everpro

Kenalilah! Meta Tag adalah : Arti, Fungsi dan Contohnya

Dunia marketing kini sudah merambat ke dunia internet, dimana meta tag juga sangat perlu di ketahui manfaatnya.

Ketika membuat halaman web, dimana halaman ini bertujuan untuk mempromosikan produk pastinya meta tag ini sangat di perlukan dalam promosi.

Yuk pahami info selengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Inilah! Arti Packing di Jasa Pengiriman

Apa Arti Meta Tag?

Meta tag adalah tag HTML yang di gunakan untuk memberikan informasi tentang halaman web ke mesin pencari atau browser.

Informasi tersebut termasuk deskripsi, keyword, dan beberapa atribut lainnya yang membantu dalam optimasi mesin pencari dan memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik.

Meta tag atau fitur ini tidak terlihat oleh pengguna, tetapi dapat di amati melalui sumber halaman web.

Fungsi Utama Meta Tag

Fungsi utama fitur ini adalah:

  • Optimasi mesin pencari: Memberikan informasi tentang konten halaman web ke mesin pencari sehingga membantu dalam proses indeks dan peringkat halaman web.
  • Deskripsi halaman: Memberikan deskripsi singkat tentang konten halaman web yang dapat di tampilkan sebagai ringkasan pada hasil pencarian.
  • Keyword: Memberikan daftar keyword yang relevan dengan konten halaman web untuk membantu mesin pencari menentukan relevansi halaman web untuk pencarian tertentu.
  • Atribut lain: Ada beberapa atribut lain seperti “refresh”, “robots”, dan “viewport” yang membantu dalam memanipulasi bagaimana halaman web di tampilkan dan di akses oleh mesin pencari atau browser.

Sebagai contoh, tag “description” membantu dalam memberikan deskripsi singkat tentang konten halaman web, sedangkan tag “robots” membantu dalam memberitahu mesin pencari apakah halaman web harus di indeks atau tidak.

Kelebihan dan Kekurangan Meta Tag

Kelebihan

  • Optimasi mesin pencari: Memberikan informasi yang relevan ke mesin pencari, membantu dalam proses indeks dan peringkat halaman web.
  • Deskripsi halaman: Memberikan deskripsi singkat tentang konten halaman web, membantu pengguna mengetahui apakah halaman web yang mereka cari relevan dengan kebutuhan mereka.
  • Kontrol akses: Memberikan atribut yang membantu dalam memanipulasi bagaimana halaman web di tampilkan dan di akses oleh mesin pencari atau browser.

Kekurangan

  • Kurangnya pengaruh

Meskipun fitur ini memberikan informasi ke mesin pencari, pengaruh mereka terhadap peringkat halaman web sangat terbatas dan bergantung pada banyak faktor lain seperti kualitas konten dan backlink.

  • Kurangnya dukungan

Beberapa mesin pencari tidak menggunakan atau memperlakukan fitur ini sebagai informasi penting dalam proses indeks dan peringkat halaman web.

  • Keamanan

fitur ini dapat di unakan untuk memasukkan informasi yang tidak relevan atau bahkan negatif untuk halaman web, sehingga dapat mempengaruhi peringkat halaman web secara negatif.

  • Over-Optimization

Penggunaan meta tag secara berlebihan atau tidak sesuai dengan konten halaman web dapat mengarah pada praktik optimasi mesin pencari yang tidak benar, yang dapat mempengaruhi peringkat halaman web secara negatif.

Baca juga: Cari tahu! Value Artinya : Definisi, Fungsi dan Contohnya

Contoh Meta Tag

Berikut contoh dalam sebuah kode html, simak di bawah ini:

Meta tag

Ini contoh yang biasa di gunakan pada halaman website.

Meta tag

Di atas adalah contoh meta tag yang paling umum dan seringkali di gunakan pada pembuatan halaman HTML.

Sekian penjelasan kali ini, semoga bermanfaat! Nantikanlah artikel yang informatif dan inspiratif lainnya di Everpro.id! 

Picture of Afifah Permata Hasanah

Afifah Permata Hasanah

Afifah Permata Hasanah adalah SEO Content Writer di Blog Everpro yang aktif menulis dan membagikan artikel informatif dan inspiratif seputar bisnis, logistik, tips usaha, digital marketing, dan dasar-dasar komputer.
Share:
Everpro

Yuk, Dapatkan Promo dan Penawaran Istimewa dari Berbagai Layanan Everpro untuk Tingkatkan Bisnismu! 

Artikel Lainnya