selaku pengirim bertanggung jawab untuk mengemas dan memberi label atau keterangan dengan benar dan aman.
  • Apabila barang kiriman memerlukan perlakuan khusus, pengirim wajib memberitahukan kepada pihak ekspedisi.
  • Segala kerusakan atau tidak berfungsinya isi paket karena pengemasan yang tidak sempurna, sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Pihak KGXpress tidak bertanggung jawab terkait hal berikut ini:

  • Tidak berfungsinya isi paket yang tidak rusak secara fisik akibat keterlambatan pengiriman.
  • Keterlambatan, kehilangan, atau kerusakan karena keadaan memaksa (force majeure).
  • Bocor, rusak, dan pembusukan isi paket karena pengemasan yang tidak aman oleh pengirim.
  • Segala kerusakan serta resiko teknis pada mesin dan barang elektronik selama pengangkutan oleh KGX.
  • Hilangnya kesempatan mendapat keuntungan dari kehilangan, kerusakan, dan keterlambatan pengiriman paket atau dokumen.
  • Penahanan, penyitaan, hingga pemusnahan paket dari pihak berwenang.

Baca juga: Jasa Ekspedisi Murah Dengan Pengiriman Tercepat

Jenis Barang Tidak Dapat Dikirim Melalui KGXpress

kgx
Sumber: pexels.com

Selain syarat dan ketentuan pengiriman, terdapat juga barang yang tidak bisa anda kirimkan menggunakan jasa pengiriman ini.

Berikut adalah daftar barang yang tidak bisa dikirim menggunakan KGXpress:

  1. Segala jenis bahan yang rentan terhadap oksidasi.
  2. Barang berharga seperti uang, surat berhargam emas, perhiasan, dan lain sebagainya.
  3. Baterai basah atau ACCU.
  4. Semua barang yang mengandung unsur pornografi.
  5. Jenis barang berupa makanan basah dan berminyak.
  6. Segala bentuk obat-obatan terlarang sesuai hukum dan undang-undang seperti narkotika.
  7. Semua bentuk atau jenis barang yang mudah meledak baik karena faktor eksternal atau dengan sendirinya.
  8. Barang dengan jenis bahan biologis yang dapat menularkan penyakit dan mudah busuk.
  9. Segala bentuk dan jenis senjata tajam.
  10. Barang yang memiliki atau menimbulkan bau menyengat.
  11. Semua hewan hidup.
  12. Barang lainnya yang terlarang menurut hukum dan undang-undang.

Kontak Perusahaan

kgxpress
Sumber: google.com

Berbagai layanan pengiriman bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan kirim barang anda. Apabila terdapat pertanyaan atau keluhan seputar pengiriman, anda bisa langsung menghubungi kontak customer service KGX.

Kantor Pusat Kompas Gramedia Building

Jl. Palmerah Selatan No. 22 – 28. Jakarta Pusat 10270.

Nomor Telepon: (021) 530 9100

Email: [email protected]

Demikian penjelasan mengenai KGXpress yang berkomitmen untuk melayani kebutuhan logistik di Indonesia. Jasa pengiriman ini bisa menjadi salah satu pilihan untuk memenuhi kebutuhan pengiriman anda.

Semoga informasi dari artikel ini bermanfaat untuk anda. Simak artikel informatif lainnya hanya di Everpro!

Picture of Melati Yudizwara

Melati Yudizwara

Seorang SEO Content Writer dengan latar belakang pendidikan di bidang akuntansi dan memiliki pengalaman sebagai Sekretaris Marketing. Mengasah kemampuan menulis, mengedit, dan mengelola konten sesuai standar SEO. Kemampuan tersebut dapat dibuktikan dengan hasil konten berkualitas yang mudah ditemukan di mesin pencari.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya