everpro

Penting! Kenali Metode Waiting Line pada Jasa Ekspedisi

Line

Tahukah Metode waiting line pada jasa ekspedisi? Mungkin terdengarnya sangat asing, namun ternyata dalam kehidupan sehari-hari pastilah sudah tau bagaimana metode ini bekerja pada jasa pengiriman.

Semakin banyak pemesanan jual beli online maka akan semakin banyak pula produk yang di kirim, sehingga akan berdampak pada jasa ekspedisi.

Namun, hal ini bisa teratasi dengan adanya metode waiting line. Yuk simak info lengkapnya di bawah ini:

Baca juga: Kirim Barang Banyak dengan Mudah Pakai Engkel Box Deliveree

Apa yang di Maksud dengan Line?

Line
Sumber: Pexels.com

Apa artinya line? Line sendiri dalam bahasa Inggris memiliki arti garis.

Namun makna dari line pada jasa pengiriman, line artinya sebuah antrian dalam pengiriman produk.

Di sisi lain pun, Line senantiasa di sangkut pautkan dengan sebuah metode yang bernama Metode waiting line.

Ingin tahu arti yang sebenarnya? Simak di bawah ini:

Definisi Waiting Line

Menurut pendapat Jaz Heizer and Barry Render pada tahun 2006, waiting line atau di sebut juga sebagai antrian merupakan sebuah situasi yang umum.

Everpro

Metode waiting line adalah salah satu metode yang di gunakan dalam memecahkan masalah yang di temukan dalam pengambilan keputusan seperti pemilihan staf, program antrian dari sistem komputer, pembuatan jadwal staf, dan lain-lain.

Metode sangat berguna untuk menganalisa bentuk panjang antrian, rata-rata waktu pelayanan, rata-rata waktu menunggu. 

Dengan adanya bantuan perhitungan dengan metode ini maka akan menghasilkan informasi tentang tingkat intensitas pelayanan dalam antrian yang dapat di jadikan pertimbangan untuk pengembangan dan perencanaan mutu serta pelayanan suatu perusahaan.

Antrian sering di jumpai dalam kehidupan sehari-hari, bukan? Namun biasanya ini terjadi karena kebutuhan pelayanan melebihi kapasitas pelayanan.

Pelayanan yang baik biasanya dapat memberikan pelayanan yang cepat sehingga tidak membiarkan pelanggan yang sudah datang tidak menunggu terlalu lama.

Tujuan Metode Waiting Line

  • Upgrade Efektifitas

Untuk meningkatkan efektifitas pelayanan pada jasa pengiriman terhadap pelanggan, sehingga di harapkan dapat meningkatnya daya tarik terhadap pelanggan yang akan melakukan proses transaksi untuk pengiriman barang.

  • Evaluasi Kinerja

Mengevaluasi kinerja pelayanan agar lebih baik pada perusahaan jasa pengiriman barang

  • Hemat

Meminimumkan total biaya yaitu penyediaan fasilitas pelayanan dan tidak langsung karena individu harus menunggu di layani.

Baca juga: Mengalami Kendala? Call Center Deliveree Tersedia 24 Jam

Teori Disiplin Antrian

Mengutip dari Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri tahun 2018,  Displin antrian merupakan aturan antrian yang mengacu pada peraturan pelanggan yang ada dalam barisan untuk menerima pelayanan yang terdiri dari :

First Come First Served (FCFS) atau First In First out (FIFO) yaitu pelanggan yang datang lebih dulu akan di layani lebih dulu. Misalnya: sistem antrian pada Bank, SPBU, dan lain-lain.

Last Come First Served (LCFS) atau Last In First Out (LIFO) yaitu sistem antrian pelanggan yang datang terakhir akan di layani lebih dulu. Misalnya:sistem antrian dalam elevator lift untuk lantai yang sama.

Service in Random Order (SIRO) yaitu panggilan didasarkan pada peluang secara acak, tidak peduli siapa dulu yang tiba untuk di layani.

Shortest Operation Times (SOT) merupakan sistem pelayanan yang membutuhkan waktu pelayanan tersingkat mendapat pelayanan pertama.

Ada dua model struktur antrian dasar yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu Model Single Channel berarti bahwa hanya ada satu jalur untuk memasuki sistem pelayanan atau ada satu pelayanan.

Line

Dan yang kedua yaitu Model Sistem Multi Channel Single Phase terjadi ketika dua atau lebih fasilitas pelayanan di aliri oleh antrian tunggal.

Line

Selain itu, pernahkah mendengar istilah pick up line? Pick up line adalah pengambilan barang berdasarkan antrian yang sudah di tentukan oleh jasa ekspedisi.

Pentingkah Metode Waiting Line?

Metode waiting line sangat berguna untuk menganalisa bentuk panjang antrian, rata-rata waktu pelayanan, rata-rata waktu menunggu.
Sehingga bisa menyesuaikan dengan waktu menunggu pengiriman barang. 

Sekian penjelasan kali ini, semoga bermanfaat! Nantikanlah artikel yang informatif dan inspiratif lainnya di Everpro.id! 

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram
Artikel Terkait
Open chat
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?