everpro

11 Cara Mudah Kirim Barang ke Dalam dan Luar Negeri

Kegiatan jual beli online yang semakin populer, mengharuskan Anda sebagai pelaku usaha untuk mengetahui cara kirim barang yang benar.

Bagaimana cara termudah kirim barang dalam negeri dan ke luar negeri yang aman? Simak yuk, artikel ini hingga tuntas!

Cara Kirim Barang Lewat Ekspedisi Bagi Pemula

kirim barang
Sumber: google.com

Meskipun terdapat banyak layanan ekspedisi di Indonesia. Kenyataannya, sebagian masyarakat masih belum mengetahui atau tidak pernah sama sekali menggunakan layanan ekspedisi di Indonesia.

Bagi Anda yang membutuhkan informasi tersebut, kali ini Everpro akan memberikan cara kirim barang yang benar dan aman. Berikut panduannya:

  • Packing Barang Sesuai Standar

Apabila Anda akan mengirimkan sebuah barang dengan ukuran yang besar atau panjang, mudah pecah, elektronik, dan mudah rusak

Sebaiknya lapisi barang tersebut dengan bubble wrap, kemas barang dengan kardus tebal, atau lebih amannya lagi gunakan kemasan kayu.

Mengenai kemasan kayu, pihak ekspedisi memberikan layanan tersebut tergantung dari jenis barang dan permintaan Anda sebagai pengirim.

  • Tulis Alamat Penerima dan Pengirim

Ada 3 poin penting mengenai format penulisan alamat pengiriman yaitu: nama lengkap penerima/pengirim, alamat rumah, dan nomor teleponnya.

Gunakan huruf kapital yang jelas, supaya pihak ekspedisi dan kurir tidak salah paham dalam membaca informasi pengiriman barang.

  • Kunjungi Kantor Ekspedisi Terdekat

Kirim barang ke kantor ekspedisi terdekat dari lokasi Anda sekarang. Hampir di setiap wilayah, saat ini sudah terdapat kantor cabang ekspedisi sehingga Anda mudah menemukannya.

Ada cara cepat mengetahui kantor cabang terdekat, yaitu dengan cara menggunakan browser Google atau Google maps melalui ponsel Anda.

  • Komunikasi dengan Pihak Ekspedisi

Setelah sampai di kantor cabang, Anda hanya perlu mengkomunikasikan pengiriman barang kepada pihak ekspedisi yang berada di depan meja utama.

Pihak ekspedisi melakukan pengecekan penimbangan berat barang, mengukur barang yang memiliki volume besar, menanyakan jenis barangnya, dan menentukan ongkos kirim.

Setelah itu pihak ekspedisi menawarkan beberapa layanan yang tersedia, apabila Anda sepakat setelah berkomunikasi dengan pihak tersebut. Maka akan mendapat kertas yang berisi nomor resi

  • Mencari Informasi Status Pengiriman

Nomor resi berfungsi untuk mengetahui informasi detail barang kiriman, Anda bisa mengetahuinya melalui website atau aplikasi layanan ekspedisi.

Cukup masukan nomor resi, Anda bisa mengetahui posisi pengiriman mulai dari lokasi dan waktu hingga nama kurir yang membawa barang.

Baca juga: Ini 2 Cara Cek Resi TIKI Termudah Tanpa Aplikasi

  • Hubungi Pihak Penerima Barang

Ketika status pengiriman menunjukkan bahwa barang Anda sudah sampai di lokasi tujuan, segera konfirmasi kepada pihak penerima.

Cara Kirim Barang Ke Luar Negeri, Mudah dan Praktis!

kirim barang
Sumber: google.com

Cara kirim barang ke luar negeri paling aman serta mudah dilacak yaitu menggunakan ekspedisi profesional dan terpercaya. Bagi Anda yang ingin mengirim barang ke luar negeri, berikut ini langkah-langkahnya:

  • Persiapkan Barang Kiriman

Persiapkan barang kiriman sesuai standar jenis barang, pastikan membuat kemasan barang yang baik, benar, dan aman. Pengemasan barang kiriman Anda, akan mempengaruhi proses pengiriman tersebut.

  • Pilih Jasa Ekspedisi Terpercaya

Pemilihan layanan ekspedisi mempengaruhi barang kiriman Anda ke luar negeri. Jadi pastikan Anda memilih ekspedisi profesional yang terpercaya.

Bagaimana cara memilihnya? Dapatkan informasi dari website atau review para pelanggan yang pernah menggunakan layanan ekspedisi tersebut.

  • Kunjungi Kantor Ekspedisi

Apabila Anda memiliki kendala ketika mengunjungi kantor ekspedisi, kini sudah banyak ekspedisi yang memberi layanan antar jemput paket.

Anda akan dikenakan biaya tambahan, namun layanan tersebut memudahkan Anda agar tak perlu repot bolak-balik ke kantor ekspedisi. 

  • Isi Lengkap Formulir Pengiriman

Seperti penjelasan di atas, bahwa terdapat 3 poin penting ketika menulis alamat pengiriman. Pastikan Anda mengisi nama lengkap penerima, alamat tujuan barang, dan nomor telepon yang mudah dihubungi dengan tepat.

Jika Anda tidak mengisinya dengan lengkap, akan menghambat proses  pengiriman barang atau barang akan lama tibanya.

Baca juga: Mau Kirim Paket ke Luar Negeri? Cek Cara Mudahnya Disini!

  • Melakukan Pembayaran Pengiriman

Pihak ekspedisi menginformasikan biaya kirim paket sesuai ketentuan dari jenis berat/besar barang dan layanan yang Anda pilih.

Lakukan cek resi pengiriman untuk mengetahui keadaan paket Anda secara detail, Anda bisa mengeceknya melalui aplikasi atau website.

Demikian informasi yang dapat membantu Anda untuk mengirim barang ke lokasi tujuan dengan benar dan aman, terimakasih sudah membaca.

Untuk mendapatkan informasi jasa pengiriman terbaik tentu kemudahan teknologi sangat diperlukan. Anda pasti tidak ingin repot membuka satu persatu website ekspedisi yang akan membuang banyak waktu. Maka dari itu Everpro hadir untuk memudahkan kebutuhan pengiriman anda.

Layanan Ekspedisi Terpercaya Untuk Kirim Paket Se-Indonesia

Nikmati layanan kirim paket serba mudah dengan biaya murah!

  • Tersedia 15+ pilihan ekspedisi yang siap jemput paket anda kapan saja 
  • Bonus Cashback 30%
  • Pencairan Dana COD Cepat
  • Akses laporan aktivitas penjualan 
  • Sekali transaksi bisa kirim ke banyak lokasi

Dengan fasilitas Cek Ongkir di Everpro anda tidak perlu membuka website satu persatu lagi. Jadi tunggu apalagi? Daftarkan bisnis Anda bersama Shipping Everpro sekarang juga!

Picture of Nazma Fitria

Nazma Fitria

Nazma Fitria adalah seorang SEO Content Writer di blog Everpro dengan menulis artikel berbagai category seperti jasa ekspedisi, tips bisnis/usaha, glosarium pengiriman dan digital marketing.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya

Tips and Trik Kirim Paket

Pelajari lebih lanjut seputar tips and trik serta panduan untuk kirim paket hanya di Everpro.id. Ketahui beberapa informasi bermanfaat dan hal-hal penting yang harus diperhatikan